cara memilih crypto funds

4 Tips Memilih Crypto Funds yang Tepat untuk Investor Baru, Intip Catatannya Ya

Main crypto memang menggiurkan. Gimana nggak, teman satu grup hahahihe baru saja membeli mobil canggih, cash, no credit-credit at all. Sedikitnya 2-3 orang di grup langsung berpikir untuk investasi di crypto saja. Tapi kalau kurang mengerti istilah dan cara investasi di crypto, bisa salah jalan lho. Sekarang saya mencoba mengumpulkan beberapa informasi terkait, mulai dari Crypto Funds.

Crypto funds pada dasarnya adalah dana yang dapat mengelola investasimu dan kamu tidak perlu memilih koin atau token yang akan didukung. Lalu? Ya, pakar pasar yang akan melakukannya untukmu. Menurut laporan terbaru oleh firma riset keuangan Autonomous Next, sekarang ada lebih dari 100 funds, sebagian besar diluncurkan pada 2017 dan 2018.

Crypto funds tersebut mengelola total lebih dari $ 2 miliar yang merupakan jumlah yang cukup besar untuk industri yang baru lahir yang masih belum melihat pergantian dekade.

Memilih Crypto Funds untuk Investor Baru

Crypto funds dapat memberikan alternatif yang lebih nyaman dan aman bagi investor yang mencari eksposur crypto.

Tetapi, bagaimana cara memilih crypto funds?

Mengidentifikasi Crypto Funds

Saat ini diperkirakan ada lebih dari 800 dana blockchain dan cryptocurrency berbeda yang beroperasi, meskipun tidak semuanya mengiklankan layanan mereka. Pencarian Google sederhana akan memunculkan beberapa nama, tetapi beberapa crypto funds paling terkemuka tidak diizinkan secara hukum untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan tetap eksklusif.

Cara yang baik untuk mempelajari tentang dana lindung nilai kripto adalah melalui jaringan yang solid. Jika memungkinkan, hadiri acara industri, temui investor dan manajer, dan kenali lanskap sebelum membuat pilihan.

Membuat Daftar Pendek Berdasarkan Strategi dan Kinerja

Setelah mengidentifikasi dana lindung nilai crypto yang dapat diakses melalui jaringan tadi, kamu perlu memilih dana yang menggunakan strategi dan menunjukkan kinerja yang sejalan dengan tujuan dan ekspektasi investasi kamu. Misalnya, beberapa crypto funds memiliki campuran modal ventura dan pendekatan hedge fund yang lebih likuid.

Mereka mungkin hanya berfokus pada kesepakatan pribadi, di mana imbalannya biasanya tinggi, tetapi biaya masuk bisa menjadi penghalang dan jangka waktu investasi mungkin lebih lama daripada yang diinginkan banyak investor. Mungkin juga mereka “mengantongi tambahan” atau mengunci sebagian besar dana mereka, untuk memastikan mereka dapat bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Di ujung lain spektrum, beberapa crypto funds mungkin memiliki strategi jangka pendek yang lebih likuid, misalnya menggunakan metode kuantitatif, menggunakan analisis teknis dan statistik untuk membuat keputusan investasi.

Nah, jenis strategi investasi apa yang harus diinvestasikan? Balik lagi, sepertinya harus melihat lagi sudut pandangmu, termasuk toleransi terhadap risiko, dan keyakinan tentang strategi mana yang akan dipilih lagi.

Melakukan Uji Tuntas Atas Crypto Funds Terpilih

Uji tuntas adalah langkah selanjutnya setelah memilih dana lindung nilai crypto yang sesuai. Kamu dapat menghubungi setiap crypto funds yang masuk daftar dan mulai dengan meminta dek presentasi, yang biasanya mencakup perincian tentang penyiapan dana, manajer, strategi, investasi masa lalu dan sekarang serta catatan kinerja.

Ketekunan dasar melibatkan verifikasi informasi di dek, baik melalui administrator pihak ketiga dana, investor lain, atau dengan mendapatkan referensi dari jaringan kamu.

Setelah puas dengan presentasi dana, siapkan serangkaian pertanyaan untuk didiskusikan melalui telepon dengan pendiri atau manajer.

PENTING: 5 Pertanyaan untuk Diajukan Sebelum Memilih Crypto Funds

Langkah paling akhir yakni mengajukan beberapa pertanyaan sebelum memutuskan memilih, seperti:

  1. Informasi latar belakang
  2. AUM dan kinerja yang sudah pernah dilakukan
  3. Strategi yang mereka pilih
  4. Ketekunan operasional, termasuk langkah-langkah keamanan
  5. Ketentuan investasi

Tanya ulang dan ulang lagi. Kalau semuanya sudah sesuai dengan keinginan, kamu dapat meminta dokumen untuk ditinjau ulang. Ingat, kata ahlinya jangan melewatkan legalitas dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan jika ada sesuatu yang tidak jelas.

Pada akhirnya, tujuan kamu adalah membuat keputusan yang tepat, tanpa harus khawatir tentang biaya dan syarat & ketentuan yang tidak terduga dari crypto funds yang dipilih.

::: Lain kali kalau sudah ada info tentang crypto dari klien lagi, akan diupdate serinya di sini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *