viral di tiktok

1001 Kisah Crazy Rich Indonesian yang Royalnya Keterlaluan di TikTok #AngelPunyaCerita

CRAZY RICH ASIAN memang cuma cerita di film. Tapi orang-orang Twitter pada waktu film itu launching, tidak kalah seru membagikan pengalamannya bertemu crazy rich Surabaya. Kisah miss teachernya playgroup dan kindergarten di suatu sekolah tempat anak-anak crazy rich Indonesia menuntut ilmu sampai viral karena kayak nggak nyata tapi itulah yang dihadapi mereka. Malam ini saya scroll Tiktok dan menemukan konten yang mirip, dari Angela J Panggabean dengan hashtagnya #angelpunyacerita.

Kalau yang dihadapi teachernya anak-anak crazy rich Indonesian, yang dihadapi Angela sepertinya generasi bapak-bapak, ibunya, kakek neneknya. Kalau anak-anak crazy rich Indonesia suka bingung kenapa miss-nya ngga liburan, generasi bapak-bapak, ibunya, kakek neneknya, royal ngeluarin uang. Mbak Angela bekerja di bidang perhotelan, termasuk orang lama kalau mendengar ceritanya. Jadi, mbak Angela bisa banyaaaak sekali sharing cerita gimana royalnya mereka.

Nyelametin HP Mafia

Orang kaya nggak pake iPhone. Nggak semua orang kayak pakai iPhone diiyakan sama Mbak Angela. Salah satu ceritanya dia pernah menyelamatkan handphone seorang (yang dikenal) sebagai mafia. Saat makan malam handphone orang tersebut jatuh ke bawah meja. Tamu VVVVIP yang tajirnya minta ampun itu panik-panik ria minta tolong mba Angel mengambilkan handphonenya agar tidak sampai hilang.

“Ngel ngel, liatin handphone gue, liatin handphone gue!” Mbak Angel yang mengambilkan handphone tersebut terheran-heran. Bukan iPhone bukan android yang bisa dilipet. Handphone mafia tersebut ‘cuma’ sebuah handphone batangan, kecil, cem nokia yang harganya 200-300ribuan aja.

Bayangin, mafia takut handphone gitu hilang. Apa coba isinya? Kata mbak Angel.

Dikasih Tips Dalam Buntelan Tissue

Sebagai orang yang bekerja di hospitality, menerima tips adalah salah satu rutinitas harian kan ya. Begitu juga ketika menghandle crazy rich Indonesia, kalau mau kasih tips nggak melulu pakai amplop dan nggak langsung dikasiin gitu aja. Kadang-kadang suka becanda nanya mana telapak tangannya Mbak Angel, terus dikasihin buntelan tissue berisi uang.

Ada juga yang ala-ala minta gantiin napkin. Napkin yang untuk alas di pangkuan itu lho. ‘Angel, Angel, napkinnya tolong ganti ya.’ kemudian disambung ‘Hati-hati ya, isinya jangan sampai jatuh.’ Soalnya nominalnya lumayan bangettt!

Dikasih Tips Sesuai Isi Dompet Crazy Rich Indonesian

Kepo juga sih kalau denger cerita-cerita Mbak Angel apakah dikasihnya Dollar atau Rupiah. Eh ternyata ada yang tanya duluan, biasanya pake dollar atau rupiah? ‘Tergantung isi dompetnya,’ kata dia. Kadang-kadang VVIPnya ngasih tips pakai rupiah. Tapi biasanya ada juga yang ngasih dollar.

‘Ya tergantung moodnya mereka, tergantung isi dompetnya mereka, isinya dollar atau rupiah. Kadang-kadang 50 (dollar), 100, suka-suka dia lah. Hahahaha.’ Hahaha juga mbak.. *menangis*

Cuma Order Teh dan Jus, Tipsnya Berapa Hayoo?

Mbak Angel ini sekarang stay di Bali ya? Karena ceritanya di sini katanya waktu masih di hotel lama di Jakarta sebelum dipindah ke Bali. Another story crazy crazy crazy rich Indonesian yang datang ke hotel Mbak Angel saat restonya tutup sedang berberes sore.

Orang tersebut dipanggil Mami sama Mbak Angel karena repeater, mungkin maksudnya sering banget ke situ. Mami hanya order teh dan jus saja. Waktu minta bill, seru juga ceritanya dibikin model ngobrol di Tiktok Angela J Panggabean.

‘Mami minta bill ya.’ Lagi disiapin Mi, kata Mbak Angel.

‘Maaf lho Mami dateng kalian uda tutup. Maaf ngerepotin ya.’

Pas udah billing, ‘Kalian tadi berdua ya? Ini dibagi dua sama temennya ya.’ Kata Mami sambil kasih amplop.

Di amplopnya isinya 5 juta! Teh sama jus berapa sih harganya woi?

Tipsnya Bikin Gaji Mbak Angel Insecure

Ceritanya ini saya aminin. Jadi gini, salah satu Crazy Rich Indonesian lagi punya gawe ngawinin anaknya. Biasa tuh kalau habis resepsi, after party dong ke bar. Di bar itu, bapaknya si yang kawin itu nanyain berapa anak buah Mbak Angel yang bertugas. Lalu..

*ngasih segebok amplop* ‘Inih buat anak-anak lo.’

*ngasih amplop lagi* ‘Inih buat lo. Bagi-bagi rata.’ Gaji gw kalah, kata Mbak Angel.

Once in a lifetime saya pernah ikut after party crazy rich Kalimantan di Bali. Atas nama pekerjaan. Gitu memang isinya after party. Mimik hahat sebelas gelas dan syukurlah masih bisa balik kamar tanpa kejeduk tiang.

Gimana, panik nggak panik nggak denger #angelpunyacerita di Tiktok? Saya sih langsung follow.

Mbak Angel sendiri awalnya posting soal keseharian dia. Lama-lama dia punya taste untuk bercerita tentang pekerjaannya. Selain ngomongin Crazy Rich Indonesian yang royalnya keterlaluan, dia juga berbagi tips untuk mengentertain client yang baru pertama kali bertemu agar tamunya senang dan nyaman.

  1. Jangan Lebay, berlakulah normal aja. Nggak manja gelendotan. Nggak centil. Tunjukkan sikap natural aja.
  2. Jangan Sok Tahu, makanya pelajari dulu profiling client sebelum bertemu. Orangnya, suka apa, circlenya seperti apa.
  3. Jaga Sikap, Jangan Kaku, dan Jangan Over.

Buat yang pengen banget kerja di perhotelan berkarir sebagai hotelier seperti Mbak Angel, ini caranya. Seriuslah sekolah di perhotelan karena tinggal mengolah dan ditambahkan pelajaran baru di hotel tempatnya bekerja. Kalau yang nggak punya basic sekolah perhotelan, Mbak Angel menyarankan untuk coba dulu meniti karir dulu dari bawah, memperdalam basic melayani keinginan klien dari resto-resto kecil, hotel budget, dan yang setara, baru kemudian naik setingkat demi setingkat. Mengapa?

Dari situ kamu yang ingin bekerja seperti Mbak Angel, setidaknya kamu akan mempelajari basic melayani orang. Sedikit-sedikit lama-lama pengalamannya pun banyak hingga siap di tingkat berikutnya.

Ya itu lagi, kembali lagi karena Crazy Rich Indonesian yang kaya beneran itu nggak neko-neko. Nggak macam-macam mintanya. Mereka ya inginnya dilayani secara natural saja, tidak berlebihan ketika langsung berhadapan. Meski di baliknya kamu pontang-panting mempersiapkan, di hadapan mereka kamu bisa menjadi diri kamu sendiri yang terbentuk karena kesadaran akan pekerjaan menghormati tamu.

Dan, kalau dari #angelpunyacerita, Crazy Rich Indonesian itu tetap punya tepo seliro. Minta maaf dan tolong tetap diucapkan. Masih nguwongke orang gitu dah. Permisi-nya? Anu, saya pantengin lagi #angelpunyacerita berikutnya dulu ya.

Kamu sudah install Tiktok belum?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.