Mengatasi Ketakutan Pertama Kali Snorkeling

Banyak misteri di muka bumi yang tidak bisa dipecahkan dengan penjelasan yang masuk di akal. Sama seperti mengapa saya memiliki ketakutan luar biasa pada air dalam hanya karena salah nyebur ke kolam setinggi pinggang di waktu kecil. Ketakutan itulah yang membuat saya menolak banyak bermain di air dalam seperti saat diajak snorkeling.

Dalam bayangan saya, snorkeling berarti mengapung di laut dalam minimal 10 meter untuk menikmati pemandangan indah bawah laut. Di kolam renang pun saya hanya mau bermain di tempat yang masih bisa menapak dasar kolam. Kalau snorkeling? Haduuh kayak apa deh ya panic attack yang bakal saya alamin T_T.

Sayangnya, godaan yang saya terima untuk mencoba snorkeling begitu besar.

Hari ke2 liburan ke Bali (lagi), saya dan teman-teman PD menuju Benoa untuk bersnorkeling ria. Sudah sepi siang itu. Hanya tinggal beberapa provider yang masih menjalankan aktivitasnya. Kami berbelok ke Pasific, jauh masuk ke Benoa. Nego-nego, harga snorkeling di Bali lewat Benoa, kami dapatkan dengan harga 100rb.

With Yunita

Harga snorkeling murah di Bali ini dipersembahkan oleh Boolixious yang piawai bernegoisasi.

Setelah ganti pakaian renang, pilih-pilih snorkel dan fin, kami diantar menuju tengah lautan. Saya yang paling lama berpegangan di pinggir kapal sebelum menceburkan badan. Grogi dan gugup, alhasil pas cebur pun pantat natap pinggiran kapal. Badan yang kaku bikin saya ngga bisa bernapas pakai snorkel seperti yang diharapkan, rasanya segalon air dah saya minum siang itu.

Saya sungguh ketakutan melihat warna birunya laut dalam.

Namun dengan perlahan saya menenangkan diri dan berusaha menikmati pemandangan di bawah laut. Pertama, saya menahan nafas tapi melihat laut di dalam. Kedua, saya belajar mengapung dengan life jacket dan fin. Ketiga, saya belajar bernafas dengan snorkeling.

Lama-lama hati pun tenang, dan badan jadi bisa menyesuaikan. Ngga lama, saya sudah berputar-putar sendiri melihat dunia terumbu karang di bawah lautan.

Achievement unlocked.

wpid-wp-1412696331866.jpeg

Begitulah yang saya tuliskan di postingan foto saat snorkeling.

Yuk, belajar diving!

 

Sharing after reading, yes?

3 Comments

  • Pada dasarnya kita manusia hanya dibekali 2 rasa takut, yaitu takut suara keras dan takut tempat tinggi, lain dari itu adalah ketakutan yang dipelajari, contoh takut pada ular karena ia belajar bahwa ular itu berbahaya, takut pada air karena ia pernah berpengalaman sakitnya kelelep ga bisa nafas, dll

  • hihi.. aku juga awalnya ngeri sama laut.. snorkeling pertama di tempat dangkal pake life jacket.. Tapi lama2 makin berani makin berani.. (walopun tetep selalu hati2)..
    Happy snorkeling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *