Safety Riding Save Your Thing and DON’T MULTITASKING

Beberapa waktu lalu kami dari BloggerNgalam gencar mengadakan kampanye GBLK. Tujuannya adalah menggali kesadaran para pengendara baik roda dua maupun lebih untuk menyimpan ponsel saat berkendara khususnya roda dua sebagai orang-orang yang dekat dengan keseharian para anggota BloggerNgalam. ‘Jangan Pake HP Sambil Nyetir GBLK’. Maaf, terbaca kasar karena GBLK sendiri artinya goblok. Jelas mainan hp saat nyetir itu bukan menandakan kecerdasan tinggi, tapi justru sebodoh-bodohnya orang.

Jangan Pake HP Sambil Nyetir, GBLK

Asal muasal kampanye GBLK sendiri ketika kami trenyuh dengan korban-korban kecelakaan yang perannya tidak bersalah karena tersangkut dengan keteledoran seorang pengendara yang mainan ponsel sambil motoran. Tidak bersalah bagaimana? Mari kita daftar satu-satu mereka yang kira-kira tersangkut dengan kecelakaan tersebut.

  1. Keluarga pengendara yang mainan hp, mungkin dia hanya terluka, masuk rumah sakit, lebih jauh lagi meninggal. Kalau terluka mungkin bisa sembuh, jika meninggal? Berapa anggota keluarga yang dia tinggalkan? Jika dia kepala keluarga, bagaimana nasib pasangan dan anaknya?
  2. Pengendara lain yang kebetulan menabrak, dia mungkin melintas di saat yang tidak tepat ketika pengendara nomer 1 di atas kehilangan keseimbangan, tidak melihat ke jalan tapi ke layar ponsel, atau jarinya sedang konsentrasi mengetik. Kebetulan arah jatuhnya ada di depan pengendara nomer 2. And voila, dia harus berurusan dengan kepolisian karena menyebabkan orang lain terluka sampai menghilangkan nyawa orang. Bagaimana keluarganya jika dia dipenjara? Bagaimana dengan perbaikan kendaraannya sendiri?
  3. Pengendara lain yang kendaraannya di belakang pengendara nomer 2. Sedikit mbulet, tapi kejadian cepat dan tidak sengaja seperti itu akan menimbulkan sesuatu yang beruntun karena ketidaksiapan dan faktor kaget.

Kecelakaan memang bukan sesuatu yang kita inginkan di jalan. Tetapi kecelakaan karena sedang bermain ponsel itu tidak bisa dimaafkan bagi saya.

Berpikir panjang dulu sebelum melakukan sesuatu itu efeknya besar pada kehidupanmu. Sungguh, jika kamu mau menunjukkan kelihaianmu multitasking, jangan di jalanan. Apalagi kalau kamu pengendara motor cowok yang menambahkan konsentrasi memainkan kopling disambi dengan kirim sms/bbm (!!) itu ngga keren. Percayalah sama sekali ngga keren.

Seperti kata seorang teman yang melihat langsung seseorang terlindas mobil saat motornya jatuh karena dia sedang sibuk dengan ponselnya.

‘Sedetik lalu dia sedang tersenyum bahagia sambil melihat ponselnya, tapi rupanya dia lupa dia sedang menyetir motor dan harus berputar balik. Masih sambil memegang ponsel dia jatuh dan terlindas pick-up.

Di depan mataku!

Aku mungkin memang ngga tersangkut kecelakaannya. Tapi sejak saat itu aku jadi ngga berani nyetir motor dengan sembrono lagi. Aku takut aku ngga bisa ngeliat anak-anakku pacaran sampe menikah. Aku ngga bayangin gimana pacar anak laki-laki yang meninggal itu begitu tau itu sms terakhir yg diterimanya. Ngga akan ada lagi sms I Love You setiap hari lagi. Itu, sedih!’

Safety Riding Save Your Thing and DON’T MULTITASKING. Pesan saya.

Kamu punya pesan yang sama? Kamu ingin tidak ada lagi korban yang jatuh karena kesembronoan? Keluarkan uneg-uneg, dan berbagi bersama saya.  Jangan lupa ikut kampanye Polantas Makassar dalam rangka Operasi Zebra 2011 “KESELAMATAN BERLALULINTAS”. Tanggung jawab di jalan itu ada di tangan kita semua.

Sharing after reading, yes?

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *