Cara Pulang Ke Indonesia

Libur tlah usai. Badan sudah lunglai. Tapi perjalanan pulang menuju rumah masih panjang. Belum lagi mengingat keribetannya, ediholiday memutuskan pulang pagi-pagi sekali menuju Bandara Changi.

Packing sudah dimulai dari malam hari. Tas-tas yang beranak pinak menyebabkan boo membeli 1 bagasi lagi untuk kelebihan beban. Beli online bagasi Air Asia lebih murah, FYI. Untuk terakhir kalinya, ediholiday bertualang di stasiun MRT Orchard – City Hall – Tanah Merah dan terakhir Changi Airport bersama anak sekolah dan karyawan yang berangkat ke tempat kerja.

Dari stasiun MRT Changi, kita langsung naik SkyTrain menuju Terminal 1. Turun dari SkyTrain langsung ketemu konter Air Asia.

Oya, kalau kamu banyak belanja di Singapore, jangan lupa minta lembaran TAX REFUND di tiap toko yang kamu kunjungi setelah belanja di konter yang ada kodenya GST gitu. Tax refund ini bisa ditukarkan setelah pengecekan paspor di Changi.

Sebelum masuk ke ruang tunggu, sempatkan belanja mata di berbagai shoppes di Bandara Changi, lucu-lucu kok barangnya. Bisa kamu pakai juga buat ngabisin dolar yang masih ada di dompet dan malas menukarnya kembali dengan rupiah. Ingat, jangan terlambat lihat jam keberangkatan pesawat ya?

Di pesawat nantik kamu juga disodorin lembar keimigrasian untuk diisi. Bedanya kalau masuk Singapura, lembar itu ditunjukkan di konter imigrasi, kalau masuk Indonesia, lembarnya akan diambil di……tempat pemeriksaan barang :|.

Hal lain yang membetekan lagi saat masuk Indonesia adalah sikap basa basi petugas. Belum lagi dengan pandangan mencela dikira TKW pulang dari Singapura. Gosh, I hate my country. Bazz yang di garis depan kena razia petugas TKI ditanya ini itu bekerja atau liburan, hellow… kita kan sudah dicek di loket imigrasi? Ngapain elu nungguin di situ? Kalaupun TKW pulang kerja dari luar negeri, dia pakai duit-duitnya sendiri dan sudah bayar pajak, tiket, serta bisa ngurus kepulangannya sendiri kan? *nunut ngomel*

Dengan santai Bazz menjawab pertanyaan petugas: LIBURAN LAH PAK, NGAPAIN SUSAH-SUSAH KERJA DI NEGERI ORANG.

Demikianlah. Trip ediholiday berakhir sudah dengan drama di negeri sendiri. Sampai jumpa di ediholiday berikutnya ya!

CATATAN LIBURAN di SPORE:

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *