Biar Puas di Wahana Legend Star dan Dino Park, Ini Tips Main ke Jatim Park 3 Batu

Libur Pilkada di Malang rupanya dimanfaatkan sebesar-besarnya buat warga yang habis mencoblos dengan berwisata. Terutama saya, yang kayaknya terpenjara selama libur lebaran saking malas ke mana-mana soalnya macet. Selesai coblosan, maps kota Malang tampak lengang sampai ke Batu. Dari niatnya cari diskonan jari ungu, kami malah mencicipi theme park terbaru di kota Batu, Jatim Park 3 yang dikenal dengan Dino Park dan wahana 1001 selfie aka Legend Star.

Sebenarnya tujuan kami ke Secret Zoo saja karena si bocah mungkin masih belum mengerti tentang dinosaurus. Tapi melihat sampai di depan Jatim Park 3 kok kayaknya lengang, beloklah melihat yang baru. Bukan pilihan yang salah, tapi tidak benar-benar banget juga. Biar lebih paham maksudnya, saya bikin poin-poin sekaligus tips main ke Jatim Park 3 saja lagi untuk melengkapi postingan sebelumnya di sini ya?

Akan Banyak Jalan Kaki, Cermat Memilih Area Parkir Kendaraan di Jatim Park 3

Masih senafas dengan Jatim Park 1 dan 2, area Jatim Park 3 membutuhkan stamina terbaik biar puas menjelajahinya. Pintar memilih area parkir artinya kamu bisa menghemat tenaga sejak turun dari kendaraan. Ada 2 zona dan 1 zona parkir kendaraan tambahan buat pengunjung Jatim Park 3. Saya dan Mbak Sinta diarahkan ke zona B di kiri loket masuk parkir, zona A ada di sebelah kanan dan lokasinya di depan Jatim Park 3.

Setelah membayar 8000 rupiah untuk mobil, Mbak Sinta bisa diparkir dengan nyaman dekat pintu ATM di Zona B. Parkiran sepeda motor juga ada di zona B, bertingkat dan manusiawi dengan atap. Cuma jalannya ke Dino Mall nggak ada atapnya.

Beli Tiket Jatim Park 3 Bisa Gesek BCA, Ingat Hanya Ada 1 ATM

Jalan-jalan tanpa persiapan memang cukup merepotkan. Apalagi kalau urusannya dengan ketersediaan uang cash di dompet. Untung Jatim Park 3 menyediakan mesin ATM meskipun cuma BNI aja. Ternyata begitu di depan loket, bisa beli tiket gesek pakai BCA. Begitu juga di merchant-merchant yang ada di Dino Mall. Rata-rata sudah bisa membayar dengan EDC BCA. Ketersediaan EDC di loket ini memang wajib sih rasanya mengingat harga tiket Jatim Park 3 tidak murah.

Harga Tiket Masuk Wahana Jatim Park 3

Gosip beredar kalau masuk Jatim Park 3 kocek haruslah tebal. Ini tidak salah, tidak juga sepenuhnya benar. Berbeda dengan Jatim Park 1 dan 2, Jatim Park 3 punya sedemikian banyak wahana yang nggak harus semua dimasuki. Kamu bisa memilih akan masuk Dino Park saja, Legend Star saja, Museum Musik saja, ataupun wahana-wahana pendukungnya saja. Ini yang murah-murah dan cukup terjangkau. Yang termahal tentu masuk ke wahana utama yang rata-rata 100ribuan per orang dewasa dan anak kecil yang tingginya lebih dari 85cm.

Namun ada pilihan tiket terusan ke tiga wahana utama tersebut. Kalau masing-masing zona 100ribuan, tiket terusan 2 wahana 170ribuan, dan 3 wahana adalah 200ribuan. Berangkat bertiga dengan bocah bayi aja sudah lumayan menguras kantong, bagaimana dengan yang sekeluarga dewasa lebih dari 5 orang ya ^^. Semoga ada rejekinya mbah-mbahnya Raga buat diajak jalan-jalan ke sini.

Cara Murah Jalan-Jalan ke Jatim Park 3

Harga tiket masuk wahana Jatim Park 3 memang cukup bikin membelalakkan mata. Tapi kalau hanya ingin mengajak keluarga atau si kecil jalan-jalan lihat Dino dan keramaian sekadarnya, kamu juga bisa ke Jatim Park 3. Saya pikir theme park terbaru di kota Batu ini mengadopsi gaya Universal Studio Singapore dengan entrance besar dan landmark Dino di tengahnya. Wahana-wahananya mengitari landmark, jadi pusat kedatangan pengunjung berada di sini.

Nah masuk Dino Mall ini nggak bayar. Kamu bisa main-main naik turun lantai 1 dan 2 untuk melihat wahana yang ditawarkan tapi tidak perlu masuk dan membayar kalau hanya ingin menikmati suasananya aja. Di sini juga tempat kamu pikir-pikir dulu mau masuk wahana yang mana sesuai kemampuan sebelum beli tiketnya. Bisa juga foto-foto sama Dino besarnya, atau naik kereta yang ditarik Dino keliling landmark.

Harga Makanan dan Minuman di Jatim Park 3

Bayangan harga makanan dan minuman yang mahal di tempat wisata itu kadang ada benarnya. Tapi di Jatim Park 3 nggak gitu-gitu amat. Saya pun takjub pas beli. Masih mahal di mol dan cafe-cafe kok ketimbang beli makan di Jatim Park 3. Yang jadi pembanding buat saya adalah konter Teh TongTji! Di emol 8000 untuk ukuran grande, di Jatim Park juga sama! Amazing!

Sebelum masuk wahana, saya juga sempat makan dulu di Willbo. Kafenya di Malang tutup, eh ternyata dia buka di sini. Harganya juga reasoneable. Paketan makan nasi dan lauk serta es teh, berdua 50rb aja. Kalau mau aneh-aneh, di Willbo juga ada glow in the dark food, makannya di ruang gelap. Nggak ada yang beli waktu saya ke sana, jadi nggak tau gimana rasanya.

Ada juga yang menarik seperti Ice Cream World. Tidak hanya jualan ice cream tapi ada spot selfienya di dalam gerai. Harga tiketnya 35rb untuk dewasa. Mungkin di sini yang ada es krim gelantung-gelantung itu ya?

Di dalam wahana seperti Dino Park dan Legend Star tidak diperbolehkan membawa makanan berat. Nasi, Lontong dan Mie, wajib dititipkan di bagian pemeriksaan tiket. Untuk minum sepertinya ok aja. Di dalam wahana ada buanyak sekali pilihan makanan kok kalau kelaparan. Ada konter-konter makanan dan minuman kecil di berbagai sudut, jadi nggak perlu takut pingsan waktu kelilingan.

Kamera Profesional Bebas Dibawa, Stroller Friendly, Bisa Pakai Eco-Bike ke Mana-Mana

Untuk yang hobi foto selfie atau bikin stok foto, bawa kamera profesional ke mana-mana itu sudah kayak saya bawa stroller ke mana-mana. Harus dibawa. Beruntung tidak ada aturan bawa kamera profesional harus bayar seperti di Museum Angkut sana. Baik di Dino Park maupun Legend Star yang saya masuki, terlihat kamera profesional ditenteng siapapun yang hadir di sana.

Karena saya sibuk bawa susu dan perlengkapan si bocah, yang jadi perhatian tentu lebih stroller-nya daripada kamera. Cukup pake hape saja lah. Beruntung di wahananya stroller friendly banget. Saya hanya kesusahan ketika menggendong Raga dan Pipi menaikkan stroller ke tangga masuk dari parkiran menuju Dino Mall. Kalau ada tangga, biasanya ada jalur memutar di sampingnya tanpa undak-undakan. Lainnya itu no problem. Raga sih anteng saja di strollernya biarpun kepanasan. Pipi yang dorongin stroller ke mana-mana.

Ramp mulus tempat stroller Raga berjalan rupanya adalah lintasan e-Bike yang disewakan di lokasi. Buanyak yang memanfaatkan e-Bike ini, mungkin pikirannya jalannya akan jauh sangat seperti kalau di Secret Zoo. Padahal, nggak segitu jauh lho. Naik turun sih iya, cuma kaki-kaki muda dan sehat pasti kuat lah muter-muter.

e-Bike ini kayaknya hanya di Dino Park aja, nggak bisa masuk ke Legend Star. Biar nggak nyamplaki patungnya. Harga sewanya kurang tau ya, antrinya panjang bet soalnya. Ada juga e-Bike yang bisa buat goncengan. Jadi jangan meng-abuse e-Bike yang single ya.

Tips Foto-Foto Selfie di Jatim Park 3

Saya masih ingat di satu sudut jalan keluar dari Dino Park ada tulisan Spot 1001 Selfie Terbesar di Asia, atau Asia Tenggara gitu lah. Nggak main-main sih, emang di mana-mana di Jatim Park 3 itu bakal judulnya foto-foto ketimbang lihat binatang seperti di Secret Zoo.

Jadi nggak salah kalau bawa kamera profesional ke sini. Selain ada Dino bermacam jenis di mana-mana, jalan dan lorong-lorongnya pun menarik untuk diambil fotonya. Pun juga kalau mau berlama-lama di Legend Star, pasti kamu bakal punya stok foto setahun lamanya karena di mana-mana ada banyak yang menarik untuk difoto.

Karena yang dilarang adalah membawa makanan berat, bawa kostum ganti tentu nggak jadi masalah. Apalagi toilet ada di mana-mana, kamu bisa berganti kostum setiap masuk wahana yang berbeda. Terutama saat main di Legend Star-nya. Ada Istana Presiden, di sini kamu mungkin mau pakai kostum resmi dan kebaya untuk berfoto dengan tokoh-tokoh dunia.

Ada juga area negara-negara seperti India, Cina, Jepang, dan Belanda. Di masing-masing spot negara ini juga ada persewaan kostumnya kok. Kamu bisa foto-foto ala liburan di luar negeri hanya modal 35rb sampai 40rb saja. Tapi nggak usah kebanyakan gaya, selesai ganti kostum segera foto di mana-mana karena waktunya dibatasi hanya 20 menit saja. Usahakan juga nggak foto jauh-jauh dari lokasi negaranya. Agak lucu ketika kamu pakai baju Belanda tapi foto di candi-candi sebelahnya. Pilih sudut foto yang tepat ya.

Demikian yang bisa diceritakan dari kunjungan ke Jatim Park 3 dan wahananya sebagian. Sebenarnya masih ada Museum Musik dan tempat foto-foto lainnya di lantai 2. Waktu kami terbatas sekali karena Pipi perlu istirahat sebelum masuk kerja malamnya. Si Miminya juga sudah kecapean karena kepanasan, sementara Raga tepar di stroller dan sayang kalau dibangunkan.

Tenang, masuk wahana-wahana tambahan itu nggak harus masuk ke Dino Park dan Legend Star kok. Bisa diulang lagi kapan-kapan. Mau ke sana lagi? Ajak dong!

Sharing after reading, yes?

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *