Masak Tanpa Minyak Pakai Panci Sehat Debellin Aja

Berat badan saya meledak! Awal-awal WFH teratur jalan pagi sama anak-anak setiap hari. Di tengah-tengah mulai ngeri karena covid mulai memasuki lingkaran terdekat dari rumah sehingga acara jalan-jalan dikurangi. Sekarang saya menuai hasilnya, ketika timbangan mulai mentok di angka yang tidak diharapkan. Sedang berusaha mengatur lagi pola makan dengan panci sehat dan berkaca dari pengalaman teman-teman yang berhasil menurunkan berat badan.

Ingin diet dan follow Instagram influencer lifestyle yang share masalah healthy cooking nggak? Saya enggak. Tapi teman saya ada yang berhasil menerapkan cara menurunkan berat badan modal masak tanpa minyak di story Instagram @septaniaenggar. It works almost 15 kilos of her weight gone! Gile!

Menurunkan hampir 15 kilogram dalam waktu 3 bulan. Rahasianya?

Satu Aja, Disiplin Masak Tanpa Minyak!

Emang bisa? Emang nggak gosong? Emang aromanya keluar?

Emang ini emang itu pertanyaan saya banyak sekali sambil mantau story setiap Enggar memasak. Ayam bakar, Ayam kecap saus sambal, Bakso ayam tanpa tepung, dan lain-lain yang biasanya kalau kita memasak itu pasti pakai minyak untuk menumis bumbunya. Tampilannya pun tetap menggoda selera untuk dihabisi segera.

Beberapa kali dia posting urutan memasaknya yang bener-bener nggak pake minyak. Bumbunya dimatangkan dengan air, baru dimasukkan daging atau bahan-bahan lainnya. Tanpa minyak, tanpa santan, tanpa gula. Dia kaffah menjalaninya meski di awal berat juga dan hari-hari cheating itu tentu ada.

Pertanyaannya, memang kenapa sih kudu ngurangin minyak?

Dikutip dari Okezone, Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi RS Medistra, menyampaikan bahwa penggunaan minyak akan meningkatkan total asupan kalori seseorang. Hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita obesitas, yang juga berhubungan dengan penyakit kronis lainnya. Mulai dari hipertensi atau penyakit jantung.

Memasak sehat bisa dilakukan dengan cara masak yang sederhana, seperti mengurangi penggunaan minyak, lanjutnya.

Well cukup paham sih. Apalagi di umur-umur seperti sekarang, dengan orangtua yang kesehatannya harus dijaga, apa yang kita lakukan sekarang hasilnya mungkin bisa beberapa tahun lagi. Salah satunya cara masak. Kalau mengurangi masak pakai minyak dari sekarang jadi terhindar dari penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya di kemudian hari.

Tapi bukan hanya itu saja masalahnya, dilansir dari Women’s Health yang dikutip di Fimela.com, minyak juga merupakan komponen makanan yang sulit dicerna di dalam tubuh, sehingga pada akhirnya akan diubah menjadi lemak dan ditumpuk di tubuh.

Umumnya, dengan berhenti makan gorengan, mengatur pola makan yang baik diikuti dengan olahraga cukup dan minum air putih cukup, orang bisa menurunkan berat badan 4-5 kg dalam satu bulan. Itulah mengapa, aturan dasar diet menjaga pola makan dan menjaga kesehatan tubuh wanita adalah dengan cara mengurangi atau menghentikan konsumsi makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Oh ini dia lebih detail masalah berat badan yang saya hadapi ya. Paling gampang membuat camilan memang dari goreng-gorengan. Lalu dicocol petis pedas, ugh bisa habis banyak tuh. Belakangan saya tidak pernah membeli gorengan lagi, lebih senang goreng sendiri. Namun ternyata efeknya banyak, naik 5 kilogram selama pandemi misalnya.

Memang harus mengurangi makanan yang digoreng sebelum memutuskan untuk memulai diet yang lebih konstan. Tujuan saya ingin hidup sehat, badan ideal, dan umur lebih panjang.

Jadi mulailah dari sekarang memulai dari rumah sendiri untuk masak nggak pakai minyak dengan panci sehat. Kurang-kurangi saja kekhawatiran ayam gosong, atau haruskah menumis pakai air itu dengan memakai peralatan memasak yang tepat. Seperti memakai alat masak panci premium dengan teknologi granite coating, misalnya.

Alat masak dengan granite coating itu bener-bener nggak cuma cantik seperti di Instagram seperti yang banyak wira-wiri di tab explore aplikasi ini, tapi juga banyak manfaatnya. Wajan dengan lapisan granit bisa dipakai memasak tanpa minyak, membuat masakan lebih cepat matang, juga menjaganya tetap hangat lho!

Alhamdulillah karena satu dan lain hal, saya bisa bilang…

Masaknya Pakai Panci Sehat Debellin Aja!

Debellin Premium Cookware adalah brand alat masak yang menggunakan teknologi Granite Coating dari Jerman yang aman untuk keluarga. Debellin telah melalui uji berkali-kali untuk mendapatkan alat masak berkualitas tinggi yang bebas PFOA, mudah dibersihkan, anti lengket dan dibuat dengan desain eksklusif yang cantik.

Bebas PFOA memberikan rasa aman saat memasak tanpa memicu zat beracun yang dapat memicu sel kanker. Memasak dengan Debellin pun nggak harus pakai minyak karena permukaan anti lengket dari lapisan granitenya menjamin menumis pun tetap lezat hasil akhirnya. Karena bisa masak tanpa minyak, memasak beberapa menu sekaligus cukup dengan dilap memakai kain dapur yang bersih untuk memasak hidangan berikutnya.

Saya memakai seri Absolute Granite Debellin Premium Cookware yang berwarna dasar hitam. Seri ini merupakan inovasi terbaru Debellin sebagai sebuah upgrade dari granite series sebelumnya. Seluruh produk alat masak Debellin Premium Cookware termasuk Absolute Granite series dipastikan sudah lulus uji untuk bebas dari semua bahan yang beracun dan berpotensi menyebabkan kanker. Gimana, sudah siap beli?

Belajar Masak Tanpa Minyak Pakai Panci Sehat Debellin

Setelah serius mengikuti tips-tips masak tanpa minyak, saya tambahkan alat dapur baru dari Debellin. Pegangan saya punya alat masak itu secukupnya, apalagi kalau ingin memiliki dapur yang bersih dan rapi. Seperti gaya minimalis yang lagi trending saat ini.

Wajan dan Panci Sehat Panci Premium Teknologi Jerman? Sure.

Satu wajan dan satu panci sehat Debellin pun mengisi dapur. Seru ya, apalagi kalau lagi masak telur!

Di awal-awal pakai Debellin Absolute Fry Pan 20 Cm, saya memang hobi banget bikin telur bungkus yang sempat trending di Instagram. Mengikuti anjuran untuk masak tanpa minyak demi memulai gaya hidup sehat yang baru. Tidak terasa lengket, yang penting pas panasnya. Tuangkan dulu bagian putih telur sampai setengah matang, lalu kuning telur di bagian tengah, bungkus dengan putih telurnya. Maap..berantakan, hahahaha.

Setelah kematangan kuning telurnya cukup, angkat dan beri topping keju slice, lalu masukkan ke dalam setangkup sandwich. Bekal sarapan yang paling disukai sama suami sebagai penggemar telur setengah matang.

Kemudian meningkat, masak ala-ala masakan arabia, Nasi Khabsah. Tinggal ditumis saja bumbu-bumbunya pakai panci premium Debellin Absolute Granite Shallow Casserole 30cm lagi-lagi tanpa minyak. Matangkan dengan air sekaligus untuk memasak dagingnya. Masaknya cukup dengan api kecil saja karena teknologi granite coating Debellin Premium Cookware menyimpan panas lebih lama dibanding panci yang lain.

Begitu juga tutup kacanya. Debellin memastikan setiap desain untuk alat masaknya serba guna. Ukuran celah antara panci sehat dan tutupnya dirancang untuk membantu mempercepat proses pengempukkan daging seperti untuk masak steak. Mau lebih empuk lagi, gunakan teknik memasak 5-30-7 agar daging benar-benar matang dan pas empuknya. Bahan kaca tutup panci Debellin dibuat dari tempered glass yang memiliki kekuatan 5x lebih kuat dari tutup panci biasa, masak lebih lama ya tetap aman.

Setelah setengah matang dagingnya, masukkan berasnya lalu aduk-aduk sebentar agar bumbunya merata. Tutup rapat kembali dan biarkan nasinya matang sempurna. Tutup panci premium yang transparan begini ini bisa dipakai untuk timelapse memperlihatkan beras yang dimasak sampai jadi nasi dengan gampang.

Saat memulai gaya hidup baru dengan dua alat masak, panci sehat dan wajan Debellin ini pun ngga menyusahkan. Selesai menggoreng telur, cukup dibersihkan saja dengan tissue dapur, sudah siap untuk dipakai memasak yang lainnya. Selesai memasak nasi Khabsah, nggak usah dipindah ke wadah, sajikan saja langsung di meja. Hemat dan irit sabun cuci.

Review Debellin Premium Cookware Absolute Granite Series

Memuaskan sekali memang memakai wajan dan panci premium teknologi Jerman yang dipakai Debellin di alat masaknya ini. Saya jadi bisa disiplin mengikuti cara menurunkan berat badan dengan masak tanpa minyak. Satu langkah awal sebelum dilanjutkan ke langkah lainnya demi berat badan impian. Tapi jangan sampai faktor-faktor kesalahan memasak ini bikin mungsret semangat hidup sehat masak tanpa minyak ya!

Muncul Noda di Panci Sehat dan Wajan Premium

Untuk mencegah munculnya noda di wajan dan panci Debellin, saya mengikuti cara dari kakak, pengguna Debellin senior di lingkup keluarga. Dia bilang kerak-kerak noda di bagian bawah itu munculnya kalau api kompornya berwarna kuning/oranye/merah. Tandanya pembakaran gasnya tidak sempurna atau mulut tungkunya kotor.

Padahal, pada dasarnya wajan dan panci Debellin ini bisa digunakan di hampir semua jenis kompor, jadi soal api itu perlu diperhatikan baik-baik untuk menjaga kecantikan alat masak.

Noda yang muncul di permukaan atas Debellin Cookware juga bisa dihindari dengan cara tidak memanaskan hingga melebihi 250 derajat Celcius. Pada suhu ini rata-rata makanan akan gosong lho. Sebaiknya gunakan api kecil sampai sedang karena ketebalan bahannya sangat baik untuk menghantarkan panasnya. Disarankan juga tidak memanaskan panci dan wajannya dalam kondisi kosong tanpa bahan makanan.

Bolak-balik Kena Slomot Panas Saat Ngelap

Yolo, slomot itu bahasa Indonesianya apa ya? Kenyos? Halah malah kenyos.. Tidak sengaja menyentuh panci dan wajan yang masih panas saat membersihkan itu lho. Kebiasaan membersihkan alat masak yang lama memang masih terbawa kalau lupa memasaknya pakai panci dan wajan Debellin.

Inget ya cara merawat wajan Debellin setelah dipakai memasak itu kuncinya menunggu. Tunggu dulu sampai dingin, baru dibersihkan dengan kitchen towel/tissue kalau mau disimpan selesai menggoreng. Kalau dipakai untuk memasak makanan berkuah, tunggu juga sampai dingin baru dicuci dengan sabun cuci biasa dan spon cuci yang lembut.

Sedangkan soal kena panas gagang wajan dan pegangan panci Debellin sih nggak mungkin. Gagang kayu pegangan panci dan wajannya terbuat dari lapisan sintetis bercorak kayu yang membalut aluminiumnya. Desain ini membuatnya nyaman di genggaman tangan, kuat, nggak panas, dan keliatan cakep banget misal disajikan langsung tanpa pindah ke piring saji.

Boo bilang, “Inilah mengapa ada namanya T. E. K. N. O. L. O. G. I, Ai. Teknologi yang harus dibayar dengan harga saat kamu beli.” Dan menutup pembicaraan kami soal diskonan Debellin di Shopee dan Tokopedia kapan hari.

Nggak Punya Sutil Silikon? Beli yang Kayu, Murah!

Percayalah, semangat untuk memasak yang enak dan sehat akan hilang kalau ada goresan yang muncul di panci dan wajan Debellinmu. Idealnya untuk alat masak berteknologi lapisan granite, baiknya memakai sutil silikon yang tidak menggores permukaannya. Tapi kalau tidak pengen memakainya, bisa membeli sutil kayu yang lebih ekonomis harganya. Mau beli 10 mungkin nggak sampai seharga yang silikon, bisa ganti-ganti lagi!

Sebenarnya mau pakai sutil aluminium atau besi pun terserah yang punya Debellin sih ya. Wkwkwk..

Pakai Debellin Aja Dulu, Lanjutkan Olahraga Kemudian

Satu tips dari Enggar mengapa dia berhasil menurunkan berat badan saat fokus masak tanpa minyak adalah melakukannya satu per satu. Membiasakan diri untuk mengubah asupan makannya dengan masak tanpa minyak, agar tubuh nggak craving for food karena dihantam sekalian forsir untuk olahraga berat. Baru setelah terbiasa dengan masakan tanpa minyak, dilanjutkan dengan olahraga membentuk badan.

Nah, olahraga ringan saya adalah mengangkat panci premium Debellin. Sebenarnya series Debellin Cookware apapun tidak berat karena menggunakan bahan dasar die cast alumunium. Tampilannya kokoh tapi ya?

Saya sendiri kecelik sewaktu mengangkat dengan kekuatan penuh, eh tapi ringan bahkan saat masih di dusnya sekalipun. Namun, untuk panci casserole-nya yang besarnya selebar badan, bebannya masih cukup terasa di lengan. Sehingga kadang-kadang saya jadikan beban untuk olahraga ringan.

Up and down, right to left. Ulang sampai 20 hitungan. Karena menurunkan berat badan dari mengatur makanan bisa berpengaruh terhadap postur dan bentuk tubuh yang ditinggalkan lemaknya. Jadi ya sambil masak-masak dan saatnya menyimpan panci ini, dipakai dulu untuk sekadar angkat beban dan membiasakan tubuh untuk bergerak sebelum dilanjutkan ke beban yang lebih berat.

Rekomendasi Koleksi Debellin Cookware

Debellin Granite Series

Untuk beginner, biasanya seri ini yang pertama kali dituju. Terbuat dari bahan berkualitas yang anti lengket, bebas PFOA, mudah dibersihkan dan dapat digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan memasak. Dari tumis, deep fried sampai mengukus makanan.

Seri ini terdiri dari wajan dan panci sehat casserole 28cm, asian wok 28cm, asian wok 32cm, fry pan 28cm, shallow casserole 24cm, dan granite shallow casserole 28cm. Bisa dikoleksi semua, bisa juga sesuai dengan kebutuhan saja.

Debellin Grill Series

Ada dua koleksi grill series yang juga menarik dimiliki. Terdiri dari Copper Grill Set dan Grill Pan 5 in 1. Copper Grill Set didesain dengan kedalaman 5x lebih dalam sehingga dapat membuat steak daging yang juicy. Dibuat bergaris-garis itu untuk mengalirkan minyak hasil memanggang daging sehingga dapat digunakan untuk membuat saus atau menumis sayuran pelengkap steaknya.

Sedangkan grill pan 5 in 1 sangat cocok untuk dapur yang sibuk saat sarapan harus disiapkan dalam banyak varian. Bisa untuk bikin omelet, manggang sosis atau daging shortplate, menumis brokoli, atau membuat pancake dalam sekali tuang! Ugh, saya harus punya ini kayaknya.

Debellin Special Product

  • Artisan Dutch Oven Set
    Untuk yang ingin mencoba baking sourdough bread, ini seri yang pas. Didesain untuk memasak tumis, goreng, kukus, rebus, steam hingga panggang (bisa masuk oven up to 300°C) kombinasi kedua panci bisa digunakan secara bersamaan. Menggunakan teknologi lapisan anti lengket Quantanium, diperkuat partikel titanium, Dutch Oven Set ini dijamin tahan lama. Setnya terdiri dari Artisan Casserole 24 cm, Shallow Casserole 24cm, Steamer 24 cm dan 2 buah silicone handle.
  • Classic Wok 36cm
    Desain premium wok ini pas sekali untuk masak-masak menu makanan keluarga besar. Dilengkapi dengan lapisan anti lengket Quantanium yaitu 3 lapisan yang sangat kuat dan tahan terhadap benturan, serta mengandung partikel titanium. Bisa juga untuk wadah shabu-shabu untuk menghangatkan acara makan malammu.

Debellin Limited Edition: Scarlet Rouge

Si merah cantik koleksi terbaru dan terbatas ini bagus banget untuk kamu yang peralatan masaknya ingin terlihat stunning shimmering karena permukaan luarnya dibuat berbeda. Tampak bersisik yang memberikan efek tahan panas sekaligus tampilan yang elegan. Lengkap dengan fry pan 24 cm, sauce pan 16 cm, casserole 24 cm, dan shallow casserole yang bisa dipakai untuk merebus, menggoreng, dan menumis.

Istimewanya lagi tutup panci premium set Scarlet Rouge didesain menggunakan tutup kaca tebal berpinggiran silikon. Memasak jadi lebih tenang tanpa bunyi gedabrukan sekaligus membuat masakan lebih cepat matang. Gagang panci dan wajannya menggunakan material bakelite dengan tambahan lapisan silikon yang membuatnya nyaman digenggam.

IDE KADO Debellin Granite Mini Series Untuk New Mommy

Untuk teman yang sedang menunggu kelahiran baby dan teman yang sedang menyusui, ada kado menarik buat mereka lho. Seperangkat Debellin Granite Mini Series yang terdiri dari mini sauce pan 10 cm, mini casserole 12 cm, dan mini fry pan 14 cm.

Lucu banget imut dan bakal jadi alat masak membuat MPASI yang menyenangkan karena dirancang untuk memasak dengan cepat. Tim, bubur, hingga nasi lembek, bisa dibuat dengan casserole atau sauce pan-nya. Pancake dan omelete tanpa minyak bisa dihidangkan setelah anak sudah semakin besar. Sekali ngado, manfaatnya sampai besar nanti.

Sama seperti memiliki Debellin untuk memasak di rumah. Sekali punya Debellin, manfaatnya sampai tua nanti. Karena saya ingin dalam perjalanan mendampingi anak-anak sampai besar dalam sehat dan suka.

Yuk pakai Debellin aja!

29 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.