TFuel Coin dan Ketertarikannya Pada Pasar Indonesia

TFuel Coin dan Ketertarikannya Pada Pasar Indonesia

Selalu ada hal menarik di dunia baru ini. Fenomena munculnya coin dari lokal Indonesia yang rontok begitu diluncurkan meski didukung arteis-arteis. Mungkin mereka ingin seperti Tfuel coin dari Theta Network yang harganya relatif kuat walau pasar sedang turun.

TFuel coin sendiri adalah salah satu dari dua token asli di blockchain Theta Network. Satunya lagi Theta Token. Pelan-pelan berusaha memahami soal TFuel coin dan pasarnya di Indonesia, jadi please bantu misalnya ada yang salah dari informasi yang saya kumpulkan ya.

Sejarah di Balik Munculnya Theta Fuel

Jaringan baru ini muncul pada tahun 2017. Seluruh ekosistem Theta, juga Tfuel-nya didirikan oleh Mitch Liu dan Jieyi Long yang berpengalaman di industri game, video, dan virtual reality.

Liu juga merupakan salah satu founder Tapjoy, sebuah perusahaan periklanan. Ia juga dikenal memiliki perusahaan rintisan game seluler, dan Theta.tv. Ini adalah platform streaming video yang DApp-nya pertama dibangun di protokol Theta.

Foundernya yang lain, Jieyi Long, memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang otomatisasi desain, game, VR, dan platform terdistribusi berskalabesar. Perlu diketahui, Jieyi Long memiliki beragam paten dalam streaming video, blockchain, dan empiris virtual.

Mengulik Soal Tfuel

Di blockchain Theta Network terdapat dua crypto asli, Theta Fuel atau disebut TFUEL, juga ada token yang bernama sama THETA, sebagai alat transaksi biaya atau gas di jaringan ini.

TFuel menjadi token utama sebagai biaya transaksi saat berbagi streaming video, penciptaan smart contracts, saat berinteraksi dengan NFT, dan DeFi di blockchain Theta. THETA-nya sendiri berperan untuk partisipan yang ingin berkontribusi dalam Blockchain Theta.

Jadi, TFuel kegunaannya lebih untuk memutar operasional Blockchain Theta agar dapat terus berjalan dengan lancar.

Jumlah Peredaran Theta dan Tfuel Coin

Melihat fungsinya yang berbeda, tidak heran jika Tfuel lebih terlihat di dunia crypto. Jumlah Theta dan Tfuel coin berbanding 1:5 dari yang beredar di pasaran. Yang perlu digarisbawahi, Theta memiliki jumlah persediaan yang terbatas di 1 Miliar saja.

Saat ini dengan Theta yang terbatas, ada sekitar 5 Miliar Tfuel coin yang beredar dan akan naik 5% per tahun untuk terus mendukung operasional jaringan. Sesuai perkiraan tersebut, Tfuel digadang-gadang akan terus bertambah sesuai dengan prediksi kenaikannya per tahun.

Perkembangan Theta Fuel dari Masa ke Masa

Menariknya Theta Labs memiliki hak paten AS untuk tema Metode dan sistem untuk streaming data berinsentif blockchain serta pengiriman melalui jaringan terdesentralisasi.

Sementara di Jepang, blockchain Theta berkembang dengan LINE Blockchain yang memungkinkan penggunanya mendapatkan Tfuel coin. Tokennya akan secara otomatis dikonversi sebagai Link reward saat berbagi bandwith sambil menonton konten video.

Yep, sejak diluncurkan Tfuel terus berusaha diperkuat agar memiliki nilai tambah. Mulai dari Theta Mainnet 3.0 dengan Elite Edge Nodes yang dapat ditingkatkan untuk mendapat tambahan dari staking dan memberikan kinerja yanglebih tinggi. Juga ada Tfuel burning yang memberikan manfaat bagi mitra platformnya.

Perluasan Tfuel ke Indonesia

Pada tahun 2020, Thetalabs menggandeng Indodax untuk memperdagangkan tokennya. Dikutip dari Liputan6, CEO Thetalabs Mitch mengatakan bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat menarik dan senang memperkenalkan Theta Network miliknya kepada penyedia layanan lokal.

“Kami telah mengembangkan jaringan pengiriman video kami dan mengimplementasikan kemitraan teknologi kami dengan platform video. Karena itu, Indonesia adalah pasar yang sangat menarik bagi kami dan kami sangat senang memperkenalkan Theta Network kepada penyedia layanan lokal,” menurut Mitch seperti dikutip dari Liputan6.

Nggak heran memang ya, langganan video OTT Indonesia pada tahun 2018 sendiri menembus 36,4 persen dan diharapkan tumbuh 16,4 persen selama 5 tahun ke depan. Bisa kamu hitung sendiri juga kok, kalau tiap tahun ada berapa kelahiran bayi, kalikan sendiri dengan jumlah penonton video online di dua tahun berikutnya. Wkwkwkwkwk.

Dengan pasar konten video yang besar di Indonesia seperti hitung-hitungan saya tersebut, Theta ingin membangun kerjasama yang baik dengan penyedia konten lokal. Tentunya untuk membangun jaringan yang terdesentralisasi. 

Apa Kamu Sudah Punya Tfuel Coin?

Sebelum mulai memikirkan investasi di coin ini, perhitungkan dulu harga Tfuel pada 24 Februari 2022. Diintip lewat konverter mata uang, pada saat ini $1 USD = 6.993056 Tfuel.

Jika saat ini 1 Dollar = Rp14.395,40 berarti 1 Tfuel = Rp2.058. Nilai ini terus turun dari awal tahun yang terkoreksi hingga angka Rp2.400 per 1 coinnya.

Kalau sedang punya uang dingin, mungkin ini saatnya mengoleksi Tfuel Coin namun tetap berhati-hati ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *