10 Kuliner Babi di Malang, Katanya Enak-enak Semua

Kalau kamu penyuka ayam geprek, pasti tidak susah menemukan penjualnya di segala penjuru mata angin Kota Malang. Begitu juga kalau mencari warung kopi enak yang sekarang tumbuhnya bak jamur di musim hujan. Padahal lagi musim kemarau. Nah, mencari warung dan penjual masakan berbahan babi di Malang itu nggak semudah scroll aplikasi ojek online. Apalagi yang enak dan direkomendasikan kalau memang ngga tahu tempatnya.

Apalagi makan babi dilarang untuk agama tertentu. Tapi berteman dengan banyak orang, saya penasaran juga sih seberapa banyak yang mencari tempat makan babi enak di Malang. Sobat meja di samping kiri saya dulu adalah teman yang bercerita tentang masakan daging babi dan resep memasak daging babi yang bersemangat cerita dengan mata berbinar-binar. Setiap membahas info kuliner babi yang baru, kami berdua ketawa ngikik-ngikik di tab chat sambil tapuk-tapukan.

Disclaimer: Konten ini mengandung makanan berbahan tidak halal. Jika tidak berkenan lebih baik bacanya tidak dilanjutkan.

Apa setelah mendiskusikannya saya diajak makan babi di sana? Ya enggak lah. Justru saya bisa ngasih tahu teman-teman yang lain misalnya ada yang bertanya di sana makanannya mengandung babi atau tidak. As simpel as that. Kita sudah sama-sama dewasa, sudah tahu aturan dan hukumnya bagaimana dalam ajaran agama masing-masing. Mendekati zina aja dilarang, apalagi yang haram-haram.

Makan daging babi itu haram. Habis perkara. Sudah nggak usah ditawar, nggak usah dinego. Tapi jika ada yang berjualan masakan daging babi di Malang, ya sudah biarkan. Ada mereka-mereka yang memang tidak apa-apa jika makan daging babi. Kalau kamu mau coba mencari warung bakso babi atau babi panggang di Malang, ya coba aja misalnya memang tidak dilarang untukmu.

Setidaknya hidup jadi lebih bernas karena membahas kuliner babi di Malang tidak pernah tidak seru. Dari diskusi-diskusi yang sudah lewat, ada beberapa tempat yang direkomendasikan teman untuk kulineran masakan babi di Malang. Beberapa juga saya temukan di Facebook dan Instagram.

Rumah Jagal Bapa – Spesialis Olahan Babi di Malang

Pork Job – Jl. Bondowoso 16, Malang

Warung Bu Erna – Sate Babi Enak di Petungsewu, Malang

Ini review dari Winda Carmelita yang kayaknya wuenak banget gitu Sate Babi Bu Erna-nya. Lets read: TERBIUS GURIHNYA SATE BABI WARUNG ERNA DI PETUNGSEWU

Hamur Ibab – WARUNG BIASA SEDIA MASAKAN JAWA BERBAHAN BABI, RAWON BABI, RICA BABI KECAP

Se’i Babi Kupang – Sedia Tart Se’i Babi

Rekomendasi Bakso Babi di Malang

Katanya bakso yang berbahan babi rasanya cenderung light di kuahnya ketimbang yang berbahan daging sapi. Well, sebagai penyuka Bakso Kidul Pasar, Bakso Solo, dan Bakso Priangan yang kental kaldunya, saya nggak bisa mbayangin kalau berpindah citarasa ke yang nggak ada rasa gajih-gajihnya. Hahahaha, tolonglah ini gajih di pinggang kalau bisa dibikin kuah bakso aja –“

Menurut perbincangan teman-teman, di Malang ada beberapa tempat makan bakso babi yang enak. Ada Bakso Gondhol di daerah ruko depan Gotong Royong, ada juga Bakso Bakwan Subur yang ngepos di daerah Jalan Wuni. Hampir seperti bakso Malangan yang biasanya, di warung bakso berbahan babi ini ada pilihan bakso/pentol, goreng dan uborampe seperti jeroannya turut disajikan.

Saya juga mengumpulkan informasi tentang warung yang menjual masakan babi di Malang dari berbagai sumber di post ini. Biar kenapa? Biar kamu nggak pada bertanya-tanya lagi mereka menyediakan masakan halal nggak ya.

Warung Sejahtera di Jalan Pisang Candi Barat

Konon masakan babi rica dan babi kecap di Warung Sejahtera ini sangat direkomendasikan para penyukanya. Apalagi harganya cukup ramah di kantong karena per porsinya sekitar 12 ribuan saja.

Depot Samsin Cwie Mie dan Sate Babinya yang Legendaris

Kalau kamu meluncur dari arah Betek menuju kota lewat jalan Brigjen Slamet Riadi, di salah satu sisi jalannya ada Depot Samsin. Menu andalan yang dijual sejak tahun 70an adalah sati babinya yang empuk.

Mana lagi ya? Ini modal searching doang sih sama yang sekiranya lewat dan terlihat. Kalau misalnya kamu ada rekomendasi masakan babi di Malang lainnya, monggo dikomen nanti saya lengkapin ya. Terima kasih.

3 Comments

  • Nambahin aja nih…
    1. Pig-a-Boo di Jalan Esberg, dekat dgn Rumah Jagal Bapa
    2. Bakso Buncit di Jalan Sulfat
    3. Sate Babi 99 di Jalan Rajekwesi

  • Namahin lagi nih biar tambah lengkap
    1. Bakwan Mulia di Jl. Kurinci
    2. Depot Ibab di Jl. Kepundung
    3. Bakwan Mentawai di Jl. Citandui
    4. Depot Kee Tjie di Jl. Zainul Arifin
    5. Warung Bali di Jl. Simpang Bondowoso (tersedia babi guling setiap Rabu dan Minggu)
    6. Sego Besek Babi “Catty” di Jl. Ikan Layur (khusus pesanan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *