Tentang Ospek

Yang lain ngebahas mudik, aku bahas ospek :))

Orientasi pengenalan kampus sering jadi momok bagi mahasiswa baru sampai bikin nangis-nangis dan pingsan saat ikut. Ada lagi yang mending ngga ikut ketimbang susah-susah cari barang-barang yang disuruh bawa.

Memang kadang beberapa fakultas, beberapa universitas melakukan hal yang berlebihan dalam ospek tersebut. Tapi sebenernya ospek itu hal yang fun, buatku, belum tentu buatmu juga.

Karena aku masuk di fakultas teknik Arsitektur, Universitas Brawijaya, otomatis ngikut aturan fakultas yang mengharuskan ospek seminggu di awal masuk, wajib ikut KKM (kemah kerja mahasiswa) dan student day setiap sabtu selama 1 semester. Ngga selalu masuk sih aku student daynya. Klo ospek rajin. KKM? aku suka banget ikut KKM itu. Sekelompok sama Achi, Dina, Hanis, Katrin, dan yang laen yang ga genit-genit amat bikin KKM di puncak gunung itu menyenangkan. Biar ga mandi, biar pup susah setengah mati, biar minum aer mentah gegara lupa masak, asyik sekali.

Tahun berikutnya ganti aku yang jadi panitia, masuk di tim kesehatan tapi selalu ditarik masuk ke tenda dapur umum. Mulai terasa adek-adek tingkat itu manja, dingin dikit minta di tenda kesehatan aja. Dll. Ngga tau juga sih dulu pas aku yg kkm ada yg gitu juga ngga. Pokoknya aku ngga. Tidur bantalnya karung beras gulingnya wajan, ga masalah.

Jadi peserta jadi panitia sama-sama asyiknya. Inget ngakak di belakang barisan waktu Dina salah ngomongĀ  di depan maba sampe dia nangis karena malunya :)). Inget mandi di sebelah kandang sapi yang berisik. Inget pas yg jadi maba gondok setengah mati gara-gara dipikir lokasinya di puncak bukit apaaa yg jauh dari peradaban, ternyata di balik bukit jalan raya. Inget pas obrakan malem2 ada yang bawa tas saking ngelindurnya.

Semua itu jadi cerita nanti saat ketemu lagi sama temen-temen pas reuni. Jadi yang ngga ngalami ospek, merugilah.. Kehidupanmu hanya akan datar begitu saja. Peduli amat materi yang diceramahin ga penting. Peduli amat sama teriakan-teriakan kakak tingkat. Ngga usa didengerin. Yang penting pengalaman yang kamu dapet.

Juga pemandangan kakak tingkat cowok-cowok yang uda mateng di usianya.. yang ganteng-ganteng.. yang biasanya muncul saat ospek tapi ga perna muncul saat kulia.

Berharga sekali, dek..

Sharing after reading, yes?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *