gimana kalau aku positif covid19

Update Biaya Persalinan di Rumah Sakit Melati Husada Tahun 2018

Anak kedua mau lahiran di mana, Neng? Sebagai orang yang selalu tertantang coba-coba, saya memang kepikiran untuk berganti rumah sakit bersalin. Dulu sudah RS Melati Husada, masa di sana lagi. Apalagi di RS Persada sudah bisa pakai BPJS pula, soalnya soalnya biaya persalinan di RS Melati Husada ada kenaikan lagi sih ^^.

Bulan Januari 2018 saya memosting perubahan biaya persalinan di RS Melati Husada yang baru saja menambahkan kelas kamarnya. Untung waktu itu mengintili teman yang sedang survey rumah sakit bersalin di Malang untuk persiapannya. Tepat di Januari saya baru lewat 7 bulan dari melahirkan anak pertama, si teman sedang persiapan kelahiran anak kedua. Sekarang, saya sedang hamil anak kedua masuk bulan ke delapan. Jadinya bersyukur ada yang komen di postingan tentang RS Melati Husada awal tahun ini, karena diingatkan untuk survey lagi.

BACA: ADA YANG BERUBAH DI BIAYA PERSALINAN RUMAH SAKIT IBU & ANAK MELATI HUSADA MALANG

Banyak yang ingin tahu apa saja yang berubah di komponen biaya persalinan di RS Melati Husada. Dari form yang sudah saya ambilkan per 23 September 2018 kemarin, terlihat biaya kamar ibu dan kamar anak serta totalan biaya persalinan terjadi kenaikan. Well..sudah saya update semalam di Twitter. Berikut rekapan perubahan biaya persalinan di RS Melati Husada terbaru.

Kelas ASTER
Kamar Ibu: 150k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 5-5,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 9-10,5jt

Kelas JASMINE
Kamar Ibu: 200k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 6-6,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 10-11jt

Kelas KALIANDRA
Kamar Ibu: 250k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 6,5-7,0jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 12-13jt

Kelas PAVILIUN
Kamar Ibu: 600k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 8,5-9jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 16-17jt

Kelas MADURA
Kamar Ibu: 700k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 10-10,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 19-20jt

Soal biaya persalinan memang terjadi perubahan. Saya berdoa saja sih semoga ada sedikit perubahan atau penambahan fasilitas di rumah sakit butik bersuasana homey ini. Meskipun sebenarnya sudah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan di pengalaman kelahiran pertama, tapi masa beda dua tahun nggak ada perubahan?

Baca: REVIEW RUMAH SAKIT IBU & ANAK MELATI HUSADA MALANG

Mungkin yang berubah malah proses RUJUKAN DARI BPJS KESEHATAN ya. Mengingat ada perubahan cara dari faskes 1 ke Rumah Sakit yang ditunjuk untuk ke rumah sakit kelas C dulu baru ke kelas selanjutnya. Ini juga menjawab banyak pertanyaan yang masuk di postingan tentang Rumah Sakit Melati Husada sebelumnya.

Selain bertanya berapa biaya persalinan terbaru, saya juga bertanya tentang PERUBAHAN RUJUKAN BPJS KESEHATAN di resepsionis RS Melati Husada. Embaknya dengan ramah menjelaskan kalau sebenarnya memang terjadi perubahan rumah sakit yang ditunjuk dari faskes 1 jika menggunakan BPJS. Which means akan ditunjuk mana rumah sakit yang available saat mengajukan rujukan untuk persalinan. Tapi, RS Melati Husada memberikan kelonggaran untuk membawa atau tidak membawa rujukan dari faskes 1.

Yang artinya, kamu bisa langsung aja juga sih ke rumah sakit ini kalau sudah waktunya melahirkan. Nah, kalau kurang merasa secure atau aman, boleh ditanyakan dulu ke rumah sakitnya dulu bagaimana proses masuk persalinan dengan atau tanpa surat rujukan BPJS. Nggak menakutkan kok nanya itu, kan demi menjawab pertanyaan yang terngiang-ngiang di kepala sendiri.

Apa DENGAN BPJS Bisa Bayar 0 Rupiah Alias Gratis?

Ada juga yang bertanya dari skema biaya persalinan di RS Melati Husada, bisa nggak sih gratis tis?

Jawabannya tentu bisa.

Syaratnya sederhana. Persalinan sesuai dengan kelas BPJS-nya dengan tidak menambah fasilitas seperti naik kelas. Juga tidak ada indikasi penanganan tambahan. Misal kalau normal ya normal banget, nda ditambah induksi, etc. Kamu juga perlu memasukkan nomor BPJS Anak untuk mencapai biaya BPJS 0 rupiah demi mengurangi biaya perawatan bayinya.

BPJS Anak yang pribadi bisa dibuat saat kandungan berusia 7-8 bulan. Kalau yang BPJS atas nama perusahaan baru bisa dibuat dengan surat keterangan lahir dari rumah sakit/bidan yang membantu kelahiran. Mengurusnya cepat kok, katanya. Nanti tinggal berikan nomor BPJSnya ke rumah sakit untuk menalangi biaya perawatan bayi.

Satu lagi agar BPJS 0 rupiah, pastikan dokter kandungan yang menangani kelahiranmu berpraktik di RS Melati Husada ya. Kalau tidak memiliki ijin praktik di situ statusnya adalah dokter panggilan dan akan dibebankan pada biaya persalinan.

Jadwal Praktik Dokter SpOG di Rumah Sakit Melati Husada

Nah, siapa saja dokter kandungan di Malang yang praktiknya di RS Melati Husada? Saya senaaang karena dokter kandungan kesayangan aka teman SMA yang saya percayakan memantau kondisi anak dari yang pertama dan kedua ini ada di RS Melati Husada. Cukup membantu sekali kan?

Hampir semua dokter kandungan ternama di Malang. Maksudnya saya sudah kenal namanya gitu, kalau orangnya sih enggak. Enaknya periksa di RS melati Husada ini tentu karena bisa pakai BPJS ya. Sangat membantu hemat pengeluaran saat kehamilan.

Biar dapat nomor urutnya, jangan lupa pendaftaran ke dokter kandungan di RS Melati Husada wajib dilakukan H-1 ke nomor telepon 0341-325249/341357.

Di RS Melati Husada juga ada fasilitas USG 4D. Which is saya kurang tahu apakah ini layanan dari SpOG-nya atau radiologi tambahan di sana. Soalnya secara yang saya tahu, setiap periksa di dr. Novina atau dr. Bambang Soesilo, atau dr. Poer di RS Puri, ya selalu pakai USG sih. Kapan hari ada yang bertanya di Google Local Guide bagaimana prosedurnya karena dia ditolak periksa. Sepertinya harus mengikuti aturan di atas ya, mengambil daftar periksa H-1 dari hari yang ditetapkan.

Jadi nggak bisa dadakan. Kecuali mungkin terjadi keadaan urgent, saya tidak bisa menjanjikan juga bisa langsung ditangani. Ini bukan saya yang punya RS-nya, huhuhuhu.

Oya for you to taking notes. Apa yang saya share dari hasil survey dari RS Melati Husada ini mungkin berbeda juga dari yang kamu alami sendiri. Bisa jadi ada perubahan syarat dan ketentuan dadakan yang tidak tersebar, juga ada kebijakan rumah sakit yang tiba-tiba diambil. Kebijakan RS Melati Husada ini tentu juga berbeda dengan rumah sakit dan klinik bersalin lainnya. Pasti ada perbedaannya, jadi jangan pas survey ke RS satu lalu bilang di RS Melati Husada bisa, dan sebaliknya.

I’m too excited to bring my baby safely to this world. Sehingga survey di RS Melati Husada sendiri juga saya bandingkan dengan rumah sakit lainnya. Ada catatan sebelum memosting hasil survey berikutnya yang berada di dekat kantor. Kira-kira apa ya yang harus dipersiapkan lagi dari Rumah Sakit bersalinnya? Ada yang mau menambahkan pertanyaan sebelum menuju HPL dua bulan lagi?

Update Biaya Persalinan di Rumah Sakit Melati Husada Tahun 2019: TIDAK ADA PERUBAHAN DARI 2018. Jadi untuk cara mendaftar untuk melahirkan, skema biaya melahirkan di Melati Husada Malang masih tetap ya. Untuk yang mau naik kelas BPJS, monggo dipersiapkan selisih biayanya. Untuk yang mau stay di kelas yang sesuai BPJS, monggo dipersiapkan keperluan persalinannya.

78 Comments

  • Mbak, kalau asuransinya bpjs sama inhealth gimana ya?
    Bpjs saya kelas 2, inhealthnya kls 1.. kata mbak2 resepsionisnya saya masuk kelas paviliun
    Dan utk inhealthnya juga lgsg dicover gt.. katanyaa sih gitu
    Tp pengalaman teman saya yg barusan lairan di melhus, inhealthnya reimbursment.. jd kita bayar sisanya bpjs brp trs reimbursment ke inhealth
    Daaan saya pun bingung mana yg bener ?

    • berarti pakai inhealth utk masuk kelas kamarnya. lebih tinggi coverannya. bisa dikombinasiin kok klo di melhus. ya tergantung sm asuransinya juga :D.

  • Mbak, kalau asuransinya bpjs sama inhealth gimana ya?
    Bpjs saya kelas 2, inhealthnya kls 1.. kata mbak2 resepsionisnya saya masuk kelas paviliun
    Dan utk inhealthnya juga lgsg dicover gt.. katanyaa sih gitu
    Tp pengalaman teman saya yg barusan lairan di melhus, inhealthnya reimbursment.. jd kita bayar sisanya bpjs brp trs reimbursment ke inhealth
    Daaan saya pun bingung mana yg bener ?

  • Kalau tidak memiliki ijin praktik di situ statusnya adalah dokter panggilan dan akan dibebankan pada biaya persalinan?
    dan biaya nya pun besar ya?

  • Jadi bun, sebenernya bpjs masih bisa cover untuk melahirkan ya?? Hpl saya februari tapi masih suka bingung tentang bpjs itu masih bisa cover ibu melahirkan atau tidak. Jawab ya bun
    Thx u

    • Ini kayaknya uda aku bales tp ternyata belum ya. Maapkaaan.
      Di melhus bisa bawa surat pengantar dr dokter aja kok

  • Kalo aku pake bpjs perusahaan kelas 1 itu di melhus kelas berapa ya mbak. Kok denger denger kalo di melhus pake bpjs kelas 1-3 itu di taruh di kelas paling bawah yaitu aster.

    • ikut kelas 1, di kaliandra. nda kok kalo paling bawah, kan statusnya nda bisa diturunkan. jadi klo kelas 1 penuh ya kudu naik kelasnya..

    • Harganya tergantung penanganannya normal atau sc, juga klo misalnya ada penanganan tambahan.
      Tentu bisa upgrade ke kamar di atasnya asal memang tersedia.

    • Bisa, minta rujukan dari faskes 1 aja 🙂
      Saya mandiri sih, tapi dari 32 minggu sampe skarang lahiran d kasih surat rujukan balik dari dokter yg megang saya.. sampe akhirnya saya mau lahiran dikasih surat pengantar biar bs langsung masuk.

      • kalo pake KIS bisa cover lahiran Sc gak ya?
        trus klo KIS dpat kamar apa ya, soalnya biasanya KIS itu kelas 3

    • bpjs bisa dipakai di sini. kalau gratis total dengan update terbaru 2019, kurang tahu ya. tapi setau aku, seluruh biaya tercover asal tidak naik kelas

  • hallo mbakkk, kalo pake bpjs kelas 2 dapat kamar apa dan biaya brp?? (normal) dan kalo sc nambah brp kira2??

    • sepertinya kalau nggak pindah kelas atau ada tambahan perawatan, tidak ada biaya tambahan.

      untuk harga baru aku belum update lagi nih.

      • Kalo mau caesar pake bpjs (ada kondisi yg mengharuskan caesar)..apakah waktu periksa kehamilan juga harus pake bpjs?misal periksa sebagai pasien umum ke dokter kandungan bagaimana?

  • Sore kak,
    mau nanya misal saat lahiran menggunakan asuransi suami saya di kantor(ada batasan limitnya) lalu sisanya di cover bpjs bisa?

  • ikutan nanya ya mbak, rencana mau periksa sama lahiran disitu, untuk bpjsku kelas 2 mbak kalau mau lahiran CS naik kelas diatasnya kira2 nambah berapa yah?
    sama mohon infonya untuk dokter perempuan yang oke,
    terima kasih sebelumnya

    • aku agak2 lupa yang CS. kalau nggak salah setiap naik kelas, biaya kelas yg dituju dikurangi 6,9jt. kalau enggak salaah yaaa

  • Halo salam kenal mbk ..
    Saya mau tnya klo saya mau lahiran di melhus pakai BPJS .. tp saya dr luar kota malang. Apakah harus minta rujukan dlu ke faskes 1?? Atau saya bisa langsung tanoa surat rujukan tp ttp bisa pakai BPJS??

    • halo mba windi
      better minta rujukan aja juga, daripada sudah jauh2 ke melhus terus ngga bisa. atau survey dulu ke melhus menanyakan dari kota asalnya mbak caranya gimana ya kalau mau pakai bpjs.

    • kelas Kaliandra ada yg 2 bed, ada yg 1 bed sekarang. tergantung pas yg kosong yg mana. selain bed, ada lemari pakaian, lemari samping bed, kursi dan meja, juga ac. kamar mandi luar ya.
      di kamar ini juga bisa rooming in kok

      • Hallo mb klu bpjs kls 3 mw operasi kira2 kena brp ya…
        Adek riwayat operasi ank 1,tp di RSU
        Maaf coz low budget

        • untuk bpjs kelas 3 biayanya 9-10,5jt.
          kalau bpjs mestinya gratis ya mba diah
          tapi aku kurang tahu juga utk peraturan bpjs yg baru ini bagaimana. bisa ditanyakan lagi prosedur terbarunya ke Melhus ya mba

  • Hallao mb…
    Saya mw ty bpjs sy kls 3 trus perkiraan bln dpn ini sy melahirkan.uda jelas sy lahiran dgn jln caesar,trus yg sy pertykn apa ada biaya tambahan.utk sy yg kls 3 perkiraan sampek brp biaya yg sy tanggung mb terima kasih

    • hi nella, klo nggak naik kelas atau ada penanganan tambahan. mestinya tidak ada tambahan biaya. menurut pengalaman seperti itu. sesuaikan saja dengan kelasnya ya

  • Mba mau tanya, kalau Bpjs saya kelas 2 dan nanti saat lahiran mau naik ke kelas 1 kira2 dikenakan tambahan berapa ya mba ? Terima kasih

    • menurut daftar biaya tahun 2018 ini, tinggal kurangi aja biaya kelas 1 dikurangi 2,9juta untuk normal. klo operasi dikurangi 6,9jt apa ya. sekitar segitu. nanti bayar selisihnya

  • Halo mba mau tanya nih, bpjs ku kan kelas 1, terus rencana mau lahiran di melhus waktu tanya2 nih kok cuma mengcover 2.5 ya untuk pesalinan normal? Kalo misal nggak upgrade kelas seharusnya udah ke cover semua gitu kan ya?

    • Iyap mba Wenny, seharusnya sudah tercover semua. ini baru aku tanyakan ulang, skema biaya melahirkan di melati husada tahun 2019 masi sama sama 2018. jadi seharusnya tidak ada perubahan.

    • Jadi nanti pada akhirnya tetap akan tercover semua ya mba kalau tidak upgrade kelas atau ada penanganan tambahan? Soalnya agak kaget juga waktu dapat infonya.
      Baik trimakasih banyak mba buat infonya

  • Hi mbak..salam kenal..
    Mau tanya2..meskipun udah baca2 pertanyaan..tp pengen tny lg mbak..maap..
    Rencana bulan depan lahiran cesar d rs melhus.. bpjs nya kelas 1..kamarnya brarti yg kaliandra ya mbak?
    Seandainya naik 1 kelas..itu brp biaya yg hrus dtambah?aq bingung ngitungnya mbak..
    Kl mau tny2 k rs nya..kira2 pasti antri ya mbak?

    • halo mbaknya
      kalau mau naik kelas misal ke Paviliun.
      berarti biaya 8,5-9juta itu dikurangi 2,9 juta. skitar 5-6jutaan lagi yg perlu disiapkan ya

  • Hallo mbak salam kenal ..
    Aku mau tanya dokter recomend di melati husada siapa ya ? Sama setiap priksa pake usg 2D apa 4D .. Terimakasih, mohon dijawab ya mbaa ..

    • klo dokter kandungannya rata2 rekomended semua. tapi aku belum pernah cek kehamilan di melhus. cuma numpang lahiran. sementara klo kontrol di tempat prakteknya dr Novina, always 2D dan bulan2 terakhir ditambah 4D

  • Untuk Jasmine dan Kiandra itu 1 kamar isi brp org ya mbk dan lagi untuk persalinan normal nya itu tetep dokter ya yg nolong …

    • kaliandra, mba fatma. hahahaha kiandra nama temen aku tuuh lahirnya di melhus juga.

      jasmin ini klo ga salah isinya bertiga. kaliandra berdua. so far 2x normal di sana dokter aku masih sempet ngejar persalinannya. mungkin klo yg tidak ada indikasi yg berisiko tinggi, bisa ditangani bidan ya. kehamilanku berisiko soalnya, karena umur.

      • Mbak, bpjs aku kan kelas 3 dptnya ruang aster ya, klo mau naik ke ruang jasmine kira2 nambah berapa ya?
        Makasih.

      • Mbak ikutan nanya ya tolong dijawab. Kalau misal sebelum2nya periksa di bidan/dokter di kepanjen (kabupaten) lalu pengen lahiran di kota di rs melhus apa bisa pake bpjs ya?

  • Mbak kalo semisal mendadak pas kita lagi di malang, terus si dedek dlm perut pengen lahir, dan ternyata rs pling dekat melati husada, boleh gak mbak pkai bpjs, sedangkan domisili di Malang, takutnya di persulit. Kemudian indikasi sc (naudzubillah) boleh gak mbak pke bpjs.

  • Mbak ikutan nanya ya tolong dijawab. Kalau misal sebelum2nya periksa di bidan/dokter di kepanjen (kabupaten) lalu pengen lahiran di kota di rs melhus apa bisa pake bpjs ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *