tips membeli mobil keluarga

5 Tips Penting Saat Membeli Mobil Keluarga

Dari keliling Malang, Batu, Tulungagung, sampai Jogja, road trip emang jadi pengalaman paling seru keluarga kecil saya. Padahal packing peralatan segudang! Dari koper sampai stroller itu menyenangkan banget waktu menatanya di bagasi mobil. Kini si putih kesayangan sudah tiada, maunya sih membeli mobil keluarga yang mungil saja. Tapi bukankah akan menjadi sebuah awal petualangan yang memusingkan kalau bagasi mobilnya kecil dan ada anak 2?

Jika menggunakan mobil kecil seperti city car mini, tentu akan terlalu sesak dan sempit. Anak-anak yang ada di dalam mobil pun akan merasa tidak nyaman selama perjalanan. Akibatnya juga bakal terasa di keawetan mobil. Mobil yang dipaksa over capacity kayaknya jadi lebih mudah rusak. Belum lagi mesinnya yang bekerja lebih keras dari beban yang bisa ditanggungnya.

Mungkin ini saatnya cari cicilan mobil baru untuk keluarga yang ukurannya besar saja kali ya. Sebelum membeli mobil keluarga yang baru, kayaknya bareng-bareng menyimak tips membeli keluarga ala pakarnya berikut:

Sesuaikan dengan Anggaran Membeli Mobil Keluarga

tips membeli mobil keluarga

Anggaran adalah hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih mobil. Karena harga mobil yang cukup tinggi, anggaran memiliki peranan penting dalam pembelian mobil. Pilihan mobil keluarga biasanya seputar MPV (minibus) dan SUV. Jika anggaran tidak terlalu besar, MPV entry level bisa dijadikan pilihan. Sedangkan jika anggaran lumayan besar, pilihlah mobil dari jenis SUV.

Utamakan Keamanan dan Keselamatan

Keamanan dan keselamatan penting diutamakan, terlebih untuk mobil keluarga. Pastikan mobil yang dipilih memiliki sistem keamanan dan keselamatan yang lengkap. Misalnya seperti rem Anti-lock Braking System (ABS) Electric Brake-force Distribution (EBD), full SRS Airbags, child lock/auto lock, hingga ISOFIX yang mampu memproteksi penumpang dari bahaya.

Irit Bahan Bakar

tips membeli mobil keluarga

Semakin besar kapasitas mesin mobil, semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan. Misalnya SUV berkapasitas 2L tentu memakan banyak bahan bakar dibanding MPV berkapasitas 1,3L. Jadi, pilihlah mobil yang irit penggunaan bahan bakarnya agar pengeluaran lebih hemat. Selain itu, pilihan mobil yang tepat dapat mengurangi polusi karena konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Membeli Mobil Keluarga yang Suku Cadang Mudah Didapat

Membeli mobil keluarga jangan hanya dilihat dari eksterior dan interiornya saja, tetapi perhatikan juga perawatannya. Tidak ingin mobil cepat rusak dan membutuhkan untuk ganti suku cadang lebih cepat kan?

Tetapi jika mobil yang terus menerus dipakai, pasti akan menurun juga performanya dan mau tak mau harus membutuhkan suku cadang. Maka carilah mobil yang suku cadangnya populer dan banyak dijual di Indonesia. Jadi ketika suatu hari mobil rusak, bisa langsung memperbaiki tanpa harus menunggu suku cadang impor yang memakan waktu pengiriman.

Harga Jual Bekas Stabil

tips membeli mobil keluarga

Tidak ada yang menjamin bahwa semua orang akan betah menggunakan mobil yang sama hingga bertahun-tahun. Bagi yang suka berganti mobil dalam kurun waktu 2-3 tahun, sebaiknya perhatikan setinggi apa harga jual bekasnya nanti. Tinggi atau rendahnya harga tergantung permintaan pasar.

Supaya harga tetap terjaga, pilih mobil yang populer dan memiliki banyak peminat. Kecuali kalau anggaran beli mobilmu bagaikan memetik daun di halaman, tentu nggak jadi masalah.

So, pengen beli mobil impian keluarga dengan segudang keuntungan dan kemudahan? Di SEVA saja. SEVA memiliki kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan untuk di masa depan. Terdapat juga Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi finansial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

Keuntungan yang SEVA tawarkan juga sangat menggiurkan. Seperti pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta. Tak hanya itu, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon spesial lainnya.

Astaga, tips membeli mobil keluarga ini pas banget sama kondisi saya sekarang. Yuk, beli mobil di SEVA bareng saya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.