12 Varian Smartphone, 85 Kota, Apalagi Gebrakan Smartfren 4G LTE?

Mengamati perkembangan Smartfren 4G LTE, ada banyak sekali langkah strategis yang dilakukannya dari tahun 2015 hingga awal 2016 ini. Di akhir tahun lalu, 85 kota di Indonesia sudah bisa dicover jaringannya, padahal di Agustus saat diluncurkan, hanya 22 kota yang bisa menikmati kecepatan dewa ini. Beruntunglah kota saya sudah bisa menikmatinya.

Baca Juga:

TIPS MENCARI KONEKSI 4G LTE DI MALANG!
LUNCH BARENG SMARTFREN MENGINTIP MENU DJATI LOUNGE
5 KEJUTAN HEBOH DI BALIK GRAND LAUNCHING SMARTFREN 4G LTE ADVANCED
JALAN-JALAN UJI JARINGAN SMARTFREN 4G LTE DI MALANG
SEMINGGU BERSAMA ANDROMAX MIFI M2P

Di tahun Monyet Api ini, apa lagi langkah yang digeber Smartfren ya?

Kecepatan Unduh yang Tinggi
November 2015, Smartfren yang merupakan operator pertama di Indonesia yang menerapkan 4G LTE Advanced, sukses melakukan ujicoba dan implementasi 2 Carrier Aggregation (CA) di band TDD 2300 Mhz yang menghasilkan kecepatan unduh internet yang tinggi.

Saat ini, hanya perangkat yang memiliki spesifikasi tertentu yang bisa menikmati internet kecepatan tinggi yang dihasilkan Carrier Aggregation. Perangkat tersebut minimal harus memiliki spesifikasi 4G LTE Cat.6 dan saat ini masih sangat terbatas, demikian dijelaskan Munir, VP Special Project Network.

Infrastruktur Partner
Dalam pengembangan jaringan 4G LTE, Smartfren saat ini menggandeng ZTE dan Nokia sebagai infrastructure partner. Nokia saat ini menggarap pembangunan BTS 4G LTE di Indonesia bagian Barat yang meliputi Jabodetabek, Jawa Barat dan Sumatera. Sementara ZTE mengembangkan infrastruktur 4G Smartfren di wilayah Timur Indonesia, meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Inovasi Perangkat Nokia
Saya masih harus mencerna lebih dalam apa sih yang ditawarkan dari inovasi Nokia yang menerapkan perangkat LTE Advanced Small Cell di Smartfren. Katanya Small Cell ini memiliki fitur Evolved Node B (eNB)yang berfungsi sebagai transceiver dan juga sebagai interface dengan perangkat pengguna, memiliki kapabilitas LTE Carrier Aggregation, Smart Wifi, Internal Antena, ukuran mini dan memiliki kemampuan macro offload serta dapat digunakan sebagai hotspot atau zone.

GADGET BARUUUU!
Pertengahan tahun 2015, Smartfren meluncurkan handset Andromax 4G LTE Q, Qi, Ec, Es, R, dan Andromax 4G LTE MiFi M2Y, M2P dan M2S di bulan September 2015. Tidak hanya Andromax, Smartfren berkomitmen untuk mempercepat penetrasi 4G LTE dengan menggandeng beberapa vendor handset global ternama, antara lain Samsung, Lenovo dan Hisense.

Kartu Internet Smartfren
Saat ini pengguna layanan Smartfren 4G LTE mencapai satu juta pelanggan dengan 13 juta total pelanggan. Dari sisi service, Smartfren meluncurkan Kartu Internet 4G LTE Smartfren dan paket layanan internet True Unlimited. Kartu Internet 4G LTE yang dapat digunakan pada perangkat 4G LTE yang memiliki jaringan Band 5 (FDD 850 Mhz) dan Band 40 (TDD 2300 Mhz). Kartu ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin merasakan koneksi data LTE Smartfren dengan perangkat non-Andromax.

Ingat ya, yang ada di jaringan Band 5 (FDD 850 Mhz) dan Band 40 (TDD 2300 Mhz) bisa lho ngerasain punyanya Smartfren ini. Kartu Internet 4G LTE ini untuk sementara hanya bisa didapatkan di Galeri Smartfren dengan harga perdana Rp 25 ribu dan akan langsung mendapatkan kuota internet sebesar 2 GB dan bonus isi ulang hingga 6 GB dengan minimal isi ulang 20 ribu.

Mau streaming YouTube atau nonton Netflix? Ini solusi yang paling memudahkan kayaknya.

Sharing after reading, yes?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *