ASUS ExpertBook B3000 Detachable

ASUS ExpertBook B3000 Detachable, Ringan dan Kompak!

Waktu Banana membawa laptop ini melintasi ruangan ASUS Gathering Malang di The Ascent Premiere, saya pikir dia benar-benar sedang menenteng buku catatannya. Dengan ASUS ExpertBook B3000 Detachable, sama sekali nggak terlihat pundaknya terasa berat sebelah. Begitu ringan dan kompak cuma seukuran buku! Hell yeah, kali ini kembali saya berkumpul dengan blogger-blogger se-Malang setelah bertahun-tahun tiada gathering. Dan langsung mupeng menenteng pulang laptop baru.

ASUS Gathering Malang terakhir saya hadiri sepertinya di Santika. Eh apa Atria ya? Waktu itu Gaga Sasi masih bayi, dipuk-puk sebentar mudah sekali ditinggal pergi. Sekarang dengan 2 anak yang sudah bisa membuka ponsel dan memilih YouTube Kids, sebenarnya saya agak ragu meninggalkan mereka berlama-lama. Gimana dah masa ibunya malah bermain-main? Tapi saya tidak menyesal kok datang ke sini, ada insight baru bagaimana orangtua, anak, dan gadget bisa berperan banyak dalam pertumbuhan mereka.

ASUS ExpertBook B3000 Detachable Untuk Menggambar

Aisy namanya. Gadis kecil yang duduk di sebelah saya menggantikan bundanya yang mengobrol sebentar setelah lama tidak bertemu. Saat saya sedang khusyu mendengarkan paparan ASUS ExpertBook B3000 Detachable, Aisy yang saya kenal sejak bayi diam tidak bersuara. Eh ternyata dia juga khusyu menggambar di laptop mungil yang disediakan untuk diuji oleh peserta gathering.

Zoom in, garis-garis, memilih warna, garis-garis. Menebalkan geraian rambut, garis-garis, zoom in zoom out. And voila, saya nggak ngerti karakter apa yang digambarnya, tapi KEREN SUNGGUH. Aisy memanfaatkan dengan baik stylus yang kalau nggak diperhatikan benar-benar tersimpan rapi di pojokan atas layar. Apalagi cukup 15 detik wuuuutt bisa langsung dipakai untuk 45 menit. Sebelumnya di waktu berbeda saya takjub dengan Uwing yang sibuk dengan Roblox dan jajan Robuxnya, sekarang Aisy dan goresan stylusnya.

Anak-anak ini sibuk dengan dunianya yang bareng gadget di tangannya dan mudah sekali memanfaatkannya bukan cuma sekadar nonton-nonton YouTube belaka. Anteng tapi bukan yang lalu menyimpan bara di dalam pikirannya.

Mereka……. kok bisa ya berbeda dengan apa yang ditakut-takuti orangtua lain bahwa gadget bisa merusak kepribadian anak-anak. Mohon dimaklumi ya, di hari yang sama dengan gathering ASUS saya hadir di Parenting Class dan salah satu pertanyaannya soal gadget tersebut.

Kemudian saya tarik kembali ke belakang. Orangtua Aisy dan Uwing adalah pribadi-pribadi yang terbuka pada perkembangan teknologi. Mereka menyediakan fasilitasnya tapi tidak alpa mendampingi. Tidak juga menghakimi ketika mungkin hasilnya tidak seperti harapan saat diberikan. Justru saya malah belajar parenting dari gathering bertema teknologi.

Aisy dan orangtuanya mengajarkan saya bahwa dengan gadget yang tepat, pertumbuhan anak tidak terlambat, justru tambah melesat. Aisy yang senang sekali mengoperasikan ASUS ExpertBook B3000 Detachable untuk menggambar, katanya beribu kali jauh lebih menyenangkan daripada menggambar lewat handphone.

ASUS ExpertBook B3000 Detachable berlayar touch screen selebar 10.5inch ini mungil tapi pasti lebih lega saat beralih dari handphone. Karena Detachable, layar laptop ini nggak seperti model clamshell. Dia harus disangga casingnya dan bisa dilepas pasang kembali dari keyboardnya dengan mudah. Jadi bisa dipakai menggambar lebih leluasa seperti memakai tablet atau handphone.

Kalaupun jatuh saat digunakan, ASUS ExpertBook B3000 Detachable dirancang dengan standar militer yang tahan dari kondisi ekstrem. Mulai dari suhu beku, panas gurun, dan guncangan hingga benturan. Secara tidak langsung saya membuktikan sendiri kekuatannya ketika mencoba unit yang disediakan panitia.

Keyboardnya terlepas jatuh ke lantai saat detach dari layarnya. JEBLAK BYAK BRAK.

Jantung saya dan Winda langsung berhenti sejenak. Tidak ada goresan. Tidak juga memengaruhi kondisinya saat ditempelkan kembali pada layarnya. Cara memasangnya lagi pun mudah. ASUS ExpertBook B3000 Detachable dirancang dengan desain magnet yang kokoh, dapat terhubung atau dilepas dalam sekejap. The ExpertBoard alias keyboardnya didesain cantik dengan ErgoLift, Antibacterial Guard, dan ExpertWidget biar tidak mudah lelah selama mengetik. Build qualitynya jempolan!

Sejempolan dengan performancenya yang ditawarkan. ASUS ExpertBook B3000 Detachable didukung oleh Snapdragon 7c Gen 2 Compute Platform, Windows 11 Home S dan GPU Adreno Qualcom, up to 8GB LPDDR4 RAM, juga 128GB eMMC.

Pantas saja terasa jauh bedanya dengan laptop ASUS yang ada di rumah. Apakah saatnya berpindah?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *