Kalau Anak Saya Lagi Susah Makan, 5 Menu ini Solusinya

Sama seperti ibu-ibu lainnya, ada masa ketika anak gampang banget makan. Woh segala yang disiapkan bisa habis dalam sekejap. Bahkan ibunya nggak boleh ninggal sendok kosong karena dia makannya lahap sekali. Itu terjadi pada anak kedua saya. Sementara anak pertama, laki-laki yang katanya bisa makan ngabis-ngabisin nasi, justru pilih-pilih banget dan saya kategorikan anak susah makan. Padahal ibu pasti selalu disarankan untuk menyajikan menu yang bervariasi biar anak nggak jadi picky eater bukan?

Saya sih tipe ngeyel. Kalau sudah besar-besar begini kan sudah masuk menu sehari-hari di rumah. Asal nggak pedes aja, biasanya saya masak atau beli masakan yang nggak dibedakan. Sayur asem, ayam kare, semur, mie goreng, dan apa pun yang dimakan saya serta suami pasti dicobain untuk anak-anak. Kadang-kadang mereka ikut makan dengan lahap. Terus tiba-tiba setelah 2-3 kali waktu makan, cep klakep ngga mau buka mulut tiap disodorkan makanan. Apa yang harus saya lakukan?

Oh tentu, saya sudah memetakan jenis masakan apa saja yang membuat mereka buka mulut kembali. 5 menu teratas yang dijamin bisa membuat anak saya makan dengan lahap kembali, seperti ini.

Lele Goreng atau Bakar

Ini bener-benar anak saya deh. Karena ibunya suka sekali makan lele. Lele goreng, lele bakar, lele fillet goreng tepung. Cuma nggak begitu suka sih kalau lelenya dibuat sayur semacam mangut gitu. Maunya yang setengah matang, belum kering-kering sekali.

Makanya saya suka membeli lele segar di Malang lewat Dhora. Lelenya sudah dibersihkan dengan baik, tinggal dibumbuin lalu masak atau disimpan di kulkas.

Tips: Kalau kamu lagi cari lele segar yang bersih di Malang, bisa kontak Dhora langsung nanti dikirim ke rumah lewat WA +62 812-1231-1987.

Kebiasaan makan lele ini menurun dengan baik ke anak laki-laki dan si gadis kecil saya. Bener-bener kalau anak susah makan sudah tutup mulut nggak mau makan, tinggal gorengin lele aja, mereka kembali makan dengan lahap. Cuma dibumbuin sederhana aja yang sachetan atau dicelup kecap. Sampai nambah-nambah gitu kan bahagia biarpun saya jadi nggak kebagian.

On serious notes, suami nggak suka sama sekali kalau dimasakin lele. Jijai katanya. Saya tipu-tipu kamuflase fillet lele dimasak capcay aja dia terasa. Salah satu hal yang bikin saya mangkel masak ya ini.

Anak Susah Makan Atasi dengan Telur Kecap Viral

Mungkin pada dasarnya anak-anak ini suka kecap. Pertama kali saya coba resep telur kecap Willgoz, wuuuw langsung pada rebutan disuapin. Si kakak sekarang malah minta piring sendiri kalau saya masakin ini. Dari aromanya aja memang sudah terasa enak banget karena pakai bawang daun digoreng dan bawang putih.

Sebenernya lebih enak lagi kalau pakai minyak bawang, sayang kadang-kadang malas bikinnya. Jadi cepet-cepetan aja iris daun bawang dan bawang putih beberapa siung. Daun bawangnya digoreng dulu, sambil siapkan kuah kecap dari kecap asin, kecap manis dan bawang putih. Kadang-kadang saya kasih bubuk bawang putih dan merica kalau iseng. Telurnya pasti 2, dimakan berempat sama bapaknya. Lezat!

Senengnya lagi, ada tetangga yang jualan telur ayam harga murah. Tinggal whatsapp aja lalu telurnya diantar. Cuma beda serumah memang. Pas lagi seneng-senengnya makan telur kecap viral ini, hampir tiap hari nggoreng, sampai kecapnya kudu nyetok lebih sering dan kecap asin Jepang favorit saya buat makan sushi turut direlakan. Kawatir jerawatan dan bisulan aja ini kalau kebanyakan telur.

Abon Sapi Manis

Ini menu andalan Eyang Mama-nya Gaga kalau lagi ditinggal nginep di sana dan ngadepin anak susah makan. Ya Emma tinggal sendiri juga sih, kadang-kadang malas mau masak dobel kan ya. Tinggal nasi aja sama abon, si anak lanang bisa makan sendiri dengan tenang bahkan sampai minta tambah-tambah.

Gemasnya, kadang-kadang di rumah dia juga mau makan abon tapi mintanya disuapin. Padahal di Emma dia makan minta nasi, minta abon, minta pake piring yang mana juga mau ngomong spesifik. Manjanya kumat memang kalau dekat-dekat ibunya.

Tips: Abon yang enak di Malang biasanya beli di Mama Makmur Ini adalah toko bahan kue yang ready stock abon sapi solo manis yang enak itu.

Sayur Bayam Pakai Jagung Pipil

Next kalau sedang dalam percobaan resep mpasi sayur dan biasanya makannya cuma sedikit, jatuhnya lagi-lagi kembali ke nasi pakai sayur bayam dan jagung yang segar. Dan percayalah, masakan sederhana ini kalau saya yang bikin nggak bisa seenak bikinan mama saya. Entahlah di bagian mana salahnya, bikin anak susah makan terus, hahahaha.

Sop Ayam Pakai Macaroni

Satu lagi, meskipun anak-anak senang makan yang kering seperti lele goreng, sop ayam pakai macaroni adalah favorit mereka saat nggak minat makan. Dengan ayam yang gurih dan macaroni yang matang sempurna, mau pakai bumbu bawang putih doang tidak masalah. Kadang-kadang saya ya pakai bumbu siap saji biar lebih cepat rasanya pas.

Biasanya saya sediakan ayam beberapa potong di freezer untuk dipakai kapan-kapan butuh. Selalu memakai wortel dan kentang kesukaan mereka. Macaroninya yang elbow atau yang spiral karena tampak panjang-panjang menggoda jika dimasak sup dengan daun bawang yang banyak.

Tips: Ini kata ibu tetangga sebelah yang cucunya tinggi menjulang. Anak-anak dibiasakan makan kentang aja mbak, bikin tumbuh tinggi seperti Ale ini. Walaupun setelah dicari-cari risetnya perlu ditelaah lebih dalam lagi.

Saya memang mengelompokkan lima teratas masakan yang membuat anak-anak makan lebih lahap di rumah. Kalau di luar sih kayaknya disediakan apa saja mereka makan karena suasana yang berbeda. Ayam goreng tepung kalau di rumah nggak gitu suka, tapi di McD atau KFC mereka bisa habis makan seporsi kids meal, yang ada kentang gorengnya ya.

Sayangnya mengajak anak-anak keluar di musim seperti sekarang susah. Selain takut sendiri karena corona masih membayangi, tidak semua tempat menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Beberapa tempat yang pernah saya kunjungi musim-musim ini biasanya dicari informasinya lebih dulu dari akun Instagramnya.

Hundredsmoke Malang di Cabang Jalan Jakarta

Lokasinya cukup prominent di tengah pusat kuliner Malang. Dengan ruangan tanpa sekat dan terasa lebih lega dari tempat asalnya di jalan Bendungan-bendungan. Sekali takeaway dan sekali dine in, sepi tidak ada pembeli lainnya. Physical distancingnya jelas terjaga.

Tapi itu dulu, kini dengan sudah dibukanya restoran di bagian atas, Hundredsmoke pun semakin ramai. Senang sih berarti mereka sudah bisa kembali bangkit, sementara saya stop dulu ke sana karena serem juga lihat di Instagram pada duduk deket-deketan gitu, wkwkwkwk.

Kandang Baegopa di Jalan Candi Mendut Malang

Kalau saya mau merekomendasikan tempat yang benar-benar masih menjaga physical distancing boleh ya? Salah satunya di Kandang Baegopa. Dari prosedur di pintu masuk, penataan tempat duduk, juga sistem antrian dan safety equipment teman-teman waitressnya, bolehlah sesekali dine in di Baegopa.

Sebelum makan pengunjung dicek dulu temperaturnya lalu dipersilahkan memakai handsanitizer yang disediakan. Kemudian diarahkan duduk di sebelah mana dengan berapa orang yang datang. Jangan nyleding kursi ya, karena pasti akan diingatkan kembali oleh waiter di dalam. Kalau serius begini pengunjungnya juga ikutan rapi kok.

Jardin di Tidar

Saya memilih tempat ini di musim-musim ini karena area outdoornya luas. Nggak kepikiran akan berdesakan dengan pengunjung lainnya di Jardin. Ternyata benar, Jardin tidak membuka area indoor untuk makan di tempat. Pengunjung dipersilakan langsung ke halaman belakang memilih tempat duduk yang sudah ditata juga physical distancingnya. Tidak ada lagi sofa panjang buat duduk nyaman berjam-jam di sana.

Setahun lalu Jardin saya masukkan dalam daftar tempat nongkrong ramah anak di Malang. Dan masih tetap dalam daftar tersebut setahun kemudian. Baca di sini ya.. JARDIN.

Soal menu banyak sih masakan Jardin yang bisa dimakan sama anak-anak, tinggal nggak pilih yang pedas aja. Di halaman belakang, anak-anak juga bisa bebas berlarian melepaskan energinya. Kadang-kadang dikasih balon juga. Waiter di dalam pun juga memakai safety equipment dari faceshield, masker dan sarung tangan yang warnanya senada. Jadi cakep, hehehe.

Dari ketiga tempat itu, Baegopa dan Jardin adalah pilihan tepat untuk saya. Dan Jardin adalah pilihan terbaik. Ya memang ada harga ada suasana sih ya. Sempat mencoba di beberapa tempat lainnya, ada yang setengah hati menerapkan protokol, ada yang abai dan membuat saya balik kanan nggak jadi, ada yang belum didatangi. Misalnya punya tempat makan yang bisa dicobain, boleh kabarin saya ya.

Nah kalau mau makan seafood enak macam kepiting dan kerang di Malang di mana? Nantikan rekomendasi saya lainnya deh. Sudah ada bocoran sikit yang masakannya juga bisa disukai sama anak-anak.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *