From Sempu Island with Love

 dsc00471.JPG

Pulau Sempu adalah salah satu kawasan cagar alam yang ada di Jawa Timur.
Pulau yang terletak di sebelah selatan Malang ini memiliki luas pulau
kurang lebih 877 hektar yang secara resmi telah ditetapkan sebagai daerah
cagar alam sejak tahun 1928. Berdasarkan pengelolaan kawasan konservasi,
Cagar Alam Sempu termasuk ke dalam wilayah kerja Sub-Seksi Konservasi
Sumber Daya Alam Malang. Kawasan ini memiliki banyak potensi alam yang
indah dan menarik minat banyak wisatawan asing maupun domestik. Dengan
keadaan alamnya yang khas, Pulau Sempu sangat cocok sebagai tempat wisata
maupun untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

 

>>> Wawan Anggota Divisi Mahasiswa Pencinta Alam (Dimpa) Universitas
Muhammadiyah Malang
, http://www.sabhawana.com

————————-

Masi lelah.. Masi pengen luluran.. Tapi hari ini harus kerja lagi. Seandainya diperhitungkan untuk kemping mungkin ngga secape ini. Kurang persiapan yang pasti. Bukan nengnya. Tapi dari rombongan neng. Kemaren neng nyempil di rombongan CaptainKiddAirsoftgun nyobain trek ke segoro anakan Pulau Sempu. Ini treking ke 3 neng ke sana. Yang dulu sama temen-temen kampus baek-baek saja. Apa mungkin gara-gara masi muda en nafas masi lancar ya? Tapi memang musimnya beda, ini masih musim hujan, jadi jalannya becyek dan ngga ada ojyek. Untunglah masi sempet terpikirkan pake sepatu aja. Sedangkan tim kaptenkid 70% macak teroris masuk pulau, means peralatan lengkap sepatu pdl gitu. Dan sisanya bersendal. cape deh.

Jam 930 rombongan menapak pinggir pantai untuk masuk ke hutan. Neng ikut rombongan vooridjers *halah* yg dikomandani alex bersama dina. Kami berjalan cukup lancar karena suda terbiasa di alam. Sementara rombongan laennya tertinggal di belakang karena kendala teknis, seperti sendal putus, kaki kram, dan foto-foto. teteup. Trek yang becek lumayan memperlambat tapi kecepatan berjalan memang sangat lambat karena kondisi fisik yang kurang disiapkan. Banyak kali harus istirahat. Biasanya perjalanan ditempuh 45menit-1 jam saja. Tapi sampai jam 11.20 kita masi terjebak di tengah hutan. Jam 12 rombongan memutuskan untuk putar balik. Haduh rugi banget. Akhernya alex mutusin untuk jalan duluan ngeliat kondisi di depan. Dan ternyata segoro anakan sudah menunggu di 2 tanjakan depan. Neng semangat 45 jalan sama dina, alex n yudi. Langsung ganti celana pendek n nyebur aer sampe puas. Yudi n Alex malah langsung snorkeling. Tapi hati mulai cemas, karena 30 menit berlalu dan rombongan belakang belum muncul juga. Waktu berlalu dan baru 15 menit kemudian muka-muka kuyu itu mulai muncul. Lega.. jadi makan siang rame-rame di pinggir pantai. Habis makan lanjut lagi berenang, mancing, snorkeling, dan maen pasir.

Jam 3 kita mutusin untuk beranjak dari surga di pulau sempu ini. Memperhitungkan kondisi fisik rombongan yang harus menempuh segitu berat perjalanan keliatannya ini ngga salah kok.Walopun hati masi pengen maen-maen dipantai. Perjalanan pulang ini neng sama dina jadi vooridjers. Ngga lama disusul sama ichal yang pas berangkat jadi sweeper. Sementara alex sekarang jadi sweeper. Maksud hati tidak pengen banyak istirahat seperti berangkat, tapi bener-bener diberatkan oleh kondisi rombongan belakang. AKhernya kami melangkah lebi santai lagi. Menikmati prusutan lumpur, ski di tanjakan, dan jeratan akar-akar pohon. Sampe kehabisan stok aer minum. Gawat. Neng uda mulai kerasa pusing-pusing dehidrasi gt deh. Tapi kita selamat sampai cek poin penjemputan kapal tepat pukul 17.00.

Karena telat minum, abis mandi pun neng semakin tewas. Di mobil ngga bisa bangun. Thanks to ichal. Dan thanks to alex ya neuralginnya. Kita sempet ngabisin 1 rombong sate ayam di daerah Turen, yg mana penjualnya langsung bersih2 dan pulang kerumah. Dan neng jadi sehat lagi habis makan. hohoho. Kelihatannya dehidrasi plus kurang energi nih.

Tips untuk ke Sempu musim hujan gini.

  • beberapa lereng bukit menuju sendang biru longsor. perhitungkan waktu.
  • pakai sepatu!
  • perbanyak stok aer minum.
  • bawa bekal tali seperti webbing ato semacam tali pramuka itu. bnyk tanjakan sulit karena ga ada pegangan.
  • jangan lupa tanya nomer hape pak perahunya. jadi bisa lebi fleksibel tentang waktu penjemputannya.
  • bawa lotion anti nyamuk.

Happy Camping Guys!

Sharing after reading, yes?

8 Comments

Leave a Reply to realylife Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *