The Duke, KTM 690 Duke R

Sampai saat ini KTM sudah melepas dua versi Duke dalam jajaran naked bike buatan pabrikan motor asal Austria ini, 690 Duke dan 690 Duke R. Walaupun sekilas kedua motor ini terlihat hampir sama namun ada perbedaan mendasar dari dua motor ini. Yang jelas, kapasitas mesin Duke R lebih besar dari kapasitas mesin Duke.

KTM 690 Duke R Memang dari tampilan luar kedua motor ini terlihat sama. Kalaupun ada yang membedakan mungkin hanyalah warna yang ditawarkan KTM. 690 Duke dilepas dalam tiga warna pilihan, hitam, putih, dan orange sementara 690 Duke R hanya dilepas dengan satu pilihan warna saja (paduan antara hitam, putih, dan orange).

Ada satu yang cukup menarik dari desain KTM. Bila kebanyakan pabrikan motor memilih bentuk lengkung KTM malah memilih bentuk dengan sudut-sudut tajam. Walaupun desain ini terlihat kurang dinamis namun efek gagah yang ditampilkan desain ini memang membuatnya berbeda dengan desain motor lain. Selebihnya, KTM 690 Duke R ini sebenarnya terbilang standar untuk ukuran desain naked bike.

KTM 690 Duke R

Lampu depan didesain bertingkat dan terlihat memanjang ke bawah sehingga dari depan motor ini terlihat ramping dan agresif. Tangki bahan bakar di tutup dengan fairing kecil yang sekaligus berfungsi mengarahkan udara ke bagian mesin untuk membantu pendinginan. sementara di bagian bawah juga dipasang fairing yang berfungsi mendinginkan saluran gas buang.

KTM sengaja meletakkan saluran gas buang tepat di bawah mesin sehingga bobot motor ini bisa terkonsentrasi di bagian tengah. Efek lain yang ingin dicapai jelas adalah kenyamanan. Dengan meletakkan saluran gas buang sejauh mungkin dari pengendara maka kenyamanan pengendara jelas lebih terjaga.

KTM 690 Duke R

Seperti sudah disebutkan di atas, perbedaan nyata dari 690 Duke R ini dengan 690 Duke adalah kapasitas ruang bakar pada mesinnya. Bila 690 Duke hanya berkapasitas 654cc maka 690 Duke R ini menggunakan mesin dengan kapasitas ruang bakar sebesar 690cc. Piston yang digunakan pun lebih panjang agar memungkinkan mesin menyuplai torsi pada putaran tengah dan tentu saja meningkatkan daya total yang dihasilkan.

Motorcycle News yang sempat menguji motor ini memberi nilai positif karena sampai kecepatan 130 km/jam getaran mesin tetap terjaga pada batas minimal. Posisi pengendara yang tegak juga memudahkan motor ini untuk bermanuver di tengah kemacetan lalu lintas. Di sisi lain, Inline Performance Mag malah tertarik mengomentari penggantian suspensi depan yang membuat 690 Duke R ini jadi terasa lebih nyaman ketimbang versi sebelumnya.

dari KapanLagi.comâ„¢

jadi inget sama si Agra, Egreknya Agra nama motor trailnya lagi masuk rumah sakit sepertinya. bikin dia ngga bisa jumpalitan lagi untuk sementara. denger2 mau dibikin pink. nyahahahahaha.. bolehlah girl.. tunjukkan sisi femininmu di tengah garangnya lintasan.

happy touring girl.

selamat menapaki kaki gunung Bromo. jangan sampe ngglundung2 versi NeoGats ya ^^..

Sharing after reading, yes?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *