Ada yang Berubah di Biaya Persalinan Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang

Raga sekarang 7 bulan. Sudah 7 bulan juga dari kehebohan persalinan di pojokan kamar bersalin Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang. Sudah bolak-balik lagi ke rumah sakit ini untuk menengok teman-teman yang melahirkan di tempat yang sama seperti saya dulu. Dan setiap lewat pintu kamar bersalin untuk naik ke lantai 2, saya selalu tersipu malu mengingat 7 bulan lalu. Masih tetap sama pintu bertirai hijau itu, yang berbeda adalah biaya persalinan di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang.

REVIEW RUMAH SAKIT IBU & ANAK MELATI HUSADA MALANG

Periode Mei tahun lalu, saya mendapat kamar Kaliandra saat menunggu kontraksi. Menurut kartu BPJS dari perusahaan, saya memang terdaftar di kelas 2, maka Kaliandra lah kamarnya. Kaliandra 3 waktu itu, kamar berukuran 2,5x3meteran yang diisi 2 bed, 2 nakas, 2 kursi penunggu, dan 1 lemari besar di pojokan.

Demi mengingat saya pengen istirahat banget sesudah melahirkan dan sebelum pulang full memegang anak, saya pindah naik kelas ke kelas 1 mendapat ruang ArtDeco 3 waktu itu dengan biaya sama yang tertera di brosur price list Melati Husada yang beredar.

Skema Biaya Persalinan di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang Tahun 2017 (link di sini):
Kelas ASTER
Kamar Ibu: 120k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 4,5-5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 9,5-10,5jt

Kelas KALIANDRA
Kamar Ibu: 200k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 5,5-6,0jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 11-12jt

Kelas PAVILIUN
Kamar Ibu: 500k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 7,0-7,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 15-16jt

Kelas MADURA
Kamar Ibu: 600k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 7,5-8,0jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 17-18,5jt

Skema Biaya Persalinan di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang Tahun 2018:
Kelas ASTER
Kamar Ibu: 120k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 4,5-5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 9,5-10,5jt

Kelas JASMINE — lihat ini
Kamar Ibu: 120k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 4,5-5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 9,5-10,5jt

Kelas KALIANDRA
Kamar Ibu: 200k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 5,5-6,0jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 11-12jt

Kelas PAVILIUN
Kamar Ibu: 500k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 7,0-7,5jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 15-16jt

Kelas MADURA
Kamar Ibu: 600k
Kamar Anak: 120k
Persalinan Normal: sekitar 7,5-8,0jt
Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 17-18,5jt

My Sunshine ?

A post shared by @ umifarida on

Apa Saja yang Berubah di Biaya Persalinan di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang?

Sebenarnya biaya persalinan ini tidak berubah hingga tahun 2018. Yang berubah adalah Melati Husada menambah kamar lagi di bawah kelas Kaliandra. Yup, ada penambahan kelas JASMINE di antara ASTER dan KALIANDRA. Which means, kalau dulu ASTER kelas 3 dan Kaliandra kelas 2, di tahun 2018 berubah menjadi ASTER kelas 3, JASMINE kelas 2, KALIANDRA kelas 1.

Yang berubah lagi tentu biaya yang perlu ditambah untuk peserta BPJS yang harus menyesuaikan lagi dengan kondisi kelas yang ditawarkan di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang. Dulu biaya naik kelas dari KALIANDRA yang kelas 1 ke PAVILIUN hanya memotong sekitar 1,9juta dari total biaya di Kelas PAVILIUN. Mungkin biayanya tetap sama sih kalau naik kelas, yang berubah adalah kelas dan fasilitas yang kita dapat.

Bobok sini dulu… Bismillah…

A post shared by Liafathoni_mukenahdialia (@liafathoni_mukenahdialia) on

Apa Saja Kamar yang Masuk Kelas Paviliun di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang?

Untuk kelas ASTER, JASMINE dan KALIANDRA semua nama ruangannya sama. Tapi untuk kelas di atasnya ada beberapa nama kamar yang kadang bikin bingung banget ini sebenernya masuk skema biaya kelas yang mana. Contoh saja ada Kelas Madura, ada ruangan yang namanya Madura juga. Eh ada juga Shanghai dan Paris, ya kan?

Nah jelasnya nama ruangan tersebut bisa dimasukkan dalam skema berikut:
Kelas PAVILIUN (VIP): VanDerPool dan La Maison, ArtDeco dan Sakura
Kelas MADURA(VVIP): Madura, Shanghai
Price by Request: Paris & Semarangan

Bilirubin adalah senyawa pigmen, sehat bosque.

A post shared by Yocker Luardo (@yockerluardo) on

Berapa Biaya yang Naik Kelas BPJS di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang?

So far berdasarkan pengalaman dan berdasarkan tanya ke resepsionis beberapa waktu lalu, harganya tidak berubah banyak sih. Dari BPJS kelas 2, naik kelas di atasnya, total biaya kelas di atasnya dikurangi 1,9 juta untuk persalinan normal. Untuk persalinan dengan operasi sepertinya sekitar 4-5jutaan. Saya lupa banget yang operasi berapa. Jadi mau pindah ke kelas 1 atau ke paviliun atau madura, sama skemanya.

Dari BPJS kelas 1, naik kelas di atasnya, total biaya kelas di atasnya dikurangi 2,2 juta untuk persalinan normal. Untuk persalinan dengan operasi sepertinya sekitar 6,9jutaan.

Biaya ini bisa berkurang lagi kalau anak sudah didaftarkan BPJS-nya. Oiya jadi saya inget belum urus BPJS Raga. Melati Husada bisa menguruskan BPJS untuk orangtua yang belum memiliki, sementara untuk anak akan dibantu menerbitkan surat lahirnya untuk diurus sendiri ke BPJS bagi yang BPJSnya ditanggung perusahaan. Nomor BPJS anak yang sudah terbit bisa digunakan untuk memotong biaya perawatan anak di Melati Husada.

Sakura room…..

A post shared by totok djangkaru? (@totok_tac) on

Kiranya cukup jelas ya masalah biaya? Saya melengkapi review yang diposting beberapa bulan lalu, biar inget sendiri kalau ada teman yang bertanya lagi. Ya siapa tau adeknya Raga juga tiba-tiba pengen nongol kan saya nggak perlu survey lagi. Ya kan?

Kalau ditanya apa perbedaan fasilitas masing-masing kelas di Rumah Sakit Ibu & Anak Melati Husada Malang, hmm, banyak. Aster bednya 3 tanpa AC. Jasmine kamarnya dengan AC. Kaliandra bednya 2 dengan AC dan televisi. Semua kelas ini kamar mandinya di luar. Jadi pastikan kamu ada yang menungguin ya, biar bisa melihatkan antrian kamar mandi sebelum melesat ke sana.

Untuk paviliun seperti VanDerPool dan La Maison, memiliki ruang tamu dan ada teras. Artdeco berada di sayap kanan, memiliki kamar yang luas dengan televisi di dalam dan kamar mandi dalam. Shanghai dan Madura kamarnya luwas luuuwaasss lebih besar dari RSS bahkan. Paris dan Semarangan ini di mana saya belum pernah lihat. Semacam Shanghai dan Madura aja sudah begitu besarnya yak, mungkin 2 kali luas VVIP ini kali yak.

Nah. Ada pertanyaan?

Sharing after reading, yes?

47 Comments

  • Mbak saya mau tanya, rencananya inshaAllah saya mau lahiran di Melhus, bulan Oktober ini.
    Sy mau menanyakan kategori persalinan yg ditanggung 0 rupiah itu yg seperti apa mbak? Kebetulan BPJS dr perusahaan suami saya dapat kelas 2, mohon info sharingnya yaa mbak. Terimakas

    • yg bisa 0 rupiah itu yg sesuai kelas bpjsnya, dalam catatan nggak naik kelas ke kamar di atasnya misalnya. jgn lupa anak juga dibikinkan bpjs anak untuk motong biaya perawatan anak.

      • Mbak , boleh tanya lagi. Kalo bpjs faskes ku di luar kota misal madiun dan masih belum bisa pindah faskes, apakah tidak masalah lahiran di RS melhus ? Which is beda kota? Apakah harus ada rujukan dr faskesnya ? Mohon bantuannya ya mbak ?

        • emmm, kata rs melhus sih ga masalah bpjs mana. dulu gitu. mungkin kalo kondisinya agak rawan bingung ditelpon dulu aja ya melhusnya. aku kawatir salah info nih jadinya

  • Pertanyaan dari Mba Titin krn ga bisa direply di tret komennya:

    Mbak maaf tanya… Aku bln ini lahiran.. Awalanya taka da mslah.. Ini aku kena pre eklamsia jadi harus sc.. Dokternya praktek di mlhus.. Aku ada bpjs kelas 1..berapa ya mbak biayanya.. Trims

    kelas 1nya masuk di kaliandra —
    Kelas KALIANDRA
    Kamar Ibu: 200k
    Kamar Anak: 120k
    Persalinan Normal: sekitar 5,5-6,0jt
    Persalinan Sectio Caesaria: sekitar 11-12jt

    • rata2 dokternya pro normal kok. aku dimarahin malahan pas nyerah. hahaha, padal uda bikin heboh sampe parkiran -_-

  • Komen mba Anti, ngga bisa direply lagi. aku jawab di sini ya..

    Kira2 bisa kurang brapa ya mba ?
    Menurut teman yg pakai bpjs dan nggak nambah ini itu naik kelas juga engga, dia bisa bayar 0 rupiah saja. Plus ditambah bpjs anak ya mba

  • Mbak,,klo aq pke bpjs dri perusahaan.. tp calon bayiku blum ada bpjs.mau urus bpjs mandri ndak bisa kta org bpjs klo ikut perushaan itu clon bayi bru bisa msuk bpjs setlah lairan. Nah,,klo di melhus klo aq bpjs tp clon byiku ndak bpjs kira2 klo riwayt lairan normal kena brpa ya mbak..

    • Iyap. Aku juga demikian, baru bisa daftar bpjs anak stlh lahir. Gampang kok ngurus bpjs anaknya, tinggal bawa keterangan lahir, data2 keluarga, surat nikah, ke bpjs. Nti yg penting dpt nomer bpjs anak tok, bawa ke melhus. Biaya akan dipotong.
      Kalo ngga pakai bpjs anak, ngga pindah kelas, mgk nambahnya cm perawatan anak aja.

    • bisaaa.
      aku juga ngga pernah kontrol ke melhus kok selama kehamilan. lebi nyaman di tempat praktek dokternya, soalnya aku sendiri terikat jam kerja

  • Siang mba..
    Maaf mau tanya..
    Dokter cewek yang recommended di MelHus siapa ya?
    Terus ini kan bayi saya kembar, dan sudah saya daftarkan bpjs.. Berarti bisa ditanggung dua2nya ya mba?
    Makasih informasinya ?

    • emmm, coba dr Novina. aku ngga pernah konsul di melhusnya langsung krn biasanya di prakteknya dr novina ^^
      kalau anak sudah didaftarkan bpjs, seharusnya sudah bisa ditanggung. tinggal ditunjukkan aja nomernya nanti pas masuk, mba

    • aku belum survey lagi nih buat persiapan anak ke2.
      semoga dalam waktu dekat ada kesempatan buat update info melati husada lagi ya

    • kalo sejauh yg diinfokan, belum perlu.
      tapi nanti aku surveiin lagi dulu ya. sekalian mau tanya2 buat lahiran anak kedua akunya. biar nda salah info ^^

  • Selamat pagi mbak..kalau melahirkan di melati husada itu bisa request dokter siapa yang kita mau gitu kah mbak..?? Rencana mau melahirkan secar di melati husada

      • Makasih ya mbak..owh iya mbak di melati husada bisa pakai bpjs kah mbak..?? Ini saya ada bpjs tapi wilayah kalimantan tempat suami bekerja..kira2 bisa dipakai gak ya mbak..?? Saya baru pulang juga dari kalimantan..

        • emmmm.. kayaknya sih bisa2 aja. aku jg ga ditanya BPJS mana. ato mungkin karena alamatnya di malang ya jadi ga ditanya. ngga mau pindah faskes 1 dulu? mumpung masi ada waktu lho

          • Atau pindah faskes 1 dulu ya mbak.??
            Kalau alamat saya masih kanupaten Malang mbak..mudah2an bisa dipakai ya mbak..
            Mbak juga pakai bpjs kah..,??

  • Hy bun 2 tahun yg lalu q pakai bpjs kls 2 eh pas masuk ke melhus katax bpjs kelas 123 ttp masuk kamar aster…
    Apa skrg juga ttp ya bun?? Jd meskipun kita iku bpjs kelas 2 ttp dpt kmr kelas 3/ aster???

    • di skema biaya terbaru, bpjs kelas 2 masuk ke kamar jasmin. btw, aku sendiri belum pernah liat kamar jasmin dan asternya gimana..
      dan karena melhus ini ruwame bianget, mba, mau ga mau kita kadang sedapetnya aja juga kamarnya yang kosong..

  • REPLY Puji Lestari
    October 9, 2018 at 8:15 am
    Atau pindah faskes 1 dulu ya mbak.??
    Kalau alamat saya masih kanupaten Malang mbak..mudah2an bisa dipakai ya mbak..
    Mbak juga pakai bpjs kah..,??

    — mungkin biar hati lebih tenang dipindahkan dulu faskesnya ke yg di malang. iyaaa, ku juga mau pake bpjs kok nanti ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *