3 Spot Sunset Cantik Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Sunrise memang menakjubkan. Saat menguatkan diri mencegah mata kembali terpejam untuk melihat matahari muncul di ufuk timurnya. Namun, keindahan matahari saat kembali ke peraduan, juga tidak bisa diindahkan. Saya, pecinta sunset. Penanti setia ketika matahari telah menunaikan tugasnya, tenggelam di ufuk barat. Dari rekat melindungi mata dengan sunglasses, sampai merapatkan tubuh karena dingin yang melingkupi setelah matahari pergi.

Dari Pesona Indonesia yang masih saja belum bisa move on, saya membuat daftar spot sunset terbaru yang wajib dinikmati kalau kamu sempat berkunjung ke sana.

LABUAN BAJO
Tempat ini sekarang menjadi pilihan pertama untuk menikmati sunset. Setiap sudutnya seperti sebuah magical moment yang membuat nafas siapapun tercekat saat melihatnya. Menikmati dari Paradiso Bar saja demikian cantik dengan pulau-pulau di ujung sana, atau riak gelombang di perairannya yang tenang.

Mungkin kalau saya sudah menikmati sunset di perairannya, di Pulau Padar, atau di pulau lainnya, daftar ini akan kembali diperbarui. Tapi mencukupkan Labuan Bajo di sini, adalah kebahagiaan yang membuncah dari dalam hati karena akhirnya saya bisa ke sini.

PANTAI PETITENGET
Pesisir Bali selalu menakjubkan. Indahnya, ombaknya, bahkan tradisi yang melekat di urat nadi masyarakatnya. Mereka ngga mempermasalahkan banyaknya wisatawan yang datang ke daerahnya, berada di tengah-tengah masyarakatnya, bahkan menonton dan mengabadikan upacara yang dilakukannya untuk menghormati sang Dewa pencipta.

Di Petitenget, saat terakhir berkunjung ke Bali, tampak seorang perempuan sedang mengambil air suci untuk mengadakan upacara di pinggir pantainya. Ia tidak nampak terganggu dengan wisatawan yang lalu lalang di sebelahnya, atau mas Rijal yang mengamati gerak-geriknya. Sungguh damai gambar yang berhasil diabadikan, sebuah perpaduan yang menenangkan jiwa.

Agustus lalu, saat ke Menjangan, saya juga berbarengan dengan masyarakat Bali yang akhir pekannya selalu diisi dengan upacara dan melanggengkan tradisinya untuk anak cucu. Sama seperti di Petitenget ini yang kebetulan ternyata jatuhnya saat berkunjung juga di akhir pekan. Mereka mengajak anak-anaknya untuk memakai baju tradisional melakukan upacara, baru kemudian melanjutkan kembali aktivitasnya. Membelikan cilok untuk anaknya, misalnya.

PANTAI BATU BOLONG
Perjalanan panjang dari Bandara menuju Holiday Resort Lombok mendeprokkan saya di Pantai Batu Bolong ini untuk menikmati sunset. Sejauh mata memandang hanya tampak lautan. Hati sungguh begitu tenang melihatnya. Sesekali tampak kapal nelayan yang melintas di depan bola bundar matahari yang sedang tergelincir ke peraduan. Bola bundar raksasa yang bercahaya, keluh saya dramatis.

Ternyata pemandangan sunsetnya jauh lebih dramatis ketika di foregroundnya ada Pura Batu Bolong, sesuai dengan namanya. Hamparan bebatuan, riak gelombang yang memecah di pantainya, sayang ya kalau ngga ditunggu sampai matahari benar-benar menghilang?

Catching sunset, the work of a camera person. #ikutanpkk2015yuk #pkk2015thework @plazakamera

A photo posted by NengBiker (@neng_biker) on

Dari ketiga daftar spot sunset di atas, mana sih yang kamu paling pengen lihat sendiri?

Sharing after reading, yes?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *