Stok Makanan Buat di Rumah Aja, Cobain Frozen Food Bikinan Arek Malang Ini

Situasi di awal 2020 sampai hampir quarter trimester tiga tahun ini, kayaknya mengubah banyak hal. Dari kerjaan, duit bayaran yang kepending, cara belanja, kebiasaan makan sampai ada yang tiba-tiba punya kemampuan baru. Semi curhat, woi.

Memang begitulah yang terjadi. Kita awalnya ‘dipaksa’ untuk di rumah aja. Tidak ke mana-mana, jadinya banyak tempat usaha yang kolaps. Kedai kopi, warung, hingga resto-resto yang tidak berinovasi pun gulung tikar. Inovasi bagaimana yang membuat sebagian dari mereka bertahan?

Yang saya lihat pertama adalah mereka yang membuat kopi 1 literan. Ngopi enaknya emang sambil nongkrong. Tapi saat ruang nongkrong yang tertutup dan berdesakan bikin bahaya mengancam kesehatan, akhirnya banyak yang memutuskan untuk ngopi aja di rumah. Order ojol sampai dompet mbrojol lalu berhenti belanja. Kopi-kopian pun berinovasi menyiapkan minuman andalan mereka yang bisa langsung diminum bersama beberapa orang.

Kedua adalah mereka yang mengubah masakannya dari dine in menjadi frozen yang ready to cook. Hingga pelanggannya bisa bikin menu kesayangan di rumah. Bisa juga jadi stok makanan siap makan yang nggak harus diolah dari mentah. Tinggal goreng, masukkan oven, panaskan di microwave, criiing jadi deh. Beberapa bikinan arek Malang yang sudah saya coba, dikumpulkan di sini ya buat rekomendasi.

Ayam Goreng Kremes dari Warung Lesehan Yogyakarta

Saya pikir bikin kremesan ayam itu harus ada trik tersendiri. Nyatanya sekarang bisa tinggal beli di Warung Lesehan Yogyakarta edisi frozennya, lalu dikeluarin aja dari kemasan frozennya, panaskan sebentar dan segera hidangkan. Sudah lengkap sama sambalnya yang banyak dan kecap khas WLY. Yang suka lalapan ya monggo bisa ditambahkan timun sama sayuran.

Selain ayam goreng kremes, juga ada menu Udang Goreng Tepung khas Warung Lesehan Yogyakarta. Cara memasaknya gampang beud, sudah disertakan di bungkusannya.

Tips Masak Ayam Goreng Kremes WLY: Nggoreng ayamnya di minyak panas aja, sampai kuning satu sisi baru dibalik sampai matang sisi satunya. Jangan dibolak-balik biar ga ancur. Empuk banget soalnya.

Harga Ayam Goreng Kremes Frozen: 71 ribu

Harga Udang Goreng Kremes Frozen: hmmm nanti saya beli dulu

Bisa dipesan di wa.me/6281216976408

Baggy Bites Chicken Nugget dan Saus Frozen Baegopa

Makan di kandang Baegopa bagi saya cukup nyaman saat situasi seperti ini. Mereka bisa mengatur flow dan ruangannya agar pengunjung tidak berdesakan. Tapi memang lebih aman kalau ke kandang untuk beli chicken nugget dan saus-saus Baegopa untuk dimasak sendiri di rumah. Bisa juga dipesan lewat whatsapp admin dan ojol juga. Tambahkan sayuran rebus atau kentang goreng, udah deh berasa makan Baegopa di kandang minus lemon teanya aja.

Saus frozen Baegopa sendiri hampir semua ada macamnya. Dari cheese, mentai, barbeque, blackpepper dan mayonaisenya. Tunggu, harusnya sih ada 6, kurang apa ya? Oh Japanese Curry!

Nggak harus dimakan sama ayam crispy seperti di Kandang Baegopa lho. Sausnya bisa dikombinasiin sama makanan kesukaanmu juga. Saya pakai blackpepper sauce untuk marinate daging shortplate sebelum dipanggang ala-ala Korea. Saus kejunya paling disukain anak-anak untuk cocolan segala ada, sampai kerupuk pun dicocol sausnya. Favorit bapaknya adalah saus mentai (di permukaan makanan apa saja) ditaburi boncabe atau bonnori.

Harga Baggy Bites Chicken Nuggets: 40 ribu

Harga Saus Frozen Baegopa: Mulai dari 25 ribu

Bisa dipesan di wa.me/6282334695596

Smoked Beef Frozen dari HundredSmoked Malang

Seneeeng banget udah pernah nyempetin ngumpul sama temen-temen di kedainya yang di Jalan Bendungan jauh sebelum pandemi muncul. HundredSmoked Malang ini memang termasuk pelopor daging semok2an di sini. Biasanya pada makan steak kan? Disodorin modelan smoke gini langsung pada tergila-gila.

Termasuk saya yang kemudian berbahagia juga ketika mereka melaunching smoked beef frozen beserta saus-sausnya agar bisa tetep nyemok di rumah. Semua varian HundredSmoked Malang ada versi frozennya. Dari beef, chicken sampai sausnya juga. Kadang-kadang promonya menarik juga, bisa diintipin terus lewat IGnya aja ya.

Pesan HundredSmoked Malang di sini wa.me/6287722880220

Pempek Palembang Frozen Juga Ada

Mungkin sudah lama ya ada karena gimana caranya bawa oleh-oleh khas dari sananya ya. Sebelum pandemi saya juga sudah sering bawa Pempek Ny Kamto kemasan frozen dari Jogja. Tapi kalau di Malang sendiri, baru Pempek NK ini yang bener-bener sesuai dengan lidah saya. Nda kenyol-kenyol macam kebanyakan kanji, nda putih mbeluk pun penampakannya.

Favorit saya bagian kulit. Yha, kayaknya memang itu part pempek yang paling saya suka. Kulitnya NK dan cukonya yang pedes sumer-sumer ini merebut hati setelah puluhan tahun tinggal di Malang dan ngga ada pempek yang klik selama ini.

Harga NK Pempek Small 40 ribu Besar 75 ribu

Bisa dipesan di wa.me/6281335718039

Siomay, Tahu Isi, Bakpao, Pangsit, Mie Ayam, Bakso Ayam Berqah Indonesia

Ini nih sepaket frozen food yang lezatnya nggak kaleng-kaleng. Saya menang giveaway sih, tapi bisa kamu beli juga di IG BerqahIndonesia. 7 Menu berqah ini cocok buat disimpan dan diolah kapan aja ditambah dengan sayuran kesukaan.

Pangsitnya bisa diolah jadi menu Pangsit Goreng Lekno yang fenomenal itu. Eh kemarin waktu masak resep pangsit goreng saya pakai siomay frozennya Berqah, cocok-cocok aja tuh. Bakso-baksonya saya pakai untuk sayur sop menunya anak-anak. Dan yang paling favorit adalah Bakpao Telur Asinnya. MENYESAL itu kenapa cuma 2 biji yang di paketan bakpao. Coba bisa pesan semuanya telor asin, uuuggh dunia lebih happy sepertinya.

Btw namanya ternyata BAKPAO PASIR EMAS, wekekekeke.

BerqahIndonesia ada di Bali, Malang dan Jakarta. Tapi bisa dipesan dari sini aja wa.me/6281918855551

Harga per itemnya mulai dari 40ribuan.

Persambelan Duniawi: Mamilo Sambal, Sambel Lutju dan Sambel Bawang Geprek Srikandi

Sambal-sambal bawang, sambal cumi dan sambal terasi botolan adalah jalan ninja saya. Kadang malas tu ya ngulek sendiri, maunya tinggal makan aja karena saya seringnya menyiapkan 2 menu. Anak-anak jelas ga mungkin makan sayur pedas kan. Sementara sesebapaknya nggak suka menunya anak-anak. Combo! Solusinya tinggal sendokin sambel saja di atas telor dadar kesukaannya.

Sambal yang saya sebutin di sini adalah produksinya teman-teman sendiri. Ketiganya sempat dicustom seperti keinginan saya, wkwkwk. Sambel cumi less chili dibikinkan Mamilo Sambal. Dia juga bikin ikan-ikan asap yang bisa disimpan frozen untuk dimasak lagi.

Sedangkan Sambel Lutju dan Sambal Bawang Geprek Srikandi tonenya sama perbawangan tapi citarasanya beda. Mungkin keringat yang netes waktu ngulek beda sih. Sambel Lutju sering saya gorengin tomat untuk diulek lagi sama dia, seger gitu jadinya. Sedangkan Sambal Bawang Geprek Srikandi sudah pas pedasnya untuk dicampur masakan lainnya. Rata-rata sambal botolan ini bisa disimpan sampai 2 minggu tanpa masuk kulkas.

Pesan Sambal Mamilo di sini: wa.me/6281212311987

Pesan Sambel Lutju di sini: wa.me/6282333439898

Pesan Sambel Bawang Geprek Srikandi di sini: wa.me/6281235566945

Premix Sponge Cake, Premix Ice Cream dan Chocoquick Dapur Cokelat

Pengalaman baking saya itu cuma bagian njilatin baskom tempat ibu nyampur adonan kue kering. Sudah puluhan tahun yang lalu. Kemudian iseng beli ovennya temen waktu mulai wfh awal tahun ini. Bakingan pertama pengen bikin Korean Garlic Bread tapi langsung nggreges karena salah adonan trus langsung ikutan kursus bikin roti di Malang.

Kemudian keluhan saya didengar oleh Dapur Cokelat Malang lalu dikirimi sekotak premix sponge cake rasa vanilla dan cokelat. Percobaan pertama mengikuti resep soft cookies pakai premix sponge cake vanilla berakhir dengan jadi deretan Gunung Banyak di dalam oven karena meleduk semua. Kedua ketiga dan alhamdulillah keempat kalinya baru sukses banget soft cookiesnya. Enak dan bikin terharu.

Kalau bikin sponge cake pakai Premix Dapur Cokelat sih gampang banget. Cuma dicampur ke telur yang sudah dikocok sama ditambah ke margarin yang sudah dicairkan doang. Semua orang bisa baking sendiri di rumah. Rasanya enak lho, pas gitu tingkat kemanisannya.

Bisa dipesan lewat website dapurcokelat.com atau lewat gofood kalau ada cabang yang terdekat di kotamu. Harganya start dari 18.000

Risolumer Suma Snack

One of my good good friend mengangkut ibu dan ponakan-ponakannya untuk mengungsi di rumahnya selama pandemi. Bikin rame dan ruwet katanya karena rumahnya cukup mungil. Tapi demi keamanan bersama daripada ditinggal di desa yang entah ga ada jaga-jaga jaraknya. Suatu hari dapet ide dari mana tiba-tiba sang ibu dan teman bikin martabak bihun ala duro dengan petisnya yang super enak.

Eh lalu dia bikin Risoles Lumer yang bisa disimpan beku juga dan saya sukaaa banget. Kedua babies saya juga bisa habis masing-masing sebiji utuh kalau saya lagi beli. Setelah itu saya nyetokin sih biar kalau anak lagi malas makan bisa tetap keisi perutnya. Sementara saya sendiri bisa abis berbiji-biji setiap beli.

Sawojajar free ongkir kalau kamu pesan Suma Snack di sini wa.me/6281222456580

Harga Per box Rp 20rb isi 4 pcs, Frozen Rp 38rb isi 8 pcs

HA GIMANA NDA NDUT SELAMA PANDEMI HAH!

Leave a Reply

Your email address will not be published.