Step by Step Terbang Ke Luar Negeri

Sebelum merasakan sendiri gimana caranya berangkat ke luar negeri, saya menyadari ada ketakutan luar biasa dengan trip ediholiday kemarin. Walau hanya ke Singapura deket situ aja, tetep saya blank dengan caranya.

Dan setelah ngalami sendiri gimana dan gimananya cara pergi ke luar negeri lewat Bandara Juanda, saya tuliskan buat kamu ya? Jangan takut, ngga susah kok.

Pertama, hitung waktu antara jam berangkat pesawat dengan lama perjalanan menuju bandara. Datanglah 2 jam sebelum jam keberangkatan untuk check in dan mengurus bagasi. Oya, turunkan barang-barang di terminal keberangkatan ya, langsung kelihatan setelah masuk Juanda.
Kayak gini, boleh foto-foto dulu kok.

Setelah melewati gerbang pemeriksaan pertama, cari aja konter sesuai tiket pesawat yang kamu pegang. Siapkan paspor dan airport tax. Kemarin airport taxnya masih 150rb, mahal ya?
Konter Air Asia bergantian dengan maskapai lainnya. Saat kami datang lebih cepat 3 jam, masih dipakai Cathay Pasific.

Selesai urusan tiket mentiket, naik ke lantai 2 untuk pengecekan paspor. Ngga bayar kok. Cukup antri aja dengan tertib.

Tunggulah jam boarding di gate yang telah ditentukan. Kayaknya Air Asia di gate 12 aja ya? Habiskan air minum karena kamu ga boleh bawa cairan di atas 100ml. Lotion, shampoo, pembersih softlens, air minum, akan disita di meja pemeriksaan. Boo sempat mengalami masalah di sini karena shampoonya berukuran besar yang bisa dipake sebulan itu x)). Kami masih bisa mengurus bagasi, oleh karena itu shampoo disusulkan ke bagasi tidak dibawa ke kabin. Beda dengan Singapura, barang tidak lolos periksa langsung dibuang ke tempat sampah.

Tunggu sampai panggilan penumpang masuk ke pesawat, dan masuklah dengan tertib. Beda lagi dengan di Singapura, penumpang akan dipanggil sesuai nomor kursinya dulu, bergantian sehingga masuk pesawat tidak berdesakan rebutan masukin barang.

Tidak berapa lama setelah pesawat tinggal landas, kamu akan diberikan form embarkation. Jadi pastikan paspor dan sebatang bolpen sudah kamu siapkan sebelum duduk. Biar ngga ribet pas ngisi aja sih. Yang diisi nama lengkap, nomer paspor, kewarganegaraan, sama alamat tempat tinggal di tujuan.

Simpan di dalam paspor, lembaran ini akan ditunjukkan di loket imigrasi Singapura.

Selesai mengisi formnya, saya mengucapkan selamat makaaan! PreBook Meal ini kami pesan saat memesan tiket dulu. Lumayan, pemesanan online dapat diskon 20% dong.

Demikian. Sama sekali ngga mengerikan kok keluar negeri itu. Asal dokumen yang diperlukan tidak ketinggalan :).

Next, kita bahas sistem kedatangannya yuk?
CATATAN LIBURAN di SPORE:

 

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *