Tips Persiapan Touring Perdana Buat Kamu, Hai Lady Biker!

Ngomongin touring perdana, saya masih ingat sekitar periode masih single and happy itu. Naik motor blar blar bareng teman-teman satu klub. Sekali waktu dengan teman klub semotor lain se-Indonesia. Lalu short trip pemula endek-endekan ke Tulungagung, ditutup touring ke Bali sebelum benar-benar vakum dari tarik-tarikan gas.

Touring dengan sepeda motor memang masih identik sama aktivitas cowok sih, saya sering dinasihati ibu soal ini. Tapi jangan salah, cewek juga tetap bisa melakukan kegiatan ini kok. Lagian sekarang bukan hal yang aneh kalau lihat  lady biker aktif ikutan touring di kegiatan komunitas sepeda motor. Saya masih kagum sama mereka meski dalam hati selalu ngomong, ‘Wis tauuuu!’ aka sudah pernah!

Nah, kalau kamu tertarik untuk touring motor tapi masih bingung mulai persiapannya dari dari mana, jangan khawatir. Pada dasarnya mau cewek atau cowok, semua tetap butuh persiapan yang kurang lebih sama sebelum melakukan touring.

Nih, saya kasih beberapa gambaran tips buat persiapan touring perdana kamu para pesepeda motor wanita di luar sana. 

Pilih Pakaian Berkendara yang Nyaman dan Sesuai

Supaya bawa motor di jalanan makin nyaman, ngga usah neko-neko mikir bawa pakaian ganti yang banyak. Cukup pilih beberapa helai kaos yang lebih menyerap keringat dan melapisinya dengan jaket tebal yang efektif untuk melindungi diri dari angin atau perubahan kondisi cuaca.

Jangan lupa pakai masker untuk melindungi wajah dari debu dan terpaan angin. Bawalah beberapa helai untuk cadangan selama di jalan. Bawa juga sarung tangan biar tetap nyaman saat memegang pegangan gas dalam waktu yang lama.

Soal sepatu jangan dilupakan. Touring pakai sandal is a big no no! Lebih baik kamu memakai sepatu yang menutupi seluruh bagian kaki seperti boots atau sneakers juga bisa. Saya suka boots soalnya kegantengan saya naik 100% kalau pas foto bareng. Sneakers saya pakai kalau touring jarak pendek.

Bawa Perlengkapan Seperlunya Saja

harga motor murah

Karena ruang penyimpanan di sepeda motor terbatas, hindari membawa terlalu banyak barang.  Sebaiknya kamu hanya membawa perlengkapan yang penting saja seperti jas hujan, air minum, dan P3K sederhana untuk berjaga-jaga jika terjadi hal darurat di jalan. Kamu juga bisa bawa permen atau cokelat untuk energy boost di perjalanan.

Hmm..kalau make-up gimana?

Yah, kalau mau bawa make-up boleh saja, nggak ada yang ngelarang. Namun, kalau bisa seminimal mungkin dan pilih yang fungsional saja ya, tidak perlu semua perlengkapan ngelenong dibawa. Misalnya seperti lotion dengan kandungan SPF, sunblock atau lipbalm untuk perlindungan kulit dan bibir yang gampang kering dan pecah-pecah di cuaca yang panas.

Kenali Kondisi Jalan

Walaupun kamu akan pergi bersama orang-orang yang sudah biasa touring motor, tapi tidak ada salahnya sebelum berangkat kamu juga melihat kembali rute mana yang dipilih. Pepet dulu road captain untuk membicarakan rutenya. Dengan begitu, meskipun dalam perjalanan sempat terpisah, kamu tetap tahu jalur mana yang benar mengarah ke destinasi yang dituju.

Cek Motor Sebelum Jalan

Sebelum touring jangan lupa cek sepeda motor yang akan kamu pakai. Bawa ke tempat service untuk memastikan motor sudah aman untuk perjalanan jarak jauh. Pengetahuan minimal soal motor juga lebih baik dikuasai. Dari kelistrikan seperti busi dan elektrik starter atau lampu-lampu. Pernah lihat tempat aki? Coba cek dulu biar nggak byayakan di jalan kalau tiba-tiba mati.

Saya terbiasa untuk nongkrongin bengkel H-2 sebelum berangkat untuk perjalanan yang sudah direncanakan. Tapi, servis motor berkala itu sangat perlu ya. Jadi misal kalau dadakan diajak kunjung-kunjung ke kota sebelah, kamu bisa berangkat saat itu juga. Eh, kalau lagi nggak punya uang jangan berangkat ya, hahaha. Bensinnya bok!

Selain uang, biasakan berjaga-jaga membawa kunci busi, kunci pas, tang, obeng dan senter kecil ya.

Pilih Helm Sesuai Standar Keamanan

Nggak cuma motor, pastikan juga untuk melihat kualitas helm yang akan kamu pakai. Agar lebih aman di perjalanan jenis helm full face akan lebih baik kamu pilih, tapi ini pilihan terakhir saya kalau lagi nggak ada helm SNI lainnya. Lebih nyaman dengan helm half-face? Monggo, asal benar-benar kamu periksa kelayakan dan bahannya ya. Ini urusannya dengan kepala yang kamu lindungi benar-benar.

Pastikan Kondisi Badan Fit

Kesehatan dan stamina juga tidak boleh disepelekan bahkan sebelum touring dimulai. H-1 berangkat touring, istirahatlah dulu. Nggak usah party atau nongkrong ngopi sampai malam. Pastikan kondisi badan benar-benar fit saat mau touring. Dengan begitu kamu bisa makin nyaman dan kuat walau harus berkendara dengan jarak jauh.

Apalagi ini touring perdanamu bukan? Kalau semua persiapan sudah matang, kamu pasti lebih siap untuk memulai touring dengan sepeda motor kesayangan. Berkendaralah dengan mengikuti aturan yang ada dan nikmatilah touring perdanamu nanti.

Happy riding, Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *