Rekomendasi Tempat Liburan Gratis Habiskan Long Weekend di Malang

Bulan April dihabiskan dengan tanggal merah yang berderet-deret di akhir dan awal minggu. Banyak teman yang sudah mengagendakan untuk pergi ke luar kota. Bali dan Gili masih jadi idola. Tapi karena saya lagi malas pergi ke mana-mana dengan perut segini, akhirnya di Malang aja. Putar-putar keliling kota, dan mencari tempat liburan gratis kalau mau liburan di Malang.

Biasanya kota Malang memang hanya jadi tempat transit liburan. Turun di stasiun Malang Kota Baru, atau turun di Terminal Arjosari dan Bandara Abdurrahman Saleh, lalu ke Batu. Mungkin menginap di kota Malang lagi, tapi lalu jalan-jalannya ke luar kota. Apalagi di Batu banyak tempat-tempat rekreasi alam baru seperti Coban Rais dengan sepeda udaranya, juga bisa ke Coban Talun dengan kampung Indiannya.

Sejujurnya, itu tempat-tempat yang dulu sering saya kunjungi senang juga kalau bisa dipoles begini. Tapi banyak yang mengeluh kalau mau masuk harus bayar dulu. Meski cuma 5 ribu per wahana, bisa jadi banyak juga kalau ada 10 wahana aja, kan ya? Belum lagi antrinya. Coba mlipir sini dulu saya kasih info beberapa tempat liburan gratis di Malang. Mungkin modal biaya parkir aja ya demi keamanan kendaraanmu.

Istirahat di Taman Trunojoyo Sambil Makan Siang

Kalau kamu turun dari Stasiun Malang Kota Baru, taman ini berada tepat di depannya. Ada sayap kiri yang banyak kulinernya, atau mau foto selfie di depan patung Singa di sayap kanan. Pohon-pohon besar di sini bikin teduh dan enak banget kalau mau ngaso setelah berjam-jam naik kereta api. Di sayap kiri ada mini amfiteater kalau mau foto-foto selfie. Tamannya gratis! Makannya bayar ya.

Jembatan Brantas Nonton Kampung Warna-Warni Jodipan Dari Ketinggian

Rumah saya kebetulan deket banget sama kampung yang lagi hits di Malang ini. Kalau dulu saya blusukan ke kampung Jodipan untuk bantu beres-beresin sampah di sungai, sekarang saya lebih memilih nunggu berita F1 terkini hari ini Okezone saat liburan long weekend.

Seperti rasa deg-degan ngeliat gebetan yang lagi foto di Kampung Jodipan, membaca berita perkembangan tim demi tim F1 yang berlaga selalu ada kejutan nggak terduga. Di Okezone, berita F1 terkini-nya selalu update dengan intrik di balik pitstop yang bisa jadi pertanda gerak mereka selanjutnya. Sauber putus kontrak dengan Honda? Atau persaingan Vettel vs Hamilton? Bisa dibaca sambil menuju Kampung Jodipan.

Katanya sih masuk kawasan kampung juga bayar sekarang, kalau mau gratis yuk ngendong di atas Jembatan Brantas aja. Mainan drone jadi lebih leluasa, foto-foto landscape juga bisa mencakup lebih banyak dari Kampung Warna-Warni dan Kampung 3D yang terletak di seberangnya. Ada tukang jual sempol yang standby kalau kamu lapar setelah foto-foto.

Jogging di Taman Depan Shalimar Sampai Hutan Kota Malabar

Ada banyak penginapan di Kota Malang yang punya view OK. Sekitar hutan Kota Malabar mungkin bisa jadi pilihan. Guest house sampai hotel Shalimar dan hostel dekat Gereja Ijen ini cukup strategis kalau dijadikan tempat menginap. Waktu senggang, sempatkan menikmati taman di depan hotel Shalimar yang ada gramofon raksasanya itu, lalu lanjut jogging di Taman Hutan Kota Malabar. Gratis nggak bayar apa-apa ke dua tempat ini.

Kopdar di Taman Kunang-Kunang

Buat yang ke Malang mau ketemuan sama teman-temannya di tempat yang gratis, coba ke Taman Kunang-Kunang. Banyak tempat duduk dan tempat foto-foto bareng yang OK banget buat kopdaran. Apalagi sekarang sudah dilengkapi dengan kamar mandi, mau kebelet pipis nggak harus nunggu lampu Taman Kunang-Kunang padam dan sembunyi di balik pepohonan. Kalau siang ada mie ayam enak di sini, pastiin kamu kopdar tepat di tempat duduk yang ada di pertigaan ke jalan Bogor ya.

Cuci Mata di Taman Dieng

Nah ini yang paling baru diresmikan beberapa waktu lalu. Waktu dulu ditanya teman di Dieng ada taman baru, langsung putar otak mana yang dimaksud. Ternyata ada di kawasan Kawi Atas sebelum Cybermall dan Macipo. Nuansanya abu-abu, jadi paling cocok kalau ke sini pakai baju pink atau merah, selfienya jadi cantik.

Ngadem Lagi di Taman Slamet

Saya kenal taman ini karena ada teman yang melahirkan di dua rumah sakit bersalin di Malang yang lokasinya dekat Taman Slamet. Dulu belum tau namanya, waktu sudah dipugar barulah bernama Taman Slamet dengan landmark gawang-gawang oranye yang cantik. Paling pas ke sini jelang magrib saat matahari sudah ngga terlalu terik. Buat foto-fotonya maksudnya, waktu lampunya dinyalakan bisa jadi tambahan pemanis foto selfie kamu di sini.

Di mana ada taman lagi ya? Kayaknya kok kurang inventaris taman di Malang dari daftar ini. Minta tolong ditambahkan ya kalau kamu keinget sesuatu.

2 Comments

  • Kampung putih mbak, jangan lupa XD mayan masih sepi, kombinasi putih plus ijonya sedap dipandang kok, padahal lebih manis kalau serba putih sih…atau ke Glintung :p spotnya kece buat mempercantik feed instagram \o/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *