Resep Menu Makan Sahur 30 Hari Dari Instagramers

Siapa yang biasanya makan sahur cuma hari pertama dan kedua aja selanjutnya mending bobo sampai waktunya salat subuh? Saya ngacung pertama. Even kebiasaan itu nggak berubah setelah menikah. Saya hanya sanggup makan sahur dua hari pertama, bukan karena nggak lapar, tapi tidak terbiasa makan masih gelap gulita di luar sana.

Bulan ramadan tahun ini saya ingin membuat kejutan pada diri sendiri biar mau makan sahur. Mulai dari mengumpulkan resep-resep menu makan sahur dari para Instagramers yang gampang dibuat, dalam waktu singkat, dan semoga rasanya tepat! Karena dari para Instagramers lah kita menghamba resep menu masakan beserta fotonya yang menggugah selera.

Resep Menu Sahur Hari 1: TEMPE PENYET SAMBEL MENTAH

. Assallamualaikum… Santapan Asyik hari ini disponsori oleh Tempe Penyet Sambel Mentah,duhh nampol pedasnya tapi nagih ? Pete & Palumara Bandeng yang samar2 dibelakang itu kedoyanan misua,udah..menu kaya ini aja udah bisa bolak balik nyiduk nasi,sedapnya nyataa ? . TEMPE PENYET SAMBEL MENTAH . BAHAN : Secukupnya Tempe yang sudah di Goreng Bahan Sambel : Cabe rawit merah 10 biji + 10 biji Cabe rawit Hijau ( pedasnya bisa sesuai selera ) 2 siung bawang putih Garam secukupnya Penyedap rasa/kaldu bubuk secukupnya Sedikit Gula pasir Minyak panas mendidih bekas menggoreng ikan,ayam atau tempe . CARA MEMBUAT : 1.Cuci bersih cabe dan bawang putih 2.Ulek cabe,bawang putih,gula,garam dan penyedap lalu siram dengan minyak panas mendidih secukupnya,aduk rata cek rasa. 3.ambil tempe goreng lalu penyet bersama sambel,tambahkan pete goreng biar makin sedap? . #tempepenyet #sambelmentah #berbagiresep #petegoreng #fotomasak

A post shared by HAY (@hanhanny) on

BAHAN :
Secukupnya Tempe yang sudah di Goreng

BAHAN SAMBEL:
Cabe rawit merah 10 biji + 10 biji Cabe rawit Hijau ( pedasnya bisa sesuai selera )
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Penyedap rasa/kaldu bubuk secukupnya
Sedikit Gula pasir
Minyak panas mendidih bekas menggoreng ikan,ayam atau tempe
.
CARA MEMBUAT :
1. Cuci bersih cabe dan bawang putih
2. Ulek cabe,bawang putih,gula,garam dan penyedap lalu siram dengan minyak panas mendidih secukupnya,aduk rata cek rasa.
3. Ambil tempe goreng lalu penyet bersama sambel,tambahkan pete goreng biar makin sedap

Resep Menu Sahur Hari 2: BAKMI GORENG KAMPUNG

Mie goreng kampung . . Bahan : 150 gr mie kuning (boleh ganti mie apa aja), rebus sbntr & tiriskan 1/2 bh tomat merah uk besar/ 1 bh tomat uk kecil, buang bijinya & potong” 2 batang seledri, iris 1-2 batang daun bwg, iris 1/2 lada bubuk 1/4 sdt pala bubuk Sayur kol seckpnya, iris” Sawi ijo seckpnya, potong” 2 butir telur ayam Kaldu bubuk seckpnya Minyak goreng seckpnya utk menumis . . Bumbu halus : 7-8 cabe merah keriting (sesuai selera) / boleh jg pake cabe giling sesuai selera 6 siung bwg putih 6 siung bwg merah Garam seckpnya . . Cara : 1. Panaskan minyak goreng seckpnya, tumis bumbu halus bersm lada & pala bubuk, aduk rata sampai tercium harum. 2. Masukan daun bwg, lalu masukan kol, aduk rata, masukan telur sambil sedikit di pinggirkan bumbu lain yg sdg di tumis, aduk” telur sampai matang, lalu masukan sawi ijo di lanjutkan dg memasukan mie, aduk semua sampai bumbu tercampur rata. 3. Lalu tmbhkn kaldu bubuk, cicipi, jika msh krg garam, tmbhkn lg garam, lalu masukan tomat iris. 4. Aduk” semua sebntr / sampai bumbu bnr” meresap & tercampur rata. 5. Matikn api kompor, lalu taburi dg seledri. 6. Mie goreng siap disajikan . . Note*boleh ditmbhkn topping ayam/ udang/bakso dll (sesuai selera) . . #homemade #homemadefood #doyancooking_ #doyanmasak #doyanmakan #reseprumahan #resepbihungoreng #bihungoreng #foodie #foodgram #foodporn #fooddiary #ck_gorengan #masakanindonesia #masakannusantara #indonesianfood #berbagiresep #resepmasakan #like4like #foodpictures #masakansimple #miegoreng #resepmiegoreng

A post shared by ?? ?????????? ?????????? (@cheche_kitchen) on

BAHAN:
150 gr mie kuning (boleh ganti mie apa aja), rebus sbntr & tiriskan
1/2 bh tomat merah uk besar/ 1 bh tomat uk kecil, buang bijinya & potong”
2 batang seledri, iris
1-2 batang daun bwg, iris
1/2 lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk
Sayur kol secukupnya, iris”
Sawi hijau secukupnya, potong”
2 butir telur ayam
Kaldu bubuk secukupnya
Minyak goreng secukupnya utk menumis

BUMBU YANG DIHALUSKAN
7-8 cabe merah keriting (sesuai selera) / boleh jg pake cabe giling sesuai selera
6 siung bwg putih
6 siung bwg merah
Garam seckpnya

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan minyak goreng seckpnya, tumis bumbu halus bersm lada & pala bubuk, aduk rata sampai tercium harum.
2. Masukan daun bwg, lalu masukan kol, aduk rata, masukan telur sambil sedikit di pinggirkan bumbu lain yg sdg di tumis, aduk” telur sampai matang, lalu masukan sawi ijo di lanjutkan dg memasukan mie, aduk semua sampai bumbu tercampur rata.
3. Lalu tmbhkn kaldu bubuk, cicipi, jika msh krg garam, tmbhkn lg garam, lalu masukan tomat iris.
4. Aduk” semua sebntr / sampai bumbu bnr” meresap & tercampur rata.
5. Matikn api kompor, lalu taburi dg seledri.
6. Mie goreng siap disajikan

Resep Menu Sahur Hari 3: TUMIS POKCOY BAWANG PUTIH

Assalamu'alaikum… Menu siang ini Tumis Pokcoy Bawang putih sm ikan goyengg yg ngak Pernah lupa biar ngak ditenggelamkan Bu Susi yo makk? ni hari ngak ngulek Lombok Gegara pesenan paksu ktny jgn masak yg pedes2?? tau aja bininya ngak bisa jauhh dari cobekan ya cinnn?yo wess tak Pela ngak ngulek tp diiris doang lomboke bt sorangann ngak dosakann #emakbandel??? Met siang Met maksi makk ?. . . . TUMIS POKCOY BAWANG PUTIH By. @almer_dzaky28 . . ?Bahan-bahan: 7 bonggol Pokcoy 6 bh bawang putih diiris tipis 2 sdm saus tiram Sejumput lada bubuk Garam dan gula secukupnya Air putih secukupnya Minyak goreng secukupnya. . ?Cara membuat: 1. Cuci bersih Pokcoy dan rebus sebentar angkat dan tiriskan lalu tata dipiring saji. 2. Beri 3 sdm minyak goreng diwajan bila sdh panas tumis bawang putih sampai kuning lalu beri air putih secukupnya.beri saus tiram,bubuk lada,garam dan gula secukupnya.aduk rata.koreksi rasa. 3. Tuang tumisan diatas sayur Pokcoy dan siap untuk dinikmati. Enjoy?. . . #tumispokcoybawangputih #resepalmer_dzaky28 #instafood #instalovers #foodmakers #foodlovers #foodstagram #berbagiresep #fotomasak #pecandumakanan #doyancooking

A post shared by @ almer_dzaky28 on

BAHAN:
7 bonggol Pokcoy
6 bh bawang putih diiris tipis
2 sdm saus tiram
Sejumput lada bubuk
Garam dan gula secukupnya
Air putih secukupnya
Minyak goreng secukupnya.

CARA MEMBUAT:
1. Cuci bersih Pokcoy dan rebus sebentar angkat dan tiriskan lalu tata dipiring saji.
2. Beri 3 sdm minyak goreng diwajan bila sdh panas tumis bawang putih sampai kuning lalu beri air putih secukupnya.beri saus tiram,bubuk lada,garam dan gula secukupnya.aduk rata.koreksi rasa.
3. Tuang tumisan diatas sayur Pokcoy dan siap untuk dinikmati.

Resep Menu Sahur Hari 4: TUMIS BUNCIS UDANG

Masak ini aja, kaya di warteg2 gituloohh ? Tumis Buncis Udang ala Warteg By. @firstialdiyat Bahan : 250 gram Buncis *bersihkan, iris menyerong 2 buah Wortel Iris menyerong 150 gram Udang *buang kepala Haluskan : 8 buah Cabai Merah 5 siung Bawang Merah 2 siung Bawang Putih 2 buah Kemiri 1 ruas Lengkuas, memarkan 1 lembar daun salam 1/2 sdt Gula Pasir 1/2 sdt kaldu bubuk 1/2 sdt Saus Tiram Garam, secukupnya Minyak goreng utk menumis Air, secukupnya Cara Membuat : 1. Panaskan minyak di wajan. Tumis bumbu yg di haluskan, lengkuas dan daun salam sampai matang dan harum. 2. Masukan udang, aduk rata sampai udang berubah warna. Masukan wortel dan air. Masak 1/2 matang. 3. Masukan buncis, Gula pasir, kaldu bubuk dan garam. Masak sampai matang. Tes rasa. Sajikan. #tumisbuncis #tumisbunciswortel #tumisbuncisudang #buncisudangwarteg #firstiakitchen #firstiakitchen_buncisudang #masakanaum #berbagiresep

A post shared by Firstia Kitchen ? (@firstialdiyat) on

BAHAN:
250 gram Buncis bersihkan, iris menyerong
2 buah Wortel, iris menyerong
150 gram Udang, buang kepala, bersihkan

BUMBU DIHALUSKAN:
8 buah Cabai Merah
5 siung Bawang Merah
2 siung Bawang Putih
2 buah Kemiri

1 ruas Lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam

1/2 sdt Gula Pasir
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt Saus Tiram
Garam, secukupnya
Minyak goreng utk menumis
Air, secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan minyak di wajan. Tumis bumbu yg di haluskan, lengkuas dan daun salam sampai matang dan harum.
2. Masukan udang, aduk rata sampai udang berubah warna. Masukan wortel dan air. Masak 1/2 matang.
3. Masukan buncis, Gula pasir, kaldu bubuk dan garam. Masak sampai matang. Tes rasa. Sajikan.

Resep Menu Sahur Hari 5: BEEF TERIYAKI

Siapa yang sama hobi makan teriyaki? Hehehe sering banget beli beef teriyaki atau chicken teriyaki kalau lagi makan di japanase food gituuu ? Kayaknya susah ya masak kayak gitu ternyata gampang ??? Bahannya 1. Daging sapi 1 kg diiris kecil2 kalo aku .. soalnya aku ga bs iris tipis ? 2. 1 buah paprika hijau potong kasar 3. 1 bawang bombay iris kasar 4. 4 bawang putih cincang halus 5. 1 sdm lada putih bubuk 6. 1 sdm merica bubuk 7. Wijen sangrai secukupnya 8. 1 sdm kecap asin 9. 1 bungkus saos teriyaki yang sachet 10. Garam secukupnya 11. Gula secukupnya 12. 1 sdm kecap manis 13. Air secukupnya 14. Mentega secukupnya 15. Tepung maizena sedikit yang dilarutankan dl dengan air panas 16. Jeruk nipis 17. Jahe geprek 1 jari 18. Penyedap secukupnya 19. Kaldu sapi Cara memasaknya : 1. Iris daging dan beri perasan jeruk diamkan 15 menit… rebus daging sampai halus dengan jahe geprek 2. Panaskan mentega…Tumis bawang bombay bawang putih sampai harum… tambahkan paprika… masukan dagingnya… tambahkan garam, gula, penyedap dan kaldu sapi.. tambahkan air dibolak balik… tambahkan saos teriyaki kecap asin kecap manis.. aduk bolak balik….tambahkan lada putih dan merica… aduk lagi 3. Tambahkan maizena yang sudah dilarutkan…diaduk bolak balik…sampai mendidih dan air agak surut…koreksi rasanyaaaa… 4. Siap dihidangkan dan ditambah taburan wijen sangrai…. Selamat makan siaaaang selamat mencoba ??? #berbagiresep #reseprumahan #resephomemade #beefteriyaki #doyanmasak #doyancooking

A post shared by dalluky (@dallukurnia) on

BAHAN:
1. Daging sapi 1 kg diiris kecil2 atau iris tipis
2. 1 buah paprika hijau potong kasar
3. 1 bawang bombay iris kasar
4. 4 bawang putih cincang halus
5. 1 sdm lada putih bubuk
6. 1 sdm merica bubuk
7. Wijen sangrai secukupnya
8. 1 sdm kecap asin
9. 1 bungkus saos teriyaki yang sachet
10. Garam secukupnya
11. Gula secukupnya
12. 1 sdm kecap manis
13. Air secukupnya
14. Mentega secukupnya
15. Tepung maizena sedikit yang dilarutankan dl dengan air panas
16. Jeruk nipis
17. Jahe geprek 1 jari
18. Penyedap secukupnya
19. Kaldu sapi

CARA MEMBUAT:
1. Iris daging dan beri perasan jeruk diamkan 15 menit… rebus daging sampai halus dengan jahe geprek
2. Panaskan mentega…Tumis bawang bombay bawang putih sampai harum… tambahkan paprika… masukan dagingnya… tambahkan garam, gula, penyedap dan kaldu sapi.. tambahkan air dibolak balik… tambahkan saos teriyaki kecap asin kecap manis.. aduk bolak balik….tambahkan lada putih dan merica… aduk lagi
3. Tambahkan maizena yang sudah dilarutkan…diaduk bolak balik…sampai mendidih dan air agak surut…koreksi rasanyaaaa…
4. Siap dihidangkan dan ditambah taburan wijen sangrai

Resep Menu Sahur Hari 6: TEMPE SAUS TIRAM

Ada setengah papan tempe, bingung mau di apain. Awal nya mau di bikin sate tempe bumbu jg asal selewat di pikiran aja, ehh pas di icip kuah nya koq enakk ywdh ga jd di buat sate lgsg makan begini aja ?? kalo mau di buat pedes jg enak yaa tinggal tambahin cabai rawit, biasa mama ngalah biar dylan bisa ikut makan ?? cuss @berbagiresep . . Tempe Saus Tiram By :@yoanitasavit Bahan : 1/2 papan tempe, potong dadu 1 lembar daun salam 2 sdm kecap manis 1 1/2 sdm saus tiram 1 sdt madu 2 sdm saus tomat Garam secukupnya Air secukupnya 1/2 sdt air perasan jeruk limau Bumbu halus 3 buah cabai merah, buang biji 4 siung bwg putih 4 siung bwg merah Cara buat : 1. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Masukan tempe aduk rata lalu tambahkan air secukupnya 2. Masukan semua saus dan kecap masak hingga bumbu meresep dan air agak mengental. Cicipi rasa 3. Masukan air perasan jeruk limau, aduk rata. Matikan api. Sajikan #tempe #tempesaustiram #berbagiresep #kumpulanresepmasak #resepmommies #dapurresep #shareresep #sharingresep #doyancooking #doyanmasak #hobimasak #idebekal #reseproemahan #idemasak #instafood #fotomasak #homecooking #mykitchen #foodgalery #likeforlike #menusimple #sukamasak #guniezzt #foodies #food #homecooked #foodstyling #foodphotography

A post shared by Yoanita Savitri (@yoanitasavit) on

BAHAN:
1/2 papan tempe, potong dadu
1 lembar daun salam
2 sdm kecap manis
1 1/2 sdm saus tiram
1 sdt madu
2 sdm saus tomat
Garam secukupnya
Air secukupnya
1/2 sdt air perasan jeruk limau

BUMBU DIHALUSKAN:
3 buah cabai merah, buang biji
4 siung bwg putih
4 siung bwg merah

CARA MEMBUAT:
1. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Masukan tempe aduk rata lalu tambahkan air secukupnya
2. Masukan semua saus dan kecap masak hingga bumbu meresep dan air agak mengental. Cicipi rasa
3. Masukan air perasan jeruk limau, aduk rata. Matikan api. Sajikan

Resep Menu Sahur Hari 7:  TUMIS BUNCIS TERI PEDAS

Regrann from @yoanitasavit – Favorit deh sama sayur 1 ini.. tambah teri dan di buat pedes.. nikmatt ?? . . Tumis Buncis Teri Pedas By : @yoanitasavit Bahan : 200 gram buncis, iris serong 2 sdm ikan teri, goreng 4 siung bwg putih, cincang 1/2 buah bwg bombay, iris Cabai sesuai selera, iris Gula, kaldu bubuk secukupnya Cara buat : 1. Tumis bwg dan cabai hingga harum 2. Masukan buncis aduk rata dan beri air sedikit 3. Masukan ikan teri lalu beri gula dan kaldu bubuk secukupnya masak hingga buncis matang. Cicipi rasa. Sajikan #buncis #tumisbuncisteri#berbagiresep #kumpulanresepmasak #resepmommies #dapurresep #shareresep #sharingresep #doyancooking #doyanmasak #hobimasak #idebekal #reseproemahan #idemasak #instafood #fotomasak #homecooking #mykitchen #foodgalery #likeforlike #menusimple #sukamasak #guniezzt #foodies #food #homecooked #foodstyling #foodphotography

A post shared by dapur sehat (@eka_camelia2018) on

BAHAN:
200 gram buncis, iris serong
2 sdm ikan teri, goreng
4 siung bwg putih, cincang
1/2 buah bwg bombay, iris
Cabai sesuai selera, iris
Gula, kaldu bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT
1. Tumis bwg dan cabai hingga harum
2. Masukan buncis aduk rata dan beri air sedikit
3. Masukan ikan teri lalu beri gula dan kaldu bubuk secukupnya masak hingga buncis matang. Cicipi rasa. Sajikan

Resep Menu Sahur Hari 8: SPAGHETTI CARBONARA IN A MINUTE

Assalamualaikum mommies ?… Malem-malem kelaparan, dan kepingin banget spaghetti daaann langsung cuss… bikin deh ?. ?SPAGHETTI CARBONARA KILAT? Bahan: . 1/2 bungkus spaghetti . 50 ml susu cair putih . 1/4 kotak keju cheddar, parut . 2 buah sosis, potong kecil-kecil . Secukupnya merica . Secukupnya garam . 2 sdm mentega Cara: 1. Rebus spaghetti, hingga al dente. Tiriskan. Beri sedikit minyak. 2. Siapkan wajan/pendadaran. Masukkan mentega, kemudian bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga harum, dan bawang layu. Masukkan sosis yang sudah dipotong kecil-kecil. 3. Masukkan susu, kemudian spaghetti. Beri keju parut. Aduk-aduk hingga keju leleh dan cairan susu mengental. Matikan api. 4. Sajikan ??. #resepmasakan#resepyummy#reseprumahan#berbagiresep#berbagimasakan#doyancooking

A post shared by dapurmamavira (@dapurmamavira) on

BAHAN:
1/2 bungkus spaghetti
. 50 ml susu cair putih
. 1/4 kotak keju cheddar, parut
. 2 buah sosis, potong kecil-kecil
. Secukupnya merica
. Secukupnya garam
. 2 sdm mentega

CARA MEMBUAT:
1. Rebus spaghetti, hingga al dente. Tiriskan. Beri sedikit minyak.
2. Siapkan wajan/pendadaran. Masukkan mentega, kemudian bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga harum, dan bawang layu. Masukkan sosis yang sudah dipotong kecil-kecil.
3. Masukkan susu, kemudian spaghetti. Beri keju parut. Aduk-aduk hingga keju leleh dan cairan susu mengental. Matikan api.
4. Sajikan

Resep Menu Sahur Hari 9: BAKSO SAUS TERIYAKI

Menu simple yg cocok banget buat anak anak ?? . BAKSO SAUS TERIYAKI by @dewi.yuliana23 . BAHAN : Bakso sapi secukupnya seperti digambar, kerat2 (kalau mau mekar hasil keratanny bisa direbus dl sebentar) 2 siung bawang putih keprek/iris tipis 1/2 buah bawang bombay iris kasar 1 buah cabe merah besar buang biji iris2 Kaldu jamur dan merica bubuk secukupny 100-200 ml air/secukupnya 1 sdt tepung maizena yg dilarutkan dng sdkit air Margarin/mentega untuk menumis . SAUS : (campur jd satu) 4-5 sdm saus teriyaki 1 sdm kecap manis 1 sdm saus tomat 1 sdm saus tiram . CARA MEMBUAT : 1. Panaskan margarin tumis baput hingga wangi, masukkan bawang bombay dan irisan cabe tumis sampai layu 2. Masukkan campuran saus dan bakso aduk rata lalu tambahkan air, didihkan, bumbui dng kaldu jamur dan merica sesuai selera 3. Cek rasa, kalau sdh pas tuang larutan maizena untuk mengentalkan 4. Angkat sajikan dng taburan wijen . #baksosausteriyaki #bakso #resepbakso #sausteriyaki #teriyakisauce #meatballs #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #resepindonesia #indonesianfood #yummyfood #yumyum #foodpic #foodporn #foodphotography #homemade #homecooking #lezatnikmat #hobimasak #marimasak #instafood #indonesianfood #simpleresep #olahanbakso #fotomakanan #fotomasak

A post shared by Dewi yuliana (@dewi.yuliana23) on

BAHAN :
Bakso sapi secukupnya seperti digambar, kerat2 (kalau mau mekar hasil keratanny bisa direbus dl sebentar)
2 siung bawang putih keprek/iris tipis
1/2 buah bawang bombay iris kasar
1 buah cabe merah besar buang biji iris2
Kaldu jamur dan merica bubuk secukupny
100-200 ml air/secukupnya
1 sdt tepung maizena yg dilarutkan dng sdkit air
Margarin/mentega untuk menumis .

SAUS : (campur jd satu)
4-5 sdm saus teriyaki
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram .

CARA MEMBUAT :
1. Panaskan margarin tumis baput hingga wangi, masukkan bawang bombay dan irisan cabe tumis sampai layu
2. Masukkan campuran saus dan bakso aduk rata lalu tambahkan air, didihkan, bumbui dng kaldu jamur dan merica sesuai selera
3. Cek rasa, kalau sdh pas tuang larutan maizena untuk mengentalkan
4. Angkat sajikan dng taburan wijen .

Resep Menu Sahur Hari 10: POKCOY SIRAM UDANG

Permiooosss makan sehat mau lewaat… mari beri jalaan.. ? *swipe untuk tutorial yeess POKCOI SIRAM UDANG Bahan : 3 bonggol pokcoi 3 tahu putih potong kotak Udang besar Irisan Daun Bawang Sedikit air dicampur dengan tep.maizena untuk pengental Terasi bubuk Merica bubuk Garam Gula pasir Saos tiram Kecap ikan Kecap asin Bumbu iris : 3 baw.putih 1/2 baw.bombay besar 1 tomat kecil 2 cabai merah 1 rawit merah Caranya : -rebus pokcoi di air mendidih 1 menit saja, angkat, susun dipiring saji, sisihkan -tumis semua bumbu iris dan beri merica, garam, gula juga saos tiram, kecap asin, kecap ikan dan terasi bubuk -masukkan udang dan tahu (saya tahu mentah, tanpa digoreng dulu) -beri air sedikit lalu masak hingga matang -siram ke atas pokcoy yg sudah ditata dan taburi daun bawang, siap sajikan #pokcai #pokcoi #pokcaitumis #tumispokcai #tumispokcoi #tumispokcoibasotahu #tumisan #vegetables #freshpokcai #reseptumispokcoi #reseppokcaitumis #freshvegetables #pokcoitumisudang #pokcaitahu #pokcoisiram #doyanmasak #doyancooking #yukbelajarmasak #resepsimple #bumbuiris #resepgampang #shareresep #berbagiresep #lunch #foodphotography #demenresep #idemasak #food #genkbumbuirispokcoi

A post shared by Fanny Ummu Raisa dan Kiandra (@seto_beri) on

BAHAN:
3 bonggol pokcoi
3 tahu putih potong kotak
Udang besar
Irisan Daun Bawang
Sedikit air dicampur dengan tep.maizena untuk pengental
Terasi bubuk
Merica bubuk
Garam
Gula pasir
Saos tiram
Kecap ikan
Kecap asin

BUMBU YANG DIIRIS:
3 bawang putih
1/2 bawang bombay besar
1 tomat kecil
2 cabai merah
1 rawit merah

CARA MEMBUAT:
-rebus pokcoi di air mendidih 1 menit saja, angkat, susun dipiring saji, sisihkan
-tumis semua bumbu iris dan beri merica, garam, gula juga saos tiram, kecap asin, kecap ikan dan terasi bubuk
-masukkan udang dan tahu (saya tahu mentah, tanpa digoreng dulu)
-beri air sedikit lalu masak hingga matang
-siram ke atas pokcoy yg sudah ditata dan taburi daun bawang, siap sajikan

Resep Menu Sahur Hari 11: AYAM PEDAS BUMBU KOREA

KOREAN CHICKEN SPICY ala @dewi.yuliana23 . terinspirasi jajanan waktu libur kemaren, "korean chicken spicy" (fillet ayam goreng pedas yg disajikan dng nasi dan telor ceplok), anak saya suka bngt, saya jg sih ?, ayam goreng ala2 korea gitu, cuman yg ini pake fillet dada ayam yg dipotong kecil, pake wingsny jg ok. trus untuk gochujangny (pasta cabe korea) karna ga ada, jd dibuat bumbu penggantiny/ kw nya ?, dng bahan2 yg ada didapur aja, rasanya ga kalah sm yg dibeli waktu itu 11-12 lah ? yg jelas enak dan anak saya syuka?(resep di adaptasi dr berbagai sumber dng modifikasi sendiri) . BAHAN : -+400 gram dada ayam tanpa tulang, potong kotak, bumbui dng perasan air jeruk nipis, garam, kaldu jamur, merica, sdkt cabe bubuk, sisihkan Tepung pelapis (campur jd satu) : 100 gram tepung bumbu serbaguna 50 gram tepung terigu 50 gram tepung beras 1/2 sdt baking powder 1/2 sdt bwng putih bubuk Sdkit merica bubuk . SAUS : 1 sdm minyak goreng + 1 sdt minyak wijen 4 siung bawang putih cincang halus 2 sdm gochujang (2 sdm tepung ketan + 2 sdm air panas, aduk + 2 sdm bubuk cabe + 1,5 sdm kecap asin + 1 sdm gula, aduk hingga rata) 2 sdm saus tomat 1-2 sdt gula 1 sdt cuka Sdkit kaldu jamur/sesuai selera 200 ml air . CARA MEMBUAT : 1. Campurkan potongan ayam ke tepung pelapis lalu goreng hingga kecoklatan/matang, sisihkan 2. Buat saus, tumis bwng putih sampai wangi, masukkan gochujang dan saos tomat aduk rata beri air, gula, kaldu jamur aduk rata dan masak sampai agak mengental (cek rasa sesuaikan selera) terakhir tambahkan cuka, matikan api lalu masukkan ayam goreng aduk sampai ayam terbalut saus 3. Angkat sajikan dng taburan wijen dan daun bawang . . #koreanchickenspicy #ayamgorengkorea #yangyeomtongdak #spicychicken #koreanfriedchicken #yummyfood #instafood #fotomasak #doyanmakan #koreanfood #cullinary #homecooking #resepayamgorengkorea #resepspicychicken #delicius #yumyum #nomnom #yummy #doyancooking #guniezzt #marimasak #doyanmasak

A post shared by Dewi yuliana (@dewi.yuliana23) on

BAHAN :
-+400 gram dada ayam tanpa tulang, potong kotak, bumbui dng perasan air jeruk nipis, garam, kaldu jamur, merica, sdkt cabe bubuk, sisihkan

Tepung pelapis (campur jd satu) :
100 gram tepung bumbu serbaguna
50 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt bwng putih bubuk
Sdkit merica bubuk .

SAUS :
1 sdm minyak goreng + 1 sdt minyak wijen
4 siung bawang putih cincang halus
2 sdm gochujang (2 sdm tepung ketan + 2 sdm air panas, aduk + 2 sdm bubuk cabe + 1,5 sdm kecap asin + 1 sdm gula, aduk hingga rata)
2 sdm saus tomat
1-2 sdt gula
1 sdt cuka
Sdkit kaldu jamur/sesuai selera
200 ml air .

CARA MEMBUAT :
1. Campurkan potongan ayam ke tepung pelapis lalu goreng hingga kecoklatan/matang, sisihkan
2. Buat saus, tumis bwng putih sampai wangi, masukkan gochujang dan saos tomat aduk rata beri air, gula, kaldu jamur aduk rata dan masak sampai agak mengental (cek rasa sesuaikan selera) terakhir tambahkan cuka, matikan api lalu masukkan ayam goreng aduk sampai ayam terbalut saus
3. Angkat sajikan dng taburan wijen dan daun bawang

Resep Menu Sahur Hari 12: SOP AYAM

. Assallamualaikum… Sop Ayam Kampung Untuk Teman Bersantap Hari ini,Pake ayam kampung muda biar kuahnyaa gurih dan sedapp berpadu dengan bumbunya… Sajikan dengan nasi hangat alhamdulilah enaknyaaa….? . SOP AYAM KAMPUNG . BAHAN : 1 ekor ayam kampung muda potong 10 bagian 1.5 liter air/secukupnya Irisan Wortel Secukupnya Kentang goreng dipotong dadu secukupnya Daun Seledri secukupnya 2 batang Daun bawang Garam,Gulapasir secukupnya 1 blog kaldu ayam maggi . BUMBU HALUS : . 10 siung bawang merah 5 siung bawang putih yang digoreng tipis kering 1/2 jempol jahe 1 sdt merica bubuk 1/2 sdt pala bubuk Tambahkan: 3 cm kayu manis 1 buah pekak 1 buah kapulaga 1 sdm margarin+1 sdm minyak goreng untuk menumis pelengkap : Nasi,Soun,Telur rebus,Sambel,jeruk nipis dan bawang goreng . CARA MEMBUAT : 1.masukan potongan ayam yang sudah dibersihkan kedalam panci lalu beri air dan rebus hingga empuk,beri secukupnya garam. 2.tumis bumbu halus bersama kayumanis,pekak dan kapulaga hingga wangi,lalu masukan kedalam kuah yang berisi potongan ayam,masukan juga potongan daun seledri+daun bawang,cek rasa garam,gula dan kaldu bubuknya,didihkan sebentar lalu matikan kompor. 3.rebus terpisah potongan wortel,sisihkan. 4.goreng potongan kentang. 5.penyajian : dalam mangkok beri soun,irisan wortel,kentang goreng lalu siram dengan kuah sop beserta potongan ayam taburi bawang goreng,silahkan diberi sambel + jeruk nipis biar semakin segar,sajikan sop ayam dengan nasi hangat ? . #sopayamkampung #sopayam #supayam #nasisop #sopbanjar #homemadefood #foodphotography #fotomasak #bisabikin #marimasak #berbagiresep #kulinersamarinda #soup

A post shared by HAY (@hanhanny) on

BAHAN :
1 ekor ayam kampung muda potong 10 bagian
1.5 liter air/secukupnya
Irisan Wortel Secukupnya
Kentang goreng dipotong dadu secukupnya
Daun Seledri secukupnya
2 batang Daun bawang
Garam,Gulapasir secukupnya
1 blok kaldu ayam maggi

BUMBU DIHALUSKAN:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih yang digoreng tipis kering
1/2 jempol jahe
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
Tambahkan:
3 cm kayu manis
1 buah pekak
1 buah kapulaga
1 sdm margarin+1 sdm minyak goreng untuk menumis
pelengkap : Nasi,Soun,Telur rebus,Sambel,jeruk nipis dan bawang goreng .

CARA MEMBUAT :
1.masukan potongan ayam yang sudah dibersihkan kedalam panci lalu beri air dan rebus hingga empuk,beri secukupnya garam.
2.tumis bumbu halus bersama kayumanis,pekak dan kapulaga hingga wangi,lalu masukan kedalam kuah yang berisi potongan ayam,masukan juga potongan daun seledri+daun bawang,cek rasa garam,gula dan kaldu bubuknya,didihkan sebentar lalu matikan kompor.
3.rebus terpisah potongan wortel,sisihkan.
4.goreng potongan kentang.
5.penyajian : dalam mangkok beri soun,irisan wortel,kentang goreng lalu siram dengan kuah sop beserta potongan ayam taburi bawang goreng,silahkan diberi sambel + jeruk nipis biar semakin segar,sajikan sop ayam dengan nasi hangat

Resep Menu Sahur Hari 13: OSENG-OSENG JAGUNG

Oseng oseng Jagung Manis&Kacang Panjang Masakan jawa yg rasanya manis, ada sedikit (light) rasa asam untuk bikin segar krn pake air asam jawa. Dan tentu pedas (optional, bs disesuaikan level kepedasannya sesuai selera masing2 org) juga krn pakai irisan cabe rawit orange. Harusnya banyakan kacang panjangnya dibanding jagungnya?, tapi berhubung stock kacang panjang saya tinggal dikit, itu pun stock lama di kulkas?, jadinya pakai jagung manisnya dibanyakin. 2 jagung manis, dipipil Kacang panjang, dipotek sekitar 4 cm Bumbu: Laos , digeprek Daun salam 2 lembar Asam jawa 3-4 mata direndam air minum 100 ml. Gula 1 sdt Garam 1/2 sdt Kecap asin 1/2 sdt Kecap manis 1 Sdm (kalau suka), saya gak pake, krn jagung manis sdh manis dan sudah pakai sedikit gula. Klo prt saya biasanya tambahin lagi kecap manis krn doyan manis. Lada halus 1/2 sdt Bawang putih , iris Bawang merah, iris Cabe rawit setan/orange, iris serong Tumis bawang putih, bawang merah sampai harum, lalu masukan laos ,cabe rawit dan daun salam. Tumis lagi. Masukan jagung manis dan kcg panjang, aduk sbntr, tambahkan air asam, masukan garam, kecap asin, kecap manis, lada, aduk aduk, koreksi rasa. Aduk sampai asat. Matikan api. #masakanjawa #masakanrumahan #resepsimple #resepmasakan #berbagiresep #olahanjagung #sweetcorn #sautedveggies #longbeans #osengosengkacangpanjang #osengosengjagung #homecooked #homecooking

A post shared by Meity (TISSA GROUP OWNER) (@tissacake) on

BAHAN:
2 jagung manis, dipipil
Kacang panjang, dipotek sekitar 4 cm
Bumbu:
Laos , digeprek
Daun salam 2 lembar
Asam jawa 3-4 mata direndam air minum 100 ml.
Gula 1 sdt
Garam 1/2 sdt
Kecap asin 1/2 sdt
Kecap manis 1
Sdm (kalau suka), saya gak pake, krn jagung manis sdh manis dan sudah pakai sedikit gula. Klo prt saya biasanya tambahin lagi kecap manis krn doyan manis.
Lada halus 1/2 sdt
Bawang putih , iris
Bawang merah, iris
Cabe rawit setan/orange, iris serong

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih, bawang merah sampai harum, lalu masukan laos ,cabe rawit dan daun salam. Tumis lagi.
Masukan jagung manis dan kcg panjang, aduk sbntr, tambahkan air asam, masukan garam, kecap asin, kecap manis, lada, aduk aduk, koreksi rasa. Aduk sampai asat. Matikan api.

Resep Menu Sahur Hari 14: NASI GORENG OMURICE

104/366 : CHICKEN SAUSAGE OMURICE ?? Sarapan agak berat karena ada nasi sisa semalem. Ternyata enakkk ini ya.. Lupaaa resep dari siapa.. Cuma ingetin aja cara2 bikinnya.. ?? . Sejarah Asal Mula OMURICE Namanya berasal dari kata "Omelete" dan "Rice". Omelet Nasi atau yg biasa orang Jepang kenal dengan sebutan "Omurice (????? omurais?)" adalah makanan jepang berupa nasi putih digoreng dengan saus tomat dan dibungkus oleh selimut yang terbuat dari telur goreng omelet. . . CHICKEN SAUSAGE OMURICE Bahan : 1 mangkok nasi 1 bh sosis, iris (bisa diganti daging lain) Fillet ayam secukupnya, potong kotak (bisa diganti daging lain) 1 siung bawang putih, iris 1 siung bawang merah, iris 1 sdm bawang bombay, iris 3/4 sdt kecap inggris 1 sdm saos tomat Garam dan merica secukupnya 2 sdm eloo 2 butir telur kocok lepas Cara Membuat : 1. Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay dengan eloo hingga harum. 2. Masukkan sosis dan ayam. Tumis hingga berubah warna. 3. Tuang nasi dan beri bumbu kecap inggris, saos tomat, garam dan merica. Aduk rata. Koreksi rasa. Angkat dan sisihkan. 4. Di pan lain, panaskan eloo. Tuang kocokan telur. Ratakan hingga merata terkena seluruh permukaan pan. Angkat. 5. Bungkus nasi dengan telur dadar tadi. Beri saos tomat di atasnya sebagai pelengkap. #venanziorussel #dapurmacan #resepdapurmacan #resepmakanan #resepmasakan #resepyummy #resepmpasi #mpasi #mpasihomemade #resepomurice #homemade #homecooking #fotomasak #freshfrommykitchen #frommykitchen #cookingmama #cookingwithlove #foodlover #foodoftheday #foodlicious #foodphotography #foodie #foodstagram #instafood #igfoodie #fotomasak #doyanmasak #doyancooking #omurice #yummy #vicihomemade

A post shared by Vici Phanduwinata (@vici_phanduwinata) on

BAHAN:
300 gr nasi
150 gr dada ayam tanpa tulang, potong dadu kecil
1/2 buah bawang bombay ukuran besar, cincang kasar
1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil
15 gr margarin
2 sdm saus tomat
Garam dan merica secukupnya
4 butir telur
sedikit minyak untuk mendadar telur
Saus tomat untuk topping atas omurice

CARA MEMBUAT:
1) Panaskan margarin. Masukkan ayam, tumis hingga ayam berwarna putih.
2) Masukkan bawang bombay dan wortel. Masak hingga bawang layu.
3) Masukkan saus tomat, aduk rata.
4) Masukkan nasi, aduk rata. Kemudian beri garam dan merica secukupnya. Test rasa dalam memberi garam dan merica. 5) Matikan api, sisihkan.
6) Kocok 2 butir telur dalam mangkok. Dadar di atas teflon yang sudah diberi sedikit minyak. Orak-arik tengah telur sebelum telur matang setengah matang.
7) Jika sudah setengah matang. Matikan api. Taruh setengah nasi di atasnya. Lipat ke tengah pinggiran telur dadar.
8) Pinggirkan omurice ke pinggir wajan dadar.
9) Tangkupkan piring di atas omurice.
10) Balikkan. Lalu tata dan rampingkan omurice ke tengah piring. Beri saus tomat di atasnya.

Resep Menu Sahur Hari 15: CAPCAY SAYUR

Mumpung stok sayur lagi lengkap di kulkas ? akhirnya bikin ini lagi, lama ga bikin capcay begini. . Bonus tebakan : bikin capcay tuh yang lama apa nya? ? A. Nyiapin sayuran nya. B. Masaknya. —- •Capcay Sayur• —- Bahan : Sayuran, optional yah (wortel, jamur, jagung muda, bunga kol, sawi putih, sawi hijau) potong-potong. Bakso, iris tipis. 3 buah daun bawang, iris. 4 siung bawang putih, cincang. 1 buah bawang bombay, cincang. 1 sdt kecap asin. 2 sdm saus tomat. 1 sdt saus tiram. 1 sdt raja rasa. 1 sdt minyak ikan. 1/2 sdt kaldu bubuk. Gula garam dan merica secukupnya. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air. 300 ml air atau secukupnya. —- Cara : 1. Panaskan minyak. Tumis bakso, bawang bombay, putih dan daun bawang. Masukan air, dan semua bumbu. Koreksi rasa. 2. Jika sudah pas, masukan sayuran. Aduk dengan api besar. Terakhir masukan larutan tepung maizena. Tunggu hingga mendidih, sajikan. —- #diandidapur

A post shared by D I A N A Y U (@dianayupuspitasari) on

BAHAN:
Sayuran, optional yah (wortel, jamur, jagung muda, bunga kol, sawi putih, sawi hijau) potong-potong.
Bakso, iris tipis.
3 buah daun bawang, iris.
4 siung bawang putih, cincang.
1 buah bawang bombay, cincang.
1 sdt kecap asin.
2 sdm saus tomat.
1 sdt saus tiram.
1 sdt raja rasa.
1 sdt minyak ikan.
1/2 sdt kaldu bubuk.
Gula garam dan merica secukupnya.
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
300 ml air atau secukupnya.
—-
CARA MEMBUAT:
1. Panaskan minyak. Tumis bakso, bawang bombay, putih dan daun bawang. Masukan air, dan semua bumbu. Koreksi rasa.
2. Jika sudah pas, masukan sayuran. Aduk dengan api besar. Terakhir masukan larutan tepung maizena. Tunggu hingga mendidih, sajikan.

Resep Menu Sahur Hari 16: TUMIS TEMPE PEDAS MANIS

__________ Kelarr didapur…santee nunggu bedug magrib ? Ada Tempe Yang dibikin gampil cepat ngga pake lama,siap ditemani nasi hangat dan lauk sederhana ? . TUMIS TEMPE PEDAS MANIS . BAHAN : . 300 gr tempe potong dadu kecil Sedikit air 1 sdm gulamerah 1/2 sdt gulapasir 2 sdm air asam jawa Kecap manis sesuai selera Minyak utk menumis secukupnya. Garam dan kaldu bubuk secukupnya. . BUMBU HALUS : 4 siung bawang merah 4 siung bawang putih 2 buah cabe merah keriting 15 buah cabe rawit merah atau sesuai selera 1 sdt ketumbar butiran. 1/2 sdt merica bubuk . CARA MEMBUAT : 1.Goreng tempe setengah matang,tiriskan. 2.Tumis bumbu halus sampai harum,masukan tempe tuangi sedikit air agar tempe basah meresap,beri air asam jawa, gula garam,kaldu bubuk serta kecap manis,aduk rata dan masak hingga matang meresap. 3.siap disantap & disajikan ? . @roycoindonesia #RoycoShareAmeal #tempe #olahantempe #tumistempe #tempepedas #tempepedasmanis #homemadefood #foodphotography #sajiansedap #berbagiresep #fotomasak #bukapuasa #uploadkompakan #reseprumahan

A post shared by HAY (@hanhanny) on

BAHAN :
300 gr tempe potong dadu kecil
Sedikit air
1 sdm gulamerah
1/2 sdt gulapasir
2 sdm air asam jawa
Kecap manis sesuai selera
Minyak utk menumis secukupnya.
Garam dan kaldu bubuk secukupnya.
.
BUMBU DIHALUSKAN :
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabe merah keriting
15 buah cabe rawit merah atau sesuai selera
1 sdt ketumbar butiran.
1/2 sdt merica bubuk
.
CARA MEMBUAT :
1.Goreng tempe setengah matang,tiriskan.
2.Tumis bumbu halus sampai harum,masukan tempe tuangi sedikit air agar tempe basah meresap,beri air asam jawa, gula garam,kaldu bubuk serta kecap manis,aduk rata dan masak hingga matang meresap.
3.siap disantap & disajikan

Resep Menu Sahur Hari 17: SAMBAL GORENG CUMI ASIN

BAHAN:
Cumi asin secukupnya
15 bh cabe merah kriting
5 bh cabe rawit setan
7 siung bwang merah
3 siung bawang putih
1 bh tomat uk kecil
Garam, gula secukupnya

CARA MEMBUAT:
Rebus cumi sampai empuk, sisihkan.
Sangrai semua bahan lalu ulek kasar.
Goreng sambal yg sdh di ulek, masukan cumi, garam, gula dan merica. Aduk rata.

Resep Menu Sahur Hari 18: TAHU SUTRA SAUS TELUR ASIN

Kebayang" terus sama tofu telur asinnya d'cost…. Mumpung ada semua bahannya, jd gak pake lama langsung eksekusi.. . . Tahu Telur saus Telur Asin Bahan : 2 bh telur asin (ambil kuningnya & sedikit putihnya) 1 bgks Tahu jepang/tahu telur (potong") 5 sdm tepung serbaguna 1 btang daun bawang, cincang 1 siung bwang putih Secukupnya air, merica . . Cara : Balurkan tahu telur kedalam tepung serbaguna lalu goreng. Tiriskan. Hancurkan telur asin hingga halus, encerkan dg sedikit air. Tambahan merica. Tumis bawang putih hingga harum, masukan adonan telur asin, aduk rata masukan daun bawang & tahu telur. Aduk hingga agak mengental. Aduk pelan, supaya tahu tdk pecah. Boleh ditambahkan garam. (Sy gak pake karena rasa sudah asin) . . . . #tahutelur #tofutelurasin #tofu #resepyummy #resepsimple #doyanmasak #doyancooking #doyanmasak #reseprumah #resep_roemah #shareresep #berbagiresep #food #foodporn #homemade #homecook

A post shared by Risma Kamilah (@dapurnyarismaa) on

BAHAN:
2 bh telur asin (ambil kuningnya & sedikit putihnya)
1 bgks Tahu jepang/tahu telur (potong”)
5 sdm tepung serbaguna
1 btang daun bawang, cincang
1 siung bwang putih
Secukupnya air, merica

CARA MEMBUAT:
Balurkan tahu telur ke dalam tepung serbaguna lalu goreng. Tiriskan.
Hancurkan telur asin hingga halus, encerkan dg sedikit air. Tambahan merica.
Tumis bawang putih hingga harum, masukan adonan telur asin, aduk rata masukan daun bawang & tahu telur. Aduk hingga agak mengental.
Aduk pelan, supaya tahu tdk pecah.
Boleh ditambahkan garam.

Resep Menu Sahur Hari 19: CUMI SAUS PADANG

Menu penutup di hari liburr….masak yg simple dan andalan klo masak cumi ga pake tinta.?..maafkan fotonya yg reduup maklumm gada sinar matahari ? . . ?Cumi Saus Padang Cooked by @sarah_ari_nugroho . . Bahan : 500 gr cumi, buang tinta dan kulit, potong2, cuci bersih, rebus sebentar, tiriskan. 1 siung bwg bombay uk kecil,iris2 3 sdm saus tiram 4 sdm saus cabe. 2 sdm saus tomat 2 sdm kecap Garam gulpas sckpnya 2 sdm margarin . . Bumbu halus : 3 siung baput 4 siung bamer 5 bh cabe merah . Cara membuat : * tumis bumbu halus dg margarin sampe wangi kemudian masukan cumi,saus2,garam gulpas sckpnya. Masak sampe bumbu meresap terakhir masukan bawang bombay, koreksi rasa.. Selesaii… . . #doyancooking #doyanmasak #resepindonesia #hobimasakid #reseproemahan #instafood #foodgasm #fooddiary #foodporn

A post shared by Sarah Triayu Rahadian (@sarah_ari_nugroho) on

BAHAN:
500 gr cumi, buang tinta dan kulit, potong2, cuci bersih, rebus sebentar, tiriskan.
1 siung bwg bombay uk kecil,iris2
3 sdm saus tiram
4 sdm saus cabe.
2 sdm saus tomat
2 sdm kecap
Garam gulpas sckpnya
2 sdm margarin

BUMBU DIHALUSKAN:
3 siung baput
4 siung bamer
5 bh cabe merah

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus dg margarin sampe wangi kemudian masukan cumi,saus2,garam gulpas sckpnya.
Masak sampe bumbu meresap terakhir masukan bawang bombay, koreksi rasa..

Resep Menu Sahur Hari 20: OSENG TEMPE MENJES

Oseng menjes Bahan : 1 papan tempe menjes 1 lonjor pete Bumbu : 15 g baput 20 g bamer 5 cabe rawit 2 cabe besar rajang 1 sdt garam 1 sdm gula Penyedap 2 sdm kecap Cara : Potong korek api tempe menjes Goreng dg sedikit minyak ,sisihkan Ulek bumbu kemudian tumis hingga harum.tambahkan sedikit air.masukkan tempe menjes.tambahkan garam,gula,kecap dan penyedap.tunggu asat masukkan petai.aduk.koreksi rasa #doyancooking #laperbaper #yukbelajarmasak #foodies #foodiesmalang #foodlover #allcaneat #resepindonesia #reseppraktis #reseprumahan #dapursehat #foodshare #homecooking #indonesianfood #foodshare #bisabikin #ceritamakananindonesia #duniaresep #resepmakananfavorit #resepsimple #appronid #ibuhebatappron #marimasak #resepmemasak #kumpulanresepmasak

A post shared by Dapur Rahayu Malang (@dapurahayu_) on

BAHAN:
1 papan tempe menjes
1 lonjor pete

BUMBU:
15 g baput
20 g bamer
5 cabe rawit
2 cabe besar rajang
1 sdt garam
1 sdm gula
Penyedap
2 sdm kecap

CARA MEMBUAT:
Potong korek api tempe menjes
Goreng dg sedikit minyak ,sisihkan
Ulek bumbu kemudian tumis hingga harum.tambahkan sedikit air.masukkan tempe menjes.tambahkan garam,gula,kecap dan penyedap.tunggu asat masukkan petai.aduk.koreksi rasa

Resep Menu Sahur Hari 21: AYAM SEREH

BAHAN:
Bawang Putih
Sereh
Ayam
Air
Kaldu jamur
Garam
Lada

CARA MEMBUAT:
Kayaknya sih diongkep semua jadi satu setelah bawang putih dan sereh ditumis.

Fyuh sampai sini sudah mulai bingung, mau masak apa ya buat sahur. Telor goreng sama sambel bawang aja kayaknya sudah ok. Berarti kita siap-siap resep sambal yang pas buat sahur aja deh.

Resep Menu Sahur Hari 22: LALAPAN SAYUR DAN SAMBAL TOMAT

BAHAN DAN CARA MEMBUAT:
2 buah cabe rawit
1 buat tomat
Seiris jeruk (kupakai jeruk nipis)
Terasi bakar.
Dah ulek aja semua. Kasih garam.
Lalapan sayurnya apa yang ada aja gapapa kok

Resep Menu Sahur Hari 23: CUMI SAMBAL DADAK

Beberapa hari gak makan sambel rasa nya mulut pahit makan kaya ada yg kurang. kembali selera awal nyambel lagi? ?Baby cumi sambal dadak? Bahan: 4 buah cabe merah ?Segengam cabe rawit orange?3 lembar daun jeruk 2buah limau (peras airnya) ?1 sdt terasi bakar ?1 sdm gula jawa ?1 sdt garam,1 sdt gula?3 siung bawang merah 1ons cumi baby,rendam air panas 15menit tiriskan,goreng. Cara: -Uleg halus,bawang merah,gula2,terasi,garam -Tambahkan semua cabe. Uleg2 lalu tambahkan daun jeruk. Uleg sampe aromanya keluar. Campurkan air perasan jeruk. Koreksi rasa. Masukan cumi uleg asal supaya sambal meresap ke cumi. #sambaldadak #cumibabymedan #sambalcumibaby #resepsambal #anekasambal #sukasambal #sukasambel #sambelsetan #sambeldadakan #likecooking #sukamasak #sukacooking #doyanmakan #doyancooking #cookingwithlove #cookingmama #cookingpassion #foodgasm #foodporn #igfood #instafood #mypic #mypicgalery #thxforlike #likeforlike #like4like

A post shared by Hana Friyanti (@hana_kitchenn) on

BAHAN:
4 buah cabe merah
Segengam cabe rawit orange
3 lembar daun jeruk
2 buah limau (peras airnya)
1 sdt terasi bakar
1 sdm gula jawa
1 sdt garam
1 sdt gula
3 siung bawang merah
1 ons cumi baby, rendam air panas 15menit tiriskan, goreng.

CARA MEMBUAT:
-Uleg halus,bawang merah,gula2,terasi,garam
-Tambahkan semua cabe. Uleg2 lalu tambahkan daun jeruk. Uleg sampe aromanya keluar. Campurkan air perasan jeruk. Koreksi rasa. Masukan cumi uleg asal supaya sambal meresap ke cumi.

Resep Menu Sahur Hari 24: SAMBAL ISO, ohmyGod this is gonna be my favorite!

Assalamu'alaikum moms Selamat hari jumat jangan lupa baca al-kahfinya ya? menu makan kita hari ini masakin sambel iso request paksu dan pendampingnya saya bikin sayur bening bayam masak bamer kunci sama sambel tempe rebus. Sambel tempenya pakein cabe rawit sama bawput aja plus daun jeruk sedikit biar aromanya lebih menggoda. Yuk mari maksi dulu mumpung semuanya masih anget kemebul ??freshh from the komporrr Sambel iso By:@dwi_tosca Bahan: 1/2 kg iso sapi (cuci bersih dan rebus dengan daun salam, daun jeruk, jahe, serai hingga empuk lalu potong-potong) Kecap manis secukupnya Air secukupnya Minyak goreng Bumbu halus: 10 cabe rawit merah 5 cabe merah keriting 5 bawang merah 3 bawang putih 4 kemiri 1/2 ruas jahe Garam Gulpas Cara memasak: Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan iso sapi aduk-aduk merata lalu beri air secukupnya masak hingga kuah mendidih lalu tuang kecap manis secukupnya, aduk merata masak sampai kuah menyusut dan kental. #sambeliso #homemade #resepdapurku #reseppemula #resepsimple #foodstagram #foodiary

A post shared by wijayanti dwi (@dwi_tosca) on

BAHAN:
1/2 kg iso sapi (cuci bersih dan rebus dengan daun salam, daun jeruk, jahe, serai hingga empuk lalu potong-potong)
Kecap manis secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng

BUMBU DIHALUSKAN:
10 cabe rawit merah
5 cabe merah keriting
5 bawang merah
3 bawang putih
4 kemiri
1/2 ruas jahe
Garam
Gulpas

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan iso sapi aduk-aduk merata lalu beri air secukupnya masak hingga kuah mendidih lalu tuang kecap manis secukupnya, aduk merata masak sampai kuah menyusut dan kental.

Resep Menu Sahur Hari 25: AYAM LADA HITAM

Assalamu'alaikum moms Hari minggu rasanya gak pengen beranjak dari tempat tidur bawaanya pengen leyeh-leyeh aja?? santaiiii moms. Tapi tetep urusan dapur gak boleh lewat nanti makan apa?? hari ini bikin ayam lada hitam saori yg praktis dan cepet bingit masaknya. Yuk maksi pake menu ini moms Ayam lada hitam saori By: @dwi_tosca Bahan: 1/2 kg ayam potong-potong kecil Daun seledri Saori lada hitam Gulpas Air secukupnya Minyak goreng secukupnya Bumbu: 5 Cabe rawit merah 3 bawang merah 2 bawang putih Cara memasak: Cuci bersih ayam yg sdh dipotong-potong kecil kemudian rebus. Iris cabe, bawang merah dan putih kemudian tumis sampai harum lalu masukkan ayam beri sedikit air dan saori lada hitam serta gulpas aduk-aduk hingga tercampur rata. Cek rasa angkat sajikan dengan taburan daun seledri. #ayamladahitamsaori #homemade #resepsimple #reseppemula #resepdapurku #foodstsgram #foodiary

A post shared by wijayanti dwi (@dwi_tosca) on

BAHAN:
1/2 kg ayam potong-potong kecil
Daun seledri
Saori lada hitam
Gulpas
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

BUMBU:
5 Cabe rawit merah
3 bawang merah
2 bawang putih

CARA MEMBUAT:
Cuci bersih ayam yg sdh dipotong-potong kecil kemudian rebus.
Iris cabe, bawang merah dan putih
Tumis sampai harum lalu masukkan ayam beri sedikit air dan saori lada hitam serta gulpas aduk-aduk hingga tercampur rata.
Cek rasa angkat sajikan dengan taburan daun seledri.

Resep Menu Sahur Hari 26: SAMBAL KEMANGI LAUK APA AJA

———– . . SAMBAL SARI LAUT/SAMBAL KEMANGI (ala pecel ayam) 20buah cabe rawit 3siung bawang putih, iris tipis 1 1/2 tomat 5tangkai kemangi, ambil daunnya saja 1sdt terasi Garam dan kaldu bubuk secukupnya 1. Goreng bwang putih sampai garing. Sisihkan 2. Tumis cabe dan terasi lalu masukkan tomat dan kemangi. Tumis sampai tomat layu 3. Uleg bawang putih goreng,masukkan tumisan cabe, garam dan penyedap.ulek sampai halus. Boleh tambahkan lagi kemangi segar. Aduk rata,test rasa dan sajikan Ini sambal bisa dijodohin sama ayam goreng atau ayam vakar resep sebelah yaa. Yummy…sambalnya mirip sambal2 yg ada di pecel lele/ayam loh ?? #berbagiresep #resepsambal #sambalsarilaut #sambalkemangi #reseprumahan #wildacooking

A post shared by Wilda Wily (@wilda_cooking) on

BAHAN:
20 buah cabe rawit
3 siung bawang putih, iris tipis
1 1/2 tomat
5 tangkai kemangi, ambil daunnya saja
1 sdt terasi
Garam dan kaldu bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Goreng bawang putih sampai garing. Sisihkan
2. Tumis cabe dan terasi lalu masukkan tomat dan kemangi. Tumis sampai tomat layu
3. Uleg bawang putih goreng,masukkan tumisan cabe, garam dan penyedap.ulek sampai halus. Boleh tambahkan lagi kemangi segar. Aduk rata,test rasa dan sajikan

Resep Menu Sahur Hari 27: AYAM GEPUK GEPRAK REMUK

Hallo Selasa…? Lanjutan dari postingan kemarin,Masih Edisi Ayam Gepuk yang super endesss?kalau dizoom seperti ini bisa kelihatan jelas ya Gambar ayam gepuknya?Selamat menjalankan aktivitas ya teman2? Semoga lancar selalu aminn aminnn? . AYAM GEPUK by @dewie_kitchen . . Bahan : 1/2 ekor ayam berat 700gr 1 bungkus bumbu komplit ayam goreng ( saya pakai merk royco ) 800ml air putih 1 batang seray geprek 2 lembar daun salam garam secukupnya minyak goreng . . Sambal : 1 cabe merah besar 15 cabe rawit ( banyaknya sesuaikan selera ) 7 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 buah jeruk limau/purut,peras airnya 1 sdm gula merah sedikit penyedap jika suka . . Cara Membuat : 1.potong2 ayam sesuai selera kemudian cuci bersih. 2.tuang air lalu campurkan,seray,daun salam,ayam,bumbu ayam goreng royco dan masak hingga air agak menyusut dan bumbu meresap.angkat dan tiriskan 3.panaskan minyak,kemudian goreng hingga garing,kecoklatan,tiriskan. 4.goreng cabe merah besar,cabe rawit,bawang merah,bawang putih hingga wangi dan layu 5.angkat kemudian uleq tambahkan garam,gula merah,penyedap dan beri perasan air jeruk limau/purut aduk2 koreksi rasanya . Penyajian : Ambil ayam taruh diatas cobekan kemudian gepuk pakai batu cobekan,lumuri dengan sambal dan sajikan. . . #fooddiary#foodmaker#instafoodies#fotomasak#ayamgepuk#f52grams#foodlovers#yummyfood#berbagiresep#recipe#resepkokiku#guniezzt#anekaresepmasakanindonesia#selera#tasty#bakingcooking_#asianfood#doyancooking#indonesianfood#belajarmasak#reseprumahan#homemade#video#kekinian#salt#samballovers#masakanrumahan#masakansederhana#simple#cintaindonesiaku

A post shared by DEwie (@dewie_kitchen) on

BAHAN:
1/2 ekor ayam berat 700gr
1 bungkus bumbu komplit ayam goreng ( saya pakai merk royco )
800ml air putih
1 batang sereh geprek
2 lembar daun salam
garam secukupnya
minyak goreng .
.
BAHAN SAMBAL:
1 cabe merah besar
15 cabe rawit ( banyaknya sesuaikan selera )
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah jeruk limau/purut,peras airnya
1 sdm gula merah
sedikit penyedap jika suka .
.
CARA MEMBUAT:
1.potong2 ayam sesuai selera kemudian cuci bersih.
2.tuang air lalu campurkan,seray,daun salam,ayam,bumbu ayam goreng royco dan masak hingga air agak menyusut dan bumbu meresap.angkat dan tiriskan
3.panaskan minyak,kemudian goreng hingga garing,kecoklatan,tiriskan.
4.goreng cabe merah besar,cabe rawit,bawang merah,bawang putih hingga wangi dan layu
5.angkat kemudian uleq tambahkan garam,gula merah,penyedap dan beri perasan air jeruk limau/purut aduk2 koreksi rasanya
.
CARA MENYAJIKAN:
Ambil ayam taruh di atas cobekan kemudian gepuk pakai batu cobekan,lumuri dengan sambal dan sajikan.

Resep Menu Sahur Hari 28: SAMBAL CUMI

Sambal Cumi Pete? Aku make minyak kelapa/ minyak tandusan, rasanya kayak berasa lgi lunch dikampung ya?? Selamat bersantap siang ?? Bahan: 1/4 kg cumi ( cuci bersih, potong ring ) 2 lonjor pete (kupas ) Minyak kelapa / minyak tandusan Bumbu Kasar: 5 siung bawang merah potong kasar 8 buah cabe rawit ( potong 2 ) Bumbu Halus : kurang lebih 20 siung bawang merah 5 siung bawang putih 8 buah cabe merah kriting 1 buah tomat Gula merah secukupnya Garam secukupnya Cara Memasak: 1. Rebus semua bahan bumbu halus, setelah matang angkat dan ulek ditambah gula merah & garam secukupnya 2. Panaskan minyak kelapa, Tumis bahan bumbu kasar, kemudian masukkan sambal / bahan yg udah diulek tadi & pete, masak hingga harum 3. Terakhir masukkan cumi, masak sebentar saja agar tidak alot 4. Angkat dan siap disajikan #menumasakanhariini#menumakansiang#cumicumi#sambalcumipete#masakanrumahan#berbagiresep#resepsambalcumi#resepsambal#resepmasakan#diyancooking#masakmasak#fotomasak

A post shared by arsini (@ketutarsini) on

BAHAN:
1/4 kg cumi ( cuci bersih, potong ring )
2 lonjor pete (kupas )
Minyak kelapa / minyak tandusan

BUMBU KASAR:
5 siung bawang merah potong kasar
8 buah cabe rawit ( potong 2 )

BUMBU DIHALUSKAN:
kurang lebih 20 siung bawang merah
5 siung bawang putih
8 buah cabe merah kriting
1 buah tomat
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Rebus semua bahan bumbu halus, setelah matang angkat dan ulek ditambah gula merah & garam secukupnya
2. Panaskan minyak kelapa, Tumis bahan bumbu kasar, kemudian masukkan sambal / bahan yg udah diulek tadi & pete, masak hingga harum
3. Terakhir masukkan cumi, masak sebentar saja agar tidak alot
4. Angkat dan siap disajikan

Resep Menu Sahur Hari 29: TELUR DADAR PADANG PEDAS

#repost @indafajar • • • ?Hari bingung plus malessss mau masak ?, buka cookpad nyari inspirasi resep2 gampil akhirnya nemu resep telur dadar ala RM.Padang . . ?Telur Dadar ala RM Padang ?Source : cookpad #rassyalicious ? @indafajar ? @indafajar Bahan : 5 bh telur ayam / bebek 2 btg daun bawang, iris 2 btg daun seledri / sop, iris 5 bh bawang merah, iris Secukupnya Lada, garam, penyedap Bumbu ulek : 10 bh cabe merah 5 bh cabe rawit 5 bh bawang merah 1 bh tomat Cara : – tumis bumbu ulek dengan sedikit minyak sampai, harum. Sisihkan – pecahkan telur di wadah, masukkan bumbu ulek yang sudah di tumis, bawang merah iris, daun bawang dan seledri, garam, lada, dan penyedap, aduk asal – panaskan pan atau kuali ( pastikan tidak lengket ) beri minyak agak banyakan, panaskan dengan api kecil saja, setelah panas tuang telur. Masak sampai kedua sisinya matang – tiriskan, dan potong, sajikan . . #makanlagiyuk . . #homemade #sederhana #enak #mantap #foodstagram #foodlovers #cooking #happycooking #like #likers #instafood #instamag #kulinerindonesia #cookingwithlove #instalike #masakgakpakeribet #resepsimple #kulinernusantara #indonesia #foodporn #culinary #food #indonesianfood #masakanindonesia #masakannusantara #seleranusantara #telurdadarpadang

A post shared by Mrs. Han Lee (@mrs.hanlee) on

BAHAN:
5 bh telur ayam / bebek
2 btg daun bawang, iris
2 btg daun seledri / sop, iris
5 bh bawang merah, iris
Secukupnya
Lada, garam, penyedap

BUMBU DIHALUSKAN:
10 bh cabe merah
5 bh cabe rawit
5 bh bawang merah
1 bh tomat

CARA MEMBUAT:
– tumis bumbu ulek dengan sedikit minyak sampai, harum. Sisihkan
– pecahkan telur di wadah, masukkan bumbu ulek yang sudah di tumis, bawang merah iris, daun bawang dan seledri, garam, lada, dan penyedap, aduk asal
– panaskan pan atau kuali ( pastikan tidak lengket ) beri minyak agak banyakan, panaskan dengan api kecil saja, setelah panas tuang telur. Masak sampai kedua sisinya matang
– tiriskan, dan potong, sajikan .

Resep Menu Sahur Hari 30: ORAK ARIK TELOR KOBIS

Kobis atau kalo dikampung saya namane "kol" kebanyakan buat campuran2 aja ya.. bikin sop atau campuran bikin mie instan.. nah berhubung bapak sayur hari ini libur.. jadilah masak seadanya… Orak arik kol Bahan : 1 kobis/kol 1 btir telur (kocok lepas) 2 bawang putih (cincang) Lada halus Cabe merah kriting (iris) Gula pasir secukupnya Garam secukupnya Air secukupnya Caranya : 1. Iris tipis kobis/kol 2. Masukan bawang putih dan cabe keriting kemudian tumis dgn sedikit minyak sampe harum.. 3. Masukan kobis/kol beserta air secukupnya sampai kobis matang.. 4. Kemudian tambahkan gula pasir, lada bubuk, garam. Cek rasaa…. 5. Terakhir campurkan kocokan telur sambil di orak arik rata gar telur tdk menggumpal terpisah… dan sajikan hangat2 #masaksimple#happycooking#fotomakanan#dapurmini#resepharian#

A post shared by Finda Mar'atussholikha (@finda.maratussholikha) on

BAHAN:
1 kobis/kol
1 btir telur (kocok lepas)
2 bawang putih (cincang)
Lada halus
Cabe merah kriting (iris)
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Iris tipis kobis/kol
2. Masukan bawang putih dan cabe keriting kemudian tumis dgn sedikit minyak sampe harum..
3. Masukan kobis/kol beserta air secukupnya sampai kobis matang..
4. Kemudian tambahkan gula pasir, lada bubuk, garam. Cek rasaa….
5. Terakhir campurkan kocokan telur sambil di orak arik rata gar telur tdk menggumpal terpisah… dan sajikan hangat2

Setelah dikutak-katik, inilah 30 menu resep sahur paling gampang yang pernah saya baca. Gampang banget bacanya tergantung kemauan gimana nanti cobanya.

Semangat puasa yuk!

Sharing after reading, yes?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *