Etika Meminjam Motor

Kadang-kadang saat kita ngga (punya) bawa kendaraan sendiri, dan memerlukan pergi ke satu tempat dengan cepat solusinya mungkin minjem kendaraan milik teman.

Kadang-kadang kita pun pernah merasa jengkel ketika teman yang kita pinjami kendaraan mengabaikan cara kita merawat motor/mobil yang mereka pinjam. Tidak mudah jadi orang yang legawa menerima barangnya dirusak begitu saja tanpa tanggung jawab tertentu.

Saya, kalo minjem motor/mobil suka sungkanan. Karenanya saya memiliki etika sendiri untuk meminjam kendaraan sebelum saya bawa.

1. Tanya, apa motor itu akan dipakai dalam waktu dekat? Soalnya kita perlu memperhitungkan waktu agar dia tidak menunggu kepulangan kita.

2. Tanya, biasanya pakai bbm apa, premium atau pertamax? Biasanya saya tanya kalau perginya jauh, di atas 5km lah. Kalau untuk beli mie di warung, kayaknya ga pake nanya.
Kalau kita pergi jarak jauh, perhatikan indikator bahan bakar. Jangan sampai saat kita kembalikan, tanki dalam keadaan kosong atau kurang dari sebelum dipinjam.

3. Tambahkan pertanyaan ‘pakai oli apa’ kalau kita meminjam cukup jauh sampai keluar kota dengan jarak tempuh di atas 500km. Sempatkan ganti olie saat hendak mengembalikan.

4. Jangan membawa beban berlebihan.

5. Periksa kelengkapan kendaraan dari stnk sampai kondisi kendaraan. Berangkat mulus, pastikan saat pulang juga tidak kurang cela.

6. Bawa sekedar oleh-oleh tanda terima kasih setelah dipinjamkan. Jangan lupa katakan terima kasih banyak.

Untuk yang meminjamkan, jangan lupa ngasi tau trik-trik tertentu make kendaraannya. Kita tau lah kalau tiap kendaraan beda pemilik beda caranya mengemudi. Apalagi kalau mengandung kunci rahasia.

Yang paling penting, STNK dan kuncinya jangan sampai lupa. *digetok massa*

Jagalah kepercayaan yang diberikan teman untuk membawa kendaraannya. Perlakukan dengan hati2. Lebih mudah mengganti rusaknya milik sendiri daripada sudah ga punya, ngrusakin kudu mbenerin pula. Sudah jatuh ketimpa sepeda kalau gitu namanya.

Hati-hati di jalan, temans

(NengBiker/WP for BlackBerry)

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *