REVIEW: Botol Dot Pigeon, Avent, MAM, Comotomo, Mimijumi, Enak yang Mana?

Hampir setiap ke toko peralatan bayi bahkan melihat Instagram yang jual peralatan bayi, yang saya lihat pertama kali adalah koleksi botol dan dot bayinya. Sewaktu masih cuti rasanya menyenangkan lihat-lihat dan membandingkan satu demi satu kekurangan dan kelebihannya. Ternyata melihat-lihat saja enggak membantu. Harus dicobain satu demi satu untuk tahu mana yang enak dan mana yang enggak. Buat Ragaaaa, bukan buat saya. Mencoba botol dot bayi tentu harus beli ya. Perjalanan itu dimulai dari dot Avent dan berakhir di Comotomo. Begini kronologisnya.

Botol Dot Bayi Avent

Saya punya cukup banyak botol dot dari merk ini. Awalnya sih karena alat pumping yang saya beli dari teman sekantor merknya Avent. Avent punya 2 jenis botol, Classic dan Natural. Saya suka bentuk yang Natural karena gendut-gendut gimana gitu. Dotnya saya remet-remet memang terasa sedikit keras. Pertama kali Raga dilatih ditinggal ditemani oleh ASI perah dan botol Avent.

Hasilnya? Nangis kejer karena kecepatan minumnya nggak secepat aliran dotnya. Tapi saya kekeuh melatih pelan-pelan dan telaten melepas dot waktu sudah kelihatan kewalahan. Sampai dia menolak mik dot Avent sama sekali entah kenapa.

Menurut saya merk dot Avent yang masuk kelas premium ini punya kualitas yang bagus. Dari kualitas bahannya terutama. Bahannya dicuci pun gampang, tidak meninggalkan bekas ASI. Bahan dotnya pun bagus, hanya kenyalnya cenderung keras meskipun saya membeli yang baru juga. Baru-baru ini saya membeli botol Avent ukuran 240ml untuk menampung ASIP seharga 61an ribu. Seperangkat alat pumping dan botol tambahannya saya tebus dengan harga 1.5juta.

Botol Dot Bayi MAM

Rak botol bayi MAM biasanya nggak saya perhatikan lama-lama. Karena ada mbak SPG-nya sih, saya kadang nggak suka kalau lagi membaca diganggu dengan penawaran ini itu. Soalnya uda kena duluan beli botol dot MAM newborn-nya belum lama setelah makai Avent. Sedikit dendam soalnya harganya lumayan juga, sekitar 186rb.

Bentuk botol MAM beda dengan Avent, lebih besar di bagian bawahnya. Ini karena MAM membuat bagian tersebut mudah dilepas agar botolnya mudah dibersihkan dari bekas ASI. Bagian dotnya juga beda, pipih di bagian ujung dengan tekstur kenyal yang lembut. Sepertinya cukup mengadopsi bentuk puting payudara. Awalnya Raga keslepeken minum memakai dot ini. Setelah beberapa kali coba, ada triknya juga biar anak saya bisa minum dengan mudah. Nggak lama Raga mulai lepeh-lepeh dot ini juga.

Botol Dot Pigeon

Kakak menyarankan untuk coba yang biasa aja kenapaaaa, nggak usa yang mahal-mahal! Yaudah, saya membeli botol dot Pigeon yang imut nggak sampai 25rb harganya untuk newborn baby. Sekali dua kali, Raga mau memakai botol dot Pigeon ini sampai saya menghentikan segala perdot-dotannya karena gangguan produksi ASI sepulang dari rumah sakit.

Pada periode jeda ini saya juga memerhatikan bagian gusi depannya berubah bentuk seperti kena tekanan. Dugaan saya karena dotnya terlalu keras. Wew, agak kawatir memang, tapi kan ngga tau karena dot yang mana soalnya baru ini juga saya memerhatikannya. Juga ngga tau akibat dot apa jempolnya yang sudah mulai-mulai diemut. Lalu jedanya kelamaan, tiba-tiba saja cuti sudah habis dan Raga belum dilatih intens memakai dot kembali setelah dilepeh-lepeh itu.

Mama dan Papa yang dititipkan Raga pun pusing tujuh keliling karena dot-dotnya nggak pada mau dipakai minum. Disendokin pun susunya juga dilepeh kembali. Kemudian percobaan botol dan dot bayi baru pun dimulai lagi.

Botol Dot Mag Mag Pigeon

Lewat usia 3 bulan, beberapa saran masuk untuk memakai spoon feeder, cup feeder, sendok, atau gelas sloki saat minum. Dipilihlah botol dot Mag Mag keluaran Pigeon yang dibeli paket lengkap untuk 4 step latihan minum. Di usianya Raga masih pakai yang step 1. Dia nggak suka, mungkin karena lambat ya aliran susunya. Loncat ke yang step 2, terlalu deras, keslepeken lagi dan mogok minum lagi.

Haduh naaak..

Botol Dot Comotomo

Perburuan dot mulai merantak ke tahap yang lebih… mahal.. (insert emoticon uang melayang di sini). Tapi sebenernya sih memang pengen nyoba dot ini, secara botol dot comotomo direview sebagai botol yang remesable, alias menyenangkan untuk dipegang karena bahannya lembut. Padahal beli dot comotomo di Malang juga susah, nggak semua toko bayi ready stock.

Saya cari di Buchi nggak ada, dan direkomendasikan untuk ke Pipilo dari Tokopedia. Dan ternyata di sini juga ada botol dot Mimijumi yang kalau disearching agen Mimijumi di Malang adanya di Kepanjen sana.

Awal dicoba, botol dot Comotomo berhasil diminum (walau belum sukses banget) sama Raga.

Botol Dot Mimijumi

Dari sejarah perbotolan dotnya Raga, botol dot ini yang paling mahal yang pernah saya beli. Apa karena belinya barengan dengan botol dot comotomo yang harganya 270rb untuk ukuran 250ml dan botol dot Mimijumi 250ml juga dengan harga 360rb ya? Sambil nggesek atm saya berdoa semoga Raga akan lebih pengertian ke depannya. *tarik napas baca bismillah*

Botol dot Mimijumi bagi saya lebih menarikable karena bentuknya mirip dengan payudara. Warnanya juga coklat-coklat muda gimana gitu dengan bahan yang lembut. Dan Raga nggak memperhatikan itu. Botol Mimijumi pun siap diprelove tidak lama lagi.

Di hari pertama mencoba botol Comotomo, Raga masih ogah-ogahan sebenernya. Tapi setidaknya Raga mau ngenyot biar engga laper-laper banget sambil menunggu Miminya pulang. Siang ini sambil menyudahi postingan review botol dot Avent, Pigeon, MAM, Mimijumi dan Comotomo, dikirim foto Raga memilih botol MAM untuk minum siangnya.

*jedotin kepala.

*nanti pulang sungkem sama Mama Papa dan cium Pipi terima kasih sudah telaten semuanya.

UPDATE REVIEW TAMBAHAN – Juni 2020

Botol Dot Pigeon Wide Neck

Long short story, Raga memiliki 3 set botol dot MAM karena produksi ASI saya berhenti saat hamil lagi. Bertahan dengan 3 botol tersebut, jelang kelahiran adiknya, saya iseng membeli Pigeon Wide Neck di Buchi untuk belajar mik susu nanti. Saya lihat kok nipple dotnya empuk-empuk menyenangkan ya. Botolnya juga gemuk dan enak dipegang lekuknya.

Lho ternyata Raga langsung cocok waktu saya cobain ke dia. Seketika itu dia nggak pakai MAM-nya lagi sampai sekarang. Hanya memang cukup boros bolak-balik beli nipplenya yang lembut jadi sering dikenyot sama gigi utuhnya Gaga. Juga dijadiin mainan setiap habis minum susu. Adiknya 11-12, langsung bisa ngedot dengan botol dot Pigeon Wide Neck. Alhamdulillah nggak pakai drama yaaa.

Dot Pigeon Wide Neck menurut versi sentuh raba dan terawang terasa empuk dan lembut. Harganya relatif lebih murah daripada botol dot MAM, separuhnya lah sekitar 80ribuan. Untuk dot pengganti biasanya saya beli yang isi tiga sekitar 77ribuan, belinya 6 bulan sekali, jadi sudah 3x purchase sampai hari ini. Wide Neck Pigeon ini nggak selalu ada sih di minimarket, mungkin itu aja kesusahannya. Soal stok di Buchi pasti selalu ada kalau pas butuh beli.

38 Comments

  • Mbaaa… Pd akkhirny skrg raga pke dot apa y?? Skrg saya jg lg hunting2 botol soalnya.. Udah cb pke calma, mam, nuk standart, tommee tippee, pigeon wideneck sama standart, huki jg udah.. Tp tetep g mau.. Pgn cb comotomo sih.. Tany mbaa dlu nih… Makasiih… Kbtln saya jg dmalang…

    • Haloo, raga maunya pake MAM aja. laennya pass :D. mungkin krn yg nipplenya gepeng cuma itu aja. huki ga dapet yg gepeng akunya. comotomo itu yg suka maknya, enak banget dipegang, tapi anaknya engga suka…

      • Yg mimijumi ngk mau di preloved? Anak ku pke huki gepeng tp terkadang ngak mau. Mau mimijumi krn mrip dgn payudara krn hrgnya mahal, nyesek jg klu ngk cocok.

        • mimijuminya sudah laku preloved di IG dulu. maaf yaa..
          bener2 nyesek sih pas ga mau minum pake mijum itu

        • Mbaa kalo mau saya mau preloved comotomo warna hijau.. anak saya gak mau pakai itu. Bisa dm ig saya @fitriazii atau wa saya ya 081368388880. Trims

          • hai Fitriii,

            mohon maaf lahir dan batin, comotomo-nya sudah taken sama temen ^^
            semoga dapet dr tempat lain ya

          • Saya ada mbak comotomo yg hijau 250 ml..
            Baru beli tapi anak sama skali gak mau..

      • malam kaka, ka dot mam kalo dipakein ke botol lain yang pas apa ya?.
        kalo mam uda 3 bulan karet bagian bawahnya bekas susunya suka nempel

        • mam aku lumayan awet nih. dari yg pertama beli baik2 karet2nya. kepala dotnya yg rantas 1 soalnya digigiti si bayik. hehe

          oya, kyaknya ngga muat untuk botol dot lain. per merk beda gini

      • Kaak…….mau nanya, dari semuaaaaaaaa merk yg udah dicoba diatas,,,,,, mana dot yg PALING EMPUK ya kak?? Mohon infonya??
        Soalnya concern sy biar giginya ga maju berulang pake dot

        Thank you kak??

        • Kak@nengbriker,,,,,, dari semuaaaa merk yg uda pernah dicoba. Mana dot yg paling empuk ya ??? Concern sy kalo kelamaan ngedot biar giginya ngga monyong hehe jd cari yg paling empuk

          • pigeon, huki, itu empuk dan harganya sangat bersahabat. Di atasnya mimijumi, comotomo, lalu Mam tingkat keempukannya.

  • Aduh Mam sama banget sama saya. Udah pakai harga 30rb sampe hampir 300rb semua dot mental semua. Disendokin dilepeh, pake spuit ditangkis, sampe2 papinya dilempar pake tutup botol dot ? mau coba Mimijumi tapi masih trauma karna bayi menolak comotomo aaahh

  • Jd intinya buat anak yg sudah ngedot,mnding nyoba yg MAM dulu ya ^_^ lg galau nih puting lecet semua tp babyku ngga mau ngedot ^_^

  • Jd intinya buat anak yg susah ngedot,mnding nyoba yg MAM dulu ya ^_^ lg galau nih puting lecet semua tp babyku ngga mau ngedot ^_^

  • Aq pernah ngalami gni jg…semua botol susu anakku pny mpe neneknya gerah liat kebanyakan botol susu haha..tp cm mau botol comotomo aj..ini uda pny 2 masi kurang jg…pk avent ga mau..pk dr bronws mau cm kluarnya lama jd ga mau..skrg lg planing beli comotomo yg 3 krn klo mlm agak rewel pngen susu diks asi mnkn uda ga deras asinya jd ga lama nyedotnya…comotomo bagi sy itu botol is the best lah nyuci gampang n anak suka

  • Anak saya uda 1.5 bulan nih. Saya dah coba avent natural, pigeon wideneck, dot asi spectra krn dpt dr pumpingnya. Saya belajarin pake dot dr usia 30 hr sehari sekali. susah bgt buat dy mnum pake dot. Pertma x pake pigeon trus si spectra trus avent. Saya gnti2 dot krna dy gk yg mau gt. Semuanya pake nangis. N skrg mlah gk mau sama skali. Lg bingung mo beli yg apa nih mommy2. Blom ktemu dot yg jdoh buat anak saya. Ntar beli yg mhal2 gk mau jg lgi…
    Skrg lg sya stop dlu bljar dot nya. Tinggal 1bulan lg masa cuti saya

    • sama banget kaya anakku bun, sempet mau pake pigeon wideneck trus dilepeh dicobain avent natural dilepehin jg.. trus skrng saya udah msuk kerja suka kepikiran sndiri.. jadi utk skrng masih disendokin minum asipnya, belom ketemu yg pas..

      • pigeon wideneck ini ternyata uda lama ada ya? kapan hari iseng beli, secara mau beli nipplenya MAM pas habis di toko buchi. digigitin si nak lanang jadi rantas :))
        terus beli pigeon wideneck, waaaww si anak lanang seneng sama yg gini. trus si anak wedoknya mah liat apa aja dot kakaknya dia suka. jadi ya terus beli wideneck lagi :)).

  • Kalau comocomo vs mimijumi Vs mam, itu yang paling lembut dan paling meyerupai payudara yang mana ya bun ? Help please

    • 1. mimijumi
      2. comotomo
      MAM itu ga mirip payudara bentuknya. kyk dot biasa, hanya karet dotnya memang lembut dan pipih.

    • anak pertama sukanya pake MAM.
      lalu iseng nyetok pigeon wide neck jelang anak kedua lahir. eh kakaknya ikutan pakai, sekarang 2-2nya pigeon wide neck 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *