Kunci Motor Tertinggal di Bagasi, Harus Bagaimana Ini?

Memiliki motor dengan bagasi kecil di bawah jok cukup membantu pengendaranya. Bisa dipakai menyimpan sandal dan jas hujan saat musim yang gloomy seperti sekarang. Hanya sedikit berisiko saat tiba-tiba kunci motor tertinggal di bagasi karena terburu-buru kehujanan, bikin jantung deg-degan. Mengalami sendiri kebodohan itu saya tahu banget bagaimana rasanya kebingungan karena jauh dari rumah, kunci motor cadangan pun ngga bisa dengan mudah diantarkan.

Siang itu saya dan Ule berdua ke acara resepsi pernikahan Haqqi. Kedua mempelai naik mobil MINI Cooper lama, kami cukup bahagia motoran saja dari Araya menuju Sengkaling. Mendung berat menggantung sehingga jas hujan perlu dibawa. Keluar dari lokasi resepsi, tiba-tiba hujan gerimis salju menghadang, padahal tujuan selanjutnya masih jauh. Selepas jalan raya Sengkaling, kami memutuskan memakai jas hujan.

Berhenti di pinggir jalan. Membuka bagasi, melepas cardigan, lalu memakai jas hujan. Rupanya adegan melepas cardigan dan memasukkannya ke bagasi adalah pangkal dari bencana itu. Jas hujan sudah dipakai, helm sudah kembali terpasang, duduk rapi di jok, dan serasa jantung seperti dicabut saat bunyi KLIK jok terkunci.

Karena saya baru sadar kunci motor tidak ada di kemudi.

Karena di sisi samping tempat kunci bagasi, kunci motornya juga ngga ada.

Matik. Kunci motornya ketinggalan di bagasi.

Panik dan keringat dingin. Sengkaling dan rumah jauh sekali, ngga mungkin meminta papa untuk mengantarkan kunci cadangan. Solusinya ya hanya mencari tukang kunci. Untungnya deket dengan Universitas Muhammadiyah Malang, jadi kans ada tukang kunci cukup besar.

Gawat, masa harus bongkar rumah kunci bagasi sih…

Setelah cukup jauh mendorong motor sekitar sekilo, saya gemes banget sama hujan yang tiba-tiba hilang. Di gerbang Unmuh, saya menelpon teman yang dekat dengan lokasi, sayang dia lagi ke Batu sehingga ngga bisa dimintai tolong.

Untung ada tukang kunci di depan Bukit Cemara Tujuh. Dengan peluh keringat yang masih mengucur, motor disandarkan di posisi yang aman.

‘Kenapa, mbak?’ tanya mas tukang.
Kuncinya ketinggalan di bagasi mas.

Kemudian dia mengambil ancang-ancang. Tarik nafas panjang.

Dan meng…angkat sisi jok. Memasukkan jari tangan.. Menarik isi bagasi dari celah yang terlihat.

Kresek sendal jepit. Cardigan. Dan klontang, kunci motor pun jatuh dari cardigan.

Dyem.

Jadi begitulah. Ngga usah panik dulu kalau kunci motor tertinggal atau ketinggalan di bagasi. Kerahkan sedikit tenaga, cungkit joknya, lalu VOILA. Masalah kunci pun teratasi sudah.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *