a box that provokes

sekuence

Tadao Ando bilang arti ARSITEKTUR baginya adalah chohatsu suru hako, yang bila diartikan dalam Bahasa Inggris adalah ”a box that provokes”.


Hai aremaniers, pasti sudah dong berkunjung ke MX Plaza, Malang? Sudah dong ngeliat sequence di entrance MX Plaza? Itu loh buletan buletan warni warna beda ukuran yang diinjek-injek sebelum masuk plaza. Kalo berkunjungnya siang hari memang ngga terlihat penting, tapi kalo malam, cantik bener buletan itu.

Mungkin meniru prinsip Tadao Ando yang dalam setiap penciptaan karyanya bukan pencapaian bentuk yang dituju oleh Ando, melainkan apa yang bisa dihadirkan dari keberadaan bentuk tersebut, sesederhana apapun bentuknya.

Buletan itu sederhana. Tapi mengena. Memberi pengalaman baru bagi masyarakat yang selama ini hanya memandang mall/pusat perbelanjaan hanya sebuah bentuk ‘kotak’ ‘masif’ dan begitu-begitu saja. Kalau diperhatikan di MX Plaza memang semuanya extraordinary, berbeda dari yang lain. Perhatikanlah, dan beri penilaian bersama di sini.

Aku kurang suka penataan booth penyewa di dalamnya memang, karena penuh dan semrawut. Tidak jelas pembeda antara area berjalan dan area penyewa. Jadi rebutan lahan. Tapi aku coba nikmati sudut yang lain, entrance, halaman samping, lengkung dan jajaran tiang di lantai dua. Beda rasanya karena MX Plaza juga bermain lampu di sana.

Dan paling suka berlama-lama di depannya Hoka-hoka Bento MX Plaza, karena di situlah ‘a box that provokes’ me berada…

taken by @renotxa
taken by @renotxa
Sharing after reading, yes?

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *