Ini Alasan Kuliah di BINUS @Malang Sangat Menyenangkan

Jika ingin sekolah lagi, BINUS Malang mungkin akan jadi pilihan. Satu karena dekat tempat kerja, dua karena kampus ini ambience-nya sangat menyenangkan. Selama 4 tahun bertetangga dengan bridging kampusnya di perumahan Araya, tepat tanggal 23 Oktober 2019, BINUS Malang resmi menempati kompleks kampus terbarunya.

Acara grand launching BINUS @Malang sendiri dihelat dalam sebuah festival bertajuk #DigitalTechnopreneur mulai dari tanggal 23 Oktober 2019 hingga 26 Oktober 2019. Beragam acara disusun dengan cerdik oleh penggawa-penggawa BINUS Malang beserta mahasiswa-mahasiswanya. Setiap harinya BINUS Malang dihadiri ribuan pelajar dari berbagai daerah di Jawa Timur untuk merasakan sendiri atmosfer sebuah kampus yang berbeda dari kebanyakan sekolah tinggi lainnya. Launching BINUS @Malang-nya digelar di hari pertama festival digelar.

Dengan diresmikannya kampus baru BINUS @Malang, BINUS University semakin memperkuat posisinya untuk menyatukan ekosistem yang mendorong pertumbuhan Digital, Technology dan Entrepreneurship di Jawa Timur dan Indonesia bagian timur. Pesan ini disampaikan oleh Rektor BINUS Malang, Dr. Boto Simatupang, diceritakan ulang oleh Mae, General Manager ruang sebelah, dan Bazz, Vice President dari pojok akuarium, yang sempat hadir di acara launchingnya.

Sekata-dua kata waktu sharing bersama mereka setelah hadir di grand launching BINUS @Malang sungguh mencerahkan bagi ibu anak dua yang lagi gamang anaknya mau disekolahin apa nantinya. Apalagi kami tipe-tipe orang yang hidupnya bersentuhan sekali dengan dunia digital. Berbincang pada orang-orang yang mengerti periode menuju era revolusi industri 4.0 sungguh sangat mencerahkan. Terutama mereka yang berada di lingkungan pendidikan.

Bazz bilang hanya sekalimat saja. Sebagai orang yang bekerja di dunia digital, hadir di launching BINUS @Malang seneng bisa ketemu orang ‘sefrekuensi’, hal yg sangat jarang dijumpai di acara kampus-kampus di Malang. Dari sisi Mae yang lebih dekat dengan bidang akademis ada lebih banyak kesan dari dilaunchingnya BINUS @Malang, bahwa kehadiran kampus ini harusnya membuat kampus konvensional lainnya membenahi diri. Lama berada di ‘titik aman’ seakan sistem pendidikannya tidak bisa digoyahkan.

Digitalpreneur yang ditawarkan BINUS at malang benar-benar mewadahi apa yang dibutuhkan dunia kerja masa kini. Di saat universitas lain masih dalam tahap memaparkan teori yang diharapkan bisa membekali lulusannya, program-program di BINUS @Malang akan bikin lulusannya langsung ‘match’ dengan dunia kerja, terutama industri kreatif. Mae yang lingkup pekerjaannya di level manajemen di salah satu perusahaan digital yang berkembang pesat di Indonesia, yang kebetulah juga adalah seorang ibu yang pengen anaknya ‘sekolah bener’, rasanya layak kalau mulai melirik BINUS @Malang dibanding universitas lainnya, untuk memenuhi kebutuhan profesional maupun pribadi.

Yup, digital revolution is here.

Saat kami kesusahan mencari talenta baru di bidang kerja yang kami kuasai, kayaknya gampang aja gitu kelihatan calon-calonnya ketika memasuki kampus BINUS @Malang. Ya nggak semua, tapi dari cara komunikasinya mereka sudah diarahkan untuk mengisi ceruk-ceruk tersebut bahkan lebih tinggi lagi dengan menjadi pembuat lapangan kerjanya.

Saya sendiri baru sempat hadir di hari kedua. Sangat ingin mengikuti transfer informasi dari perusahaan-perusahaan digital yang sudah mencapai level unicorn bahkan decacorn. Setiap harinya, festival #DigitalTechnopreneur di BINUS @Malang dimulai sejak pagi-pagi, sekitar jam 9an lah. Padahal kampusnya nun jauh di pelosok perumahan ARAYA di pinggir jalan tol yang masih baru uji coba, sama sekali nggak bikin malas untuk merapat ke ruangan tempat talkshow digelar.

Gimana enggak, kampus BINUS @Malang yang dilaunching di hari pertama festival #DigitalTechnopreneur memang keren. Nggak sedikit yang fota-foto selfie dengan background bangunan megah ala-ala markas besar Batman. Tapi saya minta editkan dengan GalGadot lagi terbang ke Boni biar lebih kesaya-an untuk image di blog ini.

Di dalamnya, kampus BINUS @Malang juga ditata dengan kekinian. Dari lobby terlihat ruang Akademisi yang keren, juga Library dengan undak-undakan tempat duduk meski belum terisi buku-buku. Di berbagai sudutnya terpasang instalasi seni yang keren banget kalau mau dipakai foto-foto buku tahunan.

Tidak ketinggalan di kampus BINUS @Malang juga ada co-working space yang infonya saya dapatkan dari Endrita. Ada dua ruangan malahan. Co-working space ini disediakan BINUS sebagai ruang diskusi dan kolaborasi anak-anak BINUS untuk pitching hingga crowd funding dengan perusahaan mitra. Tapi memang bukan co-working space untuk umum sih.

Makanya, kesempatan menikmati BINUS @Malang yang dibuka seluas-luasnya untuk umum sharing berbagai informasi dalam festival #DigitalTechnopreneur minggu lalu itu sayang kalau dilewatkan.

Bayangkan, orang-orang berpengaruh di BINUS @Malang pun turun gunung hadir memberikan perspektif baru dalam berkontribusi untuk Indonesia Timur. Ada Stephen Wahyudi Santoso, BSE, MSIST selaku President of BINUS Higher Education; George Wijaya Hadipoespito, M.Sc, MBA selaku Vice President of BINUS Higher Education; Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP selaku Rektor BINUS @Malang; tidak ketinggalan Judi Arto selaku Marketing Director BINUS Group.

Sayang sekali karena saya terlewat menghadiri How to Scale Up Your Business by Creating a Winning Pitch Deck dari Willson Cuaca, Co-Founder % Managing Partner East Ventures. Ada juga kelas-kelas inspiratif bersama Rektor dan Direktur BINUS yang meskipun look old but they give gold. Kayaknya seharusnya ini bukan cuma pelajar calon mahasiswa BINUS saja yang perlu mengikuti kelasnya, tapi orangtua-orangtua yang perlu dibuka juga wawasannya bahwa kita akan segera masuk ke era revolusi industri 4.0.

Apalagi ketika memasuki acara Digital Technopreneur Conference bareng key people dari BCA, Gojek, Grab, Tokopedia dan Kompas Gramedia. Ada Duardi Prihandiko, Vice President Digital Marketing BCA; Adrianus Johan serta Kornelius Samuel, Product Manager serta Prodect Engineer Go-Jek; ada juga Igel Zibriel, VP of Area Business Development at Grab Indonesia, juga sesi menyenangkan bersama Felix Yuwono, Lead Product Manager at Tokopedia; dan Andy Budiman, CEO KG Media. Paparan demi paparan perubahan kehidupan menuju digitalisasi ini benar-benar kudu diwaspadai biar nggak ketinggalan keretanya nanti.

Sharing lengkapnya bisa kamu lihat sendiri di sini.

Tertarik untuk mendaftarkan diri di BINUS @Malang pada periode kalender belajar tahun depan? Dapatkan informasi selengkapnya lewat Admission dengan kontak sebagai berikut:
Email : pmbmalang@binus.edu
Phone : 0812 3015 3288
LINE : @BINUS_MALANG
Instagram : @BINUS_MALANG

BINUS MALANG – Institute of Creative Technology
Jl. Araya Mansion No. 8 – 22, Araya – Malang – Jawa Timur
Telp: 0341 – 3036969 ext. 7535-7536

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.