Coba NLP Gratis

Apa itu NLP? Saya pernah ngobrol tentang NLP ini sama Denny Santoso sepertinya. IMHO itu seperti ilmu yang mempelajari sifat dan anatomi manusia untuk mengeluarkan kemampuan yang dimilikinya di bawah sadar.

Kalau menurut wikipedia, NLP adalah:

Neuro-linguistic programming (NLP) is an approach to communication, personal development, and psychotherapy created by Richard Bandler and John Grinder in California, USA in the 1970s. Its proponents claim a connection between the neurological processes (“neuro”), language (“linguistic”) and behavioural patterns learned through experience (“programming”) and that these can be changed to achieve specific goals in life.

Saya ngga mempelajari lebih lanjut seusai ngobrol karena saya merasa tidak ada masalah dengan diri saya. Berbeda dengan DS yang mengalami periode tergelapnya dan mempelajari langsung NLP untuk mengeluarkan potensi dirinya. Itu seingat saya ya, kalau bukan  DS berarti orang lain, dan saya lupa. Seinget saya dia sih -_____-“. Dan dia sekarang sukses luar biasa. Bangga kenal sama anak daerah yang ngga lupa membesarkan nama kotanya.

Back to NLP. Ada lho cara gratis nyoba tanpa ikut training yang harganya pasti bikin kantong bolong itu. Coba aja pantengin acara di Dhamma Tv, seperti saya kemarin. Sebenernya saya ngga suka acara motivasi begitu, tapi yang kemarin nontonnya pas lucu.

Seorang trainer di atas panggung mengatupkan kedua tangannya untuk kasih lihat jarinya sama panjang. Kemudian dia meletakkan kedua tangan di paha, meditasi 3-4 tarikan napas panjang sambil mensugesti diri bahwa jari tangan kanannya lebih panjang dari yang kiri. Voila, sesudah meditasi jari tangan kanannya lebih panjang beberapa milimeter.

Ini pasti bercanda kan?

Kemudian dia mengajak penonton untuk mencoba. Saya pun di rumah iseng ikutan. Mengatupkan telapak tangan tepat di garisnya di pergelangan, kedua jari sama panjang. Dan menaruh tangan di paha, merem sambil menarik napas panjang berkata pada diri sendiri, jari tangan kanan saya lebih panjang dari yang kiri, saya bisa! Dan amazing, jari tangan kanan saya memang jadi lebih panjang dari yang kiri! OMG, saya kaget banget. It works?

Kemudian saya konsultasikan dengan suami yang mempelajari self hipnosis. Emang cara mudahnya seperti itu. Ada tingkatan lagi untuk kasus yang lebih parah. Dan ada training khusus untuk tingkatannya.

Well, setidaknya dari dasar NLP, saya mempelajari bahwa kepercayaan diri itu dimulai dari diri sendiri. Hanya kita belum tau caranya dan di situlah peran motivator menggugah semangat bawah sadar kita. Hidup memang tidak semudah cocotnya Mario Teguh, tapi terbukti dengan modal cocot, Mario Teguh bisa mempermudah kekayaan datang ke hidupnya. Kenapa tidak kita coba untuk mensugesti kata-kata positif untuk diri kita agar ngga gampang galau kalau terbentur masalah? Galau engga menyelesaikan masalah, tapi dengan galau seseorang juga bisa kaya karenanya. Galau kan? Hahahaha..

Saya sih maunya ngga gitu. Saya bisa, dan saya mampu untuk mewujudkannya. *sambil meditasi*

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *