Dapat SMS Aneh GO-JEK Verification Code, Pembobolan Atau Penipuan?

Apa sih yang nggak bisa ditipu jaman seperti sekarang ini? Status menikah saja bisa disulap, apalagi cuma sekadar teknologi yang dibuat dari kepintaran manusia. Rasanya minggu lalu baru saja baca-baca kasus penipuan dengan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel, sepertinya semalam kok juga akan mengalami ditipu juga. Bedanya kasus penipuan kode verifikasi sebelumnya menyedot pulsa hingga ratusan ribu, pengiriman go-jek verification code yang kami alami semalam kok rasanya belum tahu tujuannya apa ya.

Begini kronologis dugaan pembobolan atau penipuan dengan GO-JEK Verification Code semalam.

1. Suami memiliki 2 nomor aktif di ponselnya. Yang berplat kuning dia gunakan untuk mendaftar akun gojek. Nomor satunya hanya digunakan untuk komunikasi telpon dan sms.

2. Di tengah acara tahlilan, ada SMS aneh GO-JEK Verification code masuk jam 19.11 ke nomor suami.

3. Tidak lama ada telepon masuk dari nomer +6281273987369 yang menanyakan SMS Go-Jek Verification Code ke nomer suami. Kata si penelpon dia salah memasukkan nomer suami untuk mendaftar akun baru di aplikasi Go-Jek. Karena rangkaian acara tahlilan belum selesai, dijanjikan akan dikirim via sms kodenya.

4. Nomer tersebut telepon lagi berulang kali, waktu diangkat dia meminta kode verifikasi kedua yang katanya dikirim oleh Go-Jek juga. Saya yang ada di sebelahnya jadi kepo kenapa penelpon ngotot banget minta nomer kodenya. Telepon pun diset loudspeaker.

5. Kode verifikasi kedua masuk pukul 19.24 saat si penelpon masih ngotot minta nomer kode yang pertama.

6. Mengingat baru saja membaca penipuan bermodal salah kirim kode verifikasi, demi malas menanggapi kengototan si penelpon, saya menyarankan suami untuk menutup telepon demi menghindari kemungkinan penipuan lebih lanjut.

7. Penelpon tidak menelpon lagi.

Kejadian ini sepertinya belum ada yang mengalami, karena nggak ada kasus sejenis yang bisa dijadikan rujukan sewaktu digoogling. Yang mirip-mirip sih ada kasus pembobolan akun Go-Pay yang kemudian diperjualbelikan saldonya di jejaring sosial. Jadi semakin penasaran kan bagaimana kalau memang nomer orang bisa didaftarkan untuk akun Go-Jek, apa yang akan terjadi selanjutnya ya?

Sambil menulis kronologis pengiriman kode verifikasi ini saya juga mengirim kronologis ke email ke customer care Go-Jek. Namun jawabannya tidak memuaskan, kok malah informasi mitra gojek 😐

Selamat Sore Ibu NengBiker

Terima kasih telah menghubungi GO-JEK Indonesia. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.

Namun dapat kami informasikan, mengenai pertanyaan yang berhubungan dengan Mitra GO-JEK dapat langsung menghubungi ke driversupport@go-jek.com untuk GO-RIDE & gocardriversupport@go-jek.com untuk GO-CAR.

Salam,

Gusti Ayunanda
Customer Care GO-JEK Indonesia
Follow us on Twitter @gojekindonesia

Salah satu teman yang berkecimpung di bidang IT bilang, backdoor dari kode verifikasi ini memang tetap social engineering. Dari nomer telepon dan nomer suami yang dibandingkan kemiripannya ya nggak mirip sama sekali. Lagipula kalau misalnya salah memasukkan nomer ponsel, user yang beneran pasti bisa login ulang dengan mengganti nomer yang benar, tidak harus ngeyel dengan nomer salah sebelumnya. Kalau kode verifikasinya memang resmi dari Go-Jek, bisa jadi akun dengan nomer yang dituju bisa dipakai si penelpon dengan sesuka hati.

Moral of the story, saya masih belum dapat jawaban yang memuaskan. Yuk lebih hati-hati aja sama akun-akun bersaldo kita yang bertebaran di berbagai aplikasi.

46 Comments

  • kok medheni se
    tapi kalau dipikir nomer verifikasi itu kan unik dan ya hampir mustahil Gojeknya salah kasih itu nomer
    emang harus jati2 mbak

    • Sekitar 3 mg llu kna juga…sempet ngasih krn ga bburuk sanka..eee..trnyata. untung g pny saldo gopay cm 2000…

      Smg plaku insyaf..klo ga..smg mati nya susah n mail neraka yg lm. Amin

  • Saya baru dapat juga.. 2 kali. Kata driver gojek salah kirim orang beli pulsa..
    Tapi ga saya terusin. Takut ketipu..
    Kalo googling juga blom dapat info2 penipuan yang sama
    Be ware ya..

  • Saya korban nya, malu juga sebener nya karena ada yang nelfon katanya dari gojek tanya kode verifikasi saya karena saya menang gopay credit 10jt. Caranya tinggal top up 400rb ke account go pay terus saldo jadi 10,4jt.

    Karena top up saya rasa aman jadi saya top up biasa, tapi terus saldo bertambah sementara, lalu setelah itu hilang.
    Yang telfon ngotot terus saya untuk top up go pay. saya lapor ke gojek sampai sekarang belum ada tanggapan. Padahal saya transfer nya ke rek go pay melalui net banking bukan ke rekening orang.

  • senasib. barusan ada yang telpon, persis setelah ada sms go-jek sms verifikasi.
    logikanya nggak mungkin:
    – salah sms, langusng telpon
    – mesin nggak mungkin salah kirim.
    ya untungnya hp bisa rekam otomatis, siapa tau diperlukan rekamannya.
    dan hp bisa blokir nomer incoming.

  • saya juga kena nih tp saya gak kalah dgn penipu nya, saya tidak heran dengan suara si penelepon, suara nya di youtube terkenal dgn hal hal penipuan, ktk saya angkat saya tidak kalah tegas dengan suara nya, si penelepon tetep ngotot minta kode verifikasi tp krn saya sedang ada meeting saya mode pesawat saja dan saya blokir nomor nya,,, sekarang login ke akun gojek bisa menggunakan no ponsel dan kode verifikasi nya di kirim ke no ponsel yang di daftarkan (tidak hanya gojek hampir semua sarana ojek online bahkan marketplace) mengapa sistem secanggih jaman skrng masih bisa di jebol saya jg bingung, so lebih berhati2 lagi ya kawan.

  • saya juga persis kaya gini,tiba2 ada telpon katanya salah kirim verifikasi. tapi emang dasarnya selalu curiga jadi kroscek dlu eh nemu web ini.

  • Wah,saya barusan jg hampir kena nih. Untung aja nyadar cepet.
    Kira2 targetnya apa ya? Secara saldo gopay cuma ada 18rb skrg ?

  • Saya jg baru dpt tlp yg sama niy..orgnya ngotot salah kirim kode verifikasi padahal saya lg di kampung yg emang ga ada gojek di sini..krn curiga dan heran knp mesin gojek bs salah kirim..hati2 yak teman2…

    • penipu menggunakan nomer anda sbg nomer baru dia di akun gojek, sehingga kode verifikasi muncul nya di nomer anda & penipu harus minta ke anda, stlh anda kasih berarti nomer anda sdh resmi terdaftar di akun gojek penipu sehingga saldo go-pay anda habis. Knp penipu bisa tau Akun anda punya Go-Pay? mungkin dia adalah Driver yg pernah anda Order Sehingga Dia tau Akun Costumer yg mengOrder (anda) Punya Saldo Go-Pay

      • saya juga kena dan ludes 420ribu. komplain ke gojek tp mereka lepas tangan bilang gak bertanggungjawab atas ini dan saldo gak balik. padahal ada history gopay saya masuk ke akun a.n ika harusnya udah ada bukti begini pihak IT gojek bisa blok akun tersebut dan 0 kan kembalo saldo dia karna itu kan virtual number. harusnya bisa by system tp gojek lepas tangan dan mau gak mau saya share juga hal ini ke sosmed

  • Saya juga kena kemarin…saldo 33rb amblas…sempet curiga…tp krn lg ribet sy reflect ksh tau juga…kesel bgt…bukan krn 33rb nya…cm ngerasa di boonginnya….btw ada yg tau nggak?..berarti acc saya masih aman di gunakan nggak ya?

    • penipu menggunakan nomer anda sbg nomer baru dia di akun gojek, sehingga kode verifikasi muncul nya di nomer anda & penipu harus minta ke anda, stlh anda kasih berarti nomer anda sdh resmi terdaftar di akun gojek penipu sehingga saldo go-pay anda habis. Knp penipu bisa tau Akun anda punya Go-Pay? mungkin dia adalah Driver yg pernah anda Order Sehingga Dia tau Akun Costumer yg mengOrder (anda) Punya Saldo Go-Pay

  • sama, barusan ditelpon juga.
    suruh liat sms.
    gw APUS dulu tuh sms, baru gw bilang GA ADA KOK.
    ada sms lagi, APUS lagi, gw bilang GA ADA KOK.
    hehhehehe.

    WASPADALAH. WASPADALAH.

  • Saya akhirnya kena penipuan yang mengatasnamakan Go-Jek.. seluruh saldo go-pay saya terkuras tak bersisa. Cuma memang sangat di sayangkan pihak go-jek terkesan lepas tangan tentang masalah keamanan sms verifikasi. Seakan-akan memang “user yang sudah approve” untuk di bobol akun go-paynya. Seharusnya sms verifikasi hanya dilakukan untuk pendaftaran bukan untuk re-login. Memang memudahkan karena otomatis terdeteksi (apabila nomor yang digunakan di tangan), tapi kalau di buat tindakan kriminal seperti ini bukannya makin memudahkan tapi menyusahkan dan cenderung merugikan. Apakah akun go-pay kita akan aman atau masih dapat di retas ulang?

    • hal serupa saya alami. pihak gojek lepas tangan seakan menyalahkan user. bayangkan posisi dimana mendadak dapat sms belum sempat baca udah di telepon penipu atasnamakan gojek dan minta sebutin kode verifikasi. saya sepemikiran dengan anda, login dengan kode verifikasi aja gak secure harusnya ada double security bahkan si penipu telp saya lagi dan tau history nama akun, nomor rekening bank saya (itu karena saya pakai untuk isi gopay). suspect terbesar itu driver gojek yang juntrungannya dia paham soal IT. sangat disayangkan keluhan ini sudah banyak tp tindakan gojek gak ada hanya lepas tangan dan parahnya saya minta blokir akun saya yg sudah diganti no hp nya tp masih dengan email saya untuk antisipasi history alamat lokasi yg saya pakai di gojek bs disalahgunakan penipu (khawatir kejadian yg semakin buruk ke rumah) dan proses penonaktifan akun saya pun berjalan lama tidak bisa langsung di nonaktifkan by system. saya cuma bisa uninstall app gojek skrg dan kapok pakai gojek seumur hidup.

  • Sasa juga kena n sampai ngasih kode verifikasi nya kmarin sore gan. Cuma untung nya saya ngga punya saldo go pay. Btw, aman ngga ya buat rekening ane di bank?
    Soalnya gitu juga sih, nanya ke acoount nya gojek via pengaduan online, jawaban nya ngga memuaskan sekali.

  • 15 mnt yg lalu kejadia serupa menimpa saya. sayangnya saya beri kode verifikasi huh….. kemudian sy telp CS GO-JEK dan meminta akun GO_JEK saya di block dengan alasan menghindari khasus penipuan, dan CS GO-JEK pun memblokirnya. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa walau saya tidak menyimpan saldo di akun GO-JEK. Tolong di share jika teman-teman suatu yg janggal menyangkut rekening atau entah palah itu, thk juga buat @nengbiker atas infonya….

  • dan saya baru saja mengalami hal yang sama 15 juni 2017 pukul 14.05 pm
    caci maki via phone alangkah dasyatnnya,…akhirnya sy close phone dia sms balik ” binatang anjing dasar tidak punya hati kemanusiaan anda sekeras batu binatang”
    Saya hanya tersenyum bacannya,… kayaknnya gak berhasil alias “zoonggg” gak berhasil di lokasi bandung

  • 16 juni pukul 22.36 barusan saya juga ngalamin, dan dengan polosnya langsung kasih tu nomor verifikasi. Untungnya saldo gopay 0. Jd dia gabisa transfer ke nomor lain tuh saldo. Tp jadi khawatir, aman ga yah akun ini ke depannya, huhu.

  • Saya juga baru aja, gak lama setelah ada SMS dari gojek, ada telepon masuk dari 081273478112, katanya dari kantor GoJek barusan salah kirim verifikasi untuk pelanggan dan minta nomor verifikasi tersebut. Langsung saya jawab “Maaf Mas, gak bisa…” langsung tutup telepon. Mau salah kirim atau apa kek…gak ada ceritanya kode verifikasi dikasih ke orang.

  • beberapa hari lalu saya n istri sekaligus kena telp jg ama yg beginian.. kalo saya udah tau, karena ga mungkin kode verifikasi salah kirim, kecuali ada yg coba login sama akunnya kita.. sayangnya, karena lagi ribet, istri saya ngasih tau itu kode verifikasi ke si penelpon, untungnya emg saldo gopaynya kosong..
    setelah coba2 iseng ubek2 fiturnya gojek, sepertinya motifnya kyk gini:
    – si penipu / penelpon coba masuk ke akun kita secara random by nomor telp;
    – akhirnya ada kode verifikasi masuk ke hp kita by sms;
    – si penipu coba telp ke nomor kita dengan berbagai alasan, kalo ke saya alasannya mau kirim barang apalah itu;
    – abis masuk ke akunnya kita, mereka transfer gopaynya ke akun intinya mereka, soalnya ternyata saldo gopay itu bisa dicairkan ke rekening bank;
    gitu kira2, buat thr kali ya, atau buat mudik..

    pokoknya yg jelas kudu lebih hati2 lagi.. dan tidak memberi tahu kode verifikasi sembarangan..

  • Sore tadi jam 17.48 menelpon saya juga… Sengaja pas jam buka puasa, dengan intonasi yang terdengar genting, mungkin supaya kita gak mikir ke hal yang janggal.
    Dia bilang dari gofood dan meminta saya cepat2 menyebutkan kode verifikasi yang keliru kirim, karena akan segera dipakai buka bersama anak panti…

    Alhamdulillah, masih bisa berpikir logis, telpon selanjutnya sudah gak saya angkat lagi.

  • Saya juga kena tipu barusan. Tiba2 ada sms dari go-jek ngasih verification code gitu. Ngga lama ada yg nelfon berkali2, udh sempet ga keangkat tapi karna berkali2 saya angkat. Nah sama banget sama cerita2 diatas, minta kode verifikasinya dgn alasan salah kirim apalag itu. Tapi udah kebaca ini penipuan, langsung saya matiin telponnya.
    Hati2 aja skrg udh makin canggih ya nipu2 gitu.
    Makasih juga ada yg sharing cerita ini.

  • +6281290151617

    Ini nomor telp yg coba menipu saya dengan trik salah kirim kode verifikasi gojek. Kejadian tgl hari ini sekitar jam 19:00. Saya sudah dengar trik ini sebelumnya, jadi saat dia nelpon saya coba memperpanjang obrolan saja. Setidaknya dia tekor pulsa deh….

  • Saya barusan juga kena dan saya malah kasih kode verifikasinya….pas baca comment diatas saya langsung ngecek saldo go-pay saya langsung rp.0, untung saldo saya sebelumnya cuma ada rp.2000, tapi kalo kayak gitu kedepannya aman gak ya? Mohon infonya.

  • Saya tadi barusan kena tipuannya. Kode verifikasi tiba-tiba muncul, terus datang call dari +62 813 7758 5997. Unfortunately orang lain yg mengangkat telpon di iPhone saya, dan karena terburu2, malah memberi kode tersebut.

    Untung sekali saya tidak menyimpan saldo GO PAY. Semuanya 0. Kalau misalnya saya menyimpan uang dalam jumlah besar dalam account saya, mungkin sudah ‘goodbye’ betulan, deh.

    Saya tapi cemas; kalau orang tersebut sudah berhasil masuk ke account saya, berarti orang itu masih bisa mengakses account saya pada waktu nanti. Intinya, account saya seperti di-share dengan penipu &@*#%^ tersebut. Ini berarti uang yg saya masukkan di account nanti akan langsung available untuk diambil dia. Saya hendak menghubungi Help Center juga sekarang.

    Harap semuanya berhati2 :'(

  • Saya juga baru aja, gak lama setelah ada SMS dari gojek, ada telepon masuk dari 081266951868, Katanya salah kirim barang.

  • Barusan banget saya dpt telpon serupa.. dgn alasan lagi nyetir saya gk buka sms nya. Ternyata benar ada sms dr gojek.. takut penipuan sy browsing dl cari info.. tenyata feeling sy benar. Terima kasih yang udh share ya.. jadi ngeh’ ada penipuan macam ini .
    Ini no hp yg telpon saya tadi.. hati2 +62 819 94887798

  • bukak aplikasi Go-Jek anda, terus log in lagi… chek apakah ada yg berubah,…kemudian log out lagi ..log in lagi dgn kode SMS yg baru… karena kode yg di SMS hanya bertahan 2 menitan saja..jadi kode yg anda sudah berikan ke penelpon gelap tadi sudah tdk bisa digunakan lagi di lain waktu…. dan sekali lagi next time ada yg nelpon minta konfirmasi kode SMS, ganti kita kerjain aja…diulur2 waktunya atau apalah biar dia kesel

  • Barusan juga saya mengalami hal yang sama, 081958036974 ini nomernya. Saya curiga karena timing SMS masuk dan telpon dari penipu itu sangat dekat waktunya ga sampai 1 menit.
    Saya jawab karena saya sibuk jadi nanti di SMS, tapi tetep beberapa kali telpon dan akhirnya saya blokir nomernya. beres,.

  • Modus baru rupanya. Tadi saya juga mengalami hal serupa. Karena ada di tempat yg ramai saya nggak sadar ada sms masuk, bahkan panggilan dari pelaku itupun yg kedua kalinya. Dia agak maksa utk mengirimkan kode verifikasi yg masuk ke sms saya utk alasan membatalkan order Gojeknya. Saya balik nanya kok bisa salah input sampai 11 digit no hp ? Apalagi waktu saya lihat nomornya tidak ada kemiripan sama sekali dg nomor saya. Entah apa alasannya saya agak nggak dengar (mendengarkan) dg nada tinggi saya bilang ntar dulu saya lihat sms saya.
    Memang benar ada sms kode verifikasi dan di akhir kalimatnya “jangan berikan kode ini kepada orang lain”. Mengacu pada kalimat itu saya curiga ini modus baru penipuan. Tidak lama kemudian pelaku menelepon lagi, saya bilang tidak ada sms masuk. Tapi dia ngeyel “tapi ini benar nomor 081xxxxxxxx” maaf saya salah masukkan tadi. Karena posisi saya juga sedang emosi, maka saya bentak2 orang tsb krn ngeyel pasti ada sms masuk. Krn masih ngeyel saja, akhirnya percakapan saya matikan. Dan dia tidak telepon lagi.
    Akhirnya saya penasaran dan googling hingga menemukan posting ini.
    Kita harus berhati2 pada setiap tindak penipuan dg modus2 yg terus dinamis.

  • Barusan saya juga mengalami, saya bilang aja “udah basi mas nipu model gini”
    Eh dia ngotot suruh saya cek SMS dulu. Daripada ribet, langsung sy blokir aja ni hp nya

  • sama, saya juga pernah dan dia maksa bgt minta kode verifikasi dan nelp berkali kali.
    hati hati ini nomor tlp penipunya 0819 5803 6494.
    kayanya dia driver gojek yg ada disekitaran depok, seinget saya terakhir pakai gojek bayar pakai gopay.
    untung gak ketipu alhamdulillah.

    • Saya baru di telp di hari lebaran ini,, jam 18.35..
      Si penipu ngotot minta nomor verifikasi yg dikirim via sms dengan alasan untuk pembatalan order gojek saya.. kalo ga saldo sy habis.. sya kasih sich nomor nya tp dirubah 1 angka,, heh… dianya malah ngotot pin nya salah ,, bapak tolong kasih yg benar,, sy ngotot jg pin nya bener ,, akhir sy mati in telponnya ..bisa ga ya postingan ini bantu di viralkan,, via twitter sm instagram ..
      Sepertinya ini modus baru .. sy yakin pasti sdh banyak yg tertipu..

  • Saya juga mengalami hal serupa, tiba-tiba dapat kode verifikasi dari gojek online dan di telp berkali kali alasannya saya dapat hadiah dari lazada dan harus di kirim oleh gojek dan dia minta kode verifikasi Dari awal saya curiga ini penipuan maka telp langsung di tutup, si penipu kembali telp, saya tanya ini gojek dr mana dia jawab kota jakarta tp langsung di koreksi kota bandung jawabannya tidak konsisten dan membuat saya makin yakin kalo telp td penipuan.

  • Saya juga mengalami hal serupa, tiba-tiba dapat kode verifikasi dari gojek online dan di telp berkali kali alasannya saya dapat hadiah dari lazada dan harus di kirim oleh gojek dan dia minta kode verifikasi Dari awal saya curiga ini penipuan maka telp langsung di tutup, si penipu kembali telp, saya tanya ini gojek dr mana dia jawab kota jakarta tp langsung di koreksi kota bandung jawabannya tidak konsisten dan membuat saya makin yakin kalo telp td penipuan.

  • Saya baru di telp di hari lebaran ini,, jam 18.35..
    Si penipu ngotot minta nomor verifikasi yg dikirim via sms dengan alasan untuk pembatalan order gojek saya.. kalo ga saldo sy habis.. sya kasih sich nomor nya tp dirubah 1 angka,, heh… dianya malah ngotot pin nya salah ,, bapak tolong kasih yg benar,, sy ngotot jg pin nya bener ,, akhir sy mati in telponnya ..bisa ga ya postingan ini bantu di viralkan,, via twitter sm instagram ..
    Sepertinya ini modus baru .. sy yakin pasti sdh banyak yg tertipu..
    Nomornya si p3nipu 081958036532

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *