Check For Understanding

How To Check For Understanding

Saat berkomunikasi ke siapa saja, mau ke teman dekat, orangtua, anak, dan juga tetangga, tentunya kita akan memastikan bahwa lawan bicara memahami apa yang ingin disampaikan. Cara memastikannya cukup dengan mengajukan pertanyaan apakah ia memahami apa yang kita bicarakan atau tidak. Ini juga berlaku kalau kita ngomong dalam bahasa Inggris di sesi latihan, atau conversation dengan bule beneran.

Biar nggak kagok, ada 3 cara untuk Check For Understanding dan contoh dialog mengecek pemahaman dalam bahasa inggris dan artinya.

Do you understand what I’m saying?

Pertanyaan Check For Understanding pertama yang bisa diajukan ketika berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris adalah “do you understand what I’m saying?” .

Kalimat ini berarti apakah lawan bicara memahami apa yang ingin kita katakan. Kalimat ini bisa diajukan ketika lawan bicara terlihat bingung maupun tidak merespon kata-kata yang kita ucapkan.

Pertanyaan ini juga bisa diajukan di akhir penjelasan yang diberikan kepada lawan bicara. Sudah fafifuwasweswos panjang sekali memberi penjelasan, cobalah untuk memastikan lawan bicara paham terhadap apa yang sudah dijelaskan terlebih dahulu.

Contoh kalimat yang bisa ditanyakan seperti berikut.

Nengbiker: “Nisa, Luna say that you must go to his house, and don’t forget to bring camera. Do you understand what I’m saying?”

Nisa: Yes Neng, of course!

Do you get my point?

Selanjutnya kalimat check for understanding yang lain adalah “Do you get my point?” yang memiliki arti “apakah kamu memahami apa yang aku sampaikan?”.

Kata “my point” memiliki arti “ini pembahasan”. Oleh karena itu, kalimat ini merupakan kalimat yang paling tepat untuk diajukan ketika selesai memberikan penjelasan yang panjang.

Contoh pemakaiannya seperti ini.

Muti: “ My house in Untung street, you can go through zapa street, then….., Do you get my point?”

Gina: “A little bit confused, can you repeat once more?”

Are you following me?

Pertanyaan Check For Understanding yang ini juga dapat dijadikan pertanyaan untuk menanyakan apakah lawan bicara paham mengenai pembahasan yang sedang dibicarakan.

Kalimat ini dapat diajukan untuk memastikan apakah lawan bicara mengerti apa yg sudah kamu jelaskan. Kalimat ini dapat diajukan di tengah-tengah percakapan sebelum melanjutkannya penjelasannya kemudian.

Contoh penerapannya kayak gini.

Loli: “…, after that i try harder to get it, are you following me?”

Dika: “sure, you can continue”

Itulah tadi beberapa pertanyaan ngecek pemahaman yang bisa diajukan. Jika ingin melatih kemampuan bahasa inggris, kamu bisa mengikuti kursus di English First. Silakan daftarkan diri kamu ke laman web ini (https://www.ef.co.id/) untuk mengetahui lebih jelas mengenai check for understanding.

Leave a Reply

Your email address will not be published.