Menang Latte Art Competition!

Ceria bersama teman dan Kapal Api (c) @_sandynata

Kompetisi selalu menarik hati saya. Entah saya mendapat semangat ini dari mana, karena keluarga saya termasuk yang lempeng-lempeng saja. Bahkan saat main UNO rasanya susah mau ngalah kalau ngga terpaksa kalah. Ini saat saya bersama teman-teman di Black Essence Kapal Api Mobile Cafe. Selain main bareng, kami juga mendapat tips bikin kopi enak ala Kapal Api.

Dan yang saya tunggu, latte art competitionnya!

Waktu beranjak mendekati malam ketika Latte Art Competitionnya dibuka. Sebenernya sih saya engga pengen-pengen amat ngikut kompetisinya, tapi saya memang penasaran pengen lihat dari dekat gimana cara bikin latte art ini. Waktu festival kopi jaman ehe itu memang ada kompetisinya tapi khusus buat barista. Asiknya di Black Essence Kapal Api Mobile Cafe ini pengunjungnya boleh ikutan dan belajar langsung dari baristanya.

Pertama-tama kita diajari dulu oleh baristanya di mesin kopi yang ada di truk. Mulai dari membuat kopinya, foam susu, dan trik menggambar latte art dijelaskan dalam waktu 10 menit. Ternyata kalau ngelihat gampang. Soalnya ada mesinnya :D.

Ini mesin kopi yang jadi pengen banget punya..

Ada beberapa jenis latte art yang diajarkan kepada calon peserta kompetisinya. Dari yang hanya pakai foam sampai yang pakai sirup coklat. Sumpah, dilihatnya gampang banget! Sampai kami dihadapkan pada 3 cangkir kopi siap hias sebagai media kompetisi kami. Walau sudah modal googling latte art di bb, tetep saja dag dig dug ketika mulai menggambar.

Hopeless karena susah sekali memberi foam di cangkir saya. Ternyata teknik foam yang saya gunakan salah. Akhirnya demi biar cepet selesai di 5 menit lomba latte art ini, saya ngikut contoh baristanya aja, bikin latte art bunga pakai sirup coklatnya. Voila, dikasih efek foam dikit jadi kayak bunga 3D.

1.. 2.. 3.. MULAI! (c) @_sandynata

Saya bertarung lawan Sandynata dan seorang ibu lainnya. Sandy berusaha menggambar singa sebagai lambang Arema, dan ibu satunya juga berusaha menggambar bunga seperti saya. Sayang, bunga si ibu terlalu banyak ditumpahi sirup coklat jadi semakin coklat dan coklat dan tidak terlihat gambar yang diinginkan olehnya.

Untuk itu, ada tips bikin latte art yang pengen saya share di sini. Sederhana saja, jangan mikir yang 3D latte art dulu ya..

  • Bisa gunakan mesin kopi yang besar atau yang kecil. Buat dari 2 sdm kopi Kapal Api
  • Buat foam susu, pukpuk sejenak tempat susu agar foamnya naik ke atas
  • Tuang di atas kopi secukupnya
  • Beri foam tambahan atau sirup coklat untuk membentuk pola di atas kopi
  • Gunakan tusuk gigi untuk membuat gambar. Bersihkan tusuk gigi dengan tisu setiap selesai membuat satu garis
  • Tuang foam susu memakai sendok jika motif yang dibuat salah, dan gambar ulang latte art yang ingin kamu buat

Senangnya dengan belajar 10 menit saya bisa membuat latte art saya sendiri dan mendapatkan merchandise asik dari Kapal Api. Terima kasih ilmunya! Walau seancur-ancurnya latte art saya, masih bisa dilihat lah bentuknya 😀

Sharing after reading, yes?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *