Toyota All New Corolla Cross Hybrid
Review Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Toyota All New Corolla Cross Hybrid, Review Mobil Sultan Sebuku

Alkisah di Malang terdapat suatu daerah yang tidak terdeteksi terdapat sebuah kerajaan yang dipimpin seorang sultan. Liburannya tak henti-henti, diving sampai ke Bali. Belanja di sana sini, beli mobil Toyota All New Corolla Cross Hybrid lalu iPhone 12 Max Pro. Sebagai temannya, saya sangat berbahagia bisa mencoba mobil hybrid yang suaranya sebening televisi dolby surround system tersebut.

Sekilas Menilai Toyota All New Corolla Cross Hybrid yang Dipilih Sultan

Dengan hobi diving bersama suami, tahun lalu dia berencana membeli mobil yang lebih besar bagasinya daripada sebelumnya, Nissan Grand Livina Highway Star. Dua set diving gear lengkap beserta koper-koper kamera underwater masuk dengan leluasa di sana. Lalu ketika tahun ini dia menggantinya dengan Toyota All New Corolla Cross Hybrid, terus terang saya jadi bertanya-tanya.

Dilihat sekilas dari katalog product online di toyota.astra.co.id, sepertinya ini tergolong mobil berbagasi pendek meskipun panjangnya mencapai 4.460 meter dengan lebar 1.825 meter. Lebih pendek sekitar 10 cm daripada mobil sebelumnya. Model hatchback seperti Jazz, HRV, gitu kali ya. Namun begitu melihat aslinya, Toyota All New Corolla Cross Hybrid ini hidungnya panjang bet ya.

Apakah peralatan divingnya bisa masuk bagasinya yang pendek? Juga kalau butuh kursi lebih, nggak ada kan di Toyota All New Corolla Cross Hybrid nggak seperti Livina dengan +2 di bagian belakang sendiri. Lalu apa pertimbangannya lagi?

Bahan Bakar Toyota All New Corolla Cross Hybrid Irit Banget Katanya

Mobil baru ini dibekali mesin 1.800 cc dan motor listrik. Soal efisiensi bahan bakarnya, dibuktikannya sendiri bisa mencapai 20an km per liter kalau pemakaian dalam kota. Hah, Honda Beat aja kalah dong, tanya saya. Sayang belum dicoba untuk trip diving karena masih terkendala penyekatan pasca lebaran.

update: Sang Sultan membaca blogpost ini dan menambahkan, ‘Lho kan sudah dipakai jalan jauh?’. Jadi dia sudah mencoba trip Malang – Situbondo – Malang kota putar-putar berangkat ke Surabaya pulang ke Malang baru isi full tank lagi. Dalam perjalanannya, tercatat penggunaan bahan bakarnya di luar kota 22 kilometer per liter, dalam kota 28 kilometer per liter, dan 30 km per liter kalau di dalam kota cukup macet. AMAZING KAN?

Jarak terjauh yang dicapainya dengan mobil Toyota All New Corolla Cross Hybrid hanya dari Malang ke Surabaya. Irit banget, apalagi kalau di dalam kota nggak perlu pakai mesin bahan bakar minyaknya, cukup dengan mesin listriknya. Nggak nyendal-nyendal kok perpindahan mesin yang digunakan, bahkan terhitung sangat mulus, katanya. Belum lagi kalau di jalan tol lagi nggak pengen ngebut-ngebut, tinggal aktifin aja pengontrol kecepatannya.

Macam mana itu ya? Mobil saya nggak ada sih mode itunya. Jadi penasaran pengen coba tapi kapan ketemunya.

Mencoba Sendiri Mobil Hybrid Pemenang OTOMOTIF Award 2021

Toyota All New Corolla Cross Hybrid
Interior Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Setahun lebih WFH, update terkini soal harta pribadi memang nggak bisa semudah dulu lagi. Kalau masih ngantor, bawa mobil baru atau handphone baru pasti langsung kelihatan. Apalagi hartanya sultan. Sultan pun cerita pembelian mobil barunya lewat chat japri untuk kasih teaser-teaser seberapa asyik Toyota All New Corolla Cross Hybrid yang dia pakai sekarang. Senang saya nanggap dia buat cerita, selalu seru.

Mobil ini dinobatkan majalah OTOMOTIF sebagai pemegang award 2021 ditilik dari segi teknologi dan komparasi harganya. Hampir setengah M waktu saya cek harga bulan Maret atau April kemarin. Bulan di mana nggak ada alasan untuk ke kantor karena tidak ada pemotretan atau ngambil barang. Makanya waktu ngga sengaja bareng-bareng berada di daerah kantor, saya pun segera meminjam kunci dan merasakan sendiri mobil tanpa suara knalpot tersebut untuk keliling perumahan.

Dari ujung gerbang ke ujung gerbang dalam. Dari tenaga listrik dibajek gasnya sampai merasakan mesinnya. Dari nggak bersuara, pokoknya sampai bersuara. Demi memuaskan rasa penasaran. Mobil listrik memang menarik, tapi tidak mudah melepaskan kebiasaan menyetir mobil bertenaga mesin bensin.

Saya sering kehilangan sensasi sendalan mesinnya sepanjang mencoba Toyota All New Corolla Cross Hybrid. Mungkin karena belum terbiasa. Apalagi nggak ada suaranya, repot sekali menghadapi kendaraan lain di depan yang nggak melihat spion, hahahaha. Kasian, kebanyakan sepeda motor tahu-tahu kaget dan minggir tiba-tiba karena nggak menyangka ada mobil mengantri jalannya.

Tapi seru. Suaranya itu wuzzzzz yang mengingatkan soal mesin pesawat UFO. Lagian itu mobil tiba-tiba suka mati saja kayak motor matic berhenti di lampu merah, kalau pengemudinya suka panik bisa berabe, hihihi.

Lho, itu cuma idle aja, nggak mati mesinnya, kata Sultan. Hah, macam motor Vario baru aja ada idling-nya. Tentu beda, karena satu ditenagai listrik satunya lagi mesin berbahan bakar bensin.

Mengenal Lebih Jauh Mobil Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Sultan Bayar Parkir

Mobil jenis ini tidak hanya menggunakan mesin bensin untuk membawanya jalan-jalan. Ia dilengkapi juga dengan motor atau generator listrik. Cara kerjanya cukup efisien dengan menggabungkan manfaat mesin bensin dan motor/generator listrik yang bekerja secara simultan. Mobil hybrid tetap terasa lincah dikemudikan sekaligus ramah lingkungan.

Hybrid memang belum melepaskan sama sekali mesin bensin di dalam teknologinya. Namun mesin bensinnya dirancang dengan teknologi mutakhir yang mengurangi zat beracun dalam emisi gas buangnya. Motor atau generator listrik yang digunakan dapat membantu mengurangi beban mesin bensin saat digunakan.

Saat mengemudi dalam mode EV atau Electric Vehicle, mesin bensin tidak bekerja sehingga motor atau generator listriknya dapat mengurangi jumlah keseluruhan emisi. Ini terasa sekali ketika kendaraan berhenti dan memakai mode EV di mana nggak ada hasil pembakaran mesin yang terbuang.

Kenapa Mobil Hybrid Bisa Terasa Halus Dikendarai?

Kendaraan dengan sistem hybrid hanya mengandalkan gerak yang dihasilkan motor/generator listrik dari pengapian hingga kecepatan menengah. Tidak ada pemakaian mesin bensin sama sekali sampai dibutuhkan. Tapi saat beralih tenaga ke mesin bensin pun, peralihannya sangat mulus sampai nggak sadar mode kendaraan sudah berubah. Getaran dan kebisingannya bener-bener dibuat seminimal mungkin.

Well, apakah sensasi tidur lelap di mobil karena dibuai getaran mesin ini tidak terasa di mobil hybrid? Kapan-kapan saya perlu mengajak anak-anak yang gampang banget dibikin tidur kalau diajak jalan-jalan naik mobil. Eh, tapi bisa diakali juga sih pakai Toyota All New Corolla Cross Hybrid dan memilih jalan makadam biar tetap goyang-goyang.

Lalu, Mobil Hybrid Toyota Harus Charging Baterainya di Mana?

Nggak perlu ternyata. Jenis kendaraan hybrid Toyota tidak perlu pengisian daya eksternal seperti mobil listrik full. Kendaraan hybrid dapat mengisi baterainya saat digunakan sambil bepergian. Baterainya juga tidak akan habis dan tidak perlu perawatan khusus seperti ACCU atau AKI itu? Sedangkan untuk perawatan part mobil lainnya, tentu masih sama dengan mobil bukan hybrid.

Apakah kamu juga berpikir bagaimana kalau terjadi kecelakaan? Apakah motor/generator listrik yang ditanam di mobil hybrid akan mengakibatkan mobil meledak misalnya? Hal ini bisa langsung dicari jawabannya di website toyota astra.

Toyota Hybrid System telah memiliki protokol pengamanan tersendiri saat terjadi tabrakan di tempat. Pertimbangan soal motor/generator listrik bertegangan tinggi di kendaraan hybridnya dirancang untuk keamanan penggunanya. Taglinenya, setiap kali berada di kendaraan hybrid Toyota, Anda akan dikelilingi oleh rasa keamanan yang akrab.

Siapa tahu kamu yang baca review Toyota All New Corolla Cross Hybrid ini pengen segera ganti mobil hybrid juga kan. Selain Corolla Cross, jenis Hybrid Toyota yang lain adalah All New Corolla Altis Hybrid dengan harga mulai 592.500.000, All New C-HR Hybrid jenis two seater dengan harga mulai dari 560.040.000, dan jangan lupa All New Camry Hybrid yang harganya mulai dari 849.500.000 diintip pada akhir bulan Mei 2021.

Buruan beli karena Toyota All New Corolla Cross Hybrid milik Sultan Sebuku waktu itu harganya belum sampai 518.480.000 rasanya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *