Review Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang

Tidak pernah dalam sedetik pun dalam hidup saya membayangkan bisa melewati proses persalinan. Dalam bayangan saya, persalinan apapun bentuknya itu menakutkan. Sepanjang kehamilan saya nggak berani ngelihat video persalinan, atau hal remeh seperti tren bakso beranak. Hamil sih boleh aja, sempat kepikiran bisa nggak langsung lahir aja nggak usah lewat persalinan?

Ya tapi saya bukan alien, makanya memilih rumah sakit bersalin yang paling nyaman adalah konsekuensi yang harus saya pilih demi melewati part paling menegangkan dalam hidup ini. Saya memilih Melati Husada yang ada di Jalan Kawi, Malang.

Awalnya memang karena melihat teman-teman lain yang memilih melahirkan di sini. Selanjutnya karena saya memang menyukai suasana rumah sakit ini. Ketiganya, nggak salah pilih ternyata, Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada sesuai dengan ekspektasi saya ketika mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk persiapan persalinan Raga.

HASIL SURVEY SINGKAT RS MELATI HUSADA MALANG

Semua berawal dari mengurus perpanjangan STNK motor Vario, mengalami flek sepulang dari Samsat Kota Malang, masuk rawat ke RS Melati Husada tepat di jam buka puasa. Sama seperti pasien lainnya, sebelum ditangani harus selalu diobservasi. Selama bukan pasien gawat darurat lho ya. Setelah itu baru diputuskan akan ditangani seperti apa selanjutnya.

cara pendaftaran rumah sakit melati husada malang

Terhitung dari kontrol kandungan terakhir sekitar seminggu sebelum hari H, dokter kandungan saya sudah memberi surat jalan ke RS Melati Husada. Iya karena saya sudah memilih situ duluan daripada rumah sakit bersalin lainnya. Cukup menunjukkan surat itu dulu untuk mendapat perawatan pertama.

Tapi ada berkas lain yang harus diberikan juga seperti: Fotokopi Kartu BPJS 2 Lembar, Fotokopi KTP 2 Lembar, Fotokopi Kartu Keluarga 2 Lembar, Fotokopi Buku Nikah 2 Lembar dilampirkan beserta aslinya. Ini bisa menyusul, karena sudah malam masuk Melati Husadanya, Pipi baru melampirkan keesokan harinya.

cara pindah kelas bpjs naik ke kelas di atasnya

Kartu BPJS saya pribadi dulu kelas 1. Tapi dengan kebijakan pemerintah ditakeover perusahaan, ternyata saya dapetnya di level kelas 2. Which is kamar kelas 2 di Melati Husada sebenernya cukup-cukup aja buat saya (kalo sendirian), tapi karena keluarga besar-besar, dan saya sangat menyukai privacy, saya memilih naik kelas 1.

Nggak ribet kok pindah kelas, cukup bilang di awal pendaftaran aja. Nanti akan dikasih perkiraan penambahan harganya. Kayaknya sudah fix yang dicover BPJS sekitar 1,9jt dari total harga yang harus dibayar kalau dari kelas 2 naik kelas 1. RS Melati Husada nerima asuransi juga kok. Tapi asuransi saya nggak ngover kelahiran :p.

apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit bersalin

SUAMI! Jangan ditinggalin di rumah. Kalau perlu dibawa buat ngurusin printilan pendaftaran pasien sama bawain barang-barang persiapan persalinan. Saya pernah menulis 5 Barang yang Harus Dibawa Saat Persalinan. Berkas identitas, baju ganti ibu, baju ganti anak, uang tunai dan uang plastik, sebaiknya dibawa.

Cuma perlu menambahkan perlengkapan dokumentasi, jajanan, dan alat hiburan seperti kabel colokan. Cengo abis di kamar nunggu kontraksi dan colokan cuma 1 buat 2 orang di kamar kelas 2. Ada tv tapi enggak ada MasterChef, Grey’s Anatomy, sama Empire.

apa yang harus dibawa ke kamar bersalin

Saya cukup keburu-buru waktu dipindahkan ke kamar bersalin yang sebelumnya antri. Jadi, saya memilih didrip/induksi daripada operasi sesar, ada di sini alasannya. 3 jam setelah pasang infus, saya dipindahkan ke kamar bersalin. Dadakan tuh, jadi saya bawa HP nggak bawa modemnya, nggak bawa baju ganti, nggak bawa powerbank. Saya kan perlu livetwit :)).

Untuk menenangkan diri memang sebaiknya bawa barang yang bisa menenangkanmu. HP, Alquran, Kitab, buku bacaan, apa aja. Bawaen ke kamar bersalin karena kontraksi yang datang setelah induksi itu..AWESOME rasanya.

Hiburan ini juga kamu perluin setelah persalinan selesai. Jadi habis nunggu bukaan, ngeden, ngeluarin bayi, IMD, bersihin bayi, bersihin jalan lahir, dijahit, dan ibunya dibersihkan juga, ada sekitar 30 menit saya bengong ditinggalin orang-orang. Perawat, keluarga, suami, bayi, tiba-tiba lenyap dari kamar bersalin. Untung ada Ratih Divardha yang tiba-tiba masuk dan nemenin. Sungguh, bengong ter-nggak tau kudu ngapain pas itu.

apa yang harus dibawa ke kamar perawatan

Sebelumnya saya mendapat kamar sementara di kelas 2 namanya Kaliandra, RS Melati Husada. Saat pindah kelas 1 ke ArtDeco, ruangnya jadi terasa kosong. Ada pasangan yang membawa property foto, boneka, seprei sendiri, dan pernik-pernik lainnya. Saya hanya sempat mikir, astaga darah saya kayak nggak brenti-brenti setelah persalinan. Jadi saya minta dibawakan alas tidur, pembalut nifas, dan ternyata saya nggak bawa bawahan buat ganti baju!

catering makanan di rs melati husada

Ini adalah alasan lain kenapa saya milih rumah sakit ini, makanannya enak! Even waktu nunggu di kelas 2 sekalipun, makanannya sama, sama enak, sama juga ada snack pagi dan susu. Bikin yang lahiran cepet sembuh dan cepet pulang kayaknya.

rooming in di rs melati husada

Setelah haru biru proses persalinan di kamar bersalin, sejenak tenang di kamar perawatan itu surga deh. Apalagi bayi harus dirawat di kamar bayi sekitar 6-8 jam sebelum rooming in dengan orangtua. Jadi di RS Melati Husada, kamu bisa mulai adaptasi dengan kehadiran bayi sejak di kamar inap. Kalau bawa peralatan mandikan, ganti baju, diapers dan lain sebagainya, bisa kamu lakukan sendiri kok. Nggak cuma belajar menyusui aja. Tapi kamu juga bisa tinggal manggil perawat untuk membersihkan bayi kalau tiba-tiba dia pup, gumoh, atau ketumpahan susu.

proses check out dari rumah sakit melati husada

Jika tidak ada hambatan lainnya, pasien persalinan normal bisa cepat pulang. Siapkan lagi berkas-berkas identitas untuk persiapan kepulangan. Perawat dan bagian administrasi akan memastikan kesiapan pasien untuk pulang. Dari segi kesehatanmu, juga kesiapan pembayaranmu.

Ibu Anik, kepala perawat RS Melati Husada akan membawakan berkas-berkas bayi seperti kartu KMS, surat kontrol dan cap jari jempol juga pakaian pulang bayi. Tanda tangani yang perlu ditandatangani.

Setelah itu bagian administrasi akan memberi instruksi proses pembayaran di RS Melati Husada. Cepet banget kok prosesnya dengan rincian tagihan lengkap sak kapas-kapas yang kamu pakai selama persalinan tertulis dengan jelas. Transparan dan bisa kamu cek ulang apa saja yang kamu pakai sebelum pembayaran.

Proses kepulangan pun diantar perawat sampai pintu mobil setelah memastikan data ibu dan bayi sesuai. Ini makanya gelang yang dipakaikan di tanganmu dan di kaki bayi jangan sampai hilang selama perawatan ya.

Oya, saya melewatkan part bikin heboh RS Melati Husada ya. Cukup saya, perawat, bidan, dokter kandungan, teman-teman, keluarga, suami, pasien rs melati husada, tukang parkir, satpam dan mereka yang ada di tanggal kelahiran Raga aja yang tau gimana suara menggema dari kamar bersalin itu terdengar.

5 Comments

  • Mbak pake dokter siapa ? Aku rencana mau promil sekalian sampai melahirkan di melati husada nih. Kemarin aku sempat konsultasi sama dr. Maria Ulfa

  • Mbak menginspirasi sekali. Usia kehamilan saya 3 bulan dan saya merasakan seperti yang mbak rasa, ingin lahir saja tanpa proses persalinan. Karena jujur saya takut darah dan jarum. :'(
    Untuk menghilangkan rasa tegang itu gimana mbak?? Tips donk mbak.

    Dan rencana saya memang akan melahirkan di RS. Melati Husada. Saya setiap bulan konsul di Dr. Rahajeng dan di tempat praktiknya di rumahnya, kata asistennya Dr. Rahajeng tidak praktik di RS. Melati Husada tp kalau persalinan akan ditangani disana, di RS. Melati Husada. Kalau boleh tahu Dr. Novina apakah seperti Dr. Rahajeng begitu ya praktik di tempat praktiknya tp menangani persalinan di RS. Melati Husada?
    Soalnya teman saya konsul di Dr. Novina tp ingin melahirkan di RS. Melati Husada jg, dia sempat lihat jadwal praktik Dr. Novina tidak ada di RS. Melati Husada.

    • hahaha, sumpah aku masuk kamar bersalin itu tegangnya ngga karuan. tapi emang belum kontraksi jadi aku banyak ngobrol sama mama dan suami. pas kontraksi dateng uda ngga kepikiran jarum darah deh, nikmatin aja dateng dan perginya 😀

      Iya, dr Novina juga uda engga praktik di Melhus, jadi dia sistemnya dokter tamu sesuai dengan rikues pasiennya. Bisa gitu juga kok. Seingetku feenya sekitar 1,5. Kalo di RS Persada fee dokter tamunya 2jt.

      usahakan pake bpjs aja nanti pas lahiran. masi cukup waktunya untuk ngurus. semoga lancar yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *