Cara Perpanjangan SIM Terbaru 2016 di Satpas Polres Malang

Ada yang mau ulang tahun, timeline saya dibanjiri sama pengalamannya memperpanjang SIM C. Seperti pulsa, Surat Ijin Mengemudi juga harus diisi ulang tanggalnya biar lebih nyaman di jalan jauh dari samberan mata pak polisi. Apalagi kabar-kabar ada Operasi Zebra di seluruh Indonesia sekitar tengah bulan November 2016 sampai akhir bulan ini. Daripada kamu deg-degan setiap ketemu pak polisi, sebaiknya ikuti cara perpanjangan SIM di Malang ini ya.

BIAYA SIM BARU dan Perpanjangan di Satpas Polres Malang / © infomalang
BIAYA SIM BARU dan Perpanjangan di Satpas Polres Malang / © infomalang

Untuk SIM dan KTP yang beralamat di Kota Malang, lokasi perpanjangan SIM ada di Satpas Malang jalan dr Wahidin. Bisa juga di SIM Corner Plaza Araya Lantai 2. Sedangkan SIM dan KTP alamat kabupaten sila mengurus di Satpas Polres Malang di Singosari.

BACA: Cara Perpanjangan SIM Beda Alamat Domisili

Kabarnya, Mobil SIM Keliling sedang masuk bengkel semua sehingga semua pelayanan masuk ke Satpas. Berikut proses yang dilalui teman saya saat mengurus perpanjangan SIM di Satpas Polres Malang.

  1. Lebih baik siapkan dulu surat sehat sebelum mengurus SIM. Bisa di puskesmas, juga bisa di dokter keluarga. Sehingga mengurangi waktu antri di loket kesehatan Satpas.
  2. Beli map sesuai dengan SIM yang mau diperpanjang, harganya 3ribu rupiah. Siapkan juga bolpen untuk mengisi formulir.
  3. Siapkan surat sehat, Fotokopi KTP 3 Lembar, Fotokopi SIM 3 Lembar. Masukkan ke map. Serahkan ke petugas nanti diberi formulir. Isi dengan data sebenar-benarnya, kembalikan ke petugas.
  4. Tumpuk map di tempat informasi. Kamu akan diberi nomor antrian dan ID Card Pemohon Perpanjangan SIM. Pasang telinga untuk mendengar nomor antrian dipanggil untuk proses pembayaran.
  5. Bayar biaya perpanjangan SIM di loket yang sudah disediakan. Biaya perpanjangan SIM C: 75rirbu, SIM A: 80ribu, SIM D: 30ribu, SIM B1: 80ribu, SIM B2: 80ribu.
  6. Setelah pengurusan biaya, sila tunggu antrian foto dengan dandan-dandan dulu biar fotonya cantik, ambil sidik jari dan tanda tangan. Jangan lupa isi data di buku pengambilan SIM.
  7. Tunggu SIM jadi ya.

Semoga proses pengurusan perpanjangan SIM di Satpas Malang juga sama ya kayak di Satpas Polres Malang.

BACA: Tips Mengurus Perpanjangan STNK di Malang

Apalagi perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan di bulan berjalan habisnya masa berlaku. Eh tapi juga bisa dilakukan 14 hari sebelum tanggal habisnya masa berlaku SIM. Mengingat saya ada di awal-awal juga, jadinya cukup menenangkan nggak harus tetot habis liburan. Pengalaman pengurusan SIM yang dulu-dulu, agak lamaan sih. Apalagi sekarang gosipnya jumlah pemohon SIM menggila, sehingga ada batasan pemohon tiap harinya. Well.. Kita coba nanti.

Kalau kamu, sudah pernah mengurus perpanjangan SIM di mana saja?

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *