Catatan Mimi: 8++ Pertanyaan Sebelum Memilih Sabun Pembersih Botol Bayi yang Aman

Memilih dot dan botol susu Gaga tidak segampang ketika menghadapi periode Sasi. Drama berminggu-minggu nggak mau mimik dari botol karena saya sudah masuk kerja lagi, diiringi kebocoran anggaran pengeluaran membeli macam-macam dot dari yang mahal sampai yang murah. Sampai saya hampir melupakan printilan perlengkapan bayi memilih sabun pembersih botol yang aman.

Sabun pencuci piring biasa yang dipakai di rumah memang andalan untuk membersihkan perlengkapan dapur. Tapi tentu buat membersihkan perlengkapan minum bayi baru lahir dan alat makan pas sudah masanya MPASi tentu kudu saya pikir ulang. Sabun pembersih botol bayi bagi saya memang perlu dipisahkan dari sabun perlengkapan dapur karena di usia anak-anak di rentang 1000 hari perlindungan-nya faktor kesehatannya perlu mendapat perhatian lebih dari orangtua.

Jadi saya menerapkan prinsip mempertanyakan 8++ hal berikut sebagai catatan sendiri saat memilih produk bayi yang aman.

Mungkin kamu juga perlu menyeleksi sabun pembersih botol buat bayi baru lahir dari daftar pertanyaan berikut ini.

Apakah sabunnya sudah mengantongi standar FOOD GRADE?

Sabun pembersih botol dianggap food grade apabila tidak memindahkan zat-zat berbahaya ke bahan minuman yang akan diberikan ke bayi. Ini bertujuan untuk menjaga kualitas minumannya. Syaratnya, sabun pembersih botol tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan, tidak mengubah rasa, juga tidak mentransfer unsur tertentu dalam minuman. Setelah tahu standar food grade, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan sabun pembersih botol untuk perlengkapan bayi baru lahir.

Apakah sabunnya mengandung bahan NATURAL ANTI BACTERIAL?

Ini adalah bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal. Apalagi di botol dan dot untuk anak bayi, wajib diperhatikan benar-benar kebersihan alatnya. Botol susu termasuk perlengkapan bayi yang perlu dilihat apakah ada sisa susu yang tertinggal karena bisa menyebabkan efek samping seperti diare. Sabun yang mengandung bahan natural anti backterial dapat membantumu meringankan pikiran dari ‘Botol susunya sudah bersih belum ya?’.

Apakah sabunnya STAIN REMOVAL dalam membersihkan kotoran?

Bau apak di botol dan dot itu biasanya menandakan ada sisa kotoran dan noda yang menempel. Ini termasuk yang harus diperhatikan benar-benar saat mencuci perlengkapan bayi. Kemampuan stain removal di sabun pembersih botol memastikan kalau sabunnya dapat membersihkan noda yang menempel dan sisa lemak yang tertinggal sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap di botolnya.

Apakah sabunnya HYPOALLERGENIC aman untuk kulit?

Pernah mencuci memakai sabun dan kulit tangan terasa gatal? Ternyata untuk sabun cuci botol pun kita perlu memperhatikan kandungan formulanya. Minimalkan iritasi kulit karena alergi dengan memakai sabun pembersih botol yang mengandung formula hypoallergenic.

Apakah sabunnya DERMATOLOGY TESTED?

Untuk memastikan sabun pembersih botolnya bebas pencetus alergi pada kulit, pasti harus dites dulu ya. Cari sabun yang sudah mengantongi label dermatology tested, teruji secara klinis aman untuk kulit.

Apakah sabunnya MICROBIOLOGICAL TESTED?

Selain teruji klinis tidak memicu alergi pada kulit, produk sabun pembersih botol dan dot bayi mestinya harus teruji efektif dapat membunuh mikroorganisme berbahaya ya.

Apakah sabunnya cair atau HIGH QUALITY CONCENTRATE?

Nah ini yang penting juga. Biasanya kita sering ngasih sabun banyak-banyak untuk memastikan botol dan dotnya sudah bersih sempurna. Padahal semakin banyak ngasih cairan sabunnya, semakin rentan juga meninggalkan sisa sabun di botolnya. Pilih sabun pembersih botol yang berupa konsentrat sehingga cukup menuang sedikit saja, pasti bersihnya.

Apakah sabunnya PARABEN FREE?

Paraben itu apa sih? Beberapa waktu belakangan sepertinya trend pembahasannya menyamai minuman boba. Secara garis besar, paraben adalah bahan pengawet sintetis yang mungkin berbahaya untuk kulit dan dapat diproduksi dengan biaya yang murah. Kandungan paraben yang memiliki sifat menyerupai estrogen saat masuk tubuh manusia itulah yang membuatnya berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan fungsi hormon. Memilih sabun pembersih botol dengan label paraben free dapat membantu mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Menurutmu gimana? Memilih sabun pembersih botol dan dot bayi versi saya itu berat ya?

Sebenarnya enggak sih. Lha wong sekarang produk pembersih botol dan dot bayi kebanyakan sudah sangat memperhatikan syarat yang sudah disebutkan di atas. Tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan, ketersediaan di pasar, dan tentu…bisa juga kamu pilih yang bungkus sabunnya sesuai dengan warna kesukaan, wkwkwk.

Kalau saya sukanya warna ungu, jadi Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser adalah pilihan terbaik ketika mencari sabun pembersih botol dan dot bayi di supermarket.

Formula Baru Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser dengan 8 Perlindungan

Ternyata random memilih berdasarkan warna kemasannya itu tepat sekali. Formula Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser telah mencakup seluruh persyaratan dalam membersihkan perlengkapan bayi dengan lebih higienis. Sleek menjawab kekhawatiran ibu dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Dibuat dalam bentuk konsentrat, pembersih botol susu dan dot bayi Sleek tidak hanya efektif untuk mencuci botol bayi, tapi juga lebih hemat karena tidak perlu banyak-banyak menuangkan cairannya saat mencuci.

Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser adalah pembersih botol dan peralatan bayi dengan formula 100% food grade, natural antibacterial dan stain removal yang aman saat digunakan untuk mencuci. Sleek secara cermat dibuat dengan Stain Removal Formula untuk menghilangkan sisa lemak susu dan bau yang menempel di botol bayi dan bikin ibu bergidik karena kalau baunya tertinggal memang nggak enak sekali.

Sepanjang saya memakai Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser sejak pertama kali random memilih dulu, kayaknya nggak gitu-gitu sering beli refillnya. Kemasannya ada yang botol dan pouch refill. Saya hanya pernah membeli 1 botol Sleek, lalu seterusnya membeli kemasan refill untuk mengisi botolnya. Itu juga belinya nggak tiap bulan habis. Irit banget kok pemakaiannya, karena saya yakin 8 formula baru yang ada di Sleek dapat melindungi kesehatan anak-anak dengan tidak perlu berlebihan.

Terbukti juga botol Sleeknya awet dan nggak gampang rusak ya. Dibeli dalam rentang waktu 2 tahun dan tidak ganti-ganti botol lagi. Hanya setiap mengisi ulang botolnya ya saya cuci dulu dengan Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser untuk memastikan tetap higienis saat dipakai kembali.

Cara Membersihkan Bagian Dalam Botol Susu dan Dot Memakai Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser

Perlengkapan mencuci botol susu dan dot itu sebenarnya nggak banyak. Cukup sikat botol ukuran besar untuk bodi botol dan kecil untuk bottle nipple (di toko ada kok yg jadi 1  batang) serta sabun pembersih botol. Kalau yang maunya ribet itu biasanya kudu pakai alat buat meniriskan air lah, alat steril listrik dengan sinar UV lah, dan seterusnya. Tapi mungkin bisa tenang juga, biasanya kalau lahiran itu ada kado yang mencakup kebutuhan ini. Saya dapet kado alat sterilizer peralatan bayi ukuran besar. Hehe.

Pakai Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser untuk membersihkan botol susu lebih mudah lagi. Dengan formula konsentratnya, tidak perlu terlalu banyak menuangkan cairan sabun ke dalam botol. Saya biasanya pakai setetes dua tetes saja kasih air dikit, lalu disikat sampai ke dasar-dasarnya, dan dibilas di bawah air mengalir. Botol susu Gaga itu yang paling saya suka, dibuat dalam 3 segmen yaitu bagian nipple, body botol, dan dasar botol yang bisa dilepas sehingga gampang banget bersihkannya.

Saat memasuki masa MPASI, dengan pengalaman memakai Sleek Baby Bottle Nipple dan Accessories Cleanser yang dapat membersihkan botol susu sangat baik, saya jadi lebih tenang waktu anak-anak mulai makan. Sering kan alat-alat makannya dilempar-lempar ke lantai? Atau kadang-kadang ditemuin di samping tempat sampah di dapur karena dianya sangat pintar menerjemahkan buang sampah? Saya paling parno soal kebersihan alat makannya kalau sudah begitu.

Biar lebih afdol kalau mencuci peralatan makan yang dibuang-buang, biasanya saya siram air panas dulu baru dicuci dengan Sleek untuk memastikan tiada bakteri yang seperti mantan, tertinggal dalam kenangan.

Efek Samping Mencuci Botol Susu dan Dot Tidak Bersih

Punya bayi itu memang kudu sabar. Sabar sekali. Botol susu habis dipakai, sudah nambah lagi cucian botol lainnya. Kalau kamu rajin pumping untuk stok ASIP, itu juga cucian perlengkapan bayi yang lebih banyak lagi. Huft, males. Punya dua tiga set botol susu bayi tentu membantu biar nggak capek mencuci, tapi itu juga bukan solusi yang baik karena sebaiknya botol susu segera dicuci setelah digunakan ya. Ada kuman dan bakteri yang bakal ngendon di botol susu dengan tenang dan jadi tidak gampang dibersihkan kalau tidak memakai sabun pembersih yang tepat.

Jika anak tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba terkena diare dan muntah-muntah, bisa jadi itu efek samping dari botol susu yang tidak bersih dicuci. Eh sariawan ternyata juga bisa ya dari botol susu dan peralatan makan yang tidak bersih? Coba nanti saya tanya lagi sama bu dokternya anak-anak pas kontrol tengah bulan. Sekarang, pastikan dulu botol susu dan perlengkapan bayi kamu sudah dicuci dengan Sleek Baby.

Biar pikiran jadi lebih tenang, like FB Sleek di sini atau kalau lebih sering main IG, follow akunnya @Sleekbaby_id ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.