Vario, Mio, Spin, Comparing Mode

Akhirnya ada kesempatan membandingkan matic-matic yang beredar di pasaran dalam kondisi brand new, aka masi under 1000 km di odometernya. Pertama varioku sendiri yang kubeli 2 tahun lalu :). Kedua spinnya si landak kantor. Dan ketiga mio soulnya bapak yang masuk malem.

Dari pertama vario masuk rumah, langsung takcoba ngrasain tarik2annya.

1. putaran mesin enteng, saking entengnya sampe sering lompat soalnya ga kerasa uda narik gas

2. mleduk2 knalpotnya

3. posisi duduk pengendara pas, posisi boncenger pas. mo nunduk, mo negak, mo ndlosor ^^ bisa deh.

4. bensin boros

Kapan itu nyoba spin si landak

1. angkatan pertamanya berat banget, mesin sampe nggerung untuk mulai jalan

2. posisi duduk ndegek. jadi badan harus tegak untuk bisa nemu posisi yang enak. boncengernya nyaman.

3. bensin ga ktauan borosnya, cuman make ke warung

Dan kemaren nyoba mio soul

1. nyalainnya enteng, tapi waktu mau jalan sama kek spin, nggerung.

2. mesin cenderung cepet panas ketimbang vario ma spin

3. posisi pengemudi ga nyaman, stir kependekan. posisi boncenger ga nyaman footstepnya too far away di bawah.

4. bensin sama boros sama vario

Anyway, akhernya aku ngutak atik vario dibantu sama temenku. Ganti knalpot termignoni biar ga kudu pake pertamax all the time. Tapi akhernya pake pertamax malah bikin karbu kotor. karena karbunya juga uda takganti pake karbu rx. larinya tamba responsif ketimbang pake karbunya bawaan. juga lebi garang karena knalpotnya mbleduk2. oiya butuh waktu lama itu untuk nemu setelan yang pas biar vario ngga mleduk2.

Ada yang merhatiin? vario standar keluaran pabrik itu mleduk2. saking halus suaranya aja jadi ga kedengeran. Bisa ngomong gini tu gara2 2 vario yang dibeli bareng kondisinya kek gitu. Punya dodz rasanya juga. Tapi ya itu, karena suara standarnya halus jadi ga gitu kedengeran. Bensin sekarang cukup irit. 1 tanki bisa puter balik ruma kantor seminggu. jarak sekitar 17km. Butuh diiritkan lagi. Mesinnya ga cepet panas ini.

Dibandingkan dengan motor biasa, jelas jauh konsumsi bensinnya. Hmm, Beat? Katanya 1:70an km. yakin tuh? Belom nyoba dan ga kepengen secara diliat aja ga enak posisinya.

Untuk mio dan spin standar, perlu ngutik deh biar ga nggerung dengan kasar. Kasian apalagi untuk yang oversize body. Kerja dia lebi keras pasti ^^.

IMHO, perbandingan ini hanya menurut kata2ku yah. Aku bukan ahli motor :))

22 Comments

  • kalo ndak salah Vario itu matic yg pake radiator kan? makanya mesinnya gak cepet panas…

    CMIIW

    Iklan Beat? terlalu mengada2, itu pasti syarat dan ketentuan berlaku, gak kondisi umum di jalanan, apalagi di Jakarta πŸ˜›

  • @ kupi, loh yang laen kagak? yaah brati ga salah dong milih vario, kkekekekekek..
    *aslinya malu ga ngerti spek yang laen*

    @mat, hooo.. lha.. aku.. yaa.. mau jg jalan kaki ben cepet kurus πŸ™

  • Walopun belum punya motor, saya lebih cenderung ke Vario. tarikan enteng walo bodi bongsor. Di tambah bodi saya dayut, njomplang kalo naek Mio ato Spin. Apalagi beat πŸ˜›

  • mau tanya nih……motorku vario tp kanapa ngidupinya susah banget…..trus ngadat ngadat jalanya padahal dah diservice dari dealer resmi……..solusinya donk….thx

  • Untuk yang varionya ngadat pas lampu merah dan di start tidak mau hidup. Begini caranya: tarik gas sapai bener2 ful dan di start. Dijamin deh pasti hidup.

  • thanks penjelasannya om wahyu, kadang2 varioku juga mati mendadak waktu abis kebut2an. jadi kudu turun dan ngengkol kaki deh >:)

    next time aku coba triknya

  • masuk akal pendapat om Wahyu…. Vario sering ngadat di sebabkan oleh ring piston dalam keadaan tidur. Sehingga tidak ada kompresi dalam ruang pembakaran. Maka dengan cara menarik gas dengan full akan menyebabkan ruang pembakaran menjadi basah dan membangunkan ring piston. Maka terjadilah proses kompresi pada ruang bakar. Vario lebih sering mati sendiri pada saat menurunkan kecepatan motor dan tiba2 mati deh itu mesin.

  • Om. Mau nanya nih. Kenapa ya varioku tarikannya tidak ok. Padahal gas-nya tak tarik sampai ful. Tapi larinya cuman 60 km/jam. *Salam*

  • Mungkin timing belt nya sudah haus om jayantara… Jadinya motor tidak mau ngebut deh walaupun sudah di gas sampai ful. Om Jayantara udah pernah ganti timing belt saat beli vario? Dan km nya udah berapa om???

  • eh aku jg belom ganti, beli taun 2007.
    sudah kepikiran mau ngganti sih.

    bis ngecek sendiri ngga om? apa harus ke bengkel?

  • ahaaa..ketauan deh soulnya ^^
    punya sonya juga berat kok kalo aku bandingin ama varioku ya. uda bawaan orok kali :p
    coba ntar kalo uda masuk ntar setingin di bengkelku aja, pon

  • standar ya? klo dari pengalamanku sih bensin full, brati 3,5l = seminggu pulang balik kantor 14km x 6= 84 / 3,5 = 24an per liter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *