ubu villa donolayan yogyakarta

Ubu Villa Donolayan, Villa Instagenic Jogjakarta di Ujung Jalan

Hati saya sebenarnya nggak yakin ketika mengikuti map menuju Ubu Villa Donolayan. Memang tempatnya di bawah Khayangan Resort Yogyakarta, di atas Filosofi Kopi Yogyakarta, tapi emang gangnya kecil dan sempit itu yang bikin nggak yakin ada villa di situ. Apalagi posisinya benar-benar di ujung jalan, notog jedug ngga ada apa-apa lagi dan lebarnya hanya cukup 1 mobil.

Ada tulisan Lom Lom Ubu Villa Syariah, baru saya mematikan mesin mobil.

Villa 4 Kamar dan Kolam Renang Pribadi di Jogjakarta

Begitu batin saya menilai ketika memasuki gerbangnya. Jiwa arsitek saya meronta-ronta ingin menelaah satu-satu tapi bahkan gaya bangunannya saja saya lupa. Sudahlah saya menyimpulkan ini merupakan bangunan tradisional Indonesia.

Disambut kolam kecil berisi ikan koki kalau kamu pertama kali memasuki area villa. Kamar-kamarnya mengelilingi kolam renang dengan bentuk letter U, menghadap kebun tebu dan dapat melihat sekilas sunset di ufuk barat. Sekilas karena tertutup tanaman tebu, tapi semburat cahaya senjanya cantik sekali.

Fasilitas Ubu Villa Donolayan

Sudah disebutkan villa ini memiliki 4 kamar dan kolam renang. Tempat mingling aka ngobrol ngakak sampai gila bisa di mana saja. Di kamar, di kolam renang, di teras samping, di dapur, tapi yang saya suka di pool side di bawah kamar atas. Duduk-duduk, guling-guling, berenang, duduk lagi, guling lagi sampai badan kering.

Untuk sarapannya kamu bisa memilih paket nasi uduk, nasi kuning, atau nasi gudeg apa ya. Beberapa dikemas di keranjang rotan dan bisa dinikmati sambil berenang ala floating breakfast. Sisanya ditata di nampan besar. Jadi memang, kamu mau berenang sampai pagi menunggu sarapan disajikan nggak papa mestinya.

Mau berenang sampai malam juga bebas, asal nggak bikin keributan. Begitu peraturan yang ditetapkan Ubu Villa Donolayan.

Peraturan Penghuni Villa

You can abuse that super fast WiFi facility. Tapi kamu nggak boleh bikin keributan. Apakah di villa bekerja saja apa gimana ya biar nggak bikin ribut? Oh tentu tidak. Ada banyak hal yang membuat keributanmu bakal tertelan di tenggorokan.

Pertama, aturan bahwa kapasitas villa ini 8 orang dewasa. Lebih dari itu akan dikenakan denda. Kolam renang diberikan fasilitas floating boat Flamingo, tapi sayapnya sudah lepas. Nah, saya dipesan juga untuk menjaga kalau buntut si Flamingo sudah seyeg hati-hati menaikinya biar nggak mengganti saat checkout nanti.

Kedua, jangan lupa villa juga dilengkapi cctv yang mengamati area kolam. You mau begijikan di kolam pasti kelihatan. You mau party nyemplungin motor di kolam kayak bule-bule di Bali itu? Nggak mungkin bisa sih, pasti kecantol tangga terasnya. Begijikan lah di kamar-kamarnya saja.

Setiap kamarnya mempunyai kamar mandi dalam yang terbuka beratapkan langit malam. Ada satu kamar utama yang luasnya nggak tanggung-tanggung, bertempat di bangunan berwarna putih di kanan kolam renang. Kamar utamanya dilengkapi lemari, kulkas, tempat tidur extra, dan televisi.

Wow Bisa Netflix and Chill!

Chill pale lu.

Malam itu saya menebeng di akun entahlah siapa yang ada di saluran Netflix dalam kamar utama. Papa Mama memilih kamar yang lebih kecil dan mempersilakan saya guling-guling sama bocah-bocah di kamar yang besar. Ditemani driver GoWil menamatkan Hospital Playlist Season 2 Episode 11 yang terpotong kemarin karena mengebut ngerjakan laporan sebelum liburan.

Suara Ikjun hanya terdengar sayup-sayup karena tvnya agak jauh dari kasur. Obrolan saya sama Gowil yang lebih kenceng meskipun bisik-bisik tetap terdengar jua rupanya. Jam 12 malam kakak yang kamarnya di atas kamar saya menelpon, kamu denger suara orang ngobrol nggak sih? YA ITU AKU LAH :)).

Chill pale lu, ngga bisa chill kalau bukaan kamarnya ada ke mana-mana gitu. Tapi karena kalau mau ke mana-mana dari Ubu Villa Donolayan agak PR, saya kasih tips sedikit ya.

TIPS MENGINAP di UBU VILLA DONOLAYAN

  1. Tempat makan terdekat adalah sebuah angkringan yang jaraknya sekitar 300meteran. Mau pakai mobil nanggung, jalan juga agak gelap. Make sure kamu sudah membawa cukup perbekalan.
  2. Mie instan dan telor boleh dibawa. Masakan matang sih bisa order online dan diantarkan dengan aman. Cuma perlu nambah biaya pengiriman karena cukup jauh ndlesepnya ke dalam.
  3. Ubu Villa Donolayan menyediakan fasilitas dapur mini dengan alat makan dan alat masak minimalis juga. Setidaknya ada kompor dan gas untuk memasak darurat.
  4. Paling OK kalau bikin grill di sini karena alat panggang dan arangnya sudah disediakan.
  5. Bawa obat nyamuk oles untuk mengatasi serbuannya di malam hari.

Ingat ya, bukan hanya serangan nyamuk yang mengancam. Saat liburan kamu pasti akan melonggarkan protokol kesehatan. Jangan sampai sih, makanya saya selalu memilih penginapan yang jauh atau minimal tidak terlalu ramai. Pandemi mungkin sudah mereda, level PPKM sudah diturunkan, antrian di rumah sakit mulai berkurang, namun ancamannya masih mengintai.

Hanya berharap ketika ritual pertemuan keluarga kami selanjutnya keadaan sudah jauh lebih aman. Saya ya kepengen jalan-jalan ke mall, sarapan di Kopi Klothok, ngemil Pempek Ny Kamto, atau ngemut Tempo Gelato di Jalan Kaliurang. Sampai road trip terakhir kemarin, saya dan keluarga masih tetap menyepi di kejauhan.

Lalu ada yang bertanya, DI JOGJA NGGAK KE MALIOBORO? NGAPAIN STAYCATION AJA JAUH-JAUH ke JOGJA SIH?

ehehehehehehe…

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *