Malang Smart Arena: Tempat Angon Bocah Se-Bapak Ibunya

Masih ingat kapan terakhir main perusutan setelah lulus kuliah, lulus sekolah, atau setelah mulai bekerja? Saya, kemarin! Astaga, saya sangat rindu perasaan itu rupanya. Kerinduan itu sangat-sangat terpuaskan usai bermain di Malang Smart Arena, sebuah playground terbesar di Malang dan indoor!

Adalah Mae Phoenix yang bertanya, “Mba kamu tahu Malang Smart Arena ngga, udah ke sana belum?”. Itu dia bertanya di hari kedua lebaran kemarin. Saya langsung mencarinya di Instagram, dan langsung IH WOW! Ngajak anak kayaknya seru tuh ke situ. Dua hari setelah Mae mengunjungi wahana permainan ini, saya baru memiliki waktu untuk merasakannya sendiri. SOOOUUPER FUN! Tapi…

https://www.instagram.com/p/ByeveECp4y5/

Lokasi Malang Smart Arena

Sayang sekali posisi Malang Smart Arena di titik terparah kemacetan kota Malang dalam suasana lebaran. Nggak sampai sekilo dari kantor, dan paling 8 kilometer saja dari rumah. Tapi kalau memaksa lewat jalur utama, judulnya berangkat segar sampai Malang Smart Arena sudah tepar. Saya memilih jalur memutar. Lebih jauh, jauuuh sekali sekitar 3x lipat jaraknya tapi lancar. Sekalian mengincipi underpass yang yahud sekali kemacetannya saat dibangun awal tahun 2019 ini.

Tidak sampai 30 menit, setelah mampir beli jajan ini itu, gedung Malang Smart Arena sudah di depan mata. Tempatnya masih sekomplek dengan Hawai Waterpark, di ruas jalan Karanglo sana. Tepatnya di dalam perumahan Graha Griya Kencana. Proyeksi ke depannya, sepertinya perumahan ini bakal jadi tempat wisata semua deh kayaknya.

Jam Buka Malang Smart Arena

Malang Smart Arena baru buka pukul 12.00 dan tutup tepat pukul 9 malam. Ada banyak waktu buat keluarga-keluarga dengan anak kecil yang selalu mbulet diajak pergi mulai dari mandi pagi. Pemilihan waktunya sangat menarik ya, kamu juga bisa menunaikan salat duhur dulu sebelum bermain sepuasnya.

Percaya deh, mungkin dua jam saja sudah lemas ketawa-ketawa, kejar-kejaran, naik turun prusutan, dan foto-foto di sana. Mulai dari lobby Malang Smart Arena aja sudah terasa hype ceria menyenangkannya. Seru warna-warninya!

Harga Tiket Bermain Malang Smart Arena

Secara resmi, wahana permainan ini merilis harga tiketnya sebesar 80.000 per orang. Secara praktiknya, saya bingung pas membayarnya. Soalnya saya dan Mae, juga Dian yang lebih dulu ke sana, harganya beda-beda.

Di struk pembelian tiket Malang Smart Arena saya, tercantum sebagai berikut:
1 pendamping @30.000
0 pemain @80.000
1 under 110 @80.000
1 free

*ukuran dalam sentimeter. maksudnya under 110 adalah batas minimal tinggi anak yang wajib didampingi.

Jadi saya menyimpulkan kalau tiket 1 anak + pendamping = 80.000. Karena saya cuma bawa anak 1, jadi tiket saya adalah plus pendamping. Kalau bertanya berapa tiket dewasa, hitung saja begini pemain dengan tinggi badan di atas 110cm tiketnya seharga 80.000.

Sama aja sama anak? Ya sama aja.

Harga tiket Malang Smart Arena ini sepertinya pukul rata weekend dan weekday sama semua. Kamu bisa bermain sepuas-puasnya tanpa digiring keluar dari lokasi bermain kalau waktunya sudah habis. Kecuali mainnya sampai di atas jam 9 malam ya. Masa iya mau tidur di tempat bermain, makan aja kan harus keluar ke food courtnya.

Fasilitas Pengunjung Malang Smart Arena

Selain tempat bermain indoor dengan bermacam permainan, Malang Smart Arena juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya.

Toilet? Sudah jelas harus ada. Main sampai malam kalau nggak ada toiletnya mau jadi seperti apa ginjal-ginjal pemainnya. Hanya perlu diingat, itu jenis toiletnya enggak ada waterjet/semprotan air deh kayaknya. Saya sampai muter-muterin kloset duduknya cuma ada tombol flush di dinding. Biasakan membilasnya dengan tissue.

Food Court? Sudah ada juga. Meskipun minimalis menu makanan yang disediakan. Hanya ada gerai ayam goreng dan gelato serta popcorn. Harganya nggak ngeplak kok, masih normal-normal saja seperti di luar. Memang ada aturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi bisa ditinggal di loker tempat penitipan barang, minum dan makan saat haus dengan meminta stempel saat keluar tempat bermain.

Loker tempat penitipan barang? Yha sudah ada juga. Namun tidak ada penjaganya. Kamu harus benar-benar mempercayakan barangmu ditinggal di sana. Ingat untuk tidak membawa barang berharga berlebihan. Dompet, hp, kamera, bisa dibawa dalam tas kecil yang tidak mengganggu acara bermain.

Ruang Laktasi? YHAA ini ada juga. Senang saya melihatnya. Biarpun kecil, tapi dilengkapi dengan kursi yang empuk dan ruang yang dingin. Juga belum selesai finishingnya, tapi tidak mengganggu fungsi ruang laktasi yang diperlukan ibu-ibu dengan anak bayinya.

Musholla? Mushollanya masih jadi satu dengan fasilitas Hawai Waterpark. Jadi ada di sebelah sanaaanya wahana permainan-permainan airnya. Saya nggak bertanya sih ada musholla di gedung Malang Smart Arena apa engga.

ATM? Nope, tidak ada mesin ambil uang di gedung Malang Smart Arena. Meskipun struknya memakai kertas Bank Mandiri, tiketnya masih hanya bisa dibayar secara tunai.

Tempat Parkir? Luas, tenang saja. Bayar parkir 10.000 rupiah untuk mobil ya. Menurutmu dengan harga demikian, worth to try nda? Buat saya, IYA! Ada banyak sekali mainannya!

Wahana Permainan di Malang Smart Arena

Banyak! Banyak sekali. Mulai dari yang ketangkasan fisik, permainan otak, juga yang mengasah keberanian. Saya merasakan betul bagaimana si anak lanang melunturkan sedikit pertahanan enggak beraniannya. Mulai dari pintu masuk, hingga ia berani naik-naik menyeberang di jembatan keseimbangan.

Yup. Sejak dari pintu masuk kamu mungkin bakal bingung mau mulai permainan yang mana. Ada tiga ring basket dengan bola basket beneran, ada juga kandang sepak bola. Panahan juga ada, begitu juga main sepeda. Mau panjat dinding tanpa tali pengaman? Juga bermain ala Ninja Warrior? Ada! Permainan fisik lainnya jelas lari-lari keliling playground itu yang utama.

Ditambah naik-naik ke berbagai permainan ketangkasan di apa lah itu rumah-rumahan itu. Sesuatu yang tidak pernah saya rasakan seumur hidup karena mainan itu adanya setelah saya dewasa. Di Malang Smart Arena saya seperti kembali jadi anak kecil yang terpekik ngeri mencicipi Air Coaster dan prusutan tinggiii. Belum lagi menceburkan diri di kolam foam lembut. Seperti yang di tipi-tipi gitu lho.

Kalau capek bermain, ada wahana-wahana yang lebih slow. Seperti bermain pasir, menata busa, atau membangun dinding batu bata dari busa juga. Kebanyakan sih pada goler-goler di kolam panjat dinding kalau beristirahat.

Yang paling saya suka? AIR COASTER! Kata penjaganya, cuma boleh 3x mengulang air coaster. Capek liat muka lu lagi lu lagi kayaknya, hahaha.

Peraturan Bermain di Malang Smart Arena

Memang di setiap wahana ada aturan yang harus dipatuhi semua pemain. Demi keselamatan masing-masing sih ini, daripada terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, bukan? Aturan ini sudah disosialisasikan di Instagram Malang.SmartArena, juga dipasang di masing-masing wahana. Tapi kalau kamu mau cobain, bisa baca dulu hal yang penting-penting dan perlu disiapkan dari rumah.

  • Pemain dengan tinggi badan di bawah 110cm WAJIB didampingi 1 orang pendamping
  • Pemain dengan usia di bawah 4 tahun, WAJIB memakai popok
  • Semua pemain dan pendamping WAJIB memakai kaos kaki
  • Dilarang membawa makanan/minuman ke area bermain
  • Dilarang merokok, makan dan minum
  • Penderita penyakit kulit, jantung, pernah cedera tulang leher dan tulang belakang, serta penyakit serius lainnya, disarankan untuk tidak bermain di sini

Aturan lainnya sih standar aja seperti playground lainnya. Ini demi kenyamanan kita bersama selama bermain berjam-jam kan.

Tips Nyaman Bermain di Malang Smart Arena

Biarpun baru sekali saja bermain di sini, saya bisa menilai apa kekurangsiapan saya dan bagaimana mengatasinya. Jadi sedikit tips saja dari saya, biar kamu nggak mengalaminya juga.

  • Makan siang sebelum berangkat, jam bukanya toh sekitar makan siang juga kan
  • Bawa uang cash secukupnya, kecuali nanti sudah bisa gesek di sini
  • Pakai pakaian yang nyaman. Hindari pakaian yang lebar-lebar dan melambai karena akan berbahaya kalau kamu menjajal permainan ketangkasan fisik di Malang Smart Arena. Pakai celana panjang, jangan rok daripada mekokok-mekokok kebingungan menutup kaki
  • Pilih kaus kaki yang fit di kaki. Saya memakai kaus kaki sematakaki dan itu merepotkan sekali karena setiap masuk ke wahana berbusa-busa kecantol lepas di sana. Juga yang bersih dan ngga molor.
  • Bawa barang-barang secukupnya biar kamu enggak kerepotan saat bermain di Malang Smart Arena. Meskipun bisa dititipkan di loker, tapi akan bikin kamu gelisah lho kalau meninggalkan banyak barang dalam waktu lama
  • Bawa baju ganti. Biar datang dan pergi dari Malang Smart Arena tetep cantik dan rapi jali

Mau foto-foto buat kasih makan feed Instagram? TENTUUU bisa banget! Mau ganti-ganti kostum di tiap wahananya biar kayak bolak-balik main ke Malang Smart Arena juga bisa. Kan ke toilet cuma nunjukin stempel dari pintu keluar untuk masuk lagi.

Nah, dari kostum yang saya pakai kemarin, apa nih yang menurutmu nggak safety dan nggak boleh ditiru?

Karena lokasinya berdekatan dengan Hawai Waterpark dan Malang Night Paradise, mungkin bisa diagendakan untuk sekalian bermain dalam sehari. Pagi berenang di Hawai, siang bermain di Malang Smart Arena, malam ditutup dengan dingin-dingin di Night Paradies. Hmmm, dengan catatan badan nggak kecapean. Kalau mencari tempat makan enak terdekat dari Malang Smart Arena, hmmm, Bebek Sinjay di Karanglo atau food court di Plaza Araya? Bisa juga pizza di Hotel Harris Riverside.

10 Comments

  • Ada wahana khusus anak under 3 years ngga mbai? Atau kebanyakan wahana bisa dimainin anak-anak, pokonya kalo kurang dari 110 didampingi?

    *Arthur pasti suka dan tak mau pulang

    • sebenernya sepanjang penglihatan, yg perlu pendamping itu di mainan air coaster, panjat dinding, sepedaan (sepeda yg ada treknya itu gede2), juga yg di ninja warrior itu. lainnya aman untuk balita yang sudah bisa jalan. oya, prusutannya jugaa, soalnya tinggi2. kalau yg titian keseimbangan seperti di playground, pastinya aman.

      aku juga ngga mau pulaaang, tapi gaga sudah mencelat nabrak2 ke sana ke mari yg artinya uda capek banget mau bobok x))

  • Nah, dari kostum yang saya pakai kemarin, apa nih yang menurutmu nggak safety dan nggak boleh ditiru? —> kacamata hitam kalau dipakai terus-terusan sambil jumpalitan bisa patah, sekian.

    btw, celana mas ical yang manjat-manjat itu ngikut tren banget ya: HIJAU BOLU PANDAN :p

    • hejo bolu pandan burik iku :))))

      bener, kacamata hitam itu sebaiknya disimpan aja. bukan cuma bisa patah, kalau patahnya pas kepakai di mata kan lebih bahaya.

    • banyaak! bisa main balance bike, tendang2 bola, mandi bola, pasir2an. sebenernya semua bisa dia mainin, asal sama pendamping. panjat2 naik rumah2an kyk di playground itu pasti suka. anakku pas 2 tahun juga ini, seneng banget main di panjat2 rumah2an itu. yg nututi sampe tepar dewe :))

    • bisa aja, tapi ngga maksimal buat adeknya. banyak tempat main yg bisa goler2 di sini, juga bisa buat belajar merayap. yang penting klo mo ajak dek bayi, bapak ibunya yg kudu lebih banyak happy ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *