Update Biaya Persalinan di Rumah Sakit Melati Husada Tahun 2018

Anak kedua mau lahiran di mana, Neng? Sebagai orang yang selalu tertantang coba-coba, saya memang kepikiran untuk berganti rumah sakit bersalin. Dulu sudah RS Melati Husada, masa di sana lagi. Apalagi di RS Persada sudah bisa pakai BPJS pula, soalnya soalnya biaya persalinan di RS Melati Husada ada kenaikan lagi sih ^^.

Bulan Januari 2018 saya memosting perubahan biaya persalinan di RS Melati Husada yang baru saja menambahkan kelas kamarnya. Untung waktu itu mengintili teman yang sedang survey rumah sakit bersalin di Malang untuk persiapannya. Tepat di Januari saya baru lewat 7 bulan dari melahirkan anak pertama, si teman sedang persiapan kelahiran anak kedua. Sekarang, saya sedang hamil anak kedua masuk bulan ke delapan. Jadinya bersyukur ada yang komen di postingan tentang RS Melati Husada awal tahun ini, karena diingatkan untuk survey lagi.

BACA: ADA YANG BERUBAH DI BIAYA PERSALINAN RUMAH SAKIT IBU & ANAK MELATI HUSADA MALANG

Banyak yang ingin tahu apa saja yang berubah di komponen biaya persalinan di RS Melati Husada. Dari form yang sudah saya ambilkan per 23 September 2018 kemarin, terlihat biaya kamar ibu dan kamar anak serta totalan biaya persalinan terjadi kenaikan. Well..sudah saya update semalam di Twitter. Berikut rekapan perubahan biaya persalinan di RS Melati Husada terbaru.

Kelas ASTER
Kamar Ibu: 150k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 5-5,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 9-10,5jt

Kelas JASMINE
Kamar Ibu: 200k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 6-6,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 10-11jt

Kelas KALIANDRA
Kamar Ibu: 250k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 6,5-7,0jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 12-13jt

Kelas PAVILIUN
Kamar Ibu: 600k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 8,5-9jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 16-17jt

Kelas MADURA
Kamar Ibu: 700k
Kamar Anak: 150k
Persalinan Normal: sekitar 10-10,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 19-20jt

Soal biaya persalinan memang terjadi perubahan. Saya berdoa saja sih semoga ada sedikit perubahan atau penambahan fasilitas di rumah sakit butik bersuasana homey ini. Meskipun sebenarnya sudah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan di pengalaman kelahiran pertama, tapi masa beda dua tahun nggak ada perubahan?

Baca: REVIEW RUMAH SAKIT IBU & ANAK MELATI HUSADA MALANG

Mungkin yang berubah malah proses RUJUKAN DARI BPJS KESEHATAN ya. Mengingat ada perubahan cara dari faskes 1 ke Rumah Sakit yang ditunjuk untuk ke rumah sakit kelas C dulu baru ke kelas selanjutnya. Ini juga menjawab banyak pertanyaan yang masuk di postingan tentang Rumah Sakit Melati Husada sebelumnya.

Selain bertanya berapa biaya persalinan terbaru, saya juga bertanya tentang PERUBAHAN RUJUKAN BPJS KESEHATAN di resepsionis RS Melati Husada. Embaknya dengan ramah menjelaskan kalau sebenarnya memang terjadi perubahan rumah sakit yang ditunjuk dari faskes 1 jika menggunakan BPJS. Which means akan ditunjuk mana rumah sakit yang available saat mengajukan rujukan untuk persalinan. Tapi, RS Melati Husada memberikan kelonggaran untuk membawa atau tidak membawa rujukan dari faskes 1.

Yang artinya, kamu bisa langsung aja juga sih ke rumah sakit ini kalau sudah waktunya melahirkan. Nah, kalau kurang merasa secure atau aman, boleh ditanyakan dulu ke rumah sakitnya dulu bagaimana proses masuk persalinan dengan atau tanpa surat rujukan BPJS. Nggak menakutkan kok nanya itu, kan demi menjawab pertanyaan yang terngiang-ngiang di kepala sendiri.

Apa DENGAN BPJS Bisa Bayar 0 Rupiah Alias Gratis?

Ada juga yang bertanya dari skema biaya persalinan di RS Melati Husada, bisa nggak sih gratis tis?

Jawabannya tentu bisa.

Syaratnya sederhana. Persalinan sesuai dengan kelas BPJS-nya dengan tidak menambah fasilitas seperti naik kelas. Juga tidak ada indikasi penanganan tambahan. Misal kalau normal ya normal banget, nda ditambah induksi, etc. Kamu juga perlu memasukkan nomor BPJS Anak untuk mencapai biaya BPJS 0 rupiah demi mengurangi biaya perawatan bayinya.

BPJS Anak yang pribadi bisa dibuat saat kandungan berusia 7-8 bulan. Kalau yang BPJS atas nama perusahaan baru bisa dibuat dengan surat keterangan lahir dari rumah sakit/bidan yang membantu kelahiran. Mengurusnya cepat kok, katanya. Nanti tinggal berikan nomor BPJSnya ke rumah sakit untuk menalangi biaya perawatan bayi.

Satu lagi agar BPJS 0 rupiah, pastikan dokter kandungan yang menangani kelahiranmu berpraktik di RS Melati Husada ya. Kalau tidak memiliki ijin praktik di situ statusnya adalah dokter panggilan dan akan dibebankan pada biaya persalinan.

Jadwal Praktik Dokter SpOG di Rumah Sakit Melati Husada

Nah, siapa saja dokter kandungan di Malang yang praktiknya di RS Melati Husada? Saya senaaang karena dokter kandungan kesayangan aka teman SMA yang saya percayakan memantau kondisi anak dari yang pertama dan kedua ini ada di RS Melati Husada. Cukup membantu sekali kan?

Hampir semua dokter kandungan ternama di Malang. Maksudnya saya sudah kenal namanya gitu, kalau orangnya sih enggak. Enaknya periksa di RS melati Husada ini tentu karena bisa pakai BPJS ya. Sangat membantu hemat pengeluaran saat kehamilan.

Biar dapat nomor urutnya, jangan lupa pendaftaran ke dokter kandungan di RS Melati Husada wajib dilakukan H-1 ke nomor telepon 0341-325249/341357.

Di RS Melati Husada juga ada fasilitas USG 4D. Which is saya kurang tahu apakah ini layanan dari SpOG-nya atau radiologi tambahan di sana. Soalnya secara yang saya tahu, setiap periksa di dr. Novina atau dr. Bambang Soesilo, atau dr. Poer di RS Puri, ya selalu pakai USG sih. Kapan hari ada yang bertanya di Google Local Guide bagaimana prosedurnya karena dia ditolak periksa. Sepertinya harus mengikuti aturan di atas ya, mengambil daftar periksa H-1 dari hari yang ditetapkan.

Jadi nggak bisa dadakan. Kecuali mungkin terjadi keadaan urgent, saya tidak bisa menjanjikan juga bisa langsung ditangani. Ini bukan saya yang punya RS-nya, huhuhuhu.

Oya for you to taking notes. Apa yang saya share dari hasil survey dari RS Melati Husada ini mungkin berbeda juga dari yang kamu alami sendiri. Bisa jadi ada perubahan syarat dan ketentuan dadakan yang tidak tersebar, juga ada kebijakan rumah sakit yang tiba-tiba diambil. Kebijakan RS Melati Husada ini tentu juga berbeda dengan rumah sakit dan klinik bersalin lainnya. Pasti ada perbedaannya, jadi jangan pas survey ke RS satu lalu bilang di RS Melati Husada bisa, dan sebaliknya.

I’m too excited to bring my baby safely to this world. Sehingga survey di RS Melati Husada sendiri juga saya bandingkan dengan rumah sakit lainnya. Ada catatan sebelum memosting hasil survey berikutnya yang berada di dekat kantor. Kira-kira apa ya yang harus dipersiapkan lagi dari Rumah Sakit bersalinnya? Ada yang mau menambahkan pertanyaan sebelum menuju HPL dua bulan lagi?

 

Sharing after reading, yes?

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *