Ngopi Dulu, Biar Lebih Enak Kerjanya

Berapa lama kamu bekerja setiap harinya? Delapan jam lebih sedikit seperti saya di kantor, atau 24 jam hampir tidak cukup seperti bos saya di mana saja? Gimanapun cara kamu bekerja, di manapun tempat kamu bekerja, di kantor, rumah, cafe, kantornya orang, kerjaan rutin yang dijalani setiap hari pasti akan membuat bosan. Kalau sudah ada pertanda bosan seperti angop dan ketuk-ketuk keyboard dengan emosi, teman sebelah pasti mengingatkan: Ngopi dulu mba, biar lebih enak kerjanya.

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja dan baru punya anak, kerja lebih enak terasa seperti angin surga ya? Padahal yang diperlukan adalah bisa menyesuaikan diri dengan cepat pada setiap kondisi tergawat adalah kunci biar semua bisa terselesaikan. Semua means SEMUA, dari kerjaan rumah, ngurus anak, sampai kerjaan yang menghasilkan uang untuk mengisi waktu luang sekalipun.

Hello, Masih Sempat Mikir Waktu Luang?

Jujur, masih. Dengan bantuan dari keluarga, saya masih punya kelonggaran untuk mengingat kebutuhan diri sendiri, biar lebih enak menjalani hidup. Saya masih bisa menyesap secangkir kopi dengan tenang sambil buka-buka bacaan, sambil menulis blog untuk melonggarkan pikiran, juga kadang-kadang ngopi disanding dengan pekerjaan. Begitu pulang, full waktu kembali untuk keluarga.

Inilah hidup yang seenak-enaknya bisa saya jalani sekarang. Belum tahu besok, belum tahu nanti beberapa jam lagi setelah saya menulis postingan ini. Yang bisa saya lakukan sekarang adalah menikmati setiap sesapan secangkir kopi dalam genggaman sambil menuliskan betapa saya sangat bersyukur terharap apa yang saya miliki sekarang ini.

Fyuh.. Ngopi Dulu Mbak, Biar Lebih Enak Kerjanya, masih terngiang di telinga. Teman saya yang super perhatian selama bekerja sama, berbagi informasi dan mimpi. Juga berbagi cara menyeduh Kopi Kapal Api yang nikmat untuk memulai hari agar bebas ngantuk ketika mencari ide inovasi sampai waktunya pulang nanti.

Kenapa Memilih Kopi Kapal Api, karena Jelas Lebih Enak?

Ada yang selalu teringat setiap melihat secangkir kopi. “Kamu kok lugu sekali bikin kopi kecut begini?” kata mantan pacar jaman kuliah dulu sewaktu saya belum mengenal kopi. “Emang rasanya kopi harusnya gimana?” bantah saya. “Kopi itu ya harusnya terasa seperti kopi, bukan kecut begini!”

Itulah cangkir kopi pertama dan terakhir yang saya seduhkan untuknya. Susah-susah dibikinkan, kok dicaci maki.

Eh ternyata bikin kopi enak itu mudah lho kalau tahu caranya. Saya mempelajarinya secara singkat dengan mencatat apa kata Barista Kapal Api di event Mobile Cafe Black Essence bertahun lalu. Kuncinya hanya memilih kopi yang jelas lebih enak dan perlakukan air panas yang digunakan untuk membuat kopi dengan tepat.

Caranya diamkan dulu air panas yang akan digunakan untuk membuat kopi. Air panas hanya akan membuat kopi jadi pahit, jadi setelah mendidih angkat dan tunggu 1-2 menit sebelum dituang ke bubuk kopi.

4 Cara Membuat Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak

Dari yang sederhana hingga yang memakai alat kekinian, Kopi Kapal Api bisa dibuat sesuai keinginan. Yang perlu diingat adalah tidak semua penyuka kopi menyukai banyak gula di cangkirnya. Kadang-kadang malah sudah ada yang tahu takaran gula yang pas untuknya, sesendok teh, sebongkah sugar cube, atau sesachet gula yang terpisah, semua bisa dirasakan perbedaannya.

Dari barista Kopi Kapal Api yang sama, saya mempelajari 4 Cara Membuat Kopi Kapal Api yang Jelas Lebih Enak karena mudah sekali seperti berikut ini.

CARA MEMBUAT KOPI TUBRUK

2 sdm kopi Kapal Api + 200ml hot water.
Aduk. Sajikan beserta gula di wadah tersendiri.

CARA MEMBUAT VIETNAM DRIP COFFEE

2 sdm kopi Kapal Api + 200ml hot water masukkan ke alatnya kemudian baru diaduk.
Tunggu sampai menetes habis ke gelas.

CARA MEMBUAT COFFEE PRESS

2 sdm kopi Kapal Api + 200ml hot water, aduk perlahan, diamkan 5 menit.
Tekan perlahan sampai habis ke gelas.

CARA MEMBUAT AIR PRESS COFFEE

2 sdm kopi Kapal Api, masukkan ke alat air press yg tisu saringan kopinya sudah disiram air panas untuk menghilangkan aroma kertasnya.
Tuang 200ml hot water, diamkan sejenak.
Tekan perlahan sampai semua menetes ke gelas.

Apakah dengan Kopi Kapal Api yang rasanya Jelas Lebih Enak ini saya kemudian mendapat jodoh yang menyukai kopi? Ah enggak Waktunya Kapal Api saya simpan untuk yang berhak memiliki hati ini. Tapi kini saya jadi bisa berbagi dengan kamu semua, cara membuat kopi yang enak untuk diri sendiri, dan teman sebelah di tempat kerja. Sesaplah tiap cangkir yang dibuat, dan rasakan #KapalApiPunyaCerita kalau Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak kan?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *