Rekomendasi 5 Produk MPASI yang Bagus untuk Bayi Usia 6 Bulan

Setelah melewati masa-masa bayi, dua bayi tepatnya, ada beberapa catatan yang sepertinya perlu saya kasih garis bawah. Tumbuh kembang bayi sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, termasuk di antaranya adalah asupan nutrisi atau makanannya. Umumnya ketika masih usia bayi mereka memang hanya diperkenankan untuk konsumsi ASI atau susu formula saja. Sabar nggak usah keburu pengen mereka langsung bisa diajak nongkrong makan steak ya.

Sejalan dengan pertambahan usia, apalagi ketika sudah masuk usia 6 bulan, maka sudah bisa ditambah dengan MPASI. Karena memang kebutuhan nutrisinya sudah bertambah, buah hati menjadi semakin aktif dan juga mengalami pertumbuhan yang cepat. Tapi ingat, masih belum waktunya makan steak, Bund!

—————— hanya ilustrasi steak saja ———————

Sekali lagi, steak bukan termasuk dalam MPASI bayi. Lalu jenis MPASI apa saja yang sebenarnya bagus untuk si kecil? Berikut ini yang harus diketahui.

Ide MPASI 6 Bulan: Bubur

Bayi kesayangan bunda bisa diberikan produk bubur untuk dikonsumsi, bisa dengan membuat sendiri ataupun juga dengan membeli bubur instan yang banyak dijual di pasaran. Sekarang juga banyak yang jual bubur bayi siap makan dengan berbagai pilihan, mau ikut empat bintang atau standar WHO, atau you mention it. Sudah pintar-pintar kok yang jualan.

Dibikin mudah aja, ngga usah dipikir repot-repot sampai bikin stress. Nanti ngefek sama produksi ASI lho.

Kacang-kacangan Juga Bisa

Jenis kacang merah maupun kacang hijau bagus dikonsumsi oleh buah hati, namun pastikan dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan. Mau dibikin bubur, sup kacang merah, atau sejenisnya yang mana yang mudah dibuatnya. Inilah kadang-kadang saatnya saya merasa perlu memiliki handblender karena melumat kacang-kacangan itu butuh usaha besar. Perhatikan saja mana yang teksturnya disukai anak.

Sayur-sayuran Penting Untuk MPASI

Meski biasanya perlu sedikit bertengkar, baiknya juga dapat memberikan sayuran untuk pemenuhan kebutuhan serat buah hati. Biasanya yang paling dasar adalah sayur wortel ataupun kentang direbus yang dapat dihaluskan terlebih dahulu. Lalu ada brokoli yang manis, juga kembang kol yang biasanya lebih mudah dihaluskan setelah direbus.

Daging Boleh Untuk MPASI?

Harga Daging Shortplate, Saikoro dan Meltique Wagyu di Malang

Boleh dong Bund. Produk daging ayam ataupun daging merah juga bisa diberikan untuk MPASI, namun pilihlah yang tanpa lemak dan dimasak dengan cara merebusnya dulu. Ingat, bukan disteak apalagi digrill ala Korea. Selanjutnya dapat ditumbuk atau diblender sampai halus sehingga lebih mudah untuk disesap bayi.

Proses mengenalkan daging hingga ke tekstur yang disukai anak memang agak lama. Mulailah dari daging rebus yang dihaluskan dengan blender, direbus sampai benar-benar empuk, dicacah, dipotong kecil-kecil, sampai ia sudah bisa menggigit sendiri.

Tunggulah saja waktunya hingga si kecil menyukai ayam goreng krispi. Sungguh itu menu penggugah selera ketika GTM melanda.

Buah!

jeruk kalamansi dan manfaatnya

Berilah buah yang mudah dicerna seperti pisang ataupun juga alpukat. Buah semacam ini kaya akan beragam jenis vitamin yang sangat bagus untuk buah hati. Saat waktunya sudah tepat lagi, jenis jeruk keprok, jeruk lemon buat mencoba rasa kecut, juga bisa diberikan. Biasanya diperas lalu disendok dan disuapkan, jangan diberikan utuh dengan kulitnya ya Bund.

Makanan yang tepat akan menjadi sumber nutrisi terbaik untuk pertumbuhan mereka. Asupan nutrisi terbaik harus diimbangi juga dengan produk-produk terbaik yang mereka gunakan. Termasuk diantaranya adalah pemilihan popok yang aman bagi mereka, carilah yang sudah teruji secara klinis aman bagi kulit sensitif seperti Merries.

Produk yang kurang tepat bisa memicu ruam popok. Namun juga tak perlu khawatir karena tetap ada cara mengatasi ruam popok tersebut. Nanti kita cerita-cerita lagi, Bunda.

Gimana, anaknya sudah mulai aktif, Bund?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *