Dapat SMS Aneh GO-JEK Verification Code, Pembobolan Atau Penipuan?

Apa sih yang nggak bisa ditipu jaman seperti sekarang ini? Status menikah saja bisa disulap, apalagi cuma sekadar teknologi yang dibuat dari kepintaran manusia. Rasanya minggu lalu baru saja baca-baca kasus penipuan dengan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel, sepertinya semalam kok juga akan mengalami ditipu juga. Bedanya kasus penipuan kode verifikasi sebelumnya menyedot pulsa hingga ratusan ribu, pengiriman go-jek verification code yang kami alami semalam kok rasanya belum tahu tujuannya apa ya.

Begini kronologis dugaan pembobolan atau penipuan dengan GO-JEK Verification Code semalam.

1. Suami memiliki 2 nomor aktif di ponselnya. Yang berplat kuning dia gunakan untuk mendaftar akun gojek. Nomor satunya hanya digunakan untuk komunikasi telpon dan sms.

2. Di tengah acara tahlilan, ada SMS aneh GO-JEK Verification code masuk jam 19.11 ke nomor suami.

3. Tidak lama ada telepon masuk dari nomer +6281273987369 yang menanyakan SMS Go-Jek Verification Code ke nomer suami. Kata si penelpon dia salah memasukkan nomer suami untuk mendaftar akun baru di aplikasi Go-Jek. Karena rangkaian acara tahlilan belum selesai, dijanjikan akan dikirim via sms kodenya.

4. Nomer tersebut telepon lagi berulang kali, waktu diangkat dia meminta kode verifikasi kedua yang katanya dikirim oleh Go-Jek juga. Saya yang ada di sebelahnya jadi kepo kenapa penelpon ngotot banget minta nomer kodenya. Telepon pun diset loudspeaker.

5. Kode verifikasi kedua masuk pukul 19.24 saat si penelpon masih ngotot minta nomer kode yang pertama.

6. Mengingat baru saja membaca penipuan bermodal salah kirim kode verifikasi, demi malas menanggapi kengototan si penelpon, saya menyarankan suami untuk menutup telepon demi menghindari kemungkinan penipuan lebih lanjut.

7. Penelpon tidak menelpon lagi.

Kejadian ini sepertinya belum ada yang mengalami, karena nggak ada kasus sejenis yang bisa dijadikan rujukan sewaktu digoogling. Yang mirip-mirip sih ada kasus pembobolan akun Go-Pay yang kemudian diperjualbelikan saldonya di jejaring sosial. Jadi semakin penasaran kan bagaimana kalau memang nomer orang bisa didaftarkan untuk akun Go-Jek, apa yang akan terjadi selanjutnya ya?

Sambil menulis kronologis pengiriman kode verifikasi ini saya juga mengirim kronologis ke email ke customer care Go-Jek. Namun jawabannya tidak memuaskan, kok malah informasi mitra gojek 😐

Selamat Sore Ibu NengBiker

Terima kasih telah menghubungi GO-JEK Indonesia. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.

Namun dapat kami informasikan, mengenai pertanyaan yang berhubungan dengan Mitra GO-JEK dapat langsung menghubungi ke driversupport@go-jek.com untuk GO-RIDE & gocardriversupport@go-jek.com untuk GO-CAR.

Salam,

Gusti Ayunanda
Customer Care GO-JEK Indonesia
Follow us on Twitter @gojekindonesia

Salah satu teman yang berkecimpung di bidang IT bilang, backdoor dari kode verifikasi ini memang tetap social engineering. Dari nomer telepon dan nomer suami yang dibandingkan kemiripannya ya nggak mirip sama sekali. Lagipula kalau misalnya salah memasukkan nomer ponsel, user yang beneran pasti bisa login ulang dengan mengganti nomer yang benar, tidak harus ngeyel dengan nomer salah sebelumnya. Kalau kode verifikasinya memang resmi dari Go-Jek, bisa jadi akun dengan nomer yang dituju bisa dipakai si penelpon dengan sesuka hati.

Moral of the story, saya masih belum dapat jawaban yang memuaskan. Yuk lebih hati-hati aja sama akun-akun bersaldo kita yang bertebaran di berbagai aplikasi.

UPDATE LAYANAN PENGADUAN GOJEK

Dengan banyaknya korban penipuan kode verifikasi GoJek ini, komen dari Ayu cukup membantu. Bagi kamu yang sudah terlanjur memberikan kodenya ke penipu, bisa langsung laporkan kasus penipuan ke layanan pengaduan gojek (021)50251110. Semoga bisa membantu.

MASA LUPA SAMA SUARAKU?” HATI-HATI MODUS PENIPUAN BARU

 

 

401 Comments

  • Saya juga punya pengalaman yg hampir mirip bedanya si penelpon yg ngakunya gojek salah masukan saldo gopay ke akun kita ..jd minta dibalikin saldo gopay dia…dia mnt kita kirimkan sms Gojek [yg berisi kode passwrd] ke no nya[+6281958063957] ….
    Saya cek saldo gopay saya tetap[tdk ada penambahan]…kmudian sy browsing2 ttg modus penipuan gojek…ternyt byk mirip kasusny …
    Akhirny saya balas penipu itu dgn sms Gojek sbb;
    “Ini adalah password RAHASIA Anda utk MASUK ke akun Anda. GO-JEK tidak pernah meminta password Anda. JANGAN BERIKAN PADA SIAPAPUN.

  • Saya sudah 2 kali di telp mengatasnamakan gojek.
    Sebelumnya mereka mengirimkan sms seolah-olah dari gojek dan memberikan kode verifikasi.

    Mereka menelpon dengan menggunakan nomor handphone sbb :
    0816910552 dan 0816392694.

  • Saya baru saja mendapat kabar kalo saya mendapat hadiah dari gojek senilai 2jt saya baru mendaftar akun gojek sekitar 2 hari tp sudah mendapat hadiah saya merasa ada yang aneh mohon infonya apa bener ini penipuan

  • Saya baru saja mendapat telepon bahwa saya mendapat hadiah 1,5 jt dari gojek. Mereka mengirimkan sms mengatasnamakan gojek yang berisi password rahasia untuk masuk ke akun gojek saya dan kode verifikasi untuk memasang pin gopay saya. Ini jelas jelas penipuan! Nomor handphone yang menghubungi saya +6281273297795

  • Saya baru saja mendapat telepon bahwa saya mendapat hadiah 1,5 jt dari gojek. Mereka mengirimkan sms mengatasnamakan gojek yang berisi password rahasia untuk masuk ke akun gojek saya dan kode verifikasi untuk memasang pin gopay saya. Ini jelas jelas penipuan! Nomor handphone yang menghubungi saya +6281273297795

    • Saya juga barusan ditelepon, ngakunya saya dapat 1,5 juta, tapi kok bisa tahu sejarah orderan saya? Trus dia juga kirim Password Rahasia pakai identitas Go-Jek. Aneh ya?

  • Saya barusan hampir kena tipu untung keburu nyadar ini no tlp nya +6282177784471 Trs pas saya bilang dia penipu malah ngotot dan marahin saya

    • Saya juga kmrin kena tipu, katanya pencairan dana lewat atm, trnyata bohong, mlh uang saya hilang 250rb di rek, ini nmor penipu nya atas nama Hermawan Elias+628127889161

  • wuih penipuannya canggih sekarang ane baru aja dapet telp dari orang no +6282186960685. die bilang hadiah gopay 2 juta cuma kok aneh nya dia send sms nya Via gojek tanpa nomor apa segampang itu sms gojek di bobolll

    • Wah sam banget.. Barusan saya juga mendapat telfon yg mengaku dari kantor gojek saya mendapat hadiah voucher sebesar 2,5 jt, trs tibatiba ada sms masuk dari gojek dan si penipu minta kode verifikasi nya, setelah itu saya diemin eh dimatiin telfon nya sama dia.. Ini nomor penipunya +62 813-2227-4003

  • Saya baru aja dapet telp dari orang no +62 812-1999-843 dibilang hadiah gopay 3 juta dan meminta no password yg dkrm melalui sms Via gojek tanpa nomor. Mohon secure gojek lebih diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan pelanggan.
    Thanks

  • sama gua juga abis ditelpon tadi, dpt voucher gopay 1jt katanya bisa diduitin, terus katanya uangnya mau diuangkan atau dimasukin gopay, gua bilang aja gua ghibahin keorang lain, langsung ditutup sama dia :v

  • Saya jyga barusan, jam 3 sore tadi. . No penipu +6281379174884, saldo sya lenyap, sya baru sdr d tipu saat meminta norek, , mohon pada gojek, stiap transaksi di perketat, misal harus nulis pin stiap kali transaksi

  • Nomer telfon yang mengaku cs go-jek : +62816796365 dan +62816217405
    Saya diminta ke bank sama suruh menabung uang 350 rb karna saldo minimal harus 350 rb trus saya di arahkan ke atm dan suruh ngikutin saran si penelfon.

      • Kemarin sore saya ditelepon seseorang yg mengaku dr pihak Gojek dan kejadiannya persis seperti kalian. Ini nomor telepon yg mengaku dr pihak Gojek : 0816951632

  • Sy jg ditelepon dari gojek, katanya dapat hadiah 4jt, jaman skrg apa apa susah, kog gampang dia ngomong kasih hadiah, jutaan lagi ini no hpnya 081261607057, harap berhati-hati ya kawan semua, jangan mengharap yg tidak pasti

  • sama, lah yg nelpon marah-marah ngotot banget, katanya gw dapet hadiah 3jt, gw bilang masnya ajj yg kirim noreknya biar saya yg kasih hadiah eh malah di tutup tlponnya, ini nopenya +62816842056

  • Saya juga Ni barusan ditelfon sama GO-JEK ini No hp nya 08127859301 . Apa solusi nya bapak/ibuk , saya tidak tau awal Nyaa saya jg udah ngasih pasw juga .

    • Sampai saat ini juga masih ditelfon2 mulu dgn nomor yg sama, 08127859301 tolong cepat ke atm terdekat sebelum terlambat sms penipuan itu. Jd takut sendiri saya gak berhenti2 No hp ini menelepon saya.

  • ternyata banyak yang kasusnya sama ya.
    GOJEK ?
    saya tadi ditelpon juga oleh no: 08127848819
    emang udah curiga dr awal krn mengatasnamakan gojek (tp anehnya dia tau nama, no hp dan email sy. persis spt yg sy cantumkan di akun gojek sy. darimana coba?)
    trs dia ngasitau kl sy dapat voucher 1jt.
    si penipu ngomong panjang lebar mutermuter tiap saya tanya.
    ujungujungnya nyuruh ke atm
    dan disuruh transfer.
    alhamdulillah sy selamat dr penipuan tsb.
    kedepannya, memang harus hatihati jika menerima panggilan dari nomor yg ga dikenal. be aware ya guys

  • Barusann ada yang telpon dari Gojek dan Uangku.com katanya aku dapat voucher 2.5 juta, di SMS kode verifikasi bla..bla…bla…terus disuruh ke ATM tanpa harus mematikan HP. Ganti aku kerjain. Gimana aku bisa dapat uang dari Gojek, sedangkan aku gak punya aplikasi Gojek. Pokoknya hal2 aneh mending buang ke laut aja deh.

  • Barusan ini juga ada… 081273372775
    Langsung blok aja… Hari gini ga ikut undian bisa dapat????? Yang dah capek2 ikut aja belum tentu dapat.. kok bisa kita yang tidak tahu menahu bisa dapat????

  • baru kemarin saya juga kena masalah pe ipuan atas nama gojek.
    kasus nya sama seperti kebanyakan.
    pelaku meminta verfkasi akun..yang beralasan dengan ingin membantu instal pembaruan app gojek saya.
    dan tambahan lagi pelaku menggunakan applkasi “uangku”,dengan info saya mendapat hadiah undian gojek senilai 2jt di ptg pajak.
    all hasil go pay saya kebobolan.
    ?????
    lmyn lah jumlah nya…cukup untuk pp pesawat.
    nmr pelaku 085 813740197 ; 081 6956264

    pembelajaran untuk kita semua karna kejahatan semakin merajalela.

  • baru kemarin saya juga kena masalah pe ipuan atas nama gojek.
    kasus nya sama seperti kebanyakan.
    pelaku meminta verfkasi akun..yang beralasan dengan ingin membantu instal pembaruan app gojek saya.
    dan tambahan lagi pelaku menggunakan applkasi “uangku”,dengan info saya mendapat hadiah undian gojek senilai 2jt di ptg pajak.
    all hasil go pay saya kebobolan.
    ?????
    lmyn lah jumlah nya…cukup untuk pp pesawat.
    nmr pelaku 085 813740197 ; 081 6956264

    pembelajaran untuk kita semua karna kejahatan semakin merajalela.

    • Saya juga barusan dapat tlpn mengatas namakan Go Jek
      Dpt sms dr Go Jek berupa Kode verifikasi
      Dan saya suru menyebutkan kode tersebut
      Lalu ia blg saya dpt reward 1jt
      Dia blg mau di tunaikan atau di masukan ke saldo GoPay
      Dan meminta saya ke Atm untuk memasukan kode2 tersebut
      Tapi dr awal saya sdr kl lg di tipu
      Akhirnya saya jwb nyeleneh2 aja..
      Dan dia blg nnt kl sdh bisa ke atm suru hubungi dia
      Hahhaha,
      Jaman now org2 semakin ga punya pikiran yaa..

  • Samaaa saya baru aja di telepon pihak yang mengaku-ngaku dari gojek dengan modus kurang lebih sama dengan yang diatas. Katanya saya dapet penghargaan dan dapet voucher gopay 1 juta. Dulu saya pernah dapet voucher gopay tapi yang di smsin langsung kode vouchernya bukan kode verifikasi nomor. Saya bilang gitu ke si penelepon dan dia malah muter-muter minta kode verifikasi katanya biar di data. Saya bilang aja “ini saya udah search katanya kalo kaya gini penipuan”. Dia diem aja tuh bener-bener diem ada kali 5 detik terus saya tutup teleponnya 🙂
    Ini nomornya: 081958874416

  • tadi pagi dapet sms dari gojek isinya dapet code login trus di tlpn. sama csnya dia bilang ke saya dapet uang Rp. 3.000.000 sedikitpun saya gk merasa senang malah langsung curiga nih gak beres kayanya karna saya sudah lama uninstal aplikasi gojek tiba – tiba dapet hadiah uang, trus si cs itu maksa saya untuk instal aplikasinya sambil nelpon kan tambah curiga aja nih orang bener-bener mau “NIPU” gak lama saya bilang aja saya sudah gak tertarik sama aplikasi gojek maaf saya lagi dikantor nanti aja nelponnya, langsung deh saya tutup telpon saya, karna dalam pemikiran saya, perusahaan sebesar itu kalo mau promo hadiah pasti dikabarin di media sosial maupun media lain lainya hadiahnya apa saja periodenya sampai kapan pasti dikasih tau, agar selalu berhati – hati jangan sampai kita tertipu. ni NO. TUTInya 081315472440

  • Tambahan no telfon penipu yg mengatasnamakan gojek ya teman : 081-2864-5554
    Barusan aja modus yg sama terjadi ke saya, untung ga kemakan omongan si gojek abal2.
    Semoga jangan sampe ada lagi yg kena deh.

  • hari ini 15 feb 2018 jam 11.34 am tadi saya daper sms daei verifikasi gojek trus habis itu ada telepon ini nomer nya 08127848659 si penipu tlp bil saya dapat hadiah gopay 3jt .tapi minta kode verifikasi dari uangku ..ak bilang saja belom masuk padahal kode udah di kirim.truss saya suruh transaksi gopay lewat m banking.duh parahh ini segera di tindak lanjuti .

  • Tgl 18 feb 2018
    Saya jg ditelpon sm penipu mengatasnamakan Gojek.
    Begini dialog nya :
    Penipu : halo selamat malam dengan Ibu christina? Saya Dr gojek mau kasi voucher ke Ibu. Apakah Ibu mau ambil hadiahnya?
    Saya : dlm rangka apa ya? Undian atau apa
    Penipu : ya utk meningkatkan kepuasan konsumen bu. Ibu mau ga? Mau di trf ke gopay apa ke rekening
    Saya : emang kenapa sih. Kayaknya SAya ga ikut undian
    Penipu : ya ibu mau ga. Mau kemana? Gopay apa rekening
    Saya : ya mau aja kalo dikasih. Ada pajak ga. Ke gopay aja
    Penipu : ga ada lah bu. Ibu dapet sms ga dr gojek.
    Saya : ada. Kenapa? Disini sms nya saya ga boleh kasi tau sapa2
    Gojek : saya cm tanya ibu dapet ga sms nya. Bukan saya tanya isi SMsnya.
    Saya : iya ada.
    Gojek : nah utk mentransfer voucher tsb. Kami harus membuka dengan kode yg diberikan lewat sms itu.
    Saya : lah. Kan ga boleh dikasih tau org lain. Gmn sih
    Penipu : iya memang. Tp kan yg tanya saya dr pihak gojek nya. Gmn sih bu mau ga hadiahnya

    *langsung gua matiin telponnya karna ngerasa ga beres
    Itu orang uda nipu malah galakan dia. Kan tai.

    Setelah baca2 gugel. Ternyata byk yg kena tipu. Modus nya gini
    Jadi si penipu itu daftar in nmr kita ke aplikasi gojek. Ga tau itu orang tau dapet nmr kita darimana. Entah itu orang dalam pihak Gojek atau penipu ga ada kerjaan. Yg pasti dia mau ambil saldo Gopay kita. Beware ya. Inget aja kalo pin atau kode verifikasi itu cuma kita aja yg tau. Ga boleh kasi tau orang.

  • Saya baru saja ditelpon … Dia bilang saya yang telpon dan minta dimatikan … Nomornya 082279842028 … Jika ada pola sebaran no … Tolong orang ini ditangkap karena mengganggu kenyamanan jasa ojek online

  • Saya juga baru aja ditelpon, katanya saya dapet voucher gopay 3 juta. Terus dia minta kirimin kode rahasia yang dari gojek. Padahal di SMS itu ada tulisan “GOJEK tidak pernah meminta blablabla…” malah doi minta wkwk, ini nomernya +6282184033670. Take care guys!

  • saya juga ditelepon hari ini dapat 2 juta… sdh kasih kode verifikasi yg pertama… biar aja dia ngiler ngeliat saldo gopay saya… tapi gak bs diapa2in… karena begitu dia minta kode ke dua kalinya… saya bilang saya mau konfirmasi dulu ke kantor gojeknya… tolong tlp lg aja 15 menit lagi.. karena hari gini mana ada dikasih uang tanpa embel2… akhirnya dia gak tlp lg tuh… ini nomor yg tlp saya hr ini +6285809419348

  • Saya juga barusan ditelpon nomer 081380571604 dengan mengatasnamakan dari pihak GO-JEK… Katanya saya menang hadiah uang senilai 2jt dan meminta PASSWORD RAHASIA yang sudah saya terima melalui SMS… Saya langsung tutup telponnya karena saya tahu itu modus penipuan… Saya menerima PASSWORD RAHASIA dari GO-JEK karena ada oknum2 yang tidak bertanggung jawab mendaftar akun GO_JEK dengan no telpon saya… Jadi pesan dari GO-JEK itu asli bukan penipuan, yang telpon itulah yang penipu!!! Semoga informasi ini bisa membantu yang lain…

    • Saya baru juga kena tipuan GO-JEK yg katanya anda mendapat hadiah cashback 1juta dan meminta KODE PERUSAHAAN yang sudah saya terima melalui sms GO-JEK yang katanya saldo GO-PAY anda akan bertambah dan uang anda kembali normal.. setelah saya cek saldo rekening saya ternyata udah terkuras dengan nominal uang 2,5juta
      Si PENIPU GO-JEK itu dan jika anda pemberhentikannya ini uang anda akan hangus, karna saya biasa mengisi saldo GO-PAY lewat atm banking.. saya tidak meyadari kalau rekening yang saya transfer itu masuk ke rekening orang si PENIPU yang mengakui dirinya dari GO-JEK mungkin akun GO-JEK saya sudah di bajak dengan dia dan meminta KODE VERIFIKASI ke saya
      Ini nomor yg telpon saya 08127150816

  • Barusan juga di telp. No 082188713575. Katanya ada hadiah voucher 1 jt..
    Langsung di bentak sama Om saya, dan nampaknya no hp nya masih aktif tuu..
    Semoga pihak gojek cepat tanggap demi kenyamanan pelanggan.
    Trim”s

  • Iya saya jg kena tipu saldo gopay saya tiba2 berkurang harus komplain k mana ya, padahal saya blm pake trus saya dapet sms verifikasi trs, ini no hp penipu mengaku dari go jek 0812-72320833

  • Iya aq juga sama td siang ditlponin teruss ngotot banget g brenti. Kejadiannya sm spt yg lain. ni no hpnya 081231936368. Untung sy dah baca artikel ini. Thks ya min.

  • Saya tambah lagi daftar nomer penipunya yg mengaku dari GO-JEK. 081379592197 ini masih nelf saya terus nyuruh saya ke ATM nyuruh isi saldo GO-PAY tapi Alhamdulillah saya belum sampai d tipu.

  • Share for all ….
    hari ini 7 maret jam 15.05 wib saya di telp nmr 0821 7878 3754.katanya saya dapat hadiah 2 jt dr gojek.orang ini ngakunya dr gojek dan ngotot minta kode verifikasi yg dikirim gojek…tp saya sadar bahwa ini penipuan.buat teman2 terutama pengguna aplikasi gojek agar lbh berhati2.
    tingkatkan kewaspadaan makin beragam modusnya.

    • Saya juga sama case nya dgn anda. Katanya dapat hadiah sebesar 5jt dari gojek. Maksa minta kode verifikasi. Sy tutup tlpnnya ?

  • Saya jg dpt sms secret code dr gojek, pdhl saya gak otak atik account gojek saya, trus lngsung ada yg tlp, ini nmrnya: 081318241772.
    Untung saya gak prnh angkt nmr2 yg gak diknl, krn bnyk bngt nmr2 yg gak diknl tlp2in saya tny2 info kartu kredit dll. Uda psti mau nipu. Jd mending jgn prnh angk nmr yg gak diknl deh.

  • Nomor penipu yang lain 08127889137. Semingguan ini gapake gojek tiba tiba ada secret code. Telepon nya gak saya angkat dan nomornya saya block

  • Saya pernah di tipu 9 jt raib ada telpon mengatasnamakan gojek saya suruh tranfer via internet banking virtual acount sangat di sayangkan untuk pihak gojek tidak ada solusi untuk masalah ini
    (Di iming imingi hadiah 2 jt rupiah)
    Bisa di jebol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *