Bapak, Melatih Anak Naik Sepeda Itu Nggak Makan Waktu Banyak

Salah satu impian saya adalah melihat anak-anak belajar naik sepeda dibimbing bapaknya. Saya sebenarnya lupa skill naik sepeda dulu diajari bapak waktu umur berapa. Di Pemalang, di Madiun, atau di Malang ya. Masa kecil saya dihabiskan di sana memang. Sempat jatuh masuk ke sesemakan di taman Tawangmangu, sempat jatuh sobek di kaki waktu sepedaan di turunan komplek perumahan.

Jujur. Saya lupa siapa yang mengajari saya naik sepeda. Karena ingetnya dulu bapak juga sibuk bekerja, tinggal beda negara, dan menuju pensiun di ibu kota. Semoga kalau Bapak membaca ini nantinya, mau cerita masa itu ya.

37 tahun setelah jatuh menyusruk di taman Tawangmangu, anak-anak saya mulai belajar main sepeda. Pushbike sebagai awalannya dibelikan budenya. Lalu pindah ke sepeda roda 4, tapi nggak bisa-bisa juga tanpa roda bantuannya. Saya yang pinggangnya sudah tidak sekuat dulu membiarkan anak-anak sepedaan roda 4 berbulan lamanya. Bapaknya belum punya waktu karena masih mengawal dari pagi sampai malam.

Namun dia memaksa si anak lanang back to his pushbike sampai benar-benar bisa meluncur tanpa turun kakinya setiap main ke luar. Setelah beberapa waktu, si bapak merasa cukup dan mulai transisi ke sepeda roda dua. 5 menit saja, langsung bisa. Caranya?

Si anak lanang diajak mendorong sepeda biar berjalan dengan kedua kakinya seperti waktu main pushbike. Sekayuh dua kayuh kaki, pedal mulai dinaiki. Meluncurlah dia naik sepeda dengan mudahnya. Jatuh sekali dua, dengkul babras adalah fitur. Tapi jauh lebih stabil cara bersepedanya dengan cara yang diajarkan bapaknya.

@neng_biker

Pertama, Serahkan pada bapaknya. Udalah serah mo ditraining kek apa. Katanya gini, Matengkan dulu kakinya pakai pushbike Sampai benar2 balance Pindah ke sepeda tanpa roda bantu dengan kayuh lagi dulu pakai kakinya Baru naikkan kaki ke pedal Voila. Mamenit langsung meluncur tanpa pinggang patah-patah. He is a proud father. Dua anak berhasil lulus belajar sepedaan dalam sekejap. #loveyou

? motorcycle dududu – FUNNY

Metode 5 menit ahli bersepeda ini juga diterapkan ketika adiknya transisi ke sepeda roda 2. Walau sudah ngepot-ngepot naik sepeda roda 4, si anak wedok juga dipaksa kembali ke pushbike-nya sampai benar-benar balance meluncur dengan kaki tanpa menyentuh tanah.

Hampir mirip dengan kakaknya, hanya 5 menit saja transisi ke sepeda roda 2 dan dia sudah lancar mengayuhnya.

Sungguh, senyum si bapak sangat bangga melihat anak-anaknya lancar bersepeda. Achievement unlocked.

Kecuali ketika anak dua itu kabur bersama dengan naik sepeda.

Marah besar lagi bapaknya ^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *