Cara Menulis Surat Lamaran

Begini, pasti akan ada yang komentar hari gini nulis lamaran, bikin usaha sendiri dong! Tapi saya percaya, hidup ini seimbang. Ada yang bisa bekerja sendiri, ada yang bisanya kerja dengan orang lain. Tinggal kemauannya bagaimana. Jadi, saya tulis ini sekedar untuk tips agar surat lamaran ngga bikin malas dibaca orang yang kamu tuju.

1. Baca dengan teliti posisi apa yang dibutuhkan
2. Sesuai ngga latar belakangmu dengan posisi tersebut, atau minimal ada minat ngga di bidang tersebut
3. Tulis SURAT LAMARAN di badan email jika pengiriman lewat email, atau minimal beri pengantar BUKAN email kosongan dengan lampiran
4. Sampaikan minat dan daya jual dari diri kamu. Pintar nulis? Pintar gambar? Bukan hanya strong dynamic person, it’s so last year.
5. Daya jual dalam contoh: posisi yang kosong penulis, kamu sudah menulis apa saja; tulisan kamu pernah dimuat di mana; apa yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan yang kamu tuju dengan latar belakangmu, dll dll
6. Buatlah cover letter yang menarik, intinya. Nyepik boleh kok
7. Sesuaikan CV yang dilampirkan dengan posisi yang dibutuhkan
8. Ganti dulu nama pengirim email sesuai dengan nama asli
9. Periksa ulang semua kelengkapan dan cek kembali apa ada salah tulis
10. Berdoalah sebelum klik send

Ini semacam postingan curhat ya? Saya sedih aja, di jaman dengan persaingan tinggi seperti ini, generasi selanjutnya masih tetap modal copy paste. Modal seenaknya dalam berbahasa. Modal nol dalam sikap. Banyak surat lamaran yang tidak saya baca. Jujur ya. Mau gimana, di tengah tumpukan email ada email kosong dengan lampiran sendernya kie thedoll pula. Lampirannya dizip atau rar pula. Oh so disturbing. Apalagi kalau mobile, malasnyaa buka di bb atau di getab sekalipun.

Saya memang ketat dalam menentukan lamaran yang masuk dan dibaca. Berkali-kali membuka lowongan di posisi yang sama, hanya satu yang sangat membekas di hati. Cover letternya singkat. CV yang dilampirkan pun singkat, dalam bentuk semacam kartu pos pula. Lucuk. Dan sangat kreatif, karena secara tersirat dia menceritakan pengalamannya dalam bentuk gambar yang jelas maksud dan tujuannya. Belum ada yang mengalahkan.

Sekedar saran, seperti di postingan sebelumnya saya sedang membuka lowongan pekerjaan. Posisi yang vacant adalah admin social media khususnya untuk Vemale.com. Apa itu social media? Ngga tau? Ngga usah ngelamar kalau gitu. Khusus untuk yang tau saja, buat dong CV kamu semacam lay out twitter atau facebook. Atau dalam bentuk cerita seperti blog ini. Lebih hot lagi kalau bisa menerjemahkan linked in dalam aplikasi kamu. Lebih cool lagi kalau kamu bisa memasukkan unsur vemale di situ.

Atau begini. Kalau mau copy paste yang sudah ada di internet, jangan cari dengan keyword CARA MENULIS SURAT LAMARAN, jika ingin lebih menjual cari dengan keyword CREATIVE COVER LETTER, CREATIVE CV, atooo SURAT LAMARAN KEREN deh. Ok? Saya tunggu.

UPDATE: LOWONGAN DITUTUP 🙂

 

 

Sharing after reading, yes?

8 Comments

  • Hahaha, dan saya pun merasakan hal serupa juga. Banyak lamaran programmer yang seenak udelnya ngirim cuma attachment doank. Kalo masih kenal, dan ngerti gimana kualitasnya dia sih, pasti saya follow up. Tapi kalau orang baru, apalagi alamat emailnya yang alay, skip deh. Kalo lagi baek hati, paling gak cuma reply “maaf, kreatif sedikit donk kalo nulis lamaran kerja”. :))

  • sender: narto_ckeebh_abeez@ yahoo .com
    subject: leh nitip lamaran?
    body: kosong
    attachment 1: cover letter template, bahkan nama perusahaan pun belum diganti
    attachment 2: fotokopi ktp
    attachment 3: foto jaman masih di frenster, hasil scan di warnet, pake kacamata item, sendakep, outdoor, di bawah gapura selamat datang kabupaten tulungagung
    attachment 4: animated gif glitter text yang dia pake jadi signature, isinya cheesy quote about love

    have fun, employer!

  • karena waktu dikampus yang diajarin ya cara bikin surat lamaran formal (mainstream), karena mungkin memang diarahkan utk bekerja di industri mainstream, dan lupa bahwa di lapangan ada industri kreatif yang pastinya beda pendekatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *