harga blender mitochiba

Harga Blender Mitochiba Sebanding Lah Sama Fungsinya

Sudah mabok social distancing, self quarantine, work from home dan di rumah aja hampir tiga minggu ini?

Saya mau cerita aja kalo lagi mabok bakso. Bakso bikinan sendiri dong, ngga beli di tukang bakso yang muter. Nggilingnya pakai blender Mitochiba yang dibelikan adik untuk hadiah Mama tahun lalu. Harga blender Mitochiba ini nggak dipikir dua kali sama adik, dih yang barusan pulang tugas sekolah, sangunya masih banyak. Wkakakakak..

Orang bilang sih namanya chopper Mitochiba, seperti yang tertulis di kardusnya. Sempat ramai di jagat Instagram karena blender ini dipakai selebgram-selebgram. Pintar memang cara promosinya. Tapi memang semudah itu juga cara memakai blender Mitochiba ini.

Setelah beli blender Mitochiba lewat online dan dikirim ke rumah dulu itu, baru belakangan ini saya mencobanya langsung. Itu juga karena disuruh sama Atha dan Belinda untuk mereview. Saya nggak hobi masak kalau nggak terpaksa, jadi sampai saat ini blendernya memang dipakai untuk bikin bakso aja. Seperti tujuan adik waktu belikan Mama blender Mitochiba.

Bikin Adonan Bakso Gampang Banget Pakai Blender Mitochiba

Kenapa baru bikin sendiri adonan bakso pakai blender Mitochiba? Gini gaes. Mbaknya yang bantu jagain anak-anak itu di rumahnya jualan bakso. Kalau bikin adonan bakso uuww resepnya super gampang dan dia sudah hapal di luar ingatan soal bentuk adonan kurang apanya. Jadi, kenapa saya harus susah-susah cari resep adonan bakso yang gampang kalau mbak sudah bikinkan? Bagian saya tinggal ulen-ulen cemplungin buletan baksonya kan?

Nah, selama periode work from home, mbak juga work from her home, not at my home for a while. Saya lebih tenang kalau mbak juga tenang dekat sama keluarganya saat wabah ini mulai masuk ke kota Malang. Jadi, pas lagi butuh bikin adonan bakso begini, saya cari resep bakso Mitochiba yang ada di internet saja.

Bahan-bahan Bakso Modal Blender Mitochiba

Setelah membaca-baca beberapa source resep bakso Mitochiba, saya mengambil yang bahan-bahannya gampang dan ada di rumah semua saja.

1/4 kg daging sapi
100 gr es batu
100 gr tepung tapioka
2 sdm bawang putih goreng
1 sdm bawang merah goreng
1 telur bagian putihnya saja
garam, merica dan penyedap rasa secukupnya

Yang ngga ada ready cuma yang bumbu goreng aja. Ah itu gampang. Bawangnya saya lebihkan karena suka aroma bakso yang kuat. Oya, jangan lupa siapkan blender Mitochibanya. Saya memakai yang gelas kecil karena dagingnya sedikit. Yang gelas besarnya nda tau disimpan di mana sama Mama, wkwkwk.

Cara Membuat Adonan Bakso dengan Blender Mitochiba

Pertama tentu buat daging giling dulu. Biar kerja mesin blendernya nggak terlalu berat, dagingnya saya potong dadu kecil-kecil. Pilih yang tidak berurat banyak soalnya pengen bikin bakso halus. Tuang es batunya ke dalam gelas, sisakan sedikit. Pasang pisau blender Mitochibanya, lalu tutup dengan kencang dan pasang mesinnya di atas gelas.

Kalau sudah pas biasanya terasa ceklek dan dudukannya pun sudah tenang. Tinggal tekan tombolnya yang berada di atas mesin blender. Werrrr, nggak sampai 20 detik dagingnya sudah tergiling cantik.

Setelah itu masukkan bumbu-bumbu. Giling lagi 20 detik. Terakhir masukkan tepung tapioka dan 1 putih telur (bisa diganti baking soda) plus sedikit es batu sisanya. Giling lagi sampai tercampur rata.

Kalau tega ngicipi adonan daging mentah, monggo dicoba biar pas. Kalau saya sih engga. Cuma dibau-bau aja gitu kira-kiranya. Yang penting itu kekentalan adonannya biar jadinya cakep.

Menguleni Adonan Bakso itu Ternyata Juga Ada Triknya

Adonan baksonya saya biarkan di gelas blender Mitochiba sebelum dibulet-buletin. Kemudian diambil sesendok dua sendok untuk diuleni di tangan biar teksturnya lebih halus lagi. Kata Mama, tangannya dikasih minyak sedikit biar ngga lengket. Lalu keluarkan dari celah jari tangan dan telunjuk.

Bulet-buletin dulu, baru dipotong dengan sendok. Nah, untuk memasak adonan bakso tadi, cemplungkan di air mendidih lalu kompornya dimatikan. Kalau sudah matang, baksonya akan mengambang di permukaan.

Cara Masak Bakso yang Salah

Setelah tiga kali menguleni adonan bakso dengan Blender Mitochiba, saya belajar beberapa langkah yang salah dan bikin adonan nggak sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Es batu kurang beku. Adonannya jadi lembek sangat.
  2. Bawang goreng dan bawang merah gorengnya berminyak. Adonannya jadi lembek.
  3. Jumlah daging, es batu dan tepungnya tidak ditakar. Adonannya antara jadi lembek atau jadi kerasa daging tok. Ya kalo daging tok sih enak. Tapi kan jadi dikit.
  4. Pastikan mempelajari tekstur adonan biar kalau tampak kurang padat atau kurang lembek, tau gimana cara menanggulanginya.
  5. Air untuk merebus baksonya lupa dimatikan kompornya. Bakso jadi pecah-pecah karena dimasak dengan cepat.
  6. Ngga tau cetekan blender Mitochiba di sebelah mana. Mbok sampe nyegat bakso 10 rombong ya ga bakal jadi. Saya kalau nggak lihat Youtube ya bakal bingung sih. Thanks selebgram!

Itu hanya sekelumit pengalaman cara membuat bakso dengan blender Mitochiba. Kayaknya jam terbang saya masih harus membuat beberapa kali gilingan biar persis sama dengan yang diinginkan. Kadang keasinan, kadang kelembekan, kadang padat tapi kurang asin. Ya begitulah.. Saya jadi rindu mbak 🙁

Jadi blender Mitochibanya saya pakai juga untuk membuat resep Dalgona Coffee yang lagi hits itu. Cuma ngga pakai pisau chopper, hanya pakai yang grinder. Menurut salah satu foodstagram, blender Mitochiba juga bisa dipakai kok untuk bikin Dalgona Coffee.

Resep Dalgona Coffee Pakai Blender Mitochiba

Pada dasarnya bahan-bahan yang dibutuhkan sama. Kopi instan sachet yang tanpa gula, gula putih atau brown sugar, dan 2 sendok air panas. Tapi suami saya berkreasi sendiri memakai bubuk cappucino instan. Sampai panas blendernya si kopi tidak juga mengembang. Hahaha. Malah jadi caramel karena dipanaskan oleh gesekan grinder.

Tapi rasa cappucinonya jadi enak. Saya tetap suka. Kapan-kapan kalau lagi ada stok kopinya, saya cobain lagi sih bikin Dalgona Coffee pakai blender Mitochiba. Penampakan kopinya saya skip ya, karena ngga ada estetis-estetisnya kopi karamel itu.

Yuk bikin berfaedah saat-saat rebahan sambil garap kerjaan di rumah. Atau mandi dulu pakai Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash? Suka yang wangi apa?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.