Review Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang

Tidak pernah dalam sedetik pun dalam hidup saya membayangkan bisa melewati proses persalinan. Dalam bayangan saya, persalinan apapun bentuknya itu menakutkan. Sepanjang kehamilan saya nggak berani ngelihat video persalinan, atau hal remeh seperti tren bakso beranak. Hamil sih boleh aja, sempat kepikiran bisa nggak langsung lahir aja nggak usah lewat persalinan?

Ya tapi saya bukan alien, makanya memilih rumah sakit bersalin yang paling nyaman adalah konsekuensi yang harus saya pilih demi melewati part paling menegangkan dalam hidup ini. Saya memilih Melati Husada yang ada di Jalan Kawi, Malang.

Awalnya memang karena melihat teman-teman lain yang memilih melahirkan di sini. Selanjutnya karena saya memang menyukai suasana rumah sakit ini. Ketiganya, nggak salah pilih ternyata, Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada sesuai dengan ekspektasi saya ketika mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk persiapan persalinan Raga.

HASIL SURVEY SINGKAT RS MELATI HUSADA MALANG

Semua berawal dari mengurus perpanjangan STNK motor Vario, mengalami flek sepulang dari Samsat Kota Malang, masuk rawat ke RS Melati Husada tepat di jam buka puasa. Sama seperti pasien lainnya, sebelum ditangani harus selalu diobservasi. Selama bukan pasien gawat darurat lho ya. Setelah itu baru diputuskan akan ditangani seperti apa selanjutnya.

cara pendaftaran rumah sakit melati husada malang

Terhitung dari kontrol kandungan terakhir sekitar seminggu sebelum hari H, dokter kandungan saya sudah memberi surat jalan ke RS Melati Husada. Iya karena saya sudah memilih situ duluan daripada rumah sakit bersalin lainnya. Cukup menunjukkan surat itu dulu untuk mendapat perawatan pertama.

Tapi ada berkas lain yang harus diberikan juga seperti: Fotokopi Kartu BPJS 2 Lembar, Fotokopi KTP 2 Lembar, Fotokopi Kartu Keluarga 2 Lembar, Fotokopi Buku Nikah 2 Lembar dilampirkan beserta aslinya. Ini bisa menyusul, karena sudah malam masuk Melati Husadanya, Pipi baru melampirkan keesokan harinya.

cara pindah kelas bpjs naik ke kelas di atasnya

Kartu BPJS saya pribadi dulu kelas 1. Tapi dengan kebijakan pemerintah ditakeover perusahaan, ternyata saya dapetnya di level kelas 2. Which is kamar kelas 2 di Melati Husada sebenernya cukup-cukup aja buat saya (kalo sendirian), tapi karena keluarga besar-besar, dan saya sangat menyukai privacy, saya memilih naik kelas 1.

Nggak ribet kok pindah kelas, cukup bilang di awal pendaftaran aja. Nanti akan dikasih perkiraan penambahan harganya. Kayaknya sudah fix yang dicover BPJS sekitar 1,9jt dari total harga yang harus dibayar kalau dari kelas 2 naik kelas 1. RS Melati Husada nerima asuransi juga kok. Tapi asuransi saya nggak ngover kelahiran :p.

UPDATE KELAS KAMAR DI MELATI HUSADA – JANUARI 2018

Kelas 3 Aster
Kelas 2 Jasmine
Kelas 1 Kaliandra
Kelas Paviliun dan ArtDeco, Sakura
Kelas Madura (Vanderpool, Madura, Kanjengan, Shanghai)

KLIK UNTUK BACA BIAYA PERSALINAN MELATI HUSADA YANG LAMA DI SINI

apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit bersalin

SUAMI! Jangan ditinggalin di rumah. Kalau perlu dibawa buat ngurusin printilan pendaftaran pasien sama bawain barang-barang persiapan persalinan. Saya pernah menulis 5 Barang yang Harus Dibawa Saat Persalinan. Berkas identitas, baju ganti ibu, baju ganti anak, uang tunai dan uang plastik, sebaiknya dibawa.

Cuma perlu menambahkan perlengkapan dokumentasi, jajanan, dan alat hiburan seperti kabel colokan. Cengo abis di kamar nunggu kontraksi dan colokan cuma 1 buat 2 orang di kamar kelas 2. Ada tv tapi enggak ada MasterChef, Grey’s Anatomy, sama Empire.

apa yang harus dibawa ke kamar bersalin

Saya cukup keburu-buru waktu dipindahkan ke kamar bersalin yang sebelumnya antri. Jadi, saya memilih didrip/induksi daripada operasi sesar, ada di sini alasannya. 3 jam setelah pasang infus, saya dipindahkan ke kamar bersalin. Dadakan tuh, jadi saya bawa HP nggak bawa modemnya, nggak bawa baju ganti, nggak bawa powerbank. Saya kan perlu livetwit :)).

Untuk menenangkan diri memang sebaiknya bawa barang yang bisa menenangkanmu. HP, Alquran, Kitab, buku bacaan, apa aja. Bawaen ke kamar bersalin karena kontraksi yang datang setelah induksi itu..AWESOME rasanya.

Hiburan ini juga kamu perluin setelah persalinan selesai. Jadi habis nunggu bukaan, ngeden, ngeluarin bayi, IMD, bersihin bayi, bersihin jalan lahir, dijahit, dan ibunya dibersihkan juga, ada sekitar 30 menit saya bengong ditinggalin orang-orang. Perawat, keluarga, suami, bayi, tiba-tiba lenyap dari kamar bersalin. Untung ada Ratih Divardha yang tiba-tiba masuk dan nemenin. Sungguh, bengong ter-nggak tau kudu ngapain pas itu.

apa yang harus dibawa ke kamar perawatan

Sebelumnya saya mendapat kamar sementara di kelas 2 namanya Kaliandra, RS Melati Husada. Saat pindah kelas 1 ke ArtDeco, ruangnya jadi terasa kosong. Ada pasangan yang membawa property foto, boneka, seprei sendiri, dan pernik-pernik lainnya. Saya hanya sempat mikir, astaga darah saya kayak nggak brenti-brenti setelah persalinan. Jadi saya minta dibawakan alas tidur, pembalut nifas, dan ternyata saya nggak bawa bawahan buat ganti baju!

catering makanan di rs melati husada

Ini adalah alasan lain kenapa saya milih rumah sakit ini, makanannya enak! Even waktu nunggu di kelas 2 sekalipun, makanannya sama, sama enak, sama juga ada snack pagi dan susu. Bikin yang lahiran cepet sembuh dan cepet pulang kayaknya.

rooming in di rs melati husada

Setelah haru biru proses persalinan di kamar bersalin, sejenak tenang di kamar perawatan itu surga deh. Apalagi bayi harus dirawat di kamar bayi sekitar 6-8 jam sebelum rooming in dengan orangtua. Jadi di RS Melati Husada, kamu bisa mulai adaptasi dengan kehadiran bayi sejak di kamar inap. Kalau bawa peralatan mandikan, ganti baju, diapers dan lain sebagainya, bisa kamu lakukan sendiri kok. Nggak cuma belajar menyusui aja. Tapi kamu juga bisa tinggal manggil perawat untuk membersihkan bayi kalau tiba-tiba dia pup, gumoh, atau ketumpahan susu.

proses check out dari rumah sakit melati husada

Jika tidak ada hambatan lainnya, pasien persalinan normal bisa cepat pulang. Siapkan lagi berkas-berkas identitas untuk persiapan kepulangan. Perawat dan bagian administrasi akan memastikan kesiapan pasien untuk pulang. Dari segi kesehatanmu, juga kesiapan pembayaranmu.

Ibu Anik, kepala perawat RS Melati Husada akan membawakan berkas-berkas bayi seperti kartu KMS, surat kontrol dan cap jari jempol juga pakaian pulang bayi. Tanda tangani yang perlu ditandatangani.

Setelah itu bagian administrasi akan memberi instruksi proses pembayaran di RS Melati Husada. Cepet banget kok prosesnya dengan rincian tagihan lengkap sak kapas-kapas yang kamu pakai selama persalinan tertulis dengan jelas. Transparan dan bisa kamu cek ulang apa saja yang kamu pakai sebelum pembayaran.

Proses kepulangan pun diantar perawat sampai pintu mobil setelah memastikan data ibu dan bayi sesuai. Ini makanya gelang yang dipakaikan di tanganmu dan di kaki bayi jangan sampai hilang selama perawatan ya.

Oya, saya melewatkan part bikin heboh RS Melati Husada ya. Cukup saya, perawat, bidan, dokter kandungan, teman-teman, keluarga, suami, pasien rs melati husada, tukang parkir, satpam dan mereka yang ada di tanggal kelahiran Raga aja yang tau gimana suara menggema dari kamar bersalin itu terdengar.

56 Comments

  • Mbak pake dokter siapa ? Aku rencana mau promil sekalian sampai melahirkan di melati husada nih. Kemarin aku sempat konsultasi sama dr. Maria Ulfa

    • Mb ria klu boleh tau ada keluhan apa gag ya??soalnya sy jg mw promil juga dsitu,tp mash bingung pake dokter siapa.soalnya sy ada sedikit keluhan.

  • Mbak menginspirasi sekali. Usia kehamilan saya 3 bulan dan saya merasakan seperti yang mbak rasa, ingin lahir saja tanpa proses persalinan. Karena jujur saya takut darah dan jarum. :'(
    Untuk menghilangkan rasa tegang itu gimana mbak?? Tips donk mbak.

    Dan rencana saya memang akan melahirkan di RS. Melati Husada. Saya setiap bulan konsul di Dr. Rahajeng dan di tempat praktiknya di rumahnya, kata asistennya Dr. Rahajeng tidak praktik di RS. Melati Husada tp kalau persalinan akan ditangani disana, di RS. Melati Husada. Kalau boleh tahu Dr. Novina apakah seperti Dr. Rahajeng begitu ya praktik di tempat praktiknya tp menangani persalinan di RS. Melati Husada?
    Soalnya teman saya konsul di Dr. Novina tp ingin melahirkan di RS. Melati Husada jg, dia sempat lihat jadwal praktik Dr. Novina tidak ada di RS. Melati Husada.

    • hahaha, sumpah aku masuk kamar bersalin itu tegangnya ngga karuan. tapi emang belum kontraksi jadi aku banyak ngobrol sama mama dan suami. pas kontraksi dateng uda ngga kepikiran jarum darah deh, nikmatin aja dateng dan perginya 😀

      Iya, dr Novina juga uda engga praktik di Melhus, jadi dia sistemnya dokter tamu sesuai dengan rikues pasiennya. Bisa gitu juga kok. Seingetku feenya sekitar 1,5. Kalo di RS Persada fee dokter tamunya 2jt.

      usahakan pake bpjs aja nanti pas lahiran. masi cukup waktunya untuk ngurus. semoga lancar yaaa

        • dokter novina yg aku konsul pro normal, kok. aku sudah nyerah2 nggak kuat tetep didorong utk berusaha. haha, akunya yg manja aja keknya :)).

          versi pengalamanku kurang paham juga ya karena aku naik kelas. paling yg aku tau nambahnya utk perawatan anak krn harus langsung imunisasi sesaat setelah lahir. tapi yg versi temen2 suda lahiran dg bpjs, dia bayar 0 rupiah kok.

          • Mbak berarti walaupun tanpa keluhan selama kehamilan/rujukan dari faskes 1 sudah bisa langsung pakai bpjs ya?

      • wah iya mbak… aku tiba-tiba aja pengen coba ke dr. Novina dan sudah 2 kali kontrol. dokternya supel banget. sukaaa deh sama dr. Novina
        sekarang uk 8 bulan. Iya mbak, alhamdulillah sudah punya bpjs dari instansi juga kelas 2. Misal nanti minta upgrade kelas dan minta ditangani dr. Novina berarti nambah fee dokter dan biaya upgrade kelas ya mbak?
        Mbak dulu itu nambahnya 1,9jt ya mbak?

        • syukurlah kalau cocok juga sama dr Novina ya..
          sepengalaman aku, iya nambah fee dokter dan biaya upgrade. ngitungnya: Biaya Kelas 1 – 1,9jt kalau pindah dari kelas 2.

  • Mba mau tanya,, mba nya kelas 2 itu dapat kamar yg kaliandra kah?? Dan mba minta upgrade ke kelas 1 jadi kelas paviliun itu ya mba??
    Kalo dokter tamu nya sesuai request itu tambahan ada gak mbak? Soalnya saya mau rencana melahirkan di melati husada tapi dg dokter pilihan saya dr.nirmala,, trimakasi mbak

  • Mohon pencerahan para suhu
    Teman” sy pakai bpjs murni tnpa tambahan fee dokter, alhasil dy yg tangani bidan
    Sy pribadi pingun pakai dr Nuke rencana lahiran Januari n di melhus, sy ad bpjs kelas 2,kalau sy pakai dr. yg sy inginkan n naik kelas nambah skitar brapa ya bunda?

        • Mbaa.. aku mau lahiran ini. Milih di melhus ama dr novina juga . Klo pake bpjs apa harus minta rujukan dr faskes 1 nya? Soal nya bayi ku uda lebih 40 minggu. Sokusinya klo ga drip ya sc. Aku galai banget inina

          • menurut pengalaman jg dari temen yg dulu2, klo mau lahiran ga usa pake rujukan. langsung aja tunjukin bpjsnya pas masuk rumah sakit. pasti dibantu kok. belom berasa2 apa2 sampe 40 minggu? semoga lancar yaaa

  • Iyaa mbaa. Sampe 40 minggu blm kerasa apa apa. Sama dr novina di saranin drip ato sc. Aku takut dedek nya knp knp ? cuman kerasa kontraksi makin sering dan kenceng.

  • Mbak, aku beberapa Hari ini searching tentang Melhus and nemunya kebanyakan tulisan Mbak. Jd aq tambah sreg pengen lahiran di Melhus insyaallah akhir December nnti. To Mbak. Bpjs ku itu faskes 1 nya di Surabaya, Sementara aku saat ini domisili di malang sambil lanjut kuliah. Apa bisa mb pake bpjs Surabaya?

  • Mlem mbak salam kenal ya bisa minta info gak. Tadi siang aq hbis kontrl rutin k melhus mau tanya2 kamar gk sempat kebtuln suami hrs masuk kerja. Kalo aq punya bpjs faskes1 dr prusahaan suami dan ada asuransi juga aq bisa dapat ruangan apa ya mbak? Rencana sih aq lahiran bulan desember tpi si adik di perut udah kenceng2 aja rasanya.

    • Maksudnya bpjs kelas 1’a? Bisa dpt kelas 1 juga. Yg kamar Artdeco seperti aku pake dulu. Keknya kelas 1nya ada bbrp jenis. Enak sih di artdeco, ga sliweran orang banyak. Ato VIP mungkin nambah lagi.
      Wuaaaa aku lhooo ga ngrasain kenceng2 blas sblm didrip. Opo paling ga takrasakno ya :))

  • Mba mau tanya, nambah sekitar 5jt itu sudah termasuk biaya mbak di drip kah? Rencana besok aku juga mau didrip sama dr.novina deg2an >< mau pindah kelas juga dr kelas 2 ke 1, moga nambahnya ga byk2 hehe.

  • Mbak . Sy mau tanya, sy juga mau rencana lahiran di Melhus InshaAllah.
    Kategori yg bisa biaya 0 itu yang seperti apa mbak ? Kebetulan suami saya dapat dari perusahaan BPJS kelas 2. Mohon bantuannya.

    • waa banyak pertanyaan terlewatkan. maaf yaaa

      BPJS kelas 0 itu berarti tidak pindah kelas, proses persalinan tidak ada kesulitan, juga tidak ada penambahan misal obat/tindakan di luar paket bpjs kelas 2nya

    • waa banyak pertanyaan terlewatkan. maaf yaaa

      untuk periksa kehamilan di melhus rata-rata cepet kok ketimbang di tempat praktik dokter. kecuali ada kasus tiba2 pasiennya melahirkan, nah itu ditinggal sebentar juga.

  • Maaf mau tanya .. Saya baru pertama kali periksa hamil di melhus tapi saya kok gak dapet buku pink atau kia yaa ? Atau memang kalo periksa di rs gak di kasih buku pink
    Terima kasih

    • emmmm, aku kurang tau nih kalo buku pinknya.
      soalnya kontrolnya ke dokternya langsung dan dapetnya buku dari dokter. dulu pernah tanya buku pink itu ke ibu2 posyandu, katanya dapetnya dari dokternya/puskesmas. pas kontrol selanjutnya mungkin ditanyakan aja.
      hamil jangan malu2 tanya apaaaa ajaa ke dokter sm perawatnya. mending cerewet tapi hati tenang 😀

  • hallo semua, saya ada rencana kontrol dan melahirkan di melhus tp ko tiap pesen nomor selalu full yaa jd takut susah ketemu dokternya huhuhu.hampir setiap jam coba telp tp knp ko susah sekali ya.apakah harus langsung datang ke RS nya untuk daftar kebtulan jarak rumah dan melhus 20 km an :'( mhon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *