Ketika Mencoba Kacang Almond dan Susu Almond Untuk Melancarkan ASI

“Sasi ini minumnya banyak, dok. Alhamdulillah lancar ASInya abis makan kacang almond, tapi kok Sasi jadi diare ya?” Ini adalah salah satu pertanyaan sesi diskusi setelah Sasi imunisasi usia dua bulan. Bu dokter ketawa aja, “Hahaha, almond yang lagi hits itu ya?” Iya banget sih, saya kemakan timeline dan pada akhirnya mencari yang jual kacang almond di Malang. Secara yang jual susu almond di Malang sudah banyak di Instagram ya.

Sebenarnya kacang almond juga bisa dibeli secara online. Tapi. Mamak yang satu ini agak pelit dan perlu cari alasan biar bisa jalan-jalan sama Gaga selama cuti melahirkan. Waktu itu Sasi belum lahir. Jadi saya pergi-pergi ke supermarket Lai-Lai yang konon segala ada dan ternyata tidak menjual kacang almond.

Mas Raga bobok, ibu kerja dulu ya Nak..

Penjual kacang almond di Malang (selain yang online) banyak terdapat di kota lama, daerah Kampung Arab. Deket SMA 5 atau Toko Kain Citra yang menjual jilbab dan berbagai kain yang super lengkap. Harga per kilogram kacang almond utuh panggang di Malang, sekitar 250ribu. Lumayan, masih harus ngupas-ngupas kulitnya sebelum dimakan.

Rasa kacang almond kayak gimana sih? Yang pasti enak! Manis tapi tidak kriuk seperti kacang garing. Yum yum deh jadi saya pengen mengulik lebih dalam tentang si kacang almond.

Khasiat Kacang Almond vs Daun Katuk

Maap, saya enggak dapat daun katuk segar buat dilalap. Adanya daun katuk dalam suplemen pelancar ASI. Sementara saya makan kacang almond duluan dan ASI super duper lancar. Selain menyusui langsung, ASI juga diperah hampir setiap 3 jam sekali. Stok ASIP saya di anak kedua ini memang super banyak. Alhamdulillah.

Apakah melancarkan ASI dengan kacang almond memang bermanfaat? Hmmm, dengan kandungan gizi yang ada di kacangnya, susah menolak kalau super foods ini berfungsi banget untuk menyusui. Ada vitamin B kompleks, vitamin E, asam lemak dan protein yang tinggi.

Tapi saat mencoba suplemen pelancar ASI yang mengandung daun katuk seperti Herbatia, kualitas ASInya juga tidak jauh berbeda kok. Dari segi dilihat mata langsung ya. Kalau kandungan detilnya tentu perlu diteliti di laboratorium. Setelah Herbatia, saya mencoba ASIFIT dan kembali lagi ke Blackmores untuk pregnancy and breastfeeding.

Kenapa saya rolling nggak terus-terusan pakai merk pelancar ASI yang sama? Kayaknya di tubuh itu jadi bebal gitu lho. Kalau minum suplemennya nda ditambah dosisnya, jadi hasilnya berkurang. Ini mungkin sugesti aja sih, kan produksi ASI juga tergantung dari makan apa, minum air berapa banyak, lalu kondisi badan dan pikiran juga mempengaruhi.

Efek Ngemil Kacang Almond Untuk Menyusui

Selesai diperah, ASI yang ditampung jadi terlihat lebih kental dan fatty. Meski cukup banyak minumnya, Sasi enggak jadi gendut-gendut menul-menul amat badannya. Nggak kayak bayi-bayi gemuk pipi tumpah pah. Sepertinya dia kayak bapaknya yang molor tinggi dulu baru berisi.

Saya baca-baca lagi, kacang almond punya banyak manfaat untuk menyusui. Selain melancarkan produksi ASI, juga menambah kualitas ASI. Kandungan kacang almond yang diolah jadi ASI, dapat membantu selama proses perkembangan otak bayi, tumbuh lebih sehat, juga membantu melancarkan metabolisme tubuh ibu dan bayi. Combonya adalah membantu melancarkan BAB serta menguatkan tulang dan gigi.

Well. Well. Efeknya juga ke bayi.

Efek Samping Kacang Almond Untuk Bayi

Kacang-kacangan adalah salah satu penyebab alergi. Bukan cuma ke bayi, ke orang dewasa juga ada yang alergi. Saya sih makan apa aja alerginya cuma kalau pas bayar terasa mahal. Alergi, males makan itu lagi. Nah, kacang almond ini juga bikin alergi di dompet, karena mahal. Tapi, efeknya ke bayi Sasi sendiri juga ada. Sasi jadi diare. Crit-crit nggak banyak tapi sering.

Saat dihentikan makan almondnya, Sasi sehat wal’afiat. Wicis, ketika saya makan almond, Sasi kembali diare. Lalu, diare lagi ketika sudah mulai minum ASIP yang dipumping setelah makan kacang almond. HAHAHAHA, pusing kan?

Setelah periode efek alergi kacang almond selesai, selama beberapa bulan kemudian saya mencoba suplemen pelancar ASI yang lain. Kemudian mulai lagi badannya memberontak dan produksi ASI agak terganggu.

Kali ini saya pengen mencoba susu almond yang sudah jadi. Bukan kacang lagi, bukan juga susu almond yang bubuk. Bikin susu almond sendiri sebenarnya juga ada resepnya, tapi malas. Kan ada banyak tu susu almond pelancar ASI yang dijual di Instagram.

Tapi, selalu ada tapinya.

Harga susu almond pelancar ASI yang dijual itu mahal-mahal bok. Sekali minum botol kecil 50ribu. Nggak ada program buy 1 get 1 pakai promo LINE atau SMS dari operator ya ini? Sebagai sahabat diskonan, dompet saya menjerit panjang.

Deretan susu almond di Lai Lai Malang

Bandingkan dengan harga suplemen pelancar ASI seperti Herbatia 39 ribuan per kotak untuk 10 hari, ASIFIT 39 ribu juga seperti Herbatia, Blackmores Pregnancy and Breastfeeding sekitar 180 ribuan untuk 60 kapsul atau sekitar 2 bulan.

Akhirnya saya melirik usaha lain dengan mencari yang jual susu almond biasa di Malang. Langsung ke Lai Lai Supermarket saja. Seingat saya tidak banyak supermarket yang menjualnya memang. Sederet susu almond berbagai merk dari hasil impor terjereng di depan mata. Harga susu almond sendiri bervariasi tergantung merk dan rasanya. Di atas 100 ribu ada, ada juga susu almond yang harganya 50ribuan per liter.

Yang saya pilih?

Tentu yang 52 ribu itu. Merk susu almond-nya natur-a, mirip sama suplemen vitamin kulit ya? Contain rich protein dan vitamin setiap liternya. Ada tiga pilihan susu almond natur-a, yaitu Original, Cokelat, dan Unsweetened.

Sebenarnya bisa sih beli susu almond yang harga 100 ribuan pun, atau yang sekali minum 50 ribu itu. Toh, segelas kopi Excelso dan Starbucks untuk makan siang juga segituan. TAPI ITU BISA BUY 1 GET 1!

Efek Susu Almond Untuk Menyusui

AND YESS! It work faster than other pil pil pelancar ASI. Saya baru minum segelas saja kemarin pulang kantor jam 6. Rasanya kosong karena baru dipumping jam 4. Malamnya jam 8, payudara sudah terasa kenceng-kenceng kepenuhan. Karena masih makan di luar, Sasi baru minum tenang di rumah sekitar jam 9.

Semprotannya kenceng kayak pakai pompa Shimizu. Rasanya bahagia banget ngeliat ASI bisa bancar lagi seperti itu. Kemudian saya minum lagi segelas sekitar jam 11 malam. Sampai pagi Sasi minum terus seperti biasa sekitar 2-3 kali. Sebelum azan Subuh saya kedandapan bangun karena payudara terasa penuh.

Tidak ada power pumping. Yang ada saya berusaha menurunkan tekanan di payudara saja karena Sasi masih banyak minum sampai pagi jelang saya berangkat.

Alhamdulillah efek minum susu almond seperti minum kacang almond, bikin ASI lancar ya.

Tinggal nunggu saja apakah ada efek di pencernaan Sasi lagi. Ahahahaha..

Btw, saya baru ingat kalau bu dokter bilang Sasi ini tongue tie. Tapi sudah pintar perlekatannya sejak lahir. Tidak usah dipotong sekat lidahnya, gapapa. Kata bu dokter. Menurutmu, apa itu penyebab badan Sasi tidak montok?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *