dana pensiun asuransi hari tua

Sudah Memikirkan Mempersiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin?

Bekerja di perusahaan swasta berbeda dengan menjadi abdi Negara atau pegawai negeri sipil. Saya dan banyak karyawan di perusahaan swasta tidak mendapatkan uang jaminan masa tua. Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil ataupun yang bekerja di perusahaan milik negara. Dengan tekad tidak ingin menyusahkan anak di masa depannya nanti, sudah sejak lama saya mempersiapkan diri untuk membeli asuransi hari tua atau persiapan dana untuk pensiun.

Anak bukan jaminan hari tua bagi orangtua. Itu tekad saya. Saya juga pengen punya kehidupan sendiri kelak sama suami, berdua saja setelah anak-anak berumahtangga bersama pasangannya nanti. Pikiran untuk mengatur dana pensiun ini sebaiknya nggak perlu menunggu kalau usia sudah memasuki MPP ya. Ada baiknya membeli produk asuransi hari tua atau persiapan dana pensiun ini bisa dilakukan sejak mulai bekerja. Kenapa?

Semakin Dini, Semakin Banyak Uang yang Disimpan di Dana Pensiun

Hitung saja misalnya sudah pada mulai bekerja di early 20’s. Hura-hura boleh, tapi jangan lupa sisihkan. Persiapan yang dilakukan sedini mungkin dapat memperpanjang waktu kamu menyimpan. Meskipun jumlah yang disisihkan untuk uang pensiun ini tidak banyak, namun lama kelamaan jumlahnya akan bertambah semakin besar, sehingga kelak cukup untuk menunjang kehidupan pada saat sudah pensiun.

Kebutuhan Hidup Semakin Meningkat

Semakin lama jumlah kebutuhan semakin meningkat, jadi jika seandainya kamu menunda untuk membeli asuransi atau uang kebutuhan pensiun, tak menjamin pada masa depan juga sanggup untuk membelinya. Karena memang kebutuhan hidup jumlahnya jadi semakin tinggi seiring dengan berjalannya waktu.

Bolehkah Dana Pensiun Untuk Investasi?

Kenapa tidak. Dana yang tersimpan kelak juga bisa digunakan untuk investasi. Jika seandainya uang atau dana pensiun yang didapatkan jumlahnya cukup besar, maka nantinya ia dapat digunakan untuk modal berinvestasi. Lumayan bukan jika seandainya ada passive income yang didapatkan setelah masa pensiun? Jadi, selain menyisihkan dana investasi dan dana pensiun dari gaji, nanti-nanti bisa juga dana pensiunnya bisa dipakai investasi.

Kita Nggak Bisa Menjamin Hari Tua Kita Sendiri

Manusia berencana, Tuhan juga yang menentukan. Tidak ada yang dapat menjamin masa depan, artinya mungkin sekarang ini saya dan kamu masih bisa bekerja dan mendapatkan pemasukan cukup besar, tapi kalau tiba-tiba perusahaan bangkrut, bisa apa? Kelak uang di dana pensiun inilah yang bisa digunakan untuk menunjang hal tersebut.

Abaikan saja jika ada yang mencela mengapa sudah menyiapkan dana pensiun padahal baru mulai bekerja. Belajarlah dari pandemi Covid19 yang kita alami sekarang ini. Begitu mudah seseorang kehilangan pekerjaan, begitu mudah kehidupan berbalik dari yang tadinya nyaman jadi kekurangan. Kita nggak bisa menjamin masa depan sendiri kalau tidak dimulai dari sekarang.

Beli asuransi terbaik untuk persiapan masa pensiun kamu hanya dari Taspen Life. Selain itu asuransi jiwa, sampai dengan asuransi pendidikan juga tersedia di sini. Jangan takut, periode asuransi pendidikan terbaik mulai berlaku saat sudah dilakukan pembelian. Sehingga kelak di masa depan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai mahalnya biaya pendidikan buah hati.

FYI saja, mengerem keinginan minum secangkir dua cangkir kopi di gerai kopi kekinian, bisa dipakai untuk mengisi simpanan dana pensiun hari tua lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.