7 Aplikasi Penunjang Travelling, Bikin Liburan Lebih Asyik!

Sebagai kaum millennial, saya cukup bersyukur dengan adanya berbagai teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan berbagai urusan dalam hidup. Di saat butuh hiburan misalnya, cukup browsing channel YouTube untuk mencari video-video lucu, atau unduh aplikasi karaoke gratis buat melepas stress.

Semua menjadi sangat lebih mudah salah satunya ketika musim liburan tiba. Sedangkan di saat berlibur, saya biasanya mengandalkan 7 aplikasi penunjang travelling berikut ini:

Google Trips

Source: Google Trips

Aplikasi penunjang travelling besutan Google ini memudahkan penggunanya untuk menyusun rencana perjalanan. Bagaimana cara kerjanya? Aplikasi ini akan membantumu memetakan destinasi berikut dengan informasi tentang hal yang dapat kita lakukan di sana.

Tetapi, jika kita merasa susunan perjalanan yang disarankan kurang sesuai dengan selera, kita cukup menggantikannya dengan pilihan wisata lainnya yang disarankan oleh aplikasi.

Yang lebih keren-nya lagi, kita nggak perlu khawatir kehilangan sinyal karena aplikasi ini dapat digunakan saat offline.

Transportasi Online

Saat berada di kota tujuan liburan, akan lebih mudah jika berpindah dari satu titik ke lokasi wisata berikutnya menggunakan transportasi lokal. Namun yang menjadi masalah adalah, terkadang sebagai turis kita dipatok harga yang lebih tinggi, atau pengemudi yang kurang tahu jalan.

Beruntunglah saat ini banyak aplikasi transportasi online di kota besar yang dapat membantu seperti Uber, Gojek maupun Grab. Masing-masing menawarkan layanan dan harga yang berbeda, kita tinggal pilih mana yang lebih sesuai selera.

Jangan lupa untuk melakukan riset mengenai aplikasi transpostasi lokal apa yang berlaku di destinasi liburan kamu.

Airbnb

Source: Open Grid Scheduler

Ngomongin soal travelling, pasti nggak lengkap kalau nggak memikirkan tempat penginapan. Buat kamu yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda dari menginap di hotel, kamu bisa menggunakan aplikasi Airbnb yang menawarkan perumahan atau apartemen, dan berhubungan langsung dengan sang pemilik tanpa perantara.

Dengan begitu, di saat liburan kamu justru bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai budaya, tempat wisata, makanan favorit atau apapun dari sang pemilik sebagai orang lokal. Seru kan?

Monefy

Source: Monefy

Travelling memang bisa dibilang membuat keuangan kita menjadi jor-joran karena banyaknya uang yang harus dihamburkan. Tapi, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk make it lose control, guys.

Nyatanya, ada aplikasi penunjang travelling untuk mengatur dan mengetahui laporan keuangan pribadi kita dengan fitur yang komplit.

Dengan aplikasi Monefy, kita cukup mencatat setiap pengeluaran yang ada. Setelahnya, kita dapat dengan mudah menganalisa pengeluaran berdasarkan kategori seperti makanan, transportasi, hiburan, dll. Kamu juga bisa melihat laporan berdasarkan bulanan.

Dictonary.com

Source: Dictionary.com

Buat kamu yang berencana untuk berpergian ke negara asing, ini menjadi aplikasi penunjang travelling yang sebaiknya kamu unduh untuk berjaga-jaga. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi di saat kita kebingungan dalam memahami kosa kata yang asing, sedangkan koneksi internet nggak tersedia untuk menerjemahkannya melalui Google Translate secara online.

Dengan tampilan yang cukup sederhana, aplikasi ini menunjang hingga 30 bahasa internasional dan menyediakan cara baca yang benar.

Mobile Banking

Source: Mybloodytypeiscoffee

Di saat berpergian, kita tentu nggak bisa memastikan akan selalu tersedia mesin ATM untuk menarik dana. Oleh karena itu, saya lebih menyarankan agar aplikasi Mobile Banking selalu siap sedia untuk melakukan transfer atau pembayaran apapun di saat kita kekurangan dana.

Kebutuhan ini juga telah didukung oleh kebanyakan bank ternama seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri dan lainnya. Jadi, pastikan Bank tempat-mu menabung memiliki layanan ini ya.

Skyscanner

Source: Skyscanner

Aplikasi penunjang travelling terakhir yang bisa digunakan adalah Skyscanner. Aplikasi ini menawarkan solusi buat kita dalam mencari tiket pesawat yang murah. Bagaimana caranya? Saat mencari tiket untuk destinasi tertentu, Skyscanner akan menampilkan data dari semua website yang menjual tiket pesawat tersebut, sehingga kita cukup memilih mana yang sesuai dengan selera.

Nggak sampai di sana, kita juga bisa melakukan reservasi hotel maupun menyewa mobil tanpa proses yang berbelit-belit. Lalu, bagaimana tampilannya? Skyscanner memiliki UI yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Nah itu dia beberapa aplikasi penunjang travelling agar liburan semakin asyik! Jadi, sudah siap berangkat?

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *